Connect with us

NASIONAL

Luhut: Saya Akan Mundur Jika Terbukti Terima Duit PCR

Kyandra

Published

on

Luhut: Saya Akan Mundur Jika Terbukti Terima Duit PCR
Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. ANTARA

BuzzFeed – Menanggapi banyaknya kecurigaan bahwa dirinya terlibat dalam bisnis tes PCR untuk meraup keuntungan. Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, bahwa dirinya tidak mendapat untung sepeser pun. Ia bahkan menyatakan siap mundur dari jabatannya jika terbukti menerima uang dari bisnis PCR itu.

Luhut menyatakan dirinya memang memberikan sumbangan uang ke Genomik Solidaritas Indonesia (GSI). Namun Luhut menekankan sumbangan itu semata-mata tidak untuk mencari keuntungan tapi untuk kemanusiaan.

“Kalau ke GSI itu saya naro duit memang, tapi tidak dalam konteks untuk ambil untung,” kata Luhut, (12/11/2021).

Luhut mengaku dirinya juga memberikan sumbangan ke 7 universitas di tanah air. Dari sumbangan-sumbangan itu, Luhut mengaku tak sepeser pun mendapatkan untung.

“Saya nyumbang di 7 Universitas, ada di UI, di USU, di UGM, di mana itu, itu nyumbangan dari saya tuh, nggak ada untung, apa yang mau diuntung? Wong saya terlibat ini, untung kita buat Maret April Juni tahun lalu, kalau nggak lebih parah lagi kemarin Juli itu,” katanya.

Untuk membuktikan pernyataannya bahwa dirinya tidak mengambil untung sedikit pun dari GSI itu, Luhut pun siap untuk diaudit BPK.

“Siap banget diaudit dari awal, tidak ada ke kantong saya satu peser. Untuk apa sih wong duit saya dari bisnis saya cukup hidup kok, saya nyumbang karena betul-betul kemanusiaan,” tegasnya.

Tak hanya itu, Luhut pun siap dipanggil KPK setelah dirinya bersama Menteri BUMN Erick Thohir dilaporkan ke KPK terkait bisnis tes PCR. Menurutnya, selama dirinya tidak merasa melakukan hal-hal yang salah dirinya tak akan takut.

“Siap aja (dipanggil KPK), kenapa sih nggak. Saya nggak ada yang saya takutin sepanjang saya tidak melakukan itu, ndak ada. Apa yang saya lakukan? Wong saya tidak ada bisnis apa-apa dengan itu, dan memang dasarnya bisnis itu memang murni untuk kemanusiaan. Kalau saya terima duitnya saya resign, gampang lah gitu aja repot,” imbuhnya.

Isu keterlibatan pejabat pemerintahan dalam bisnis PCR mencuat belakangan ini. Isu tersebut bahkan sampai menyeret nama KPK, di mana ada dua menteri yang dilaporkan ke KPK terkait isu bisnis PCR ini, yakni Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Advertisement
2 Comments

NASIONAL

Jelang Kongres IV, PA GMNI Tegaskan Tidak Deklarasi Capres 2024

Avatar

Published

on

Jelang Kongres IV, PA GMNI Tegaskan Tidak Deklarasi Capres 2024
Konferensi Pers Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Jawa Barat bersama panitia Kongres IV PA GMNI di Kota Bandung, Jawa Barat (29/11/2021). INFOKONGRES

BuzzFeed – Ketua Panitia Nasional Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Karyono Wibowo menegaskan acara kongres tersebut bukanlah reuni akbar. Mengingat, situasi pandemi COVID-19 dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Pasalnya, kongres ini bukan ajang sebagai pendeklarasian dukungan bagi tokoh yang akan maju ke Pilpres 2024.

“Tidak ada dalam agenda kongres PA GMNI, saya ingin mengatakan tidak ada agenda deklarasi mendukung calon presiden tertentu. Perlu saya sampaikan PA GMNI terdiri dari para alumni yang bergerak dari berbagai profesi dan lintas partai ada Golkar, PDIP, Nasdem, PAN dan partai-partai lain, kita tidak mengagendakan deklarasi dukungan kepada calon manapun,” ujarnya dalam Konferensi Pers di di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Kota Bandung. Jawa Barat. Senin (29/11/2021) dilansir dari detik.com

Berdasarkan informasi dari pemberitaan sebelumnya di portal media Indopolitika, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) bakal mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Hal itu disampaikan oleh Demisioner Pengurus DPP GMNI tahun 2017 – 2019, Sugeng Hariono, Ia mengatakan deklarasi itu bakal dilaksanakan bertepatan dengan Kongres PA GMNI akan digelar di Bandung pada tanggal 6-8 Desember 2021.

GMNI Bakal Gelar Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

“Menurut saya, forum Kongres PA GMNI nanti adalah momen yang tepat bagi DPP Persatuan Alumni GMNI untuk mendeklarasikan dukungan bagi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres di 2024 mendatang,” kata Sugeng dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021) dilansir dari Indopolitika.

Dalam klaimnya mengatakan Ganjar merupakan sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat. Ia juga menilai alumni GMNI tersebut memiliki seluruh kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin.

“Mas Ganjar adalah sosok yang dekat dengan rakyat. Ia selalu ikut terjun langsung menyelesaikan persoalan di masyarakat. Ia juga dekat dan mampu merangkul seluruh kelompok masyarakat yang membuatnya sebagai pemimpin yang dapat dijadikan sebagai teladan masyarakat,” ujar Sugeng Hariono.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PA GMNI Jawa Barat, Abdy Yuhana menjelaskan bahwa Kongres IV dilaksanakan pada 2020 lalu. Namun situasi pandemi COVID-19, DPP PA GMNI putuskan untuk menunda pelaksanaan kegiatan selama dua kali.

“Karena mandat tahun 2015, harus selesai lima tahun makanya di Desember ini akan dilaksanakan, dalam Kongres nanti tidak hanya dibahas soal politik saja, tapi kita juga akan menyampaikan apa yang Trisakti dari Bung Karno, yakni berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam bidang budaya,” ucapnya.

Kongres tersebut, lanjutnya mengatakan bahwa Ketua Umum PA GMNI, Ahmad Basarah menyampaikan pidato politik soal perkembangan bangsa. Pasalnya, kondisi saat ini,  bagaimana Pancasila akan diwujudkan dan penerapannya dalam menjawab tantangan bangsa.

“Tambahannya tentang teknologi dan informasi akan dibahas, jadi ini tidak hanya membahas politik yang akan dihadapi Indonesia pada 2024 mendatang,” ujarnya didampingi Ketua Panitia Nasional Kongres IV Karyono Wibowo dan Sekretaris PA GMNI Jabar Ineu Purwadewi Sundari.

Bandung, kata Abdy, menjadi saksi sejarah perjalanan hidup dan ideologis Bung Karno. Di sinilah, Bung Karno bertemu dengan Ki Marhaen sehingga tercetuslah Marhaenisme yang menjadi akar tumbuhnya ideologi bangsa, Pancasila.

Oleh karena itu, jelang Kongres IV, PA GMNI melakukan napak tilas jejak Soekarno di SMPN 1 Bandung dan melaksanakan bakti sosial di sebuah panti asuhan di Jalan Purnawarman.

“SMP Negeri 1 Bandung tidak terlepas dari rangkaian hidup Bung Karno, setelah lulus ITB, Soekarno mengajar di SMP tersebut, beliau sosok yang perhatian dengan pendidikan yang berkorelasi dengan perkembangan zaman, sedangkan ke panti asuhan untuk membangun rasa solidaritas dan keadilan sosial,” kata Abdy.

“Banyak gagasan dan ide yang masih relevan dengan Bangsa Indonesia, termasuk pledoi di gedung ini dengan nama Indonesia Menggugat, di Bandung beliau banyak menulis soal kehidupan berbangsa dan bernegara, di Bandung ini kami namakan kongres gagasan,” kata Abdy.

Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) akan melaksanakan Kongres IV secara hybrid di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung pada 6-8 Desember 2021 mendatang.

Kongres digelar akan dihadiri oleh 34 perwakilan DPD PA GMNI diberbagai provinsi dan 258 DPC akan mengikuti secara daring dari seluruh Indonesia.

Continue Reading

NASIONAL

PA GMNI, Nasionalisme dan Kedaulatan di Tengah Globalisasi

Kyandra

Published

on

By

PA GMNI, Nasionalisme dan Kedaulatan di Tengah Globalisasi
Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah. BUZZFEED

BuzzFeed – Jelang Kongres IV, PA GMNI adakan webinar yang menghadirkan antara lain sejumlah pembicara, seperti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Direktur Pengembangan Usaha LPDB Kemenkop UKM, Djarot Wahyu Wibowo, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Guru Besar Fakultas Pertanian IPB Dwi Andreas Santoso, Co Founder MSMB dari UGM Bayu Dwi Apri Nugroho serta Pemerhati Pangan dan Lingkungan Hidup Andre Notohamijoyo pada, Jumat (19/11/2021).

Webinar yang dibuka oleh Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah itu antara lain membahas soal nasionalisme dan juga kedaulatan ekonomi dan pangan di Indonesia.

Basarah menyatakan, bahwa organisasinya itu dan juga anggotanya berkeyakinan akan tesis tentang nasionalisme bukan hanya jawaban melawan kolonialisme, namun nasionalisme juga adalah jawaban atas ikhtiar dalam mengisi kemerdekaan.

“Nasionalisme juga melanjutkan pembangunan nasional di tengah tantangan globalisasi yang begitu deras, yang masuk di tengah masyarakat kita,” katanya.

Dalam konteks tersebut menurut Basarah, Kongres IV PA GMNI akan mengambil tema “Mewujudkan Nasionalisme Melalui Kedaulatan Pangan Nasional”.

“Topik ini sangatlah relevan dan penting, karena langsung mengarah pada kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara bangsa,” pungkas Basarah yang juga adalah Wakil Ketua MPR.

Continue Reading

NASIONAL

Andika Jadi Panglima TNI, Dudung Jadi KSAD, Besok Pelantikannya

Avatar

Published

on

Andika Jadi Panglima TNI, Dudung Jadi KSAD, Besok Pelantikannya
Prajurit yang ditugaskan di Resimen Infantri 3d AS (The Old Guard) memberikan dukungan seremonial selama Upacara Kedatangan Penuh Kehormatan Angkatan Darat untuk menghormati Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia Jenderal Andika Perkasa di Whipple Field, Pangkalan Gabungan Myer-Henderson Hall, Virginia, 30 Januari , 2020. Selama upacara, yang dipandu oleh Jenderal James C. McConville, Kepala Staf ke-40, Andika dianugerahi Legion of Merit untuk layanan berjasa yang luar biasa. (Foto Angkatan Darat AS oleh Staf Sersan Maryam Treece)

BuzzFeed – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Letjen Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru. Jokowi juga diagendakan melantik Kepala BNPB baru, yaitu Mayjen Suharyanto.

Berdasarkan informasi yang beredar, pelantikan kedua pejabat tersebut bakal dilakukan siang ini, Rabu (17/11/2021). Jokowi juga akan melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Kabar mengenai pelantikan Panglima TNI ini sebelumnya disampaikan oleh Jokowi setelah meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (16/11/2021). Pelantikan bakal digelar di Istana Kepresidenan.

“Pelantikan Panglima insyaallah besok, hari Rabu,” kata Jokowi.

Jokowi juga kembali menjawab soal isu perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Jokowi menegaskan belum akan melakukan reshuffle dalam waktu dekat.

“Belum (reshuffle), besok pelantikan Panglima aja,” ungkapnya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

VIDEO FEED

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2021 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close