Connect with us

FEED

Mengintip Kecanggihan Kapal yang Akan Dipakai SKK Migas Angkat KRI Nanggala

Mengintip Kecanggihan Kapal yang Akan Dipakai SKK Migas Angkat KRI Nanggala




Kapal Timas 1201 yang akan digunakan untuk mengangkat KRI Nanggala-402. Foto: PT Timas Suplindo


© Disediakan oleh Kumparan
Kapal Timas 1201 yang akan digunakan untuk mengangkat KRI Nanggala-402. Foto: PT Timas Suplindo

Kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di kedalaman lebih dari 800 meter di perairan Bali, akan diangkat menggunakan kapal Timas ENI Merakes. Kapal yang biasa digunakan untuk operasi perusahaan migas itu, memiliki kecanggihan yang bisa menjangkau KRI Nanggala.

Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Taslim Yunus, membenarkan rencana penggunaan kapal Timas DSV 1201.

“Iya, menggunakan Kapal Timas DSV 1201 yang sekarang bekerja untuk ENI Merakes,” kata dia saat dihubungi kumparan, Selasa (28/4).

Nama ‘Timas’ pada kapal tersebut mengacu ke PT Timas Suplindo, yang merupakan kontraktor perusahaan migas. Dia merupakan perusahaan fabrikasi dan erektor peralatan mekanik, yang menjadi salah satu kontraktor Engineering, Procurement, and Construction (EPC) untuk pengeboran migas di darat dan lepas pantai.

Sedangkan ENI Merakes, adalah unit usaha dari perusahaan migas Italia (ENI Spa) yang mengelola lapangan gas lepas pantai (offshore) Merakes yang berada di Blok Sepinggan, Kalimantan Timur.



KRI Rigel milik TNI AL yang pertama kali berhasil mendeteksi keberadaan kapal selam KRI Nanggala di kedalaman perairan Bali. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan


© Disediakan oleh Kumparan
KRI Rigel milik TNI AL yang pertama kali berhasil mendeteksi keberadaan kapal selam KRI Nanggala di kedalaman perairan Bali. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Kedua perusahaan itu mengikat kontrak kerja sama mengoperasikan kapal Timas DSV 1201. Kapal Timas DSV 1201 merupakan kapal konstruksi yang memang didesain untuk bekerja di perairan dangkal hingga dalam.

Kapal ini memiliki teknologi yang mumpuni untuk menyelam sedalam 3.000 meter. Ini berbeda dengan KRI Rigel milik TNI AL, yang pertama kali memastikan KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan terbelah di kedalaman 838 meter.

KRI Rigel memang memiliki peralatan canggih yang tak dipunyai kapal TNI AL lainnya. Mulai dari robot bawah air (Remotely Operated Underwater robot/ROV), peralatan AUV (Autonomous Underwater Vehicle), sampai laser scaner dan side sonar scan yang ditempelkan di bawah lambung kapal.





© Disediakan oleh Kumparan


Tapi ROV hanya bisa menyelam hingga kedalaman maksimal 800 meter.

“Kapal Timas DSV 1202 ini menggunakan sistem pipelay mutakhir yang mampu beroperasi hingga kedalaman air 3.000 meter dan menangani pipa berlapis beton OD hingga 60 inch,” demikian dikutip dari situs Timas.



Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

Chanel Cruise 2021/22 Mengadopsi Inspirasi Dari Jean Cocteau dan Memilih Provence Sebagai Destinasinya

Chanel Cruise 2021/22 Mengadopsi Inspirasi Dari Jean Cocteau dan Memilih Provence Sebagai Destinasinya


Kembali menghadirkan versi lain dari identitas desainnya yang mengarah ke gaya yang sederhana dan effortless, Virginie Viard, direktur kreatif Chanel kali ini terinspirasi dari film karya Jean Cocteau yang bertajuk Testament of Orpheus. Dengan pendekatan desain yang modern, dominasi warna hitam dan putih langsung terasa dari koleksi yang menjadikan Carrières de Lumières sebagai saksi bisu karya-karya sang desainer kali ini.

Parade musisi sekaligus duta sang rumah mode turut meramaikan presentasi Cruise 2021/22 Chanel seperti Sébastien Tellier, Vanessa Paradis, Angèle, dan Charlotte Casiraghi. Walau seluruhnya menyuguhkan tampilan yang rileks dikelilingi para teman dan sahabat Chanel, koleksi ini jusru lebih mengedepankan nuansa rock dan punk.

Virginie Viard yang kerap menginjeksikan nuansa rock dan punk yang klasik untuk kemudian dileburkan dengan gaya feminin. Ia kemudian merasa terinspirasi dari syair dan film buatan Jean Cocteau yang tak lain juga sosok yang dekat dengan Gabrielle Chanel. Ciri khas karya gubahan Jean Cocteau yang menggunakan penyusunan kata subtil dan penuh presisi, diterjemahkan oleh Virginie menyerupai busana-busana dengan garis desain bersih. Walau begitu, dirinya tak alih-alih menghentikan sisi eksperimental di dalam desainnya kali ini.

Keinginan bereksperimen di dalam diri Virginie hadir dalam bentuk permainan material, dekorasi fringes, manik-manik, butiran-butiran, hingga ilustrasi wajah model Lola Nicon di atas kaus. Ia kemudian mengusahakan potongan tailored yang dikembangkan menjadi setelan tweeds dan gaun-gaun. Berikut look favorit Bazaar dari presentasi Chanel Cruise 2021/22.

(FOTO: Courtesy of Chanel & Harper’s Bazaar US)



Source link

Continue Reading

FEED

Awas, Bahaya Kentut di Luar Angkasa : Okezone techno

Awas, Bahaya Kentut di Luar Angkasa : Okezone techno



CALIFORNIAAdaptasi hidup di luar angkasa tidaklah mudah. Semua kegiatan di luar angkasa berbeda jauh dengan yang ada di Bumi. Salah satunya adalah saat buang angin atau ketut. Tubuh manusia mempunyai bermacam-macam gas di dalamnya. Dari karbon dioksida hingga nitrogen, serta hidrogen dan metana dimiliki semua oleh tubuh manusia.

Beruntung, Bumi mampu menyerap semua gas itu. Mengingat, fakta rata-rata orang dewasa kentut antara lima hingga 15 kali sehari. Tentu saja, jika Anda adalah manusia yang baik, maka melakukannya saat tidak ada orang di sekitar. Lantas bagaimana untuk astronot yang tinggal di luar angkasa? Astronot bekerja di ruang kecil bertekanan seperti kabin pesawat ulang-alik stasiun luar angkasa.

Jika Anda memasukkan gas yang mudah terbakar seperti hidrogen dan metana, seperti kentut ke dalam campuran. Kemudian, ada sesuatu yang terbakar di pesawat, maka akibatnya bisa berbahaya. Anehnya, itu bukanlah masalah terbesar yang terkait dengan kentut di luar angkasa.

(Baca juga: Ingin Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui, Ini Caranya)

Bagian terburuk dari kentut di luar angkasa adalah kurangnya aliran udara. Berbeda dengan di Bumi, sederhananya, baunya menghilang dengan aliran udara di sekitar Anda, sebagaimana dikutip dari Mashable, Kamis (6/5/2021).

“Kentut bisa terasa seperti hang out. Aliran udara tidak sebanyak di Bumi. Anda harus mengalirkan udara untuk menghilangkan kontaminan dan karbon dioksida,” kata astronot Mike Massimino kepada Gizmodo.

Massimino kemudian menjelaskan ketika Anda memperkirakan kentut akan datang, pergilah ke kamar mandi dan ‘lepaskan’ di sana. Seharusnya, ada lebih banyak ventilasi yang bisa membantu menghilangkan bau tak sedap.

(Baca juga: 5.5 Hari BBI, Ada Promo hingga Gratis Ongkir dari Platform E-Commerce)

 (sst)

(amr)



Source link

Continue Reading

FEED

Ini Alasan Hakim Mengabulkan Penangguhan Penahanan Jumhur Hidayat

Ini Alasan Hakim Mengabulkan Penangguhan Penahanan Jumhur Hidayat



loading…

JAKARTA – Petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jumhur Hidayat bisa menghirup udara segar pascapermohonan penangguhan penahanannya dikabulkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Informasi dikabulkannya penangguhan penahanan Jumhur disampaikan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta melalui akun Instagramnya @lbh_jakarta.

Majelis hakim mengabulkan permohonan penangguhan penahanan terhadap Jumhur karena yang bersangkutan kooperatif dan memiliki anak yang masih balita. Selain itu, ada pula sejumlah tokoh publik yang bersedia menjamin.

Baca juga: Penangguhan Penahanan Jumhur Hidayat Dikabulkan, Din Syamsuddin: Sudah Seharusnya Demikian

“Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kabulkan permohonan penangguhan penahanan Jumhur Hidayat (mantan Kepala BNP2TKI). Permohonan tersebut dikabulkan dengan alasan: terdakwa kooperatif, terdakwa memiliki anak yang masih balita, dan adanya 17 tokoh publik sebagai penjamin,” demikian keterangan LBH Jakarta dikutip dari laman akun Instagram resminya, Kamis (6/5/2021).

Arif Maulana, Direktur LBH Jakarta yang juga tim kuasa hukum Jumhur Hidayat, mengonfirmasi bahwa penangguhan penahanan kliennya sudah dikabulkan majelis hakim PN Jakarta Selatan hari ini. “Ya betul,” katanya kepada MNC Portal.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Jumhur Hidayat mengajukan permohonan penangguhan penahanan kliennya ke Majelis Hakim PN Jaksel. Ada 20 tokoh nasional dan aktivis yang bersedia menjamin petinggi KAMI itu. Antara lain mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua MK Hamdan Zoelva, ekonom Rizal Ramli, pakar hukum tata negara Refly Harun, politikus Demorkat Andi Arief, dan lain sebagainya.

Baca juga: Penangguhan Penahanan Jumhur Hidayat Dikabulkan Hakim

(abd)



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close