Connect with us

WOMEN

Mengenal Sosok Nitri, Pengawal Sukarno yang Menolak Jadi Ajudan Ibu Tien Soeharto | Keepo.me

Mengenal Sosok Nitri, Pengawal Sukarno yang Menolak Jadi Ajudan Ibu Tien Soeharto | Keepo.me


Potret Bung Karno dan Ni Luh Putu Sugianitri

Potret Bung Karno dan Ni Luh Putu Sugianitri | metrobali.com

Wanita ini menjadi saksi usai Sukarno tak lagi menjadi presiden Indonesia

Sukarno dikenal memiliki karisma yang sangat membekas di ingatan banyak orang. Beliau banyak meninggalkan kesan kepada orang-orang, terlebih yang pernah dekat dengan dirinya. Salah satunya adalah mantan ajudan Presiden Sukarno, Ni Luh Putu Sugianitri.

Bagaimana kisah pengawal Sukarno yang satu ini? Yuk kita simak

1.

Menjadi Polisi Wanita (Polwan)

Potret Bung Karno dan Ni Luh Putu Sugianitri

Ni Luh Putu Sugianitri | metrobali.com

Nitri mengawali kariernya sebagai anggota Polwan pada thun 1964. Saat itu, Nitri berusia 16 tahun. Nitri berhasil lulus seleksi dan menjalani Pendidikan di Sukabumi, Jawa Barat. Nitri juga kerap diminta tampil untuk menari di acara-acara kepresidenan.

Baca juga: Persamaan Antara Sukarno dan Fidel Castro

2.

Terpilih menjadi ajudan Presiden Sukarno

Potret Bung Karno dan Ni Luh Putu Sugianitri

Potret Bung Karno dan Ni Luh Putu Sugianitri | metrobali.com

Nitri terpilih menjadi ajudan anak-anak Bung Karno setelah Cakra Birawa, pasukan pengawal presiden dibubarkan dan diganti dengan Pengawal kepolisian. Sejak saat itu ia diberikan tanggungjawab yang lebih besar lagi, yaitu menjadi ajudan Sukarno.

3.

Menjadi saksi pasca Sukarno tak lagi menjabat

Potret Bung Karno dan Ni Luh Putu Sugianitri

Potret Nitri Kini | www.merdeka.com

Nitri diangkat menjadi ajudan Sukarno pasca peristiwa G30S/PKI. Pada saat itu, ia menjadi saksi usai Sukarno tak lagi menjabat sebagai Presiden Indonesia. Menurut Nitri, Bung Karno dilarang berbicara politik, dilarang mengundang tamu, sampai dilarang pergi kemana-mana kecuali hanya di Istana saja.

Baca juga: Misteri Presiden Ke-7 Indonesia Menurut Ramalan Jayabaya

4.

Menolak menjadi ajudan Tien Soeharto

Potret Bung Karno dan Ni Luh Putu Sugianitri

Nitri di kediamannya | balicitizen.com

Nitri pernah dimintai untuk menjadi ajudan Tien Soeharto. Namun, tawaran tersebut ditolak olehnya. Dilansir dari Balicitizen, Nitri menolak tawaran tersebut karena sakit hati pernah dituduh menjadi pacar Sukarno.

“Saya diminta jadi ajudan Ibu Tien, saya langsung lari kawin, karena saya tidak mau. Saya tidak mau jadi ajudan Soeharto, saya tau apa yang dia lakukan,” – ujar Nitri dilansir dari Merdeka.

Artikel Lainnya

Berikut adalah kisah wanita yang pernah menjadi ajudan Bung Karno, Ni Luh Putu Sugianitri. Adalah sebuah kebanggaan tersendiri tentunya menjadi saksi hidup bapak proklamator hingga setelah tidak menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Tags :

Advertisement
Click to comment

FASHION & BEAUTY

Hanya Sekejap! Cara Menghilangkan Bau Mulut Praktis | Keepo.me

Hanya Sekejap! Cara Menghilangkan Bau Mulut Praktis | Keepo.me


cara menghilangkan bau mulut

Cara mengatasi bau mulut? Praktis! | hellosehat.com

Sebenarnya bau mulut adalah kondisi normal dan menurut hasil penelitian American Dental Association, masalah ini dialami sekitar 50 persen orang dewasa di dunia. Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa mulut mereka bau.

Bagaimanapun, yang namanya bau mulut tetap saja menganggu, bukan hanya ke orang lain tapi juga bagi diri sendiri. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bau mulut harus dilakukan untuk mengatasi sekaligus mencegahnya kambuh.

Dilansir dari Westrydedental, 71% orang mengaku kepercayaan dirinya menurun karena bau mulut. Angka ini berdasarkan survei dari sebuah lembaga penelitian internasional. Bau mulut ini membuat banyak orang mencemaskan respons orang lain yang merasa terganggu.

Baca Juga: Solusi Nafas Tetap Segar Setiap Saat

cara menghilangkan bau mulut

Apa penyebab bau mulut? | hellosehat.com

Kenapa mulut bisa bau? Apa penyebabnya?

1. Mulut kering

Air liur atau saliva punya peran utama bagi kesehatan mulut dan gigi. Cairan ini berfungsi melumat makanan, melancarkan pencernaan, dan membersihkan bakteri-bakteri mulut. Semakin sedikit air liur dalam mulut, makin banyak bakteri yang bersarang dan menimbulkan bau tak sedap.

2. Gigi Berlubang atau infeksi

Gigi berlubang atau adanya infeksi gusi akan menimbulkan bau tak sedap karena bakteri yang memakan saliva yang diproduksi dalam mulut. Padahal, saliva akan membantu proses kesembuhan selama infeksi. Akibatnya, aroma mulut semakin tak sedap dan timbul nyeri kambuhan.

3. Asam lambung

Gangguan pencernaan seperti asam lambung juga menimbulkan bau mulut tak sedap. Asam lambung yang naik ke kerongkongan lama-kelamaan bisa menyebabkan infeksi. Jadi, selain perut mulas, bau mulut juga sangat tidak enak.

4. Menyantap makanan aroma menyengat

Cukup banyak jenis makanan (dan minuman) yang dengan mudahnya memicu aroma tak sedap dalam mulut. Ada banyak contohnya di Indonesia, seperti jengkol, petai, dan jenis-jenis makanan lain yang justru sering digemari karena enak.

5. Konsumsi obat

Jika kamu sedang sakit dan harus mengonsumsi obat selama beberapa hari, siap-siaplah mulutmu berbau tak sedap. Memang tidak semua jenis obat yang diresepkan dokter bisa menimbulkan bau mulut. Beberapa jenis obat yang dimaksud antara lain obat diuretik, antipsikotik, dan antihistamin.

6. Kebiasaan Merokok

Para perokok biasanya bermasalah dengan bau tak sedap. Pasalnya, kebiasaan itu menyebabkan produksi air liur menurun dan mulut semakin kering. Risiko mengalami gangguan gusi akibat kebiasaan merokok pun cukup tinggi dan sekaligus bisa memicu bau mulut tak sedap.

Baca Juga: Kumpulan Meme Lucu tentang Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Praktis

cara menghilangkan bau mulut

Masalah gigi dan mulut | www.pexels.com

Hal-hal di atas mendorong banyak orang untuk mengatasi bau mulut dengan berbagai cara. Untuk menghilangkan bau mulut ini pun berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang langsung manjur, namun tak sedikit yang mesti mencoba beberapa pilihan cara lainnya.

Barangkali kamu pernah kepikiran ke dokter gigi. Jika memang terasa sangat menganggu (apalagi jika disertai keluhan sakit gigi/gusi), mau tak mau memang harus segera kamu lakukan.

Masalah bau mulut sebenarnya bisa ditangani dengan beberapa cara alami. Bahkan cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami ini sangat populer dan dianjurkan karena selalu terbukti aman alias tidak menimbulkan efek samping.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut alami yang bisa kamu terapkan secara praktis.

Baca Juga: Hindari 7 Makanan Ini Biar Bau Badanmu Nggak Bikin Orang Pingsan

1. Makan permen karet dengan rasa mint

cara menghilangkan bau mulut

Makan perment mint | www.keepo.me

Seorang pendiri klinik gigi di Amerika Serikat, drg. Tripti Meysman mengatakan bahwa memakan permen karet merupakan solusi cerdas untuk mengatasi bau mulut saat kamu tidak sempat menggosok gigi. Aroma mint bisa membuat nafas lebih segar dan menghilangkan bau.

Jangan makan permen karet manis yang mengandung gula tinggi. Kandungan gulanya bisa dimakan oleh bakteri di mulut dan menyebabkan produksi asam meningkat. Kondisi ini justru bisa membuat enamel gigi rusak dan menghasilkan aroma tidak sedap.

Jadi, ini tidak dianjurkan sebagai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang.

2. Makan yogurt

cara menghilangkan bau mulut

Yogurt | www.keepo.me

Saat bau mulut melanda, kamu bisa memakan yogurt untuk mengatasinya. Di dalam yogurt, terdapat probiotik atau bakteri baik yang dapat menyingkirkan bakteri jahat di mulut. Kamu bisa memilih yogurt rasa apa saja. Akan lebih baik jika memakan yang plain agar gula darah tetap terjaga.

Kebiasaan menyantap yogurt cukup efektif mengatasi dan mencegah bau mulut. Kamu bisa mencoba tips ini selesai menyantap makanan tertentu, misalnya sebagai cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol.

Baca Juga: Tanaman Obat Penghilang Bau Mulut

3. Minum banyak air putih

cara menghilangkan bau mulut

Air putih | www.keepo.me

Dengan minum air putih, mulut akan lebih basah sehingga pertumbuhan bakteri akan terhambat. Keseimbangan di area mulut juga akan membaik dengan minum air. Jadi bau mulut bisa teratasi meski kamu tidak sempat gosok gigi.

Mulailah harimu saat bangun pagi dengan minum air putih secukupnya. Tips ini bisa dicoba dengan sekalian menggunakan air minum untuk berkumur selama beberapa detik. Biasakan meminum air putih suhu normal alias bukan yang hangat atau dingin.

4. Makan buah

cara menghilangkan bau mulut

Hidup sehat dengan buah-buahan. | www.keepo.me

Kandungan nutrisi di dalam buah ampuh membasmi bakteri dengan efektif. Dengan memakan buah, bau mulut akan hilang. Napaspun akan terasa lebih segar. Kamu bisa memakan buah apapun karena semuanya mengandung vitamin dan mineral yang baik.

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin cukup ampuh sebagai cara mengatasi bau mulut kronis. Selain masalah bau mulut yang perlahan memudar, tubuhmu akan merasakan efek positif karena kebiasaan menyantap buah-buahan segar.

Baca Juga: Alasan Kenapa Pemain Bola Selalu Menutup Mulut Waktu Berbicara

5. Air jahe

cara menghilangkan bau mulut

Jahe | www.brilio.net

Jahe ternyata punya khasiat luar biasa bagi kesehatan mulut khususnya mencegah bau tak sedap. Cara mengatasi bau mulut dengan jahe ialah memanfaatkan air perasan jahe. Untuk membuatnya, jahe diparut dan larutkan bersama air.

Larutan itu kemudian diperas dan hasilnya dicampurkan ke dalam wadah berisi air hangat. Aduk hingga merata dan gunakan untuk berkumur. Kalau kamu melakukannya rutin setiap hari, napas dan bau mulutmu akan selalu segar dan wangi.

6. Cuka apel

cara menghilangkan bau mulut

Cuka apel | www.brilio.net

Khasiat cuka apel untuk mengatasi masalah bau mulut juga telah dibuktikan banyak orang. Untuk membuatnya, siapkan dulu segelas air dan cuka apel. Campurkan kedua bahan itu dan gunakan untuk berkumur.

Waktu yang disarankan untuk berkumur menggunakan cuka apel ini adalah saat bangun pagi dan sebelum tidur. Kira-kira selama 3 atau empat menit berkumur dengan cuka apel setiap hari, masalah bau mulut akan langsung hilang.

7. Minyak kelapa

cara menghilangkan bau mulut

Minyak kelapa | www.brilio.net

Selain sebagai bahan untuk memasak, minyak kelapa juga sangat berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut. Takarannya pun sangat sedikit, yakni satu sendok makan minyak kelapa yang digunakan untuk berkumur paling lama 10 menit.

Setelah menggunakan minyak kelapa untuk berkumur, bilas mulutmu hingga bersih menggunakan air hangat. Tips ini bisa dicoba setiap hari atau kalau kamu sudah merasa sangat terganggu dengan aroma tak sedap dari mulutmu.

8. Berkumur dengan penyegar mulut

cara menghilangkan bau mulut

Penyegar mulut | www.keepo.me

Ada banyak produk penyegar mulut yang dapat kamu pilih untuk menghilangkan bau mulut secara efektif. Kalau kamu doyan menyantap makanan-makanan aroma menyengat seperti jengkol atau petai, jangan lupa selalu menyiapkan penyegar mulut.

Biasakan selalu membawa cairan penyegar mulut ini selama bepergian. Produk penyegar mulut ini bisa langsung dipakai jika kamu mulai merasa tidak nyaman dengan bau mulutmu apalagi terasa sangat kering.

Artikel Lainnya

Continue Reading

WOMEN

Kisah Inspiratif Tentara Pendiri KFC: Kolonel Sanders | Keepo.me

Kisah Inspiratif Tentara Pendiri KFC: Kolonel Sanders | Keepo.me


Kolonel Sanders

Kolonel Sanders | nationalviral.com

Kakek bernama lengkap Harland David Sanders ini lahir 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Sosoknya kerap menjadi simbol semangat kewirausahaan, khususnya sebagai pioner restoran siap saji yang terbesar dan menyebar di hampir 80 negara.

Diperkirakan ada lebih dari satu miliar ayam goreng hasil olahan resepnya yang dikonsumsi setiap tahun termasuk di Indonesia. Bisnisnya berkembang sangat cepat padahal baru diwaralabakan pada saat usianya menginjak 65 tahun.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Sakichi Toyoda, Anak Tukang Kayu Pendiri Toyota Motor Corporation

Kolonel Sanders

Sanders muda. | www.businessinsider.com

Ayahnya meninggal dunia saat ia masih berusia 6 tahun. Sementara itu, ibunya sudah tidak sanggup bekerja lagi. Akibat kondisi itulah sang kolonel muda mesti bertanggung jawab menjaga adiknya.

Ia bahkan bertanggung jawab memasak untuk keluarganya. Kebiasaan itulah yang mengasah ketrampilannya memasak dan pada usia 7 tahun ia sudah dikenal pintar memasak. Tiga tahun kemudian ia bekerja dengan pendapatan 2 dollar sebulan di dekat sebuah pertanian.

Baca Juga: Meskipun Dulunya Hanya Seorang Pemulung, Sekarang Gadis Ini Berkuliah di Salah Satu Kampus Matematika Ternama

Kolonel Sanders

Salah satu tempat awal Sanders bekerja. | www.wikimedia.com

Ibunya menikah lagi saat ia berusia 12 tahun dan terpaksa meninggalkan rumah tempat ia dilahirkan demi memperoleh pekerjaan di daerah Greenwood, Ind. Selama beberapa tahun ia berganti-ganti pekerjaan.

Sempat menjadi tukang parkir waktu berusia 15 tahun, dan setahun kemudian terpilih sebagai tentara yang dikirim bertugas ke Kuba. Pernah juga menjadi petugas pemadan kebakaran, mempelajari Ilmu Hukum, pegawai asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan operator bengkel.

Baca Juga: Di Balik Renyahnya Ayam KFC, Ada Fakta-Fakta Mengejutkan yang Belum Pernah Kamu Ketahui

Kolonel Sanders

Bengkel di Corbin. | www.damninteresting.com

Di usia 40 tahun, Sang Kolonel sudah memulai aktivitas memasak bagi orang-orang yang bepergian dan singgah di bengkelnya di Corbin. Waktu itu ia masih belum memilih restoran namun sudah punya kebiasaan menghidangkan makanan di meja makan bengkelnya.

Lama kelamaan masakannya dikenal dan digemari. Makin banyak orang yang berdatangan ke tempatnya hanya untuk makan sampai akhirnya ia memutuskan pindah ke seberang jalan dekat penginapan dan membangun restoran berkapasitas 142 orang.

Kolonel Sanders

Suasana dalam restoran Corbin. | www.damninteresting.com

Reputasinya semakin dikenal baik ditandai penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Ruby Laffoon atas kontribusinya bagi Negara Bagian Cuisine. Di tahun 1939, keberadaannya untuk pertama kali terdaftar di Duncan Hines; Adventures in Good Eating.

Menjelang awal tahun 1950-an, pembangunan jalan raya lintas antar negara bagian direncanakan dan salah satu jalurnya melewati Kota Corbin. Hal itu disadari Sang Kolonel sebagai senjakala bisnisnya, sehingga ia pun memutuskan menutup restorannya.

Baca Juga: Unik! Pria Ini Berikan Ayam Goreng KFC Kepada Calon Istrinya Buat Seserahan Pernikahan!

Kolonel Sanders

KFC pertama yang berlokasi di Salt Lake City. | www.youtube.com

Merasa sangat percaya diri dengan kualitas ayam gorengnya, Sang Kolonel mulai merintis waralaba di tahun 1952. Maka, dimulailah petualangannya. Ia mengendarai mobilnya menyeberang negara bagian dari satu restoran ke restoran lain, memasak sejumlah ayam untuk restoran-restoran.

Ayam goreng hasil masakannya ditawarkan ke para pemilik restoran dan karyawannya. Jika mendapatkan respons bagus, ia menawarkan perjanjian untuk memperoleh bayaran dari setiap daging ayam goreng yang laku terjual.

Kolonel Sanders

Markas besar KFC. | www.wikimedia.com

Tahun 1964, tercatat bahwa Sang Kolonel telah memiliki lebih 600 outlet waralaba ayam gorengnya di seluruh Amerika dan Kanada.

Di tahun yang sama, ia menjual bunga pembayarannya sebesar 2 juta dolar ke sejumlah kelompok investor termasuk John Y. Brown Jr. yang kelak dilantik sebagai Gubernur Kentucky periode 1980-1984. Kolonel mengingatkan untuk menjadikan terbuka perusahaannya bagi publik.

Baca Juga: Inspiratif! Pria Ini Ubah Dirinya karena Hinaan Mantan Istri

Kolonel Sanders

Peta jaringan waralaba KFC di seluruh dunia. | www.wikimedia.com

Di bawah kepemilikan yang baru, Perusahaan Kentucky Fried Chicken tumbuh cepat menjadi perusahaan terbuka pada 17 Maret 1966 dan terdaftar di New York Stock Exchange di tahun 1969.

Lebih dari 3,500 waralaba dan restoran yang dimiliki perusahaan beroperasi hampir di seluruh dunia ketika Heublein Inc. mengakusisi perusahaan KFC pada 18 Juli 1971 seharga 285 juta dolar.

Kolonel Sanders

Makam Kolonel Sanders. | www.wikimedia.com

Kentucky Fried Chicken menjadi anak perusahaan dari R.J. Reynolds Industries, Inc. (sekarang RJR Nabisco, Inc.), semenjak Heublein Inc. diakuisisi oleh Reynolds pada tahun 1982. KFC diakuisisi pada Oktober 1986 dari RJR Nabisco, Inc. oleh PepsiCo, Inc., seharga kurang lebih 840 juta dolar.

Di usia 90 tahun, Sang Kolonel terserang penyakit leukemia di tahun 1980. Ia telah melakukan perjalanan 250,000 mil dalam satu tahun kunjungan restoran KFC mengelilingi dunia.

pusara Sanders KFC
Pusara Kolonel Sanders. | www.wikimedia.com
Kolonel Sanders

Kolonel Sanders | www.theverge.com

Semua itu dilakukan seorang laki-laki berusia 65 tahun yang menggunakan uang jaminan sosialnya untuk memulai usaha. Impian untuk sukses tidak harus impian masa kecil, bisa juga saat usia sudah senja.

Inilah kegigihan Kolonel Sanders pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC. Dia memulainya di usia 66 tahun, pensiunan angkatan darat dari negara adidaya, tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis.

Dia memiliki keahlian dalam memasak dan menawarkan resepnya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya. Akhirnya restoran yang ke-1008, menerima resepnya tersebut dan kini kita dapat menikmatinya di Indonesia, Kentucky Fried Chicken.

Artikel Lainnya

Continue Reading

WOMEN

3 Kesalahan Ini Harus Dihindari Oleh Si Kulit Kering di Bulan Ramadan | Keepo.me

3 Kesalahan Ini Harus Dihindari Oleh Si Kulit Kering di Bulan Ramadan | Keepo.me


3 Kesalahan Ini Harus Dihindari Oleh Si Kulit Kering di Bulan Ramadan | Keepo.me

Ilustrasi kulit kering di bulan puasa | www.elitedaily.com

Perawatan untuk kulit kering di bulan puasa memang lebih ekstra

Masalah kulit seolah sulit dihindari selama bulan ramadan. Pasalnya, tubuh kita mengalami kekurangan cairan dalam waktu lama, sehingga masalah seperti kulit kering pun kerap dialami.

Tentunya masalah kulit kering ini tidak boleh diabaikan. Harus segera dirawat dan ditangani dengan cara yang tepat. Jika tidak, masalah-masalah kulit lain seperti kulit kusam pun akan bermunculan.

Dengan perawatan yang tepat, persoalan kulit kering ini bisa banget kok dihindari. Berikut adalah tiga kesalahan yang harus dihindari saat merawat kulit kering.

1.

Menggunakan produk pelembap yang salah

Kulit kering

Produk pelembab | www.allure.com

Produk pelembab adalah salah satu produk perawatan kulit yang wajib kamu miliki jika kamu ingin mengatasi masalah kulit kering. Melalui berbagai nutrisi yang terkandung dalam pelembab, kulitmu akan terus terhidrasi. Bahkan, beberapa produk pelembab bisa menjaga kelembaban kulitmu hingga 24 jam, lho.

Meski dibutuhkan oleh berbagai jenis kulit, penggunaan pelembab ini tidak boleh sembarangan, lho. Sebaiknya hindari pelembab dengan bahan dasar minyak. Pelembab jenis ini akan menyerap lama dan bisa meninggalkan rasa lengket pada kulit.

Kamu bisa menggunakan pelembab dengan tekstur cream atau lotion karena lebih mudah menyerap. Tidak hanya itu, pilih juga pelembab yang mengandung asam laktat karena kandungan tersebut akan membantu mengikis lapisan kulit mati. Jadi, kulitmu tidak hanya akan tehidrasi tetapi juga akan tampak lebih cerah.

2.

Tidak memakai masker di malam hari

Kulit kering

Menggunakan masker | www.tula.com

Perawatan kulit tidak hanya dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas. Pada malam hari sebelum tidur pun kamu harus memberikan berbagai nutrisi pada kulitmu.

Pasalnya, pada malam hari kulit mampu menyerap nutrisi dengan lebih baik dibanding siang hari. Kamu bisa menggunakan pelembab pada malam hari dan juga masker untuk memberikan kelembaban lebih.

Sama seperti pelembab, masker pun memiliki berbagai jenis. Ada wash-off mask, peel-off mask, jelly mask, rubber mask, exfoliating mask, sheet mask, sleeping mask, dan yang paling terbaru adalah splash mask.

Bagi sebagian orang, menggunakan masker ini prosesnya cukup merepotkan, namun dengan berbagai pilihan ini kamu bisa memilih jenis masker yang menurutmu paling praktis.

Kamu bisa mencoba sleeping mask karena masker ini pemakaiannya seperti pelembab dan tidak harus langsung dibilas seperti kebanyakan jenis masker lainnya.

3.

Mandi dengan air hangat

Kulit kering

Ilustrasi mandi dengan air hangat | www.rd.com

Mandi dengan air hangat memang menghadirkan sensasi rileks, apalagi setelah seharian beraktivitas. Namun terlalu sering mandi dengan air hangat juga akan membuat kulitmu semakin kering, lho.

Pasalnya, saat mandi dengan air hangat pori-pori kulit akan terbuka. Kandungan sabun menyerap dan jika dibiarkan terus-menerus, kulit menjadi lebih kering. Kamu dianjurkan untuk mandi dengan air yang suhunya normal atau dingin agar kulitmu tampak lebih sehat.

Artikel Lainnya

Itulah tiga kesalahan yang harus kamu hindari selama melakukan perawatan kulit kering di bulan ramadan ini. Mudah kan? Dengan perawatan yang tepat dan produk yang tepat, masalah kulit kering akan mudah teratasi.

Tags :

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close