Connect with us

OTOMOTIF

Merek Mobil yang Dapat PPnBM 0 Persen Langsung Alami Lonjakan SPK – Berita Otomotif

Merek Mobil yang Dapat PPnBM 0 Persen Langsung Alami Lonjakan SPK – Berita Otomotif


JAKARTA – Peningkatan jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) signifikan dialami merek mobil yang mendapat insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen, tidak sampai sepekan setelah kebijakan itu berlaku.

Sekadar mengingatkan, pada 1 Maret – 31 Mei 2021 nanti, 21 model kendaraan dari tujuh merek memenuhi persyaratan untuk mendapatkan relaksasi PPnBM 0 persen. Harga jual model – model itu pun turun di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Pemerintah kemudian akan menurunkan insentif PPnBM menjadi 50 persen dari tarif normal pada Juni – Agustus. Selanjutnya adalah insentif PPnBM 25 persen dari tarif normal pada September – Desember.

Honda adalah salah satu merek yang berhak menikmati PPnBM 0 persen pada Maret – Mei. Yusak Billy selaku Business Development, Marketing, and Sales Director PT. Honda Prospect Motor mengklaim bahwa data sementara mereka menunjukkan peningkatan SPK pesat.

Honda Brio RS turun harga berkat PPnBM 0 persen pada Maret - Mei 2021

“Booking trend 4 hari pertama ada peningkatan, sekitar 40 – 50 persen dibandingkan periode 4 hari pertama bulan lalu,” ucap dia kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Jumat (5/3/2021).

Volume SPK terbanyak adalah untuk Brio RS. Honda sendiri memiliki empat model yang mendapatkan PPnBM 0 persen selama tiga bulan ke depan yakni Brio RS, Mobilio, HR-V 1.5, plus BR-V.

“Untuk jumlah unit terbanyak (yang membukukan SPK) Brio RS. Tapi untuk growth percentage Mobilio,” lanjut Billy tanpa merincikannya.

Honda Mobilio mendapat PPnBM 0 persen pada Maret - Mei 2021

Billy belum mau memprediksi apakah kenaikan SPK sebesar itu akan bertahan terus untuk Honda, setidaknya hingga pekan pertama kebijakan. Dia masih perlu memonitor secara dekat.

Eksekutif Daihatsu juga mengaku jumlah SPK mereka membesar sejak stimulus fiskal dari pemerintah berlaku. Namun, persentasenya tidak mereka beritahukan.

Daihatsu punya lima model yang mendapatkan ‘hadiah’ fiskal dari pemerintah. Satu di antaranya Xenia.

Daihatsu Xenia mendapatkan PPnBM 0 persen pada 2021

“Iya, betul, sepekan pertama di Maret ini Daihatsu juga mengalami peningkatan SPK. Hal ini tentunya didukung adanya kebijakan relaksasi PPnBM tersebut. Namun, untuk angka besaran peningkatannya masih dan sedang kami monitor,” tukas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation ketika dihubungi.

Toyota, di sisi lain, belum mau memberikan keterangan mengenai kondisi SPK di masa – masa awal penerapan PPnBM 0 persen mobil baru. Merek yang enam modelnya mendapat insentif PPnBM tersebut memilih menunggu setidaknya sampai data satu pekan pertama terkumpul.

Toyota Rush Dapat PPnBM 0 persen pada Maret - Mei 2021

“Data yang ada baru beberapa hari, belum seminggu. Lebih baik menunggu minggu depan supaya lebih bisa melihat selama satu pekan penuh,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyiapkan anggaran Rp 2,9 triliun untuk relaksasi PPnBM selama 10 bulan. Selain itu, diberikan pula stimulus pendukung dari sisi pembiayaan yaitu kelonggaran uang muka (Down Payment/DP) hingga 0 persen sejak Maret – Desember tahun ini. [Xan/Ari]

Advertisement
Click to comment

OTOMOTIF

Cuma 50 Unit, Kijang Innova Limited Edition Meluncur dengan Harga Segini – Mobil Baru

Cuma 50 Unit, Kijang Innova Limited Edition Meluncur dengan Harga Segini – Mobil Baru


JAKARTA – Toyota Kijang Innova Limited Edition diluncurkan dengan harga Rp 400 jutaan sebagai perayaan 50 tahun Toyota di pasar otomotif Indonesia.

Kijang Innova Limited Edition hanya dibuat 50 unit yang menyimbolkan eksistensi setengah abad Toyota di Nusantara. Peluncurannya terjadi secara virtual, bersamaan dengan seremoni usia 50 tahun Toyota di Indonesia pada Jumat (9/4/2021).

Multi purpose vehicle (MPV) ini dipilih karena sejarahnya yang mewarnai perjalanan Toyota sejak 1970-an, di masa – masa awal Toyota membangun bisnis di Tanah Air.

“Pada 1977, Kijang Innova lahir untuk mendukung keinginan kuat Indonesia membangun industri otomotif. Hari ini, Kijang Innova dibuat di Indonesia, untuk orang – orang Indonesia, oleh orang – orang Indonesia. Mobil ini dicintai di Indonesia sebagai mobil buatan nasional dan juga di banyak pasar ekspor mancanegera,” kata Yoichi Miyazaki, CEO Asia Region Toyota Motor Corporation dalam seremoni virtual.

Ini adalah kedua kalinya dalam dua tahun bagi Toyota membuat Kijang Innova edisi spesial dengan jumlah unit terbatas. Sebelumnya, pada Agustus 2020, salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia asal Jepang ini juga membuat dalam rangka ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Harga Rp400 Jutaan

Kijang Innova Limited Edition berbasiskan dua tipe yaitu 2.0 V AT Luxury (30 unit) serta Venturer 2.4 AT (20 unit). Adapun harganya adalah Rp 400 jutaan.

Kenaikan banderolnya dengan tipe yang menjadi basis adalah Rp 14,5 juta dan Rp14,7 juta.

Berikut rincian harga on the road Jakarta Kijang Innova Limited Edition dalam rangka 50 tahun Toyota Indonesia, seperti dikutip dari keterangan resmi dealer Auto2000:

  • Kijang Innova Limited Edition 2.0 V AT Luxury Rp404,5 juta
  • Kijang Innova Limited Edition Venturer 2.4 AT Rp482,7 juta

Perbedaan

Kijang Innova Limited Edition dalam rangka 50 tahun Toyota di Indonesia memiliki satu warna eksklusif yaitu White Pearl. Ada aksen garis warna emas mulai ujung lampu depan hingga ke sepanjang sisi samping bodi.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50 Tahun Toyota di Indonesia

“Stiker warna emas menggambarkan perjalanan Toyota di Indonesia di mana Kijang selalu jadi bagian di dalamnya. Mulai dari awal era industri pada 1977, era transformasi Kijang dari mobil komersial jadi penumpang, era ekspor pertama Kijang, era Kijang jadi mobil pilihan keluarga Indonesia, era Kijang Innova yang jadi produk IMV global, hingga era Kijang Innova Reborn yang tampil sebagai kendaraan keluarga premium,” papar Henry Tanoto, Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Gril depan Kijang Innova Limited Edition dari tipe 2.0 V Lux memiliki ornament krom mengkilap. Sementara, untuk varian yang diambil dari Venturer 2.4 AT, ornamennya berwarna krom gelap.

Perbedaan dari sisi eksterior adalah desain pelek lebih premium. Terdapat pula logo 50 tahun Toyota pada buritan.

Adapun bagian interior diberkahi warna khusus Noble Brown plus Brownish Wooden Panel Color. Karpetnya pun berlogo 50 tahun Toyota.

Fitur – fitur spesialnya ialah pengeras suara JBL maupun Integrated Air Purifier. [Xan]

Continue Reading

OTOMOTIF

Siapa Cepat, Dapat! Ini Cara Beli Kijang Innova Limited Edition 50 Unit – Berita Otomotif

Siapa Cepat, Dapat! Ini Cara Beli Kijang Innova Limited Edition 50 Unit – Berita Otomotif


JAKARTA – Toyota Kijang Innova Limited Edition yang hanya berjumlah 50 unit bisa dibeli dengan langsung ke dealer atau pun secara online.

Seperti diberitakan sebelumnya, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut pada Jumat (9/4/2021) merilis Kijang Innova Limited Edition secara virtual dengan kuota hanya 50 unit. Model ini mereka gubah sebagai bentuk perayaan eksistensi 50 tahun Toyota di Indonesia.

Peluncuran Kijang Innova Limited Edition pun dilakukan bersamaan dengan seremoni ulang tahun setengah abad Toyota di Nusantara yang disiarkan via YouTube. Berbanderol Rp 400 jutaan, detail harga dapat Anda lihat pada tautan ini.

Berdasarkan keterangan dari Hubungan Masyarakat PT. Toyota Astra Motor (TAM), pembeliannya dapat dilakukan via situs resmi Toyota Indonesia mulai hari ini pkl 13.00 WIB. Peminat harus melakukan booking (pemesanan) secara online terlebih dahulu dengan mengisi data seperti nama, nomor ponsel, email, kota, cabang preferensi, pilihan tipe.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50 Unit

Sistem pembelian adalah First In First Out (FIFO), alias ‘siapa cepat dia dapat’. Setelah data lengkap, TAM dan dealer akan melakukan pengecekan, mengecek ketersediaan stok, melakukan konfirmasi kepada konsumen.

Pengiriman Kijang Innova Limited Edition 50 unit akan dilakukan dengan perlakukan spesial. Konsumen yang membelinya juga bakal dimintai testimoni khusus.

Ke-50 orang yang beruntung mendapatkan Kijang Innova Limited Edition nantinya mendapatkan pula special welcome kit. Ada treatment welcome gift serta direct gift berupa Mobicool atau kulkas mobil.

Sekadar mengingatkan, Kijang Innova Limited Edition 50 unit dibuat dari basis dua tipe. Pertama adalah 2.0 V Luxury AT (30 unit) dan yang kedua Venturer 2.4 AT (20 unit).

Banderolnya adalah Rp404,5 juta dan Rp482,7 juta bagi masing – masing. Perbedaannya dibandingkan tipe yang menjadi basis ialah Rp14 jutaan.

Kijang Innova Limited Edition dalam rangka ulang tahun 50 tahun sang pabrikan di Indonesia memiliki beberapa perbedaan dari sisi eksterior, interior, maupun fitur. Di antaranya ialah garis stiker emas pada sisi samping bodi yang menggambarkan perjalanan Kijang Innova, aksen warna berbeda pada gril depan, pelek yang berbeda, warna interior berbeda, maupun fitur pengeras suara JBL serta Integrated Air Purifier. [Xan]

Continue Reading

OTOMOTIF

Ditempa Pandemi, Exxon Mobil Hadirkan Berbagai Inovasi – Berita Otomotif

Ditempa Pandemi, Exxon Mobil Hadirkan Berbagai Inovasi – Berita Otomotif


JAKARTA – PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) dan PT Federal Karyatama (FKT) terus berinovasi di tengah situasi pandemi yang melemahkan berbagai sektor bisnis di Indonesia.

Bahkan di tengah pandemi, keduanya terus menghadirkan inovasi guna memperkuat lini bisnis mereka pada kategori kendaraan penumpang, sepeda motor dan industri transportasi, manufaktur, pertambangan dan energi.

EMLI dan FKT fokus untuk berkembang di kategori motor matic dengan tetap mempertahankan posisinya yang kuat di kategori non-matic. Dengan terus berkolaborasi dengan mitra jaringan, lebih dari 40 distributor nasional dan bengkel independen, saat ini telah menjangkau lebih dari 16 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia.

EMLI dan FKT terus berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera. Strategi ini didukung oleh kolaborasi dua merek yang dipegang oleh Mobil dan Federal Oil, dengan referensi aspek global dan pendekatan pasar lokal yang kuat.

Beragam inovasi program yang dihadirkan Mobil dan Federal Oil bagi konsumen setia, pengguna kendaraan roda empat, roda dua dan industri di Indonesia. Seperti promosi konsumen berskala besar berbasis pendekatan digital, program berhadiah, kampanye menyambut lebaran, peluncuran produk baru rangkaian Mobil Super yang telah tersedia di Mobil Car Care, bengkel rekanan Mobil, toko resmi Mobil di e-commerce, dan layanan Servis Di Rumah.

ExxonMobil

Edukasi, seminar dan pameran secara daring mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital juga terus dilakukan. Inovasi lainnya adalah rencana peluncuran konsep & penawaran baru di Federal Oil Center dan meningkatkan kualitas API untuk produk Federal Oil Ultratec.

“Kami berharap pemulihan pasar saat ini akan mengembalikan kepercayaan konsumen dan pelanggan, yang merupakan kunci untuk pemulihan ekonomi. Sebagai organisasi yang terintegrasi, kami terus mempersiapkan diri untuk era normal baru dengan mempersiapkan kemampuan pemberdayaan digital kami. Pada akhirnya, Indonesia tetap menjadi pasar yang sangat menarik bagi ExxonMobil,” ucap Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman ExxonMobil Lubricants Indonesia. [Dew/Had]

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

INFO LOKER

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close