Connect with us

Hi, what are you looking for?

NASIONAL

Literasi Digital tentang Media Sosial sebagai Plaform Penyebaran Ajaran yang Tidak Berlandaskan Agama dan Pancasila

️Play Radio 🎶


Buzzfeed – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) selenggarakan webinar dengan tema “Mewaspadai Penyebaran Nilai Dan Budaya Yang Tidak Sesuai Dengan Jiwa Pancasila Dan Agama Melalui Media Sosial”, pada Minggu, 12 Juni 2022 melalui platform zoom meeting.

Kendati demikian, tujuan literasi digital yakni mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat. Untuk memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA. Selain itu juga guna mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Abdul Kharis Almasyahri, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa saat ini arus gerak dunia digital dan TIK tidak bisa dibendung lagi karena hal tersebut sudah merupakan konsekuensi kreativitas anak di dunia ini.

“Saat ini eranya informasi yang bertumpu pada perkembangan teknologi informasi digital”, menurut Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini.

Tambahnya, saat ini kita bisa mengakses teknologi digital kapan saja dan dimana saja. Budaya dari berbagai daerah di seluruh dunia bisa diakses oleh siapa saja. Banyak remaja-remaja saat ini melihat budaya barat dan menyukai budaya tersebut yang kemudian menirunya, yang tidak baiknya jika para remaja tersebut mengikuti budaya tanpa memilah dan memilih mana budaya yang baik untuk ditiru dan mana budaya yang tidak baik untuk ditiru.

“Kita sebagai warga Indonesia jangan sampai melupakan nilai dan agama yang ada dari leluhur kita dan jangan sampai gelombang budaya Barat membuat kita jauh dari nilai dan agama yang ada di Indonesia”, ungkapnya.

Baca Juga:  Masih Mau Nekad Mudik, Sanksi Ini Mengancam Anda

Kemudian dilanjutkan Semuel Abrijani Pangerapan, dalam paparannya bahwa telah diketahui bersama adanya dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara kita beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegaskan kita sedang menghadapi era disubsi teknologi. Untuk mengahadapi hal tersebut, kita semua harus mempercepat kerjasama kita dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia.

Salah satu pilar penting yang mendukung wujudnya agenda trasnformasi digital adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peranan penting didalamnya. Sebagai tingkat paling dasar, literasi digital merupakan kemampuan yang paling krusial dalam menghadapi teknologi saat ini untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang tidak hanya mengenal teknologi secara offline dan juga cermat dalam menggunakanannya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi”, ungkap Semuel.

Kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga menurut Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo RI akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar, serta menjadi unggul dalam segi sumber daya manusia.

Mewakili kalangan pendidik /guru Parman membuka paparannya dengan pertanyaan “apakah nilai dan budaya yang tidak sesui dengan jiwa Pancasila dan agama?”.

Menurut Parman Pancasila tidak bisa di pertentangkan dengan agama, baik dari Pancasila sendiri maupun dari Agama. Meskipun memang, kadang masih ada yang mempertentangkan antara keduanya. Dalam hal tata nilai, keduanya memiliki ruang tersendiri (khususnya dalam hal berhubungan anatara manusia dengan Tuhan dalam dimensi ibadah ritual). Meskipun secara umum keduanya memiliki ruang yang saling beririsan dalam masalah hubungan antar manusia. Nilai-nilai yang bertentangan dengan Pancasila, hampir bisa dipastikan bertentangan dengan nilai agama secara umum.

Baca Juga:  Mudik Idul Fitri 2021 Ditiadakan

Dalam menutup pemaparannya Parman juga memberikan beberapa solusi yang bisa kita lakukan di saat seperti ini berkaitan dengan pendidikan dan nilai Pancasila serta agama dengan bijak bermedsos. Yang pertama, medsos adalah keniscayaan. Menurutnya melarang menggunakan medsos juga kemustahilan. Yang bisa dilakukan adalah bijak menggunakan medsos.

Dewasa ini menurutnya kita merasakan kehilangan akhlak pada sebagaian generasi muda kita. Apalagi kesantunan bermedsos; mutlak diperlakukan Gerakan masif bijak dan cerdas bermedsos. Perlu Gerakan Bersama yang didorong dari titik tolak kesadaran yang sama. Bukan Gerakan yang merupakan reaktif dari keterlanjuran perilaku negative yang terlanjur ditemukan. Yang kedua, perlu Gerakan yang bersifat shock terapi; dengan prinsip bahwa hukuman hakekatnya melindungi masyarakat umum dari kejahatan dan kerusakan. Dan yang terakhir, menciptakan ruang ekspresi bagi pelajar dan generasi muda sehingga tidak terlalu larut pada aktivitas medsos menjadi aktivitas utama.

Webinar tersebut mengundang tiga narasumber yakni Abdul Kharis Almasyahari (Wakil Ketua Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan (Dirjen Aptika Kementerian Kominfo), dan Parman dari perwakilan guru.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Bagikan Artikel
Click to comment

Lainnya Dari BuzzFeed

HEADLINE

️Play Radio 🎶 BuzzFeed – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Dewan Pembina Special Olympics Indonesia (SOina) akan menggalang dukungan para tokoh masyarakat...

FEED

️Play Radio 🎶 Minggu, 22 Januari 2023 – 15:12 WIB Indra Bekti. Foto: Instagram/indrabekti jpnn.com – JAKARTA – Pembawa acara Indra Bekti akhirnya diperbolehkan...

FEED

️Play Radio 🎶 Chevron mengatakan menemukan gas alam baru di lepas pantai Mesir dan menyebutkan dengan gas alam ‘signifikan’. Seperti apa yang dimaksud?Eksplorasi terhadap...

SPORT

️Play Radio 🎶 Jakarta (ANTARA) – Seorang suporter yang menyerang kiper Arsenal Aaron Ramsdale dalam derbi London Utara melawan Tottenham Hotspur telah dikenai dakwaan, kata...

NASIONAL

️Play Radio 🎶 London (ANTARA) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan tindakan “bersama dan segera” untuk melindungi anak-anak dari kontaminasi obat, menyusul kasus kematian...

FEED

️Play Radio 🎶 Suara.com – Serial HBO, The Last of Us tengah menjadi sorotan banyak orang, khususnya penikmat film tanah air. Sebab dalam The...

SPORT

️Play Radio 🎶 Jakarta (ANTARA) – Wolverhamton Wanderers dan West Ham United menyepakati transfer bek Craig Dawson pada harga 3,3 juta pound, tulis laman...

HEADLINE

️Play Radio 🎶 Partai Golongan Karya (Golkar) baru saja mengangkat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai anggotanya. Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan...

Advertisement
close