Feed

Lampaui Perkiraan, Inflasi AS Januari 2024 Tembus 3,1%


Augusta Saraiva – Bloomberg News

Bloomberg, Indeks Harga Konsumen (IHK) AS melonjak di awal tahun. Hal ini meredam harapan akan berlanjutnya penurunan inflasi, dan kemungkinan penundaan penurunan suku bunga oleh Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed).

Menurut data pemerintah yang dirilis Selasa (13/2) IHK inti, yang tidak termasuk biaya makanan dan energi, meningkat 0,4% dari Desember. Angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan, dan yang tertinggi dalam delapan bulan. Dibandingkan tahun lalu, angka tersebut naik 3,9%, sama seperti bulan sebelumnya.

Para ekonom lebih menyukai IHK inti sebagai indikator inflasi dasar yang lebih baik daripada IHK secara keseluruhan. Angka tersebut naik 0,3% dari Desember dan 3,1% dari tahun lalu.

Angka-angka tersebut semakin mengurangi peluang bagi para pejabat The Fed untuk segera menurunkan suku bunga. Setiap adanya percepatan memicu kembali pembicaraan bahwa mereka akan melanjutkan kenaikan suku bunga. Beberapa pembuat kebijakan mengatakan mereka ingin melihat pelonggaran tekanan harga yang lebih luas sebelum menurunkan suku bunga.

Inflasi AS memanas pada Januari 2024. (Sumber: Bloomberg)





Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed