Lifestyle

LASIK: Prosedur Revolusioner untuk Penglihatan Lebih Baik

BuzzFeed – LASIK, singkatan dari Laser-Assisted In-Situ Keratomileusis, adalah prosedur bedah mata yang kini umum digunakan untuk mengatasi kelainan refraksi seperti miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), dan astigmatisme (mata silinder).

Prosedur ini membantu pasien memperoleh penglihatan yang lebih jelas tanpa perlu menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Sejarah dan Perkembangan LASIK

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990-an, LASIK merupakan hasil dari penelitian panjang dan pengembangan teknologi laser dalam dunia medis.

Teknologi ini menggunakan laser excimer untuk membentuk kembali kornea, memungkinkan penglihatan yang lebih jernih.

Pada akhir 1990-an, teknologi wavefront mulai diterapkan, memungkinkan analisis lebih mendetail dan personal terhadap bentuk kornea setiap pasien.

Kombinasi analisis wavefront dan laser excimer ini menghasilkan pembentukan kornea yang disesuaikan secara individual.

Tahapan Prosedur LASIK

Prosedur LASIK terdiri dari tiga langkah utama yang menggunakan teknologi canggih untuk memastikan hasil yang optimal:

  1. Pemetaan Kornea 3D (3D Corneal Mapping) : Tahap pertama ini melibatkan analisis wavefront untuk mendapatkan gambaran 3D yang akurat dari jalur visual mata. Analisis ini mengukur ketidaksempurnaan mata dengan sangat rinci, memungkinkan dokter untuk menyesuaikan koreksi yang diperlukan.
  2. Pembuatan Flap Personal : Langkah kedua adalah pembuatan flap menggunakan metode IntraLase. Menggunakan iFS™ Advanced Femtosecond Laser, flap dibuat tanpa pisau, hanya dengan sinar laser yang sangat presisi. Proses ini memakan waktu sekitar 10 detik dan menghasilkan flap yang halus dan akurat.
  3. Koreksi Penglihatan Personal : Langkah terakhir adalah pembentukan kembali kornea dengan Laser Excimer berdasarkan hasil analisis wavefront. Setelah koreksi dilakukan, flap diposisikan kembali, menyelesaikan prosedur.

Biaya Prosedur LASIK

Biaya untuk menjalani LASIK Mata dapat bervariasi, tergantung pada berbagai faktor termasuk teknologi yang digunakan dan keahlian dokter.

Biaya ini umumnya mencakup pemeriksaan awal dan administrasi yang diperlukan sebelum prosedur.

Manfaat dan Proses Penyembuhan

Prosedur LASIK menawarkan beberapa manfaat utama, termasuk:

  1. Keamanan dan Presisi : Teknologi laser yang digunakan telah mendapatkan persetujuan dari badan kesehatan, memastikan tingkat keamanan dan akurasi yang tinggi.
  2. Penyembuhan Cepat : Flap yang diciptakan dengan laser femtosecond cepat berikatan kembali dengan lapisan stroma di bawahnya, mempercepat proses penyembuhan.

Kandidat Ideal untuk LASIK

Tidak semua orang dapat menjalani LASIK. Beberapa kriteria umum untuk kandidat LASIK meliputi usia di atas 18 tahun, mata yang sehat, dan penglihatan yang stabil.

Konsultasi dengan dokter mata sangat penting untuk menentukan kelayakan seseorang untuk prosedur ini.

Efek Samping dan Pemulihan

Seperti halnya prosedur medis lainnya, LASIK memiliki beberapa efek samping yang biasanya bersifat sementara.

Pasien mungkin mengalami rasa tidak nyaman, mata kering, atau perubahan ketajaman penglihatan.

Proses pemulihan bervariasi, namun umumnya peningkatan penglihatan dapat dirasakan dalam 24 jam pertama dan stabil dalam beberapa minggu.

LASIK adalah solusi modern yang efektif untuk mengoreksi kelainan refraksi, memberikan penglihatan yang lebih baik tanpa perlu kacamata atau lensa kontak.

Dengan teknologi terkini dan dokter yang berpengalaman, prosedur ini menawarkan hasil yang memuaskan bagi banyak pasien.

Bagi yang mempertimbangkan LASIK, penting untuk melakukan konsultasi awal dengan dokter mata untuk memahami proses dan memastikan apakah prosedur ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed