Business is booming.

Liburan Akhir Pekan di Semarang yang Nggak Menguras Kantong


Liburan akhir pekan pasti akan bosen banget jika nggak ke mana-mana. Sayangnya, uang sedang tipis karena belum gajian. Buat kamu yang sedang galau dengan anggaran liburan, bisa banget melipir ke tempat wisata murah di Semarang.

Liburan nggak melulu identik dengan menghabiskan uang kok. Jika memilih jalan-jalan di dalam kota, kamu bisa lebih menghemat budget. Di Semarang sendiri, ada banyak tempat wisata menarik yang tiket masuknya murah bahkan gratis.

7 tips liburan akhir pekan murah di Semarang yang nggak ngebosenin

Berikut daftar tempat wisata pilihan yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Nggak merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa jalan-jalan seru bersama teman atau pasangan.

1.

Masjid Agung Jawa Tengah yang arsitekturnya bagus banget

tips liburan akhir pekan

Masjid yang sangat megah | www.instagram.com

Masih berada di Semarang, kamu bisa menghabiskan liburan akhir pekan ke Masjid Agung Jawa Tengah atau yang lebih dikenal Masjid Agung Semarang. Masjid yang luas ini bisa dikunjungi kapan pun selama tidak mengganggu kegiatan ibadah.

Di sini, ada payung raksasa mirip yang ada di Mekkah. Kamu bisa merasakan suasana seperti di Tanah Suci. Karena merupakan tempat ibadah, tentu kamu nggak perlu membayar sepersen pun jika ingin berkeliling maupun berfoto di sana.

2.

Gereja Blenduk, gereja tua yang berada di kawasan Kota Lama

tips liburan akhir pekan

Di daerah kota lama | www.instagram.com

Tips liburan akhir pekan biar nggak membosankan tapi tetap hemat adalah mengunjungi tempat wisata sejarah yang gratis. Selain Masjid Agung Jawa Tengah, kamu juga bisa mengunjungi Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama.

Gereja ini sebenarnya bernama GPIB Immanuel Semarang, tapi oleh masyarakat sekitar lebih dikenal sebagai Gereja Blenduk. Pengunjung biasanya mengambil foto di depan gereja yang arsitekturnya unik dan vintage.

3.

Klenteng Sam Po Kong yang membuatmu berasa di negara Tiongkok

tips liburan akhir pekan

Serasa di Tiongkok | www.instagram.com

Kamu juga bisa menghabiskan liburan akhir pekan ke tempat yang penuh sejarah seperti Klenteng Sam Po Kong. Berlokasi di Jalan Simongan, Semarang Barat, klenteng ini menyimpan sejarah Nusantara terutama tentang sosok Laksamana Cheng Ho.

Laksamana dari Tiongkok ini memiliki peran besar dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia. Harga tiket masuknya juga cukup murah. Untuk wisatawan lokal, kamu hanya perlu membayar seharga Rp7 ribuan.

Baca juga: Spot Wisata Kuliner di Semarang yang Lezatnya Melegenda

4.

Lawang Sewu, peninggalan zaman kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh

tips liburan akhir pekan

Ada banyak pintu | www.instagram.com

Salah satu ikon Kota Semarang yang sering jadi tujuan wisata turis dari berbagai daerah adalah Lawang Sewu. Tempat wisata ini dulunya adalah bangunan yang digunakan pemerintah kolonial Belanda saat zaman penjajahan.

Dinamakan Lawang Sewu karena memang di tempat ini ada banyak pintu seolah jumlahnya seribu. Kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp10 ribu jika ingin berkeliling. Jika ingin mengeksplor penjara bawah tanahnya, kamu cuma perlu menambah Rp10 ribu sebagai tip tambahan untuk guide-nya.

5.

Kota Lama, lokasi super vintage di Semarang

tips liburan akhir pekan

Vintage banget | www.instagram.com

Kota Lama Semarang mirip dengan Kota Tua Jakarta yang dipenuhi dengan bangunan tempo dulu. Kesan vintage akan sangat terasa jika kamu berkunjung dan mengelilingi Kawasan Kota Lama di Semarang bagian utara.

Kamu nggak perlu membayar sepeserpun karena untuk berkeliling di Kota Lama tidak ada tiket masuknya. Selain berburu foto, kamu bisa menjajal kuliner lawas dengan rasa super lezat yang masih dijajakan di sekitar sini. Sebuah tips liburan akhir pekan yang bisa dicoba, bukan?

8.

Kampung Pelangi Semarang yang menarik perhatian dunia

tips liburan akhir pekan

Penuh warna-warni | www.instagram.com

Kamu tidak akan menyangka jika Kampung yang kini berwarna-warni ini dulunya adalah pemukiman kumuh. Dengan perombakan total yang menghabiskan dana Rp 3miliyar ini, akhirnya kawasan ini jadi tempat wisata favorit banyak orang.

Tak hanya itu, dengan adanya tempat wisata ini, ekonomi masyarakat sekitar pun jadi terangkat. Kamu bisa melihat keindahan 325 rumah yang sudah dicat berwarna-warni sehingga tampak lebih menarik.

9.

Pasar Semawis, pusatnya kuliner enak Semarang

tips liburan akhir pekan

Jajan enak | www.instagram.com

Akhir bulan nggak perlu liburan yang jauh-jauh, berkeliling di Pasar Semawis sambil jajan makanan enak aja udah sangat menyenangkan. Di sini, kamu bisa memilih berbagai makanan dan minuman khas Semarang dengan harga cukup terjangkau.

Suasananya juga menyenangkan. Karena selalu ramai, pasar ini terasa lebih hidup. Menghabiskan waktu bersama teman bisa banget dilakukan dan kamu hanya perlu mengeluarkan uang beberapa belasan ribu.

Artikel Lainnya





Source link