Connect with us

EROPA

Lacak Kenaikan Permukaan Laut, AS & Eropa Luncurkan Satelit

Lacak Kenaikan Permukaan Laut, AS & Eropa Luncurkan Satelit



Sebuah satelit baru yang dikembangkan oleh Amerika dan Eropa untuk melacak kenaikan permukaan laut dunia akan diluncurkan hari Sabtu (21/11).

Sentinel-6 Michael Freilich, mengambil nama seorang mantan eksekutif NASA, akan lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California, menggunakan roket SpaceX Falcon 9.

Satelit ini akan mengukur tinggi permukaan laut, tinggi gelombang dan kecepatan angin, menggunakan teknik radar.

Piranti paling kuat yang ada dalam satelit ini, radar altimeter Poseidon-4, diambil dari nama dewa laut Yunani yang memegang trisula. Instrumen ini akan mengukur berapa lama sinyal radar memantul dari permukaan laut dan kembali ke satelit.

Josef Aschbacher di Badan Antariksa Eropa hari Jumat (20/11) mengatkan satelit baru itu akan membantu para ilmuwan memantau perubahan permukaan laut yang disebabkan oleh perubahan iklim.

“Menjelajahi planet kita sendiri sama pentingnya dengan menjelajahi Mars dan Bulan. Bahkan menurut saya ini jauh lebih penting lagi karena hanya inilah planet di mana kita dapat hidup.”

Eropa dan Amerika menanggung bersama biaya misi sepuluh tahun bernilai 900 juta euro atau sekitar 1,07 miliar dolar itu, yang mencakup peluncuran satelit kembar identik yang disebut Sentinel 6B pada tahun 2025. [em/pp]

Advertisement
Click to comment

EROPA

Rusia Berkabung, 9 Tewas dalam Penembakan di Sekolah

Rusia Berkabung, 9 Tewas dalam Penembakan di Sekolah



Warga kota Kazan, Rusia, Rabu membawa bunga dan boneka ke Sekolah Nomor 175 di mana penembakan maut terjadi sehari sebelumnya.

Sembilan orang, termasuk tujuh anak-anak, tewas hari Selasa dan banyak lagi yang luka parah setelah seorang remaja bersenjata melepaskan tembakan di sekolah itu.

TV pemerintah kemudian menayangkan video terpisah yang menunjukkan seorang muda yang disebut sebagai tersangka sedang diinterogasi para penyelidik. Ia kemudian terdengar mengatakan “monster”di dalam dirinya telah terbangun, bahwa ia tersadar dirinya adalah tuhan dan mulai membenci semua orang.

Ini merupakan penembakan di sekolah yang paling banyak menewaskan korban di Rusia setelah insiden tahun 2018, ketika seorang mahasiswa di kawasan Krimea yang diduduki Rusia menewaskan 20 orang sebelum ia menembak dirinya sendiri.

Kazan adalah ibu kota kawasan Tatarstan yang mayoritas penduduknya Muslim. Kota ini terletak sekitar 725 kilometer di sebelah timur Moskow. [uh/ab]

Continue Reading

EROPA

Kedubes AS di Moskow Batasi Layanan Konsuler

Kedubes AS di Moskow Batasi Layanan Konsuler


Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow membatasi secara signifikan layanan konsuler mulai Rabu (12/5), menyusul larangan Rusia untuk mempekerjakan staf lokal.

Kedutaan itu mengatakan akan mengakhiri pemrosesan visa untuk warga negara Rusia, layanan notaris, laporan konsuler kelahiran di luar negeri, dan layanan pembaruan paspor untuk warga negara Amerika.

Keputusan ini membuat banyak warga negara AS dan ribuan warga negara Rusia yang mengajukan permohonan visa dalam ketidakpastian. Apalagi, kedutaan itu telah setahun menghentikan sebagian besar layanan konsulernya karena pandemi virus corona.

Thomas H. V. Anthony, seorang warga negara AS yang tinggal di Rusia, mengeluhkan keputusan itu karena bayi perempuannya belum menerima paspor Amerika.

Kedutaan Besar AS di Moskow, Rusia, 11 Mei 2021.

Kedutaan Besar AS di Moskow, Rusia, 11 Mei 2021.

Ia mengatakan, ia sebelumnya berharap bahwa layanan konsuler akan semakin terbuka seiring membaiknya situasi pandemi. Namun kemudian ia sangat terkejut menerima pemberitahuan bahwa Kedubes AS di Moskow menghentikan sebagian besar layanan konsulernya. Bagi Anthony, ini berarti bayi perempuannya yang lahir sebelum pandemi tidak akan dapat melakukan perjalanan mengunjungi kakek-neneknya di Amerika Serikat.

Langkah Rusia untuk melarang Kedubes AS dan kantor-kantor konsulatnya mempekerjakan warga negara Rusia merupakan bagian dari pembalasan terhadap serangkaian sanksi AS yang dijatuhkan karena campur tangan Rusia pada pemilihan presiden AS 2020 dan keterlibatan Rusia dalam peretasan SolarWind yang berdampak pada sejumlah badan federal AS. Moskow sendiri membantah terlibat dalam kegiatan-kegiatan itu

Amerika Serikat mengusir 10 diplomat Rusia, membekukan aset puluhan perusahaan dan individu, serta memberlakukan pembatasan-pembatasan baru terhadap kemampuan Rusia untuk meminjam uang. Rusia dengan cepat membalas dengan mengusir 10 diplomat AS, memasukkan delapan pejabat dan mantan pejabat AS dalam daftar hitam, dan memperketat persyaratan operasi kedutaan AS di negara itu. [ab/uh]

Continue Reading

EROPA

Ratu Elizabeth Paparkan Agenda Pemerintah Inggris kepada Parlemen

Ratu Elizabeth Paparkan Agenda Pemerintah Inggris kepada Parlemen



Ratu Elizabeth di Inggris, Selasa (11/5), menyampaikan pidato resmi Pembukaan Parlemen yang menjadi penampilan resmi pertamanya sejak kematian suaminya, Pangeran Philip.

Pidato, yang biasanya merupakan acara besar dan meriah di mana ratu membuka parlemen Inggris yang baru, sangat disederhanakan karena pandemi COVID-19, dengan sang ratu mengenakan pakaian sehari-hari dibandingkan jubah kebesaran dan mahkota.

Ratu menyampaikan agenda Perdana Menteri Boris Johnson yang berfokus pada pemulihan ekonomi dan pembangunan di Inggris pasca-pandemi.

Partai mayoritas Konservatif pimpinan Johnson menang dalam pemilihan regional akhir pekan lalu dan diharapkan akan memanfaatkan kemenangan itu untuk mendorong reformasi yang dikesampingkan akibat pandemi selama tahun lalu.

Ratu menguraikan beberapa rancangan undang-undang yang diharapkan disahkan pemerintah selama tahun depan mengenai segala hal mulai dari penciptaan lapangan kerja dan memperkuat Layanan Kesehatan Nasional hingga mencabut kembali birokrasi pasca Brexit.

Dalam pidato yang disiapkan oleh kabinet Johnson, Ratu Elizabeth mengatakan prioritas pemerintah Inggris adalah pemulihan nasional dari pandemi yang membuat Inggris lebih kuat, lebih sehat, dan lebih makmur daripada sebelumnya.

Ratu mengatakan pemerintah akan menyeimbangkan peluang di semua bagian Inggris, mendukung lapangan pekerjaan, bisnis dan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi dampak pandemi pada layanan publik.

Sebagian besar “Pidato Ratu”, Selasa, memuat kebijakan dan proposal yang sudah disampaikan sebelumnya, mendorong Partai Buruh yang beroposisi menantang pemerintah untuk mengubah “retorikanya menjadi kenyataan.”

Sementara Johnson memperkuat mayoritasnya di parlemen, pemilu pekan lalu juga memberinya masalah di Skotlandia. Partai yang berkuasa di sana, pimpinan Menteri Pertama Nicola Sturgeon memenangkan suara mayoritas pro-kemerdekaan.

Sturgeon hari Sabtu mengatakan kepada Johnson, dan kemenangan itu bukanlah pertanyaan mengenai apakah Skotlandia akan mengadakan referendum lagi melainkan kapan Skotlandian akan mengadakan referendum untuk merdeka dari Inggris. [my/ka]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close