Feed

Lantamal X Jayapura ajak warga jaga kelestarian laut



Jayapura (ANTARA) – Lantamal X Jayapura, Papua mengajak masyarakat setempat untuk tetap menjaga kelestarian laut serta menumbuhkan kecintaan terhadap budaya maritim nusantara sebagai salah satu upaya mengampanyekan budaya laut yang bersih.

Danlantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono di Jayapura, Senin, mengatakan, laut memiliki arti penting bagi kehidupan manusia yang menyimpan potensi kekayaan alam sangat besar.

“Sehingga sudah menjadi tanggung jawab kami dalam menjaga kebersihan laut,” katanya.

Baca juga: Pentingnya kesadaran lingkungan untuk menjaga kelestarian laut

Menurut Prastyono, salah satu upaya pihaknya dalam menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap kelestarian laut ialah dengan melaksanakan lomba lomba renang di Teluk Humbolt, Dok II Kota Jayapura yang berlangsung pada Sabtu (29/7).

“Kami berharap melalui lomba itu tidak hanya mendapatkan atlet yang berprestasi tetapi juga menjadi upaya kami dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat dalam menjaga kebersihan laut Jayapura,” ujarnya.

Baca juga: KKP tegaskan miliki sejumlah program untuk dukung kelestarian laut

Dia menjelaskan, ajang tersebut diikuti oleh 180 peserta yang terbagi dari empat kategori yang dilombakan, yakni kategori tanpa alat fin dan snorkel jarak 500 meter perorangan putra dan putri usia 13 tahun berjumlah 44 peserta.

“Selanjutnya kategori menggunakan alat fin dan snorkel jarak 1.000 meter perorangan putra dan putri usia 13 tahun sebanyak 50 peserta, kemudian kategori tanpa alat fin dan snorkel jarak 1.000 meter putra dan putri usia 14 tahun diikuti 46 peserta,” katanya.

Baca juga: RI dan Timor Leste kolaborasi jaga kelestarian sumber daya laut

Dia menambahkan, sementara untuk kategori menggunakan alat fin dan snorkel jarak 2.000 meter putra dan putri diikuti 40 peserta pada usia 14-17 tahun.

Dia mengatakan, para peserta tidak berasal dari beberapa daerah terdiri dari peserta perorangan dan beberapa klub swimming, baik dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Merauke dan Makassar.

Baca juga: KKP: Bulan Cinta Laut diapresiasi sejumlah negara

Baca juga: Restorasi terumbu karang untuk investasi masa depan

Baca juga: Komunitas MCC edukasi kelestarian laut untuk siswa di Banda Neira

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed