Connect with us

OTOMOTIF

Membuka Jendela Mobil Diklaim Dapat Kurangi Risiko Penularan Covid-19, Bagaimana Caranya? – Berita Otomotif

Membuka Jendela Mobil Diklaim Dapat Kurangi Risiko Penularan Covid-19, Bagaimana Caranya? – Berita Otomotif


Rhode Island – Beredasarkan penelitian, membuka jendela mobil pada beberapa bagian bisa mengurangi risiko penularan Covid-19, simak caranya berikut ini.

Setelah Anda disiplin menerapkan 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19, M selanjutnya adalah membuka kaca mobil. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana caranya?, apakah harus semua kaca atau bagian tertentu saja?.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari Brown University, Amerika Serikat berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Mereka mencoba menghitung dan mencari tahu secara ilmiah bagian jendela mana yang harus dibuka.

Jawaban dari pertanyaan itu coba dipecahkan menggunakan simulasi percobaan yang sangat kompleks menggunakan fluid dynamic simulations. Para peneliti terdiri dari Varghese Mathai, Asimanshu Das, Jeffrey Bailey dan Kenneth Breuer mempelajari aeorosol yang secara teknis merujuk pada partikel padat di udara maupun tetesan cair bagaimana bisa terhirup di dalam kabin mobil.

Sirkulasi udara pada interior menjadi hal terpenting. Karena setelah diteliti, aerosol tadi bisa lolos terhirup oleh orang yang telah menggunakan masker dengan benar sekalipun.

membuka jendela mobil diklaim bisa cegah penularan covid-19
Ternyata aliran udara atau aerosol dapat diatur sirkulasinya dan tergantung pada buka-tutup jendela. Penelitian ini sendiri menggunakan Toyota Prius dan sirkulasinya akan sama dengan bentuk mobil sejenis serta kemungkinan tidak berlaku pada truk atau mobil yang lebih besar.

Posisi penumpang ditempatkan diagonal dengan pengemudi. Artinya pengemudi berada di depan kiri dan penumpang di belakang kanan, ini adalah regulasi untuk naik taksi di Amerika Serikat di masa pandemi.

Tim peneliti ini menemukan bahwa membuka jendela secara bersebrangan ternyata dapat menciptakan aliran yang secara drastis mengurangi berkumpulnya aerosol dalam kabin. Dengan ini tentu droplet seseorang yang terbang di udara saat berada di mobil bisa diminimalisir pergerakannya.

Tapi jujur saja, membuka jendela mobil sendiri tentu dapat menciptakan beragam masalah kompleks. Mulai dari ketidaknyamanan kabin dikala cuaca panas atau terlalu dingin atau mungkin orang jahat saat berhenti di traffic light misalnya.

Jika Anda ingin mempelajarinya lebih lanjut bisa klik link berikut ini. Dan sampai berita ini dibuat, hasil penelitian ini masih debatable, butuh pembuktian lebih lanjut. [Ari]

Advertisement
Click to comment

OTOMOTIF

Setahun Tertunda karena Covid-19, Kopdar Akbar Innova Community Sambangi Sumbar

Setahun Tertunda karena Covid-19, Kopdar Akbar Innova Community Sambangi Sumbar


PADANG PANJANG – Setelah satu tahun ditunda karena Pandemi Covid-19, Innova Community (IC) Kopi Darat (Kopdar) Akbar Sumatera akhirnya bisa terselenggara tanggal 2 dan 3 April 2021 di Mifan, Padang Panjang, Sumatera Barat.

Mengambil tema ‘Manyilau Ranah Tacinto’, kopdar kali ini dihadiri oleh IC Chapter Palembang, Riau, Jambi, Bengkulu, Jakarta Barat, Sumatera Utara dan Sumatera Barat sendiri selaku tuan rumah. Sebanyak 113 Innova memenuhi parkiran Mifan.

Kegiatan di awali sore tanggal 2 April 2021, perwakilan masing – masing chapter melaksanakan bakti sosial pembagian masker kepada para pengunjung dan pedagang di Pasar Kuliner Padang Panjang sebagai wujud dukungan IC terhadap program pemerintah memutus rantai pemularan virus Covid -19. Sebanyak 2.000 masker medis dibagikan secara gratis.

Baca juga :  Kopdar dan Charity Touring Agya Ayla SoliDaritas (AASD)

Puncak acara pada malam harinya dilakukan di Panggung Satelit Mifan yang langsung dihadiri oleh Walikota Padang Panjang – H. Fadly Amran, B.B.A Datuak Paduko Malano. Dalam sambutannya Walikota menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada Innova Community yang telah memilih Padang Panjang sebagai lokasi kopdar.

Hadir juga dalam acara malam itu perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumbar dan Forum Otomotif Ranah Minang (FORM). Walikota menawarkan kepada IC untuk mengadakan Jambore Nasional di Padang Panjang dan Pemko Padang Panjang siap mendukung kegiatan tersebut.

Ketua Panitia David Maisa didampingi Ketua Chapter Sumbar Fereri dah Humas Rezki Rifai mengatakan bahwa “Kopdar Akbar Sumatera ini adalah ajang silaturahmi IC setelah hampir 1 (satu) tahun minim kegiatan karena pandemi. “Kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan memakai masker, penyediaan hand sanitizer disetiap kamar dan panggung, menjaga jarak serta mencuci tangan,” ujarnya.

Baca juga :  Gak Kumpul Selama Corona, Komunitas Honda Pilih Kopdar Online

Semua peserta yang hadirpun diukur suhunya saat registrasi ujar David. Acara pembukaan juga dihibur oleh tari pasambahan dan permainan KIM. Selain itu acara juga dimeriahkan penyerahan award kepada perwakilan chapter serta penghargaan kepada chapter terbanyak yakni Chapter Riau dan peserta terjauh yaitu Chapter Jakarta Barat.

Perwakilan DPP IC – Roni Candra mengatakan bahwa untuk Kopdar Akbar Sumatera tahun 2022 – DPP IC menunjuk Chapter Riau sebagai tuan rumah, untuk pelaksanan nya akan mengikuti situasi dan kondisi tahun depan.

Baca juga :  Semangat Raja Ibukota Dalam Perayaan 2 Windu King’s Club Djakarta

Kegiatan hari kedua Sabtu 3 April 2021 perwakilan peserta mendatangi Pasar Padang Panjang untuk melaksanakan CSR berupa penyerahan 10 (sepuluh) buah pot bunga dengan tanaman Pucuk merah untuk Pemko Padang Panjang. [po/rst]

Continue Reading

OTOMOTIF

Kijang Innova Limited Edition, Persembahan 50 Tahun Toyota Indonesia

Kijang Innova Limited Edition, Persembahan 50 Tahun Toyota Indonesia


JAKARTA – Merayakan 50 tahun perjalanan Toyota Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis Kijang Innova Limited Edition pada Jumat (9/4/2021). Innova Limited Edition diproduksi terbatas hanya sebanyak 50 unit.

President Director Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, menyebutkan bahwa Kijang Innova merupakan bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia.

“Sebagai perusahaan mobilitas, kami berharap Kijang Innova tidak hanya dapat menjadi upaya konkret dari solusi mobilitas Toyota, namun juga sebagai bentuk realisasi dari komitmen Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All,” ujar Matsuda.

Baca juga :  50 Tahun di Indonesia, Toyota Bakal Boyong Line Up Lengkap Mobil Listrik

“Ke depannya, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar,” lanjutnya.

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menyebutkan bahwa ada nilai semangat anak bangsa Indonesia dalam setiap tahapan perkembangan Toyota Kijang dari generasi ke generasi.

Baca juga :  New Honda Civic Hatchback Kini Tampil Semakin Sporty

Semangat dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia, semangat dalam meningkatkan kompetensi untuk membuat produk dan layanan mobilitas terbaik, merupakan salah satu pesan yang tersirat pada Kijang Innova Limited Edition ini.

“Harapan kami, Kijang edisi khusus 50 Tahun Toyota Indonesia ini mampu menumbuhkan semangat bahwa anak bangsa mempunyai potensi yang sangat besar. Semangat untuk selalu berkarya dalam setiap kesempatan, termasuk dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini,” kata Henry Tanoto.

Toyota Kijang merupakan produk spesial bagi Toyota. Pasalnya, Toyota Kijang sejak generasi pertama hingga generasi terakhir saat ini menjadi salah satu bentuk kisah sukses sebuah karya anak bangsa dalam memenuhi dinamika kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. [po/rst]

Continue Reading

OTOMOTIF

Marc Marquez Dipastikan Tampil di Seri Portugal

Marc Marquez Dipastikan Tampil di Seri Portugal


SPANYOL – Pembalap utama Repsol Honda, Marc Marquez dipastikan tampil di seri ketiga MotoGP 2021 yang berlangsung di Sirkuit Portimou, Portugal pada tanggal 18 April mendatang.

Tim Dokter memberikan lampu hijau untuk Marquez usai melakukan cek kesehatan. Hasilnya, kondisi Marquez dinyatakan fit dan siap comeback balapan.

“Dalam tinjauan yang dilakukan pada Marc Marquez, ditemukan kondisi klinis yang sangat memuaskan, dengan kemajuan yang jelas dalam proses konsolidasi tulang. Dalam situasi saat ini, Marquez dianggap dapat kembali berkompetisi,” jelas keterangan resmi Repsol Honda dikutip dari Crash, Sabtu 10 April 2021.

Baca juga :  Accentwire Dukung Sekolah Balap Milik M. Fadli Immamuddin

Tak hanya itu, lewat media sosial pribadinya, Marquez mengumumkan kabar gembira kepada para fansnya. “Sudah hampir 9 bulan, dengan situasi penuh ketidakpastian, dan sekarang, saya akan menikmati balapan lagi. Sampai jumpa pekan depan di Portimou,” tulis Marquez.

Dengan demikian, balapan MotoGP Portugal menjadi debut Marquez setelah terakhir kali mengaspal pada Juli 2020 silam. Dengan memulai kompetisi dari putaran ketiga, artinya Marquez sudah kehilangan 50 poin. [po/rst]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close