Lebih Banyak Fitur, Harga Wuling Almaz Bekas 2019 Ini Tandingi Toyota Rush – Mobil Bekas


SURABAYA – 1 unit Wuling Almaz bekas 2019 tipe tertinggi dengan jarak tempuh pendek sedang ditawarkan dengan harga yang amat bisa diadu dengan Toyota Rush baru. Padahal, segmen dari SUV 7 penumpang dari merek China tersebut tetap masih setingkat di atasnya.

Wuling Almaz bekas 2019 tersebut diiklankan di Mobil123.com sejak 24 Januari 2021. Adapun tipenya adalah LT Lux+ Exclusive yang notabene adalah tipe termewah dengan transmisi otomatis CVT.


Unit yang usianya baru masuk dua tahun ini dijual oleh dealer yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur berbanderol Rp 275 juta. Sebagai perbandingan, Almaz baru tipe tersebut saat ini berbanderol on-the-road (OTR) Surabaya Rp 352,8 juta jika menilik situs resmi Wuling.

Untuk memberikan gambaran lebih, harga OTR Surabaya SUV murah Rush anyar per Januari 2021 menurut penelusuran di salah satu situs tenaga penjual dealer Auto2000 di sana, berkisar Rp 267,4 – 289 juta. Artinya, Almaz bekas 2019 dalam pembahasan memiliki nilai jual setara atau bahkan lebih murah dari Rush kalau tolok ukurnya adalah tipe tertingginya.

Padahal, dari sisi spesifikasi maupun fitur, di atas kertas Almaz lebih mentereng dari Rush. Misalnya saja adalah mesin bensin 1.5-liter turbo, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Hold, Panoramic Sunroof, Head Unit Layar Sentuh 10 Inchi, dan tentu saja Voice Command canggih ‘WIND’  yang mengerti bahasa Indonesia.


Almaz bekas 2019 berwarna bodi perak tersebut baru dibawa jalan dalam jarak yang tak terlalu jauh oleh pemilik terdahulu. Odometer meter menunjukkan angka sekitar 17 ribu km saja.

“Pajak tahunan September 2021,” tulis dealer.

Label harga Rp 275 juta sendiri ditujukan bagi pembeli kredit. Konsumen yang siap membayar membayar dengan kas keras perlu menyiapkan mahar Rp 285 juta yang lagi – lagi masih tetap lebih murah ketimbang Rush tipe teratas di Surabaya.


Menariknya, harga tunai itu belum ajeg. Konsumen, menurut dealer, masih bisa ‘menggoyangnya’ lagi menjadi lebih rendah.

“Bisa nego,” terang mereka.


Karena baru berusia beberapa tahun, Almaz bekas 2019 tersebut masih pula dilindungi oleh garansi resmi dari Wuling. Pemilik terdahulu juga merawatnya di bengkel resmi.

“(Ada) service record Wuling,” pungkas dealer.

Surat – surat kendaraan lengkap. Dealer juga membuka opsi pembelian melalui skema trade-in (tukar – tambah). [Xan/Ari]