Feed

LME Digugat Gegara Jualan Logam dari Grasberg, Tambang Freeport


Bloomberg Technoz, Jakarta – Lembaga hukum dari Inggris, Global Legal Action Network (GLAN), akan menyeret London Metal Exchange (LME) ke ranah hukum karena mengizinkan perdagangan ‘logam kotor’, termasuk tembaga dari tambang Grasberg di Papua yang dikelola PT Freeport Indonesia (PTFI).

Dalam pernyataan di situs resminya, GLAN bersama dengan penggugat London Mining Network, telah mengajukan gugatan hukum ke Pengadilan Tinggi Inggris terhadap LME terkait dengan isu tersebut.

“Kasus kami memerinci bukti kuat adanya logam yang diperdagangkan di LME yang merupakan hasil kejahatan lingkungan, khususnya tembaga yang diekstraksi dari tambang Grasberg di Papua Barat,”  papar pernyataan tersebut, Jumat (9/2/2024).

GLAN berpendapat kebijakan LME tidak melakukan apa pun untuk mencegah logam-logam yang dinilai tidak ramah lingkungan diperdagangkan di bursa efeknya.

Truk angkut mengangkut bijih dari tambang terbuka di kompleks tambang tembaga dan emas Grasberg milik Freeport di Papua. (Dadang Tri/Bloomberg)

“Kami meminta pengadilan untuk menghentikan pelanggaran hukum Inggris ini. Tidak seorang pun boleh mendapat keuntungan dari kejahatan seperti ini,” tegas lembaga tersebut.





Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed