Business is booming.

Jokowi Yakin PPKM Mikro Bisa Turunkan Kurva COVID-19


Jakarta, IDN Times – Presiden Joko “Jokowi” Widodo optimistis, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro akan menurunkan kurva virus corona di Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic.

“Dengan pola penanganan skala mikro saya meyakini kurva laju penambahan kasus baru akan dapat ditekan, dan masyarakat juga mendapatkan pelayanan bantuan yang diperlukan,” ujar Jokowi seperti dalam video yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Beruntung Pertama Lakukan Vaksinasi di Asia Tenggara

1. Jokowi: Indonesia saat ini mengedepankan strategi berskala mikro

Jokowi Yakin PPKM Mikro Bisa Turunkan Kurva COVID-19
Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana pada Senin (16/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengatakan, meskipun Indonesia telah melakukan proses vaksinasi COVID-19 saat ini, namun disiplin penerapan protokol kesehatan tidak boleh kendor. Ia mengatakan, pemerintah saat ini telah melakukan strategi PPKM mikro.

“Pemerintah Indonesia saat ini mengedepankan strategi penanganan berskala mikro dengan melibatkan unit sosial komunitas yang paling bawah, yaitu RT dan RW. RT dan RW juga dilibatkan dalam penyaluran bansos bagi masyarakat terdampak,” ujar Jokowi.

2. Pemerintah belajar memahami COVID-19 dan membuat kebijakan terbaik untuk mengatasinya

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Jokowi Yakin PPKM Mikro Bisa Turunkan Kurva COVID-19Pedagang yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona, di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (8/9/2020). ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, sudah satu tahun Indonesia dilanda pandemik virus corona. Lebih dari 110 juta orang di seluruh dunia yang terpapar dan hampir 2,5 juta yang kehilangan nyawa karena COVID-19. Menurutnya, semua negara selalu berusaha untuk memberikan kebijakan terbaik agar virus corona bisa teratasi.

“Dari hari ke hari, kita dan dunia belajar untuk memahami virus ini dan membuat kebijakan-kebijakan terbaik untuk mengatasinya,” jelas Jokowi.

3. Jokowi sebut Indonesia beruntung jadi negara pertama di Asia Tenggara yang lakukan vaksinasi

Jokowi Yakin PPKM Mikro Bisa Turunkan Kurva COVID-19Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia ini menyebut, Indonesia menjadi negara yang beruntung karena mendapatkan vaksin COVID-19 lebih awal. Apalagi, lanjutnya, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melakukan vaksinasi COVID-19.

“Indonesia termasuk negara pertama di Asia Tenggara yang telah memulai vaksinasi sejak Januari 2021,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Hari ke Hari Kita Pelajari COVID-19 dan Buat Kebijakan Terbaik





Source link