Info

Menlu AS di Kyiv, Tegaskan Dukungan AS bagi Ukraina

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken, Rabu (6/9), tiba di Kyiv. Ia mengumumkan dana tambahan lebih dari $1 miliar untuk Ukraina dalam perang yang telah berlangsung 18 bulan.

Pengumuman disampaikan pada hari yang sama serangan rudal Rusia menghantam kota di Ukraina timur. Sedikitnya 17 orang tewas.

Bantuan dana juga diikuti pelatihan dan program pembersihan ranjau.

Lawatan Blinken bertujuan mengkaji serangan balasan Ukraina yang telah berlangsung tiga bulan dan menegaskan dukungan Amerika yang berkelanjutan sementara sebagian sekutu Barat menyatakan khawatir akan lambatnya kemajuan Ukraina dalam mengusir pasukan Rusia, menurut para pejabat Amerika.

Seorang pejabat pemerintah menyebutkan, hampir $805 juta dari dana itu untuk nonsenjata. Jumlah itu mencakup $300 juta untuk penegakan hukum, $206 juta untuk bantuan kemanusiaan, $203 juta untuk memberantas korupsi dan $90,5 juta untuk pembersihan ranjau.

Kami bertekad, Amerika Serikat akan terus mendampingi Anda,” ujar Blinken. Presiden Biden meminta saya datang untuk menegaskan kembali dukungan kami.” [ka/jm]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed