Connect with us

NASIONAL

Menkes : Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Masyarakat Lebih Higienis

Avatar

Published

on

Menkes : Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Masyarakat Lebih Higienis

[ad_1]

Menkes : Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Masyarakat Lebih Higienis


Telegraf – Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menyampaikan dalam webinar bertajuk “One Year Live With Covid-19 : What’s Next?” pandemi Covid-19 sudah satu tahun melanda di Indonesia dan merubah perilaku terkait dengan kesehatan, dan perilaku tersebut tidak bisa dilakukan sebagian kelompok saja, melainkan seluruh masyarakat.

“Perubahan perilaku tersebut gak bisa dilakukan oleh Kementrian Kesehatan tidak bisa dilakukan oleh TNI, Polri tapi harus dilakukan oleh masyarakat itu sendiri di kehidupan mereka sehari hari di mana peran guru peran ibu akan menjadi sangat dominan,” ungkap Budi, Minggu (14/3).

Budi menjelaskan dari pandemi pandemi sebelumnya kita belajar bahwa, pandemi ini akan bisa berakhir tetapi tidak dengan instan perlu proses dan bertahap. “Bagaimana kita mencuci tangan, sikat gigi kemudian membuang sampah semuanya berlaku dengan higienis atau kebersihan itu secara masif terjadi karena respon dari umat manusia terhadap pandemi tersebut dan perubahan prilaku,”ungkapnya.

Budi mencontohkan pandemi yang terjadi tiga belas ribuan di Eropa yang bisa membunuh ratusan juta orang itu bisa hilang “tetapi secara bertahap gak pernah cepet, pasti membutuhkan waktu yang lama berubah ke epidemi kemudian pelan pelan di eradikasi, tapi yang terjadi adalah perubahan perilaku,” tuturnya.

Ia menyebutkan bahwa apa yang di anjurkan dalam 4 pilar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tersebut adalah karena dari pengalaman sebelumnya, seperti pada pilar pertama yang menyebutkan bahwa healt sistem musti di modifikasi merespon terhadap pandemi yang ada.

Pilar kedua adalah deteksi, cegah, dan obati Virus tidak akan dapat dilawan jika tak diketahui di mananya. Hal tersebut mengartikan perlu adanya pengawasan yang kuat untuk menemukan, mengisolasi, menguji, dan menangani setiap kasus dengan tujuan memutus rantai penularan. “Jangan sampai yang tertular itu lebih tinggi dari kapasitas layanan kesehatan kita,” kata Budi.

Lanjut Budi untuk pilar yang ke tiga adalah lakukan vaksinasi secepat mungkin agar manusia imunitasnya lebih sehat lebih kuat kalau jika kena tidak menjadi fatal, dan yang ke empat adalah mensasar orang orang yang sakit kalau sudah benar benar sakit “20 persen masuk Rumah Sakit (RS) dan 5 persen masuk ICU yang pertama yah harus ditangani dengan baik,” imbuh Budi.

Budi mengajak temen temen di RS membuat standar Clinical yang baik, serta jangan bosan melakukan Clinical Research supaya kita tau tretmen yang cocok. Budi juga berharap bahwa Fakultas kesehatan Masyarakat (FKM) UI dituntut untuk memimpin kita “saya tugasnya mensuport temen temen,” tutupnya.

Untuk di ketahui webinar digelar RS Premier Bintaro bekerjasama dengan IKAMARS, Kemenkes, IDI, RSCM, Pertamina IHC, Radio Heartline 100.6 FM dan ISS Indonesia tersebut menampilkan sejumlah narasumber yang sangat kompeten yakni Direktur Utama RSCM Dr. Lies Dina Liastuti, Sp.Jp (K) MARS, Direktur Utama PT. Pertamina Bina Medika IHC DR. dr. Fathema Djan Rachmat, sp.B, Sp.BTKV (K) MPH, Ketua IDI Banten Dr. Budi Suhendar, DFM, Sp.FM (K), Ketua Komite Medik RS Premier Bintaro dan Ketua Keselamatan Pasien RI Dr. Bambang Tutuko, Sp.An KIC dan Commercial Director ISS Indonesia Muhammad Sofyan.

Dari webinar tersebut diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif dan optimal mengenai pelaksanaan hidup pada masa pandemi.


Photo credit : Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin /Doc/Ist


 

Atti K.



[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

NASIONAL

PA GMNI, Nasionalisme dan Kedaulatan di Tengah Globalisasi

Kyandra

Published

on

By

PA GMNI, Nasionalisme dan Kedaulatan di Tengah Globalisasi
Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah. BUZZFEED

BuzzFeed – Jelang Kongres IV, PA GMNI adakan webinar yang menghadirkan antara lain sejumlah pembicara, seperti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Direktur Pengembangan Usaha LPDB Kemenkop UKM, Djarot Wahyu Wibowo, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Guru Besar Fakultas Pertanian IPB Dwi Andreas Santoso, Co Founder MSMB dari UGM Bayu Dwi Apri Nugroho serta Pemerhati Pangan dan Lingkungan Hidup Andre Notohamijoyo pada, Jumat (19/11/2021).

Webinar yang dibuka oleh Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah itu antara lain membahas soal nasionalisme dan juga kedaulatan ekonomi dan pangan di Indonesia.

Basarah menyatakan, bahwa organisasinya itu dan juga anggotanya berkeyakinan akan tesis tentang nasionalisme bukan hanya jawaban melawan kolonialisme, namun nasionalisme juga adalah jawaban atas ikhtiar dalam mengisi kemerdekaan.

“Nasionalisme juga melanjutkan pembangunan nasional di tengah tantangan globalisasi yang begitu deras, yang masuk di tengah masyarakat kita,” katanya.

Dalam konteks tersebut menurut Basarah, Kongres IV PA GMNI akan mengambil tema “Mewujudkan Nasionalisme Melalui Kedaulatan Pangan Nasional”.

“Topik ini sangatlah relevan dan penting, karena langsung mengarah pada kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara bangsa,” pungkas Basarah yang juga adalah Wakil Ketua MPR.

Continue Reading

NASIONAL

Andika Jadi Panglima TNI, Dudung Jadi KSAD, Besok Pelantikannya

Avatar

Published

on

Andika Jadi Panglima TNI, Dudung Jadi KSAD, Besok Pelantikannya
Prajurit yang ditugaskan di Resimen Infantri 3d AS (The Old Guard) memberikan dukungan seremonial selama Upacara Kedatangan Penuh Kehormatan Angkatan Darat untuk menghormati Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia Jenderal Andika Perkasa di Whipple Field, Pangkalan Gabungan Myer-Henderson Hall, Virginia, 30 Januari , 2020. Selama upacara, yang dipandu oleh Jenderal James C. McConville, Kepala Staf ke-40, Andika dianugerahi Legion of Merit untuk layanan berjasa yang luar biasa. (Foto Angkatan Darat AS oleh Staf Sersan Maryam Treece)

BuzzFeed – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Letjen Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru. Jokowi juga diagendakan melantik Kepala BNPB baru, yaitu Mayjen Suharyanto.

Berdasarkan informasi yang beredar, pelantikan kedua pejabat tersebut bakal dilakukan siang ini, Rabu (17/11/2021). Jokowi juga akan melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Kabar mengenai pelantikan Panglima TNI ini sebelumnya disampaikan oleh Jokowi setelah meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (16/11/2021). Pelantikan bakal digelar di Istana Kepresidenan.

“Pelantikan Panglima insyaallah besok, hari Rabu,” kata Jokowi.

Jokowi juga kembali menjawab soal isu perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Jokowi menegaskan belum akan melakukan reshuffle dalam waktu dekat.

“Belum (reshuffle), besok pelantikan Panglima aja,” ungkapnya.

Continue Reading

NASIONAL

Anggota DPR RI Gandeng BKKBN Jatim Sosialisasi Kepada Warga Bojonegoro Cegah Pernikahan Dini dan Stunting

Avatar

Published

on

Anggota DPR RI Gandeng BKKBN Jatim Sosialisasi Kepada Warga Bojonegoro Cegah Pernikahan Dini dan Stunting

BuzzFeed – Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Abidin Fikri gelar sosialisasi bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur dalam rangka Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana dan penurunan stunting, di wisma KPRI, Desa dan Kecamatan Baureno, Selasa (16/11/2021).

Sosialisasi tersebut, menurutnya merupakan agenda tahunan sebagai bentuk komitmen bersama dalam mensukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Jawa Timur.

“Terlebih, BKKBN telah melaksanakan Pendataan Keluarga di tahun 2021 ini,” ujar Abidin Fikri, dikutip dari PDI Perjuangan Jawa Timur.

Selain itu, Abidin Fikri berharap agar kegiatan sosialisasi BKKBN dapat dioptimalkan. Sehingga masyarakat semakin memahami pentingnya membangun keluarga yang berkualitas.

“Masyarakat juga diharap semakin meningkat kesadarannya untuk mencegah pernikahan dini dan kehamilan di usia dini, serta fokus pada pencegahan status gizi buruk, yakni stunting,” ujar Abidin Fikri yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Bojonegoro.

Koordinator Bidang Adpin Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Sofia Hanik, pada kesempatan tersebut menjelaskan pentingnya pendataan keluarga. Menurut dia, pendataan keluarga berbeda dengan informasi statistik lain yang sudah ada.

Pendataan keluarga dimaksud Sofia Hanik yakni bersifat mikro. Yakni, pendataan dengan memotret satu per satu keluarga, baik berdasarkan nama maupun alamat.

“Data yang ada diharapkan bisa membantu dalam penanganan stunting. Karena BKKBN ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai pelaksana percepatan penurunan stunting nasional,” ujar Sofia.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

VIDEO FEED

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2021 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close