Connect with us

OTOMOTIF

Komunitas Tosca Gelar Aksi Berbagi di Bulan Ramadhan – Berita Otomotif

Komunitas Tosca Gelar Aksi Berbagi di Bulan Ramadhan – Berita Otomotif


JAKARTA – Toyota Sienta Community Indonesia atau biasa dikenal dengan Tosca memanfaatkan bulan Ramadhan dengan melakukan aksi berbagi ke Panti Asuhan.

Aksi ini dilakukan bertepatan dengan Hari Buruh Nasional 1 Mei 2021 lalu oleh 5 chapter Tosca sekaligus. Kelima Chapter tersebut adalah Bogor (Chapter De’bos ) Tangerang ( Chapter Boemerang ) Jawa Timur ( Chapter Jateam) Makasar ( Chapter Of Celebes ) dan di Kuningan ( Chapter Ciayumajakuning )

“Kami  melakukan ini selain untuk saling berbagi keberkahan dibulan suci Ramadhan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini merupakan salah satu ajang memperat tali silaturahmi sesama member Tosca,” ungkap Dhani Arifianto, Ketua Chapter Boemerang.

Hal senada juga disampaikan oleh Nandang Sugianto sebagai ketua Umum Tosca. Ia pun berharap bahwa kegiatan ini bisa mengurangi beban masyarakat yang memang membutuhkan khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini bagus. Semoga kepedulian kita semua kepada kaum duafa selalu menjadi karakter yang tak terpisahkan yang mewakili komunitas otomotif pada umumnya. Saya ikut bangga akan hal itu, ke depannya semoga aktifitas ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan,” terangnya.

Gemar Lakukan Kegiatan Sosial

Tosca sendiri sebenarya cukup sering menggelar kegiatan sosial. Sebelumnya pada bulan Februari 2021 lalu, Tosca telah melakukan aksi sosial dengan membantu para korban bencana banjir di Karawang, Jawa Barat.

Ketika itu, Tosca Chapter Purwasuka menjadi motor penggerak dengan memberikan sejumlah bantuan berupa sembako obat – obatan, alat kebersihan dan sebagainya. Tentunya apa yang dibersikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan para korban.

Kemudian di pertengahan tahun 2020, Tosca juga mengajak anggota komunitasnya untuk melakukan aksi donor darah. Langkah ini dilakukan karena stok darah di PMI khususnya di DKI Jakarta mengalami kelangkaan karena masyarakat menunda mendonorkan darah mereka.

Toyota Sienta Community Indonesia ( TOSCA ) terbentuk pada tanggal 30 Oktober 2016 bertempat di Taman Budaya Sentul Bogor. Saat ini Tosca telah mempunyai 1.700 member dan 18 chapter tang tersebar di seluruh Indonesia. [Adi/Had]

 

Advertisement
Click to comment

OTOMOTIF

Pilihan Mobil Bekas Rp40 Jutaan Keren! Ada Starlet, Civic, Hingga Mercy Retro – Mobil Bekas

Pilihan Mobil Bekas Rp40 Jutaan Keren! Ada Starlet, Civic, Hingga Mercy Retro – Mobil Bekas


Pasar mobil bekas diisi segudang model di satu kisaran harga. Di sekitar Rp40 jutaan pun, pilihan mobil bekas retro keren pun banyak.

Dengan modal puluhan juta rupiah saja, Anda bisa berburu mobil bekas dari merek ‘pasaran’ sampai merek mewah. Mobil – mobilnya kebanyakan memang berusia dua puluh tahun atau lebih.

Tak jarang pula model yang sudah tak diproduksi atau dijual lagi di pasar mobil baru. Tapi, bukan berarti tidak ada pilihan yang unik dan menarik.

Malahan, mobil puluhan juta rupiah bisa menjadi ‘wahana bermain’ dari para pecinta mobil retro.

Lantas, mobil bekas retro apa saja yang bisa Anda dapat dengan Rp40 jutaan? Mari kita lihat.

Perbedaan Mobil Antik, Vintage, Klasik, dan Retro

Mobil – mobil lawas, apalagi yang menjadi incaran pecinta otomotif atau kolektor, kerap dilabeli berbagai sebutan. Ada mobil antik, mobil vintage, mobil klasik, atau mobil retro.

Keempatnya berbeda dan tak bisa dicampuradukkan.

Perbedaan di antara keempat kategori itu sendiri, menurut penelusuran dari berbagai sumber, mengacu pada usia kendaraan maupun periode produksinya. Mobil antik minimal berusia 100 tahun, tidak bisa kurang dari itu.

Di bawahnya, terdapat fase mobil vintage yang diproduksi sebelum masa Perang Dunia II (1 September 1939 – 2 September 1945). Adapun mobil klasik dirakit sesudah Perang Dunia II dan berumur lebih dari 40 tahun.

Klasifikasi terakhir sekaligus ‘termuda’ adalah mobil retro yang berusia 20 – 40 tahun. Saat ini, mobil – mobil retro diisi oleh roda empat yang dirakit pada era 1980-an sampai dengan 2001.

Mercedes-Benz C-Class C180 1995

Meskipun diisi jejeran mobil ‘sepuh’, bukan berarti komunitas mobil antik hingga retro diisi orang – orang berusia tua. Di YouTube, Anda bisa melihat anak – anak muda yang meneruskan hobi orang tua mereka dan menjadi kolektor.

Mobil Retro Tidak Selalu Murah

Usia dan harga mobil tidak selalu berbanding lurus. Mobil retro, misalnya, ada yang berharga sama atau lebih mahal daripada harga mobil baru.

Contohnya bisa dilihat dengan jelas jika Anda mengakses Mobil123.com. Dalam situs jual – beli kendaraan di Indonesia tersebut, terdapat mobil – mobil retro berbanderol miliaran rupiah.

Seperti Porsche 911 964 Carrera 2 rakitan 1990 (Rp3,1 miliar), Porsche 968 Clubsport buatan 1994 (Rp1,95 miliar), Mercedes-Benz 500 SEC produksi 1985 (Rp1,55 miliar), plus Mercedes-Benz G-Class G300 rakitan 1995 (Rp1,1 miliar).

Di Mobil123.com, terdapat lebih dari 1.000 iklan mobil keluaran 1980 – 2001 ketika artikel ini dinaikkan.

Pilihan Mobil Bekas Retro Rp40 Jutaan

Tentu saja, mobil – mobil bekas retro berharga amat murah pun bisa terlihat di Mobil123.com. Pilihan termurahnya bahkan hanya berbanderol belasan juta rupiah.

Namun, fokus kita kali adalah mobil – mobil seken retro berbanderol sekitar Rp40 jutaan. Ini bisa dicari dengan memanfaatkan fitur filter (penyaring) dan menyetel rentang harga antara Rp25 juta sampai dengan Rp50 juta.

Tentu saja, jumlahnya tak bisa dihitung dengan jari – jari di tangan. Totalnya mencapai 250 iklan.

Namun, di artikel ini akan dipilihkan beberapa yang cukup unik, populer, atau menarik:

  1. Honda Civic Bekas 1995 (Rp44 Juta)

Honda Civic Bekas 1995 Rp40 Jutaan

Civic merupakan salah satu sedan ikonik Honda sejak lama. Model – model lawasnya pun masih memiliki peminat dari berbagai kalangan usia.

Nah, di Mobil123.com, terdapat iklan Civic bekas 1995 dengan mesin bensin 1.6-liter dan transmisi otomatis. Unit berwarna bodi hijau tersebut dijual oleh dealer yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur.

Adapun harga yang dipasang dealer hanya Rp44 juta. Tidak disebutkan, berapa perbedaan antara harga kredit dengan tunai untuk Civic bekas 1995 tersebut.

“Bisa tukar – tambah dengan mobil yang sebawah harganya,” tulis mereka dalam kolom keterangan.

Dealer tidak menerangkan spesifikasi atau pun kondisi unit, sehingga semua hal terkait ini mesti ditanyakan langsung oleh peminat. Hanya dijelaskan bawa pajak kendaraan masih berlaku cukup panjang yaitu sampai Mei 2022.

“Biaya pajak Rp1.306.900,” pungkas dealer mengenai besaran pajak Civic bekas 1995 yang ia jajakan.

  1. Suzuki Katana Bekas 1995 (Rp45 Juta)

Suzuki Katana Bekas 1995 Rp40 Jutaan

Dealer Kediri pada pilihan nomor satu tampaknya cukup gemar menjual mobil retro. Soalnya, mereka juga menawarkan Katana GX bekas 1995 dengan banderol cuma Rp45 juta.

Katana bekas 1995 ini berkapasitas mesin kecil yaitu 1.0-liter bensin. Transmisinya manual lima percepatan.

Status pajak dari unit berwarna bodi merah tersebut masih berlaku sampai September 2021. Besaran pajaknya di bawah Rp1 juta.

“Biaya pajak Rp628.400,” tandas dealer.

  1. Toyota Starlet Bekas 1991 (Rp42,5 Juta)

Toyota Starlet Bekas 1991 Rp40 jutaan

Selanjutnya adalah Starlet bekas 1991 seharga Rp42,5 juta dan masih bisa negosiasi. Unit berwarna putih ini dijual oleh perorangan di Banjarnegara, Jawa Tengah sehingga mungkin peminat mesti membayar tunai.

Penjual, yang berlokasi di Banjarnegara, Jawa Tengah mengatakan bahwa unit sudah dimodifikasi dengan aksesori – aksesori milik Starlet GT Turbo di luar negeri. Dia pun menambahkan power steering sendiri.

“Bemper depan orisinil GT Turbo. Bemper belakang orisinil GT Turbo. Stoplamp dan garnish orisinil GT Turbo (minor sedikit). Kap mesin orisinil GT Turbo. Interior orisinil rapi,” papar dia.

Mesin 1.0-liternya diklaim enak serta enteng, dengan tarikan yang mantap dan transmisi manual. Mobil disebut ‘tinggal gas saja’.

“Minus lecet, ya, pasti ada dan sewajarnya mobil tua. Surat lengkap STNK, BPKB, faktur. Pelat R Banjarnegara. Pajak masih hidup panjang. Harga masih bisa nego. Pelek standar kaleng ring 14 inci. Pelek racing ring 16 inci kayak di foto,” tutup penjual.

  1. Mercedes-Benz C180 Bekas 1995 (Rp49,5 Juta)

Mercedes-Benz C180 Bekas 1995

Jika Anda ingin mejeng lebih gaya dengan mobil mewah, di rentang harga Rp40 jutaan masih ada Mercedes-Benz C-Class tipe C180 rakitan 1995 (W202). Mesinnya 1.8-liter dengan transmisi manual. Harga Rp49,5 juta.

“Warna silver (perak). Pemakaian pribadi,” ucap penjual yang juga penggunanya saat ini.

Mesin diklaim sangat bagus. Bahkan, dapur pacu baru selesai diremajakan.

Temperaturnya normal dengan packing top set baru, seal klep baru, packing tutup klep baru, selang y intake baru, thermostat baru, lidah timing chain baru, relay extrafan baru, dan lain – lain.

“Eksterior keseluruhan masih mulus. Bemper lorinser, part number bukan cetakan. Pelek 8 hole ring 15 inci. Interior sangat rapi. Panel kayu semua utuh. Karet – karet pintu rapi. Kelistrikan semua normal. Lampu – lampu semua nyala. Power window normal. Central lock vacuum normal. Aki baru, OEM Mercedes-Benz. Kaki – kaki masih empuk,” papar dia.

Minus dari unit ini, lanjut dia, hanya pajaknya yang sudah ‘mati’ sebulan. Namun, ia bisa membantu mengurusnya.

“Asal harga nego cocok,” tutup penjual mengenai Mercy berjuluk ‘Cibo’ itu.

Kesimpulan

Pasar mobil bekas kerap kali memberikan kejutan – kejutan yang menyenangkan para pencinta otomotif maupun kolektor. Mobil bekas dengan rentang harga Rp40 jutaan pun tak bisa diremehkan begitu saja karena ada unit – unit menarik yang bisa membuat mata Anda berbinar – binar. [Xan/Had]

Continue Reading

OTOMOTIF

Yamaha MT-07 Tampil Lebih Segar – Berita Otomotif

Yamaha MT-07 Tampil Lebih Segar – Berita Otomotif


JAKARTA – Yamaha mengenalkan MT-07 terbaru dengan penyegaran pada tampilan, posisi berkendara dan mesin baru.

Motor bergaya sport naked ini hadir terbatas untuk pasar Jepang saja. Adapun kuda besi bertampang sangar ini ditargetkan untuk terjual sebanyak 700 unit dalam satu tahun.

Manufaktur sepeda motor asal Jepang ini melakukan sejumlah ubahan pada produk terbarunya. Untuk penampilan, pabrikan berlambang Garpu Tala ini membuat MT-07 terbaru tampak lebih agresif sebagai motor sport naked.
Salah satunya bisa dilihat pada bagian headlamp yang dibuat lebih mirip seperti alien. Bagian tangki bahan bakar juga mengalami penyempurnaan dengan dimensi lebih besar. Selain itu permainan grafis juga turut memberikan perbedaan pada kendaraan.Velgnya diberikan warna senada dengan bodi, lalu joknya dibuat terpisah dan terdapat pegangan untuk penumpang belakang. Namun rasanya sulit membayangkan kenyamanan untuk penumpang karena dimensi jok yang kecil.

Urusan penerangan, Yamaha MT-07 menggunakan bi-function LED pada headlamp, lalu adapula LED position lamp, dan flasher lamp. Kemudian pengemudi disajikan infomasi seputar kendaraan melalui LCD negatif panel instrumen.

Motor ini dipersenjatai mesin berkapasitas 688 cc dua silinder segaris berpendingin cairan. Dikatakan bahwa jantung mekanisnya mampu menyuguhkan daya sebesar 72.4 hp pada 8.750 rpm. Sementara torsi puncaknya diklaim mencapai 67 NM pada 6.500 rpm.

Yamaha MT-07 2022 

Lalu jantung pacunya disandingkan dengan transmisi enam-percepatan manual. Mesinnya sendiri disebutkan masih menggunakan model cross-plane namun terdapat pembaruan. Sayangya terdapat pengurangan daya pada edisi terbaru mesin ini.

Pengendaraan motor ini ditopang oleh suspensi depan model teleskopik dan model swingarm pada bagian belakang. Pengeremannya didukung cakram dual disc berukuran 298 mm pada depan dan 245 single disc pada belakang. Adapun pengereman sudah mengadopsi sistem ABS.

Yamaha MT-07 2022 dikatakan baru akan tersedia di pasaran mulai 28 Juli 2021. Motor ini ditawarkan dengan pilihan warna Grey, Blue dan Matte Dark Grey.

Yamaha Jepang memasarkan MT-07 2022 dengan harga Rp 106 jutaan. Belum diketahui apakah versi terbaru dari MT-07 ini akan masih ke Tanah Air, mengingat pasar motor sport naked dikatakan cukup banyak peminatnya di sini (Indonesia). [Dew/Had]

Continue Reading

OTOMOTIF

BR-V Terbaru akan Punya Fitur Canggih Honda Sensing? Ini Jawaban Honda – Berita Otomotif

BR-V Terbaru akan Punya Fitur Canggih Honda Sensing? Ini Jawaban Honda – Berita Otomotif


JAKARTA – Pada salah satu tipe mobil yang diduga sebagai All-New Honda BR-V, ada tulisan ‘HS’. Apakah itu mengacu pada fitur canggih Honda Sensing?

Honda diketahui meregistrasikan mobil berkode ‘HBRVD315L’ di Indonesia, lengkap dengan harga off the road-nya (harga sebelum pajak). Ini bisa dilihat dalam situs Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DKI Jakarta.

Dugaan bahwa itu merupakan BR-V generasi kedua mengemuka di jagat internet nasional. Apalagi, pada awal Mei 2021 Honda memperkenalkan N7X Concept yang disebut ‘berada di segmen low SUV dari segi dimensi’, ‘ada kemungkinan menjadi versi produksi’, dan publik diminta ‘tunggu di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021’.

Honda N7X Concept 2021

Eksekutif PT. Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek, ketika ditanyakan mengenai hal ini, hanya mengatakan bahwa dia ‘bakal memberitahukan pada saatnya’.

“Wah, kalau informasi mengenai model baru, belum bisa disampaikan sekarang. Nanti kami informasikan secara resmi pada waktunya, ya,” ucap Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM melalui pesan singkat pada Jumat (25/6/2021).

Mobil123.com kemudian menanyakan mengenai tipe BRVDG315L yang memiliki harga tertinggi di situs NJKB DKI. Ada embel – embel ‘PRESHSCVT’ di belakangnya.

Benarkah kode lanjutan itu berarti varian Prestige dengan fitur keselamatan aktif Honda Sensing plus transmisi otomatis CVT?

“Hehe…. Nanti, ya. Tunggu waktu yang tepat dan kami akan informasikan secara resmi,” jawab Billy lagi.

Honda N7X

BR-V generasi pertama ‘lahir’ di Indonesia pada semester dua 2015. Penjualannya dimulai Januari 2016 dan hingga kini belum mendapatkan penyegaran model yang signifikan (major change).

Adapun N7X, yang banyak disinyalir sebagai cikal – bakal BR-V generasi kedua, Honda gadang – gadang bakal ‘meredefinisikan kendaraan tujuh penumpang untuk keluarga di Indonesia’. Namun, pabrikan asal Jepang ini menolak menjelaskan mengenai klaim itu lebih lanjut dalam konferensi pers virtual bulan lalu.

N7X sendiri sempat dipajang di Dreams Café, Senayan City, Jakarta dari awal Mei hingga 6 Juni 2021 kemarin. Sekarang, SUV tersebut sedang ‘diarak’ oleh Honda ke berbagai kota besar di Indonesia. [Xan]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close