Feed

Kabupaten Penajam susun program tingkatkan produksi-kualitas pertanian



Penajam Paser Utara (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyusun sejumlah program untuk peningkatan produksi dan kualitas produk pertanian di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

 

“Kami susun program untuk tingkatkan produksi dan kualitas produk atau hasil pertanian,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Andi Trasodiharto di Penajam, Selasa.

 

Ia memberikan contoh, salah satu programnya adalah membuat lahan percontohan (demonstration plot/demplot) untuk serangkaian uji coba.


“Uji coba yang dilakukan terhadap berbagai bahan produksi pertanian seperti pupuk dan lainnya melalui metode demplot,” katanya.

Namun, dalam uji coba itu, penggunaan bahan produksi pertanian ditentukan oleh petani itu sendiri.

Ia menjelaskan, pihaknya menginginkan semua upaya yang dilakukan mengarah kepada peningkatan ekonomi masyarakat petani.

 

Salah satu yang menjadi keluhan petani adalah unsur hara tanah (tingkat keasaman) di Kabupaten Penajam Paser Utara sangat rendah untuk daya hidup tanaman pertanian.


“Keinginan petani, unsur hara tanah bisa membaik dengan tingkatkan keasaman tahan naik tujuh hingga 7,7, minimal enam,” katanya. 


Ia menegaskan, jika hasil uji coba itu ternyata ada perubahan pada jumlah maupun kualitas produk pertanian, maka bahan produksi pertanian itu bakal digunakan dalam pola pertanian di Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

“Itu nantinya, jadi salah satu rekomendasi,” katanya.

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed