Connect with us

INDONESIA

KADIN: Hampir 6.700 Perusahaan Daftar Program Vaksinasi Gotong Royong

KADIN: Hampir 6.700 Perusahaan Daftar Program Vaksinasi Gotong Royong


Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengungkapkan sebanyak 6.689 perusahaan sudah mendaftar untuk ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19 gotong royong. Menurutnya, jumlah tersebut tercapai hanya dalam waktu dua minggu.

“Kita melihat jenis perusahaannya macam-macam ada padat karya, kemudian berbagai sektor seperti manufaktur, perbankan, transportasi, segala macam sektor tentu saja ada. Dan kalau kami melihat kan ini dibuka jadi memang tidak hanya untuk perusahaan swasta nasional, jadi PMA, PMDN malah UMKM juga diperbolehkan untuk berpartisipasi. Jadi semua terbuka,” ujarnya dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (23/2).

Ia pun menegaskan bahwa tujuan daripada vaksinasi gotong royong ini murni untuk membantu dan membiayai vaksinasi COVID-19 bagi para karyawannya secara gratis dan tidak ada unsur komersial sama sekali. Selain itu, program ini merupakan optional atau sukarela, sehingga tidak semua perusahaan wajib mengikutinya, karena ia memahami banyak perusahaan yang sangat terdampak akibat adanya pandemi ini.

Shinta juga menegaskan bahwa gaji karyawan tidak akan dipotong sama sekali oleh perusahaan karena adanya program vaksinasi itu.

Wakil Ketua Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (23/2). (Foto: VOA).

Wakil Ketua Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (23/2). (Foto: VOA).

Sampai saat ini, pihaknya pun masih menunggu aturan main dari pemerintah yang masih digodok sampai detik ini terkait tata cara pelaksanaannya. Ia juga memastikan bahwa vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong ini, akan berbeda dengan vaksin gratis yang digunakan oleh pemerintah saat ini.

“Yang paling penting adalah kita tidak akan tumpang tindih karena format pendataan yang dipakai oleh KADIN adalah yang didapatkan dari pemerintah. Jadi pemerintah kita minta menggunakan format yang sama, jadi nantinya one data system, semuanya akan dikelola pendataannya oleh pemerintah, jadi gak mungkin akan overlapping,” tuturnya.

Antuasiasme Tinggi

Shinta juga mengungkapkan alasan utama melakukan program vaksinasi gotong royong ini adalah demi mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas atau herd immunity. Dengan begitu, kegiatan perekonomian bisa segera pulih, dan perusahaan tersebut bisa bekerja atau berproduksi secara normal.

“Kalau kita lihat antusiasme tinggi itu kenapa? Karena kita biaya untuk melakukan tes rapid antigen saja, itu bayangkan berapa besar setiap kali kita melakukan testing. Jadi kalau seluruh karyawan ini yang secara regular itu memakan biaya yang sangat tinggi, dan itu juga saya rasa menjadi satu pertimbangan bagi perusahaan, daripada terus menerus tidak terselesaikan, bagaimana memutus rantainya? Harus ada vaksinasi, jadi mungkin biaya dikeluarkan lebih baik untuk vaksinasi daripada terus menerus tidak terselesaikan masalah COVID ini,” tuturnya.

Vaksinasi Massal Covid-19 Pemerintah Tetap Prioritas

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator PMO Komunikasi Publik KCP-PEN Arya Sinulingga memastikan bahwa program vaksinasi mandiri yang dilakukan oleh korporasi ini tidak akan mengganggu program vaksinasi massal COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah terutama untuk kelompok masyarakat prioritas.

Koordinator PMO Komunikasi Publik KPC PEN Arya Sinulingga dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (23/2). (Foto:VOA)

Koordinator PMO Komunikasi Publik KPC PEN Arya Sinulingga dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (23/2). (Foto:VOA)

Arya pun mengibaratkan program tersebut layaknya seperti perusahaan yang membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana alam seperti gempa bumi atau banjir lewat program corporate social responsibility (CSR) masing-masing perusahaan.

“Bahwa teman-teman dari pengusaha mengumpulkan supaya mereka bisa membantu. Namanya membantu tentu sukarela, dan mereka membantunya dengan cara melakukan vaksinasi terhadap karyawannya. Apalagi ini tidak ada sangkut pautnya dengan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah, artinya tidak menyerobot apa yang dikerjakan oleh pemerintah, tidak mengambil hak orang lain,” ungka Arya.

Ia pun memastikan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut harus memberikan vaksin COVID-19 kepada karyawannya secara gratis, dan tanpa ada pemotongan apapun gaji. Selain itu, pengadaan vaksinasi gotong royong ini akan dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero) dan akan diawasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tantangan Program Vaksinasi Mandiri

Arya juga mengakui ada berbagai tantangan yang dihadapi dalam melangsungkan program vaksinasi COVID-19 secara mandiri ini. Diantaranya adalah bagaimana mendapatkan vaksin, mengingat jumlahnya di dunia pada saat ini pun masih sangat terbatas dan diperebutkan oleh banyak negara.

“Kalaupun kita punya niatan tapi belum dapat vaksinnya gimana? Di dunia ini lagi bertempur semua untuk merebut vaksin ini. Dan kita berusaha juga supaya, vaksin ini tidak mahal sehingga teman-teman pengusaha bisa mendapatkan vaksin ini dengan harga normal, bukan mahal,” kata Arya.

Seorang tenaga kesehatan menerima suntikan dosis kedua vaksin COVID-19 di sebuah rumah sakit di Sidoarjo, Jawa Timur, 29 Januari 2021. (Foto: Umarul Faruq/Antara Foto via Reuters)

Seorang tenaga kesehatan menerima suntikan dosis kedua vaksin COVID-19 di sebuah rumah sakit di Sidoarjo, Jawa Timur, 29 Januari 2021. (Foto: Umarul Faruq/Antara Foto via Reuters)

Selanjutnya, tantangan lainnya adalah menanggulangi berbagai berita-berita bohong atau hoaks terkait hal ini. Menurutnya, masih banyak kalangan masyarakat yang menolak skema tersebut. Padahal menurut Arya, program ini akan sangat membantu pemerintah untuk mempercepat vaksinasi COVID-19.

“Banyak pelintiran-pelintiran atau gosip yang dibangun, bahwa vaksin gotong royong ini untuk orang kaya. Padahal itu untuk buruh-buruh mereka, karyawan mereka, sangat wajar juga mereka mendapatkan karena kan mereka juga rentan terpapar COVID. Jadi kalau dikatakan untuk orang kaya, buruh kan bukan orang kaya?. Jadi sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan mengenai bahwa ini untuk orang kaya,” tuturnya.

Persentase Vaksin Gotong Royong

Ditambahkannya, sejauh ini pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan penyediaan vaksin COVID-19, termasuk Sinopharm. Namun, ia menegaskan bahwa Indonesia belum memperoleh kesepakatan dengan produsen vaksin itu.

Pihaknya pun masih menunggu data final dari KADIN Indonesia terkait jumlah keseluruhan karyawan yang akan divaksinasi nanti.

Menurut Arya, jumlah vaksin yang dibutuhkan untuk vaksinasi gotong royong ini sangat kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan vaksinasi massal COVID-19 yang digelar pemerintah, yang mencapai 426 juta dosis vaksin.

“Tapi sebenarnya kalau kami hitung ini sangat kecil. Perhitungan kita antara 5-10 juta (dosis) saja. Jadi sebenarnya kalau dibandingkan dengan apa yang kita pesan untuk vaksin untuk gratis, itu kecil sekali persentasenya. Pengaruhnya terhadap keseluruhan kecil tapi namanya orang mau bantu kita harus terima, ” pungkasnya. [gi/ab]



Source link

Advertisement
Click to comment

INDONESIA

BMKG memperingatkan banjir bandang menyusul gempa Malang

BMKG memperingatkan banjir bandang menyusul gempa Malang


Semoga mereka tetap waspada terhadap potensi tanah longsor dan banjir bandang jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebagai akibat dari dampak gempa kuat selanjutnya.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah gempa di Jawa Timur mewaspadai potensi longsor dan banjir pascagempa 6,7 ​​SR.

“Semoga mereka tetap waspada terhadap potensi longsor dan banjir bandang jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akibat dampak gempa dahsyat berikutnya,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers online di Jakarta, Sabtu.

Gempa berkekuatan 6,0 dianggap mampu membuat lereng atau batuan menjadi rapuh dan dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi, termasuk tanah longsor dan banjir bandang, jelasnya.

Dia teringat gempa bumi berkekuatan 4,1 yang melanda Nusa Tenggara Timur satu hari sebelum hujan lebat turun di provinsi itu.

“Kami khawatir jika hujan turun di daerah yang terkena gempa, maka akan memicu longsor dan banjir bandang,” ujarnya.

Beberapa kabupaten di Jawa Timur seperti Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Bondowoso, Jember, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Gresik, Lamongan, Madiun, Nganjuk, Probolinggo, Tulungagung, Ponorogo, dan Pasuruan berpotensi mengalami hujan deras , dia menambahkan.

Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter melanda kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 2 siang waktu setempat pada hari Sabtu, tetapi tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa terletak 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang pada kedalaman 25 kilometer, katanya.

Gempa yang berlangsung selama 37 detik itu juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten di Jawa Timur, termasuk Kediri, tambah badan tersebut. (INE)

Berita Terkait: Blitar: Beberapa bangunan rusak akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter

Berita Terkait: Enam tewas, satu luka berat dalam gempa Malang

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading

INDONESIA

Bandara Ngurah Rai Bali meluncurkan tes alat pernafasan COVID

Bandara Ngurah Rai Bali meluncurkan tes alat pernafasan COVID


Bandara Internasional Ngurah Rai merupakan bandara kelima yang menerapkan GeNose setelah bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, bandara Husein Sastranegara di Bandung, bandara internasional Yogyakarta, dan bandara Juanda di Suraba.

Jakarta (ANTARA) – GeNose, alat bantu pernapasan COVID-19 yang dikembangkan oleh ilmuwan Indonesia, awalnya dapat digunakan di bandara internasional Ngurah Rai Bali untuk menyaring pelancong, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. “Bandara Internasional Ngurah Rai merupakan bandara kelima yang mengimplementasikan GeNose setelah bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, bandara Husein Sastranegara di Bandung, bandara internasional Yogyakarta, dan bandara Juanda di Surabaya pada 1 April (2021),” kata Sumadi dalam sambutannya. siaran pers di sini pada hari Sabtu.

Ia berterima kasih dan memuji Pemprov Bali dan PT Angkasa Pura 1 yang telah membantu pelaksanaan layanan GeNose di bandara Ngurah Rai.

“Layanan GeNose telah diuji. Sebanyak lima ratus ribu penumpang kereta api telah menggunakan dan mengaku merasa lebih nyaman karena lebih murah, tidak sakit, dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi, ”kata Menkeu.

Penumpang hanya perlu membayar Rp40.000 untuk tes GeNose C-19 di bandara Ngurah Rai, katanya. Tempat pengujian terletak di area umum terminal kedatangan dan beroperasi dari jam 9 pagi hingga 7 malam waktu setempat.

Pelaksanaan uji GeNose di sarana transportasi, seperti bandara, merupakan tindak lanjut, sesuai surat Satgas (No.12 / 2021) terkait perjalanan domestik di tengah pandemi COVID-19, diubah menjadi surat Kementerian Perhubungan No. 26/2021 tentang pedoman perjalanan domestik dengan pesawat selama pandemi COVID-19. (INE)

Berita Terkait: Perlu GeNose di pabrik untuk menghidupkan kembali aktivitas ekonomi: menteri

Berita Terkait: Pesantren At Taujieh Al Jawa Tengah menggunakan GeNose

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading

INDONESIA

Blitar: Beberapa bangunan rusak akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter

Blitar: Beberapa bangunan rusak akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter


Blitar, Jawa Timur (ANTARA) – Beberapa bangunan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,7 skala Richter pada Sabtu sore.

“Sejumlah rumah di beberapa kecamatan (rusak akibat gempa). Kami sedang mendata (jumlah bangunan yang rusak),” kata juru bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, Sabtu. .

Bangunan itu berada di Kecamatan Binangun, Kesamben, Wates, Lodoyo, dan Wlingi, tambahnya.

Gempa dahsyat tersebut merusak beberapa rumah dan fasilitas umum, termasuk kantor Pemkab Blitar, masjid, dan gedung sekolah, katanya.

Gempa bumi melanda kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 2 siang waktu setempat pada hari Sabtu, tetapi tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa terletak 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang, pada kedalaman 25 kilometer, katanya.

Gempa itu berlangsung selama 37 detik, badan itu menambahkan.

Hal itu juga dirasakan masyarakat di sejumlah kabupaten di Jawa Timur, antara lain Kediri, Malang, Gresik, dan Surabaya (INE).

Berita Terkait: Enam tewas, satu luka berat dalam gempa Malang

Berita Terkait: Gempa berkekuatan 6,7 melanda Kabupaten Malang di Jawa Timur

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close