Connect with us

PENDIDIKAN

Jokowi Instruksikan Sekolah Tatap Muka Dilakukan Terbatas

Jokowi Instruksikan Sekolah Tatap Muka Dilakukan Terbatas

[ad_1]

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sekolah tatap muka akan dijalankan secara terbatas, yakni dengan jumlah kehadiran maksimal 25 persen dari total murid.

“Tidak boleh lebih dari dua hari dalam seminggu. Setiap hari maksimal hanya dua jam,” ungkap Budi dalam telekonferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/6).

Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi pers di Istana Kepresidenan , Jakarta, Senin (7/6) mengatakan sekolah Tatap muka dilakukan secara Terbatas (biro pers).

Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi pers di Istana Kepresidenan , Jakarta, Senin (7/6) mengatakan sekolah Tatap muka dilakukan secara Terbatas (biro pers).

Meski begitu, kata Budi keputusan terakhir anak untuk melakukan pembelajaran tatap muka tersebut tetap berada di tangan orang tua. Ia juga menekankan kepada semua sekolah untuk segera melakukan vaksinasi penuh kepada semua guru sebelum kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka ini dimulai.

“Jadi mohon kepada kepala daerah karena vaksin kita kirim ke daerah, prioritaskan guru dan lansia. Guru harus sudah divaksinasi sebelum tatap muka terbatas dilaksanakan,” jelas Budi.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menargetkan pembelajaran tatap muka secara terbatas bisa dimulai pada tahun ajaran baru yakni Juli mendatang.

Kenaikan Kasus COVID-19

Kegiatan belajar mengajar secara terbatas ini dilakukan karena pandemi COVID-19 belum usai. Dalam kesempatan ini, Budi juga menyatakan bahwa puncak kenaikan kasus Corona setelah libur lebaran 2021 akan terjadi dalam kurun waktu 5-7 minggu ke depan, yakni diperkirakan sampai akhir bulan Juni dan awal Juli.

Dari 72 ribu tempat tidur di ruang isolasi dan ICU untuk pasien COVID-19 yang tersedia, saat ini sudah terisi sebanyak 31 ribu, dari semula 22 ribu pada 18 Mei lalu. “Tapi alhamdulillah kita masih miliki cadangan tempat tidur isolasi yang cukup,” tuturnya.

Lanjutnya kenaikan kasus COVID-19 yang paling signifikan pada saat ini terjadi di wilayah Kudus, Jawa Tengah dan Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Budi mengatakan, di Kudus sebelumnya tempat tidur yang terisi hanya 40, namun saat ini melonjak menjadi 350, sementara di Bangkalan dari semula hanya terisi 10 menjadi 80.

“Kenaikan yang tinggi ini terjadi karena adanya peningkatan kasus. Kita tahu Kudus adalah daerah ziarah, sedangkan di Madura banyak pekerja migran yang pulang dari negara tetangga,” paparnya.

Seorang pasien terbaring di bangku saat mengantre untuk dirawat di ruang gawat darurat RSUP Dr. Loekmono Hadi, di tengah pandemi virus corona (COVID-19) di Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, 2 Juni 2021. (REUTERS)

Seorang pasien terbaring di bangku saat mengantre untuk dirawat di ruang gawat darurat RSUP Dr. Loekmono Hadi, di tengah pandemi virus corona (COVID-19) di Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, 2 Juni 2021. (REUTERS)

Guna mengatasi hal tersebut pemerintah saat ini telah mengurai tekanan beban yang ada di rumah sakit, yakni dengan merujuk pasien COVID-19 berat ke kota terdekat. Budi mengatakan pasien dengan kondisi berat di Kudus dirujuk ke Semarang, sedangkan di Bangkalan disalurkan ke Surabaya. Menurutnya, saat ini kapasitas rumah sakit di Semarang dan Surabaya masih cukup untuk menerima pasien rujukan dari Kudus dan Bangkalan.

“Untuk mengurai, mengurangi tekanan di RS Kudus dan Bangkalan, kami juga sudah kirim dokter, bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan perawat bekerja sama dengan persatuan perawat untuk mengisi dan mengurangi tekanan dari nakes yang cukup banyak terpapar,” kata Budi.

Menurutnya, di Kudus sendiri saat ini sebanyak 300 lebih tenaga kesehatan terpapar COVID-19. Namun, kondisi dari para nakes tersebut cukup baik karena sudah divaksinasi.

(Ki-ka) Kepala BNPB, Menko Perekonomian, Menkes, Panglima TNI dan Kapolri dalam telekonferensi pers usai Ratas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 7 Juni 2021. (Foto: Biro Setpres)

(Ki-ka) Kepala BNPB, Menko Perekonomian, Menkes, Panglima TNI dan Kapolri dalam telekonferensi pers usai Ratas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 7 Juni 2021. (Foto: Biro Setpres)

Lebih lanjut, Budi meminta kepada pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan pelacakan (tracing) dan testing dengan disiplin dan dilaporkan secara lengkap kepada pemerintah pusat. Hal ini, akan berguna dalam setiap pengambilan kebijakan dalam rangka penanganan pandemi di wilayah masing-masing. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan takut menjalani tes COVID-19, karena semakin cepat ditangani akan semakin cepat disembuhkan dan menekan laju penularan.

Tracing jangan ditolak. Kalau misalnya anda terkena tidak usah khawatir, tidak usah takut bahwa ini kalau kena nanti bagaimana. Kita tanyakan supaya kita kurangi laju penularan. Dan yang paling penting, isolasi mandiri. Kalau sudah positif, Bapak Ibu, 80 persen penyakit ini bisa sembuh sendiri tapi butuh tempat isolasi supaya tidak menularkan. Jadi tolong secara swadaya sudah banyak daerah yang punya tempat isolasi mandiri,” jelasnya.

Pemerintah Klaim Pandemi COVID-19 Terkendali

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia masih terkendali. Ia menjelaskan kasus aktif corona per 6 Juni 5,3 persen, dimana global berada pada level 7,5 persen. Angka kesembuhan pasien COVID-19 mencapai 91,9 persen, sedangkan global 90,3 persen. Namun angka kematian masih lebih tinggi yakni 2,8 persen dari rata-rata global yang 2,1 persen.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim kondisi Pandemi COVID-19 di Indonesia terkendali. (Biro Setpres)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim kondisi Pandemi COVID-19 di Indonesia terkendali. (Biro Setpres)

“Kemudian kalau kita bandingkan dengan negara-negara lain jumlah kasus mingguan per satu juta penduduk Indonesia relatif lebih baik. Indonesia 147 orang per satu juta penduduk, Malaysia 1.607 per satu juta penduduk, India 662 per satu juta penduduk, dan Perancis 731 per satu juta penduduk,” ungkap Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Papua dan Riau berkontribusi sebanyak 65 persen terhadap kasus aktif COVID-19 secara nasional, di mana pulau Jawa berkontribusi sebanyak 52,4 persen. Sementara itu tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) secara nasional berada pada level 40 persen. Adapun lima provinsi yang tingkat BOR-nya di atas 40 persen adalah Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jambi dan Riau.

Selain itu, pemerintah ujarnya masih optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal-II akan tumbuh sampai delapan persen. Hal ini, kata Airlangga terlihat dari penjualan mobil yang naik 228 persen per tahun, lalu penjualan motor yang juga naik 227 persen year on year.

“Kemudian penjualan ritel juga sudah naik 9,8 persen year-on-year, indeks keyakinan konsumen sudah di atas 100 persen. Kemudian kita lihat juga pertumbuhan belanja nasional per akhir April kemarin juga sudah terjadi kenaikan sebesar 60,43 persen,” jelasnya.

Realisasi anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) saat ini, ujarnya, telah mencapai 29,9 persen dari total pagu anggaran Rp699,4 triliun atau tercatat Rp209 triliun.

“Demikian pula dengan kegiatan kegiatan di lima sektor. Kesehatan sudah mencapai 18,8 persen realisasi, perlindungan sosial 39,2 persen. Kemudian program prioritas 28 persen, dukungan korporasi 21 persen dan insentif untuk usaha sudah 79,9 persen,” pungkasnya. [gi/ab]

[ad_2]

Advertisement
Click to comment

PENDIDIKAN

COVID Mendorong Universitas Untuk Tidak lagi Menggunakan Tes Standar

COVID Mendorong Universitas Untuk Tidak lagi Menggunakan Tes Standar

[ad_1]

Salah satu korban pandemi adalah tes standar masuk perguruan tinggi seperti SAT (Scholastic Aptitude Test/Tes Kemampuan Skolastik), dan tampaknya itu tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Awal tahun ini Dewan Perguruan Tinggi Amerika yang mengelola tes masuk perguruan tinggi mengumumkan SAT akan ditunda hingga 2022 atau ditiadakan sama sekali.

Tes-tes itu, SAT dan ACT (American College Testing/Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah menjadi ritus peralihan dan bagian penting dari proses penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi. Para pendidik menganggapnya sebagai cara yang jelas untuk menilai tingkat kesiapan akademik calon mahasiswa.

Seorang mahasiswa yang mengenakan masker, karena pengobatan kankernya telah membuatnya tertekan kekebalan dan rentan terhadap penyakit seperti virus corona, berjalan melalui Halaman di Universitas Harvard. (Foto: Reuters)

Seorang mahasiswa yang mengenakan masker, karena pengobatan kankernya telah membuatnya tertekan kekebalan dan rentan terhadap penyakit seperti virus corona, berjalan melalui Halaman di Universitas Harvard. (Foto: Reuters)

Hafeez Lakhani mengelola perusahaan yang membantu para siswa mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi.

“…kesulitan mendapatkan nilai A bisa sangat berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Jadi, di sinilah bagian standar dari tes standar cukup penting. Dengan siswa yang sama dari SMA yang sangat berbeda, kita dapat melihat perbandingan kemampuan dalam pemecahan masalah mereka berdasarkan hasil skor pada SAT atau ACT,” katanya.

Namun selama bertahun-tahun, para pakar pendidikan, seperti Akil Bello dari National Center for Fair and Open Testing (Pusat Nasional untuk Pengujian yang Adil dan Terbuka), telah mengritik penyelenggaraan tes-tes itu dengan mengatakan bahwa tes-tes demikian tidak menilai kemampuan siswa secara adil, tetapi lebih menyukai siswa yang memiliki hasil tes yang baik dan lebih mampu secara finansial.

“Semakin kita menggunakan pengujian standar, semakin kita menguntungkan mereka yang memiliki uang untuk membayar persiapan ujian standar. Hal itu juga mengecualikan berbagai kelompok demografis yang hanya bergantung pada pendidikan yang mereka terima,” katanya.

Anais Chubukian menghabiskan dua tahun terakhirnya selagi masih menjadi siswa di sekolah menengah atas untuk mempersiapkan tes standar. Orang tuanya membayar tutor, dengan biaya $3000.

“Ini lebih seperti strategi tes. Jika Anda tahu cara menjawab pertanyaan dengan lebih mudah, itulah yang diajarkan oleh para tutor kepada saya. Mereka mengajarkan cara mengerjakannya,” ujarnya.

Menanggapi keputusan untuk menunda tes standar, seperti SAT, lebih dari 1500 perguruan tinggi dan universitas AS menjadikan tes itu tidak wajib. Kebijakan itu akan tetap berlaku hingga musim gugur 2022 di sebagian besar universitas AS termasuk universitas-universitas yang dalam Ivy League.

Ivy League yang awalnya digunakan dalam konteks olah raga itu kemudian merujuk pada delapan universitas yang tergabung dalam kelompok perguruan tinggi elit karena keunggulan akademik, seleksi dalam penerimaan mahasiswa, dan elitisme sosial. Kedelapan universitas itu adalah Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth College, Harvard University, University of Pennsylvania, Princeton University, dan Yale University.)

Adeoluwa Fatukasi, mantan siswa sekolah menengah atas di Washington, DC, termasuk di antara mereka yang memutuskan untuk tidak mengikuti tes standar. Dia diterima di University of Pennsylvania.

Seorang mahasiswa Universitas Negeri Dakota Utara (NDSU) yang mengenakan masker pelindung berjalan melewati gedung Teknik Selatan di kampus saat wabah COVID-19 berlanjut di Fargo, Dakota Utara, AS, 25 Oktober 2020. (Foto: REUTERS/Bing Guan)

Seorang mahasiswa Universitas Negeri Dakota Utara (NDSU) yang mengenakan masker pelindung berjalan melewati gedung Teknik Selatan di kampus saat wabah COVID-19 berlanjut di Fargo, Dakota Utara, AS, 25 Oktober 2020. (Foto: REUTERS/Bing Guan)

“Saya disarankan untuk mengambil tes secara opsional untuk perguruan tinggi saya yang lebih selektif,” katanya.

Berbagai kritik terhadap tes-tes standar mendorong universitas-universitas untuk memberlakukan kebijakan tutup mata terhadap tes-tes itu.

“Beberapa perguruan tinggi yang kebijakannya jauh lebih jelas – seperti sistem Universitas California dan St. Mary di Texas – telah mengumumkan bahwa mereka sama sekali tidak akan melihat nilai ujian! Jadi, jika Anda mengirimkan hasil tes itu, mereka tidak akan mempertimbangkannya. Dan saya pikir itu adalah kebijakan yang sangat jelas, yakni meminta siswa untuk fokus pada kemampuan akademik di sekolah dan minat pribadi,” papar Akil Bello.

Anais dan Adeoluwa masuk ke universitas yang mereka inginkan. Namun, walaupun masa depan mereka terlihat cerah, masa depan tes masuk perguruan tinggi, masih belum jelas. [lt/ka]

[ad_2]

Continue Reading

PENDIDIKAN

Dosen Peraih Pulitzer Beralih Ke Universitas Lain Karena Alasan Diskriminasi

Dosen Peraih Pulitzer Beralih Ke Universitas Lain Karena Alasan Diskriminasi

[ad_1]

Perselisihan mengenai apakah universitas negeri unggulan North Carolina (UNC) akan memberikan Nicole Hannah-Jones jabatan dosen seumur hidup di fakultasnya telah memicu protes berminggu-minggu dari dalam dan luar kampus itu.

Banyak profesor dan alumni menyampaikan rasa frustrasi, dan selama protes mahasiswa kulit hitam dan fakultas mempertanyakan apakah universitas yang didominasi warga kulit putih itu menghargai mereka.

“Saya kira pesan yang disampaikan di sini adalah, satu, universitas harus bekerja lebih baik bukan hanya merekrut anggota fakultas, namun juga melindungi anggota fakultas dan mahasiswa, kita juga punya pilihan dan kita tidak harus bertahan pada lembaga-lembaga tetapi juga, kita punya pilihan dan tidak harus bertahan di institusi yang tampaknya tidak menghormati apa yang kita sumbangkan,” ujar Hannah-Jones dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press.

Nicole Hannah-Jones berdiri untuk potret di rumahnya di wilayah Brooklyn di New York, Selasa, 6 Juli 2021. Hannah-Jones mengatakan dia tidak akan mengajar di University of North Carolina di Chapel Hill setelah pertengkaran berkepanjangan atas masa jabatan

Nicole Hannah-Jones berdiri untuk potret di rumahnya di wilayah Brooklyn di New York, Selasa, 6 Juli 2021. Hannah-Jones mengatakan dia tidak akan mengajar di University of North Carolina di Chapel Hill setelah pertengkaran berkepanjangan atas masa jabatan

Hannah-Jones pemenang Hadiah Pulitzer untuk karyanya di majalah The New York Times berjudul 1619 Project yang berfokus pada sejarah perbudakan Amerika, Selasa (6/7), mengatakan permohonan jabatannya terhenti setelah adanya campur tangan politik dari kalangan konservatif dan keberatan oleh donor utama di sekolah jurnalisme itu.

Ia menyesali badai politik yang mengganggunya sejak Proyek 1619 diterbitkan, dimana kalangan konservatif termasuk mantan Presiden Donald Trump mengecam karya tersebut.

“Pendidikan publik seharusnya tidak menjadi tempat indoktrinasi, seharusnya bukan mengenai patriotisme, melainkan harus menjadi tempat mencari kebenaran. Bagaimana anak-anak kita, bisa tumbuh untuk memahami negara yang sangat terpecah yang menjadi tempat tinggal kita,” katanya.

Papan nama elektronik menyambut orang-orang di kampus Universitas Howard di Washington. (Foto: AP/Jacquelyn Martin)

Papan nama elektronik menyambut orang-orang di kampus Universitas Howard di Washington. (Foto: AP/Jacquelyn Martin)

Hannah-Jones sebaliknya akan menerima tawaran posisi tetap sebagai Ketua Kehormatan dalam Ras dan Jurnalisme di Howard, universitas kulit hitam bersejarah di Washington, D.C. Howard University Selasa juga mengumumkan jurnalis dan penulis pemenang penghargaan, Ta-Nehisi Coates akan bergabung dengan fakultasnya.

Coates, yang memenangkan Penghargaan Buku Nasional untuk karya “Antara Dunia dan Aku”, dan Hannah-Jones, telah mendapat hibah “jenius” dari lembaga MacArthur untuk tulisan-tulisan mereka.

Pejabat UNC mengatakan Permohonan Hannah-Jones sebagai dosen tetap di sekolah jurnalisme UNC diajukan ke dewan penasihat universitas itu tahun lalu, tetapi terhenti setelah seorang anggota dewan yang memeriksa penetapan itu mengajukan pertanyaan mengenai latar belakang nonakademiknya.

Bukannya diterima, sebaliknya mulanya ia ditawari kontrak mengajar selama lima tahun. Kemudian di tengah meningkatnya tekanan, dewan penasihat universitas itu akhirnya menyetujui permohonannya dan memutuskan memberi Jones jabatan dosen tetap.

Dekan Fakultas Jurnalisme UNC, Susan King, yang mendukung pengajuan permohonan Hannah-Jones dalam sebuah pernyataan mengatakan: “Kita tidak mengharapkan apa pun selain sukses dan berharap UNC bisa belajar dari drama masa jabatan tetap ini, bagaimana kita sebagai komunitas cendekiawan harus berubah untuk berkembang.”

Nicole Hannah-Jones menghadiri Upacara Penghargaan Peabody Tahunan ke-75 di Cipriani Wall Street di New York. (Foto: AP/Evan Agostini)

Nicole Hannah-Jones menghadiri Upacara Penghargaan Peabody Tahunan ke-75 di Cipriani Wall Street di New York. (Foto: AP/Evan Agostini)

Rektor UNC belum menanggapi permohonan berkomentar yang diajukan kantor berita AP.

Menurut data universitas tersebut, pendaftaran mahasiswa baru UNC sekitar 60% adalah warga kulit putih dan 8% kulit hitam.

Penunjukan Hannah-Jones dan Coates di Howard didukung oleh dana hampir $20 juta yang disumbangkan oleh tiga yayasan filantropi dan donor anonim. Howard University mengatakan sumbangan tersebut merupakan hibah untuk meningkatkan investasi Howard pada jurnalis kulit hitam. [my/jm]

[ad_2]

Continue Reading

PENDIDIKAN

Larry Dalang Cilik Keturunan Tionghoa

Larry Dalang Cilik Keturunan Tionghoa

[ad_1]


Biasanya menjadi seorang dalang adalah bakat turun-temurun dari orang tuanya. Anak seorang dalang bisa mendalang tanpa belajar secara formal. Ia mengikuti ayahnya selagi mendalang dengan membawakan peralatan, menata panggung, mengatur tokoh-tokoh wayang dan mempersiapkan wayang yang akan dimainkan.

Kebanyakan bakat mendalang diperoleh dari sang ayah yang seorang dalang. Namun, tidak demikian dengan Larry Allen Santoso, 11 tahun asal Surakarta. Larry besar dari kedua orangtua keturunan Tionghoa, tidak mempunyai latar belakang profesi dalang sedikitpun. Memang mereka bisa mengerti bahasa Jawa karena tinggal di Solo, tetapi mereka menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari di rumah.

Jadi apa yang membuat Larry tertarik pada wayang? Kepada VOA ia menuturkan, “Waktu itu lewat alun-alun, terus ada yang jual wayang, (tokoh) Abimanyu. Larry tertarik, terus dibelikan oleh papa. Ya, tertarik ukiran-ukiran di wayangnya, tapi nggak paham.”

Larry Allen Santoso berlatih di rumahnya dengan seperangkat wayang (courtesy: Olivia).

Larry Allen Santoso berlatih di rumahnya dengan seperangkat wayang (courtesy: Olivia).

Semula Larry kurang tahu soal wayang, apalagi waktu itu Larry duduk di sekolah internasional. Tetapi setelah pindah ke sekolah swasta Indonesia, Larry diajarkan bahasa Jawa dalam salah satu mata pelajarannya. Itulah yang membuatnya makin tahu dan sedikit demi sedikit memahami cerita wayang dan kemudian ingin menjadi dalang.

Ibu Larry, Olivia Kristantyo yang menemani Larry ketika ditemui VOA merasa senang putra tunggalnya itu menyukai wayang, “Saya melihat dia punya kelebihan dan keunikan yang berbeda dari lainnya, seperti mendalang ini kan tidak semua anak mau menekuni tanpa harus saya dorong. Tapi dia memang benar-benar mempelajari. Kalau saya, bakat anak itu biarkan berkembang, tidak harus semuanya (secara) akademis”, ujarnya.

Padahal, Olivia menceritakan bahwa Larry pernah mengalami keterlambatan berbicara (speech delay) . “Sewaktu usianya sudah 3 tahun, Larry baru bisa mengucapkan satu kata saja. Dia juga disleksia,” kata Olivia. Maka ia membawa Larry ke pakar perkembangan anak, Diaz Robertus yang memiliki Klinik Terapi Maksimal di Surakarta.

Larry bersama kedua orangtuanya (courtesy: Olivia).

Larry bersama kedua orangtuanya (courtesy: Olivia).

Motivasi, percaya diri, kemandirian

Ketika VOA menanyakan bagaimana seorang anak yang mengalami keterlambatan berbicara dan disleksia, justru kini bahkan bisa menjadi dalang, yang mempunyai persyaratan menghafal dialog dan cerita dari tiap adegan, serta harus kaya dengan kosa kata?

Terapis Diaz menjelaskan, “Itu adalah sebuah kemampuan yang sangat kompleks, ada juga emosi ya… jadi waktu dia membaca cerita, kan ada emosi di dalamnya yang harus dia keluarkan, dan itu harus pas seperti ceritanya itu. Untuk anak-anak berkebutuhan khusus, motivasi, percaya diri dan kemandirian, 3 hal ini selalu saya kejar. Nah, anak waktu mereka mendapat ketiga hal ini, akan bisa melakukan banyak hal di luar yang mereka bayangkan.”

Dalam kesehariannya, Larry suka memainkan wayang. Hingga kini ia sudah dua kali pentas, yang pertama pada waktu HUTnya ke-9 dan dalam sebuah festival Hari Wayang Sedunia. Larry memilih sendiri cerita yang akan ia pentaskan, seperti Bima Maguru dan Gatotkaca Jedi.

Larry dan Kukuh Ridho Laksono, guru mendalangnya (courtesy: Kukuh)

Larry dan Kukuh Ridho Laksono, guru mendalangnya (courtesy: Kukuh)

Larry mempunyai dua guru dalang. Salah seorang guru privatnya, Kukuh Ridho Laksono yang sudah 3 tahun mengajar Larry mengatakan, “Kalau di WA itu dia sudah punya jalan cerita. Mas saya mau lakon ini, trus dia nulis alur ceritanya. Keinginannya ada, terus untuk kemampuan suaranya bagus, tidak fals di laras gamelan. Trus saya yang nabuh dan dia menirukan, supaya nadanya pas dengan gamelan.”

Menurut Kukuh, mengajar anak seusia Larry harus pintar memahami jalan pikiran dan perasaannya. Terkadang mereka mengagumi tohoh atau superhero dalam film atau video. Maka sebagai dalang pengajar, Kukuh menyadarkan Larry bahwa di dalam pewayangan juga banyak tokoh pahlawan, contohnya Bima, Gatotkaca, Arjuna dan masih banyak lagi.

Dalang Internasional

Ibu Larry menyediakan seperangkat wayang beserta layarnya karena Larry suka memainkan wayang sambil mempraktekkan keterampilan mendalang di rumahnya.

Larry sewaktu pentas (foto: courtesy)

Larry sewaktu pentas (foto: courtesy)

“Cita-cita Larry mau jadi dalang sampai keluar negeri. Kepengin jadi dalang internasional, supaya semua orang tahu wayang, bisa tahu wayang Indonesia,” ujarnya menutup bincang-bincangnya dengan VOA.

Semoga sosok seperti Larry diikuti oleh makin banyak anak Indonesia yang mengagumi dan melestarikan budaya nenek moyangnya. [ps/em]

[ad_2]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close