Info

Jerman Batalkan Rancana Pemotongan Subsidi Pertanian

Pemerintah Jerman, Kamis (4/1) membatalkan sebagian rencananya untuk memotong subsidi pertanian karena adanya protes besar-besaran dari para petani.

Bertentangan dengan rencana awal, diskon pajak kendaraan untuk mesin pertanian akan dipertahankan, kata Steffen Hebestreit, juru bicara Kanselir Olaf Scholz dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, keringanan pajak atas bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan yang sama, tidak akan dihapuskan sepenuhnya namun dikurangi secara bertahap, kata Hebestreit.

Langkah ini disetujui, mengingat adanya informasi baru mengenai kondisi keuangan pemerintah dan “untuk menghindari langkah birokrasi yang terkadang merugikan perusahaan-perusahaan yang terkena dampak”, katanya.

Penghentian subsidi awalnya diumumkan pada Desember setelah keputusan pengadilan yang mengejutkan mengubah rencana belanja pemerintah.

Langkah ini segera memicu protes besar dari ribuan petani yang mendatangi pusat kota Berlin guna melancarkan protes.
Para pengunjuk rasa memblokir salah satu jalan utama di jantung ibu kota dengan traktor dan membuang kotoran di jalan.

Pemberlakuan kembali sebagian keringanan pajak “tidak cukup”, kata Joachim Rukwied, ketua Asosiasi Petani Jerman (DBV). “Posisi kami tetap tidak berubah: kedua usulan pemotongan tersebut harus diabaikan,” kata Rukwied.

Pengadilan tertinggi Jerman memutuskan pada November bahwa pemerintah telah melanggar aturan hutang konstitusional, ketika mentransfer 60 miliar euro atau AS $66 miliar yang sebelumnya dialokasikan untuk dukungan pandemic, ke dana iklim.

Setelah mengadopsi anggaran darurat untuk 2023, Scholz dari Partai Sosial Demokrat dan mitra koalisi juniornya, Partai Hijau dan FDP yang pro-bisnis, menyusun rencana keuangan baru untuk 2024.

Pemerintah berharap untuk meloloskan anggaran yang direvisi melalui majelis rendah parlemen Jerman pada bulan Januari, kata Hebestreit. Sampai disahkan, berlaku anggaran sementara. [ns/jm]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed