Connect with us

INDONESIA

Jelajah Masakan Nusantara, Dari Jakarta Hingga New York

Jelajah Masakan Nusantara, Dari Jakarta Hingga New York


Pandemi boleh jadi membatasi banyak kegiatan, namun tidak untuk yang satu ini: mempopulerkan masakan khas Indonesia di panggung internasional secara daring. Sejumlah pakar kuliner Indonesia, mulai dari koki, penulis, pendongeng hingga fotografer makanan, baru-baru ini bahu-membahu memperkenalkan kekayaan seni olah pangan Indonesia.

Salah satu acara itu digelar Yummy, media digital yang berfokus pada makanan. Sepanjang Desember lalu mereka menggelar kegiatan virtual besar yang diberi judul “Indonesia memasak”.

Mengusung tema “Jelajah Masakan Nusantara”, acara itu menghadirkan serangkaian kegiatan online seperti kelas memasak, bincang-bincang, lokakarya makanan dan minuman, hiburan dan bazar. Seluruh rangkaian kegiatan itu ditayangkan di sejumlah platform, seperti YouTube, Instagram, dan Zoom.

Generasi muda perlu mengembangkan kreativitas dalam memasak.(Foto: Mandif Warokka)

Generasi muda perlu mengembangkan kreativitas dalam memasak.(Foto: Mandif Warokka)

Beberapa nama besar dunia kuliner Indonesia ikut terlibat, termasuk William Wongso yang sempat menjadi buah bibir banyak orang saat memasak rendang bersama koki terkenal asal Inggris, Gordon Ramsay beberapa waktu lalu dalam program televisi populer Gordon Ramsay Uncharted.

Sejumlah pengusaha kuliner yang terlibat adalah Max Mandias, koki eksekutif sekaligus pendiri Burgreens; Ade Putri, seorang penulis makanan, pembawa acara Akaras, juri Iron Chef Indonesia, pemilik Kedai Aput dan salah satu pendiri situs makanan dan minuman Beergembira; dan Mandif Warokka, pemilik dan koki eksekutif restoran mewah Blanco par Mandif.

Menurut Mandiff, lewat acara “Indonesia memasak”, ia ingin mendorong generasi muda mengembangkan kreativitas mereka dalam mengolah dan menyajikan masakan Indonesia, sambil mempertahankan keotentikannya.

“Awalnya saya diminta menyajikan fussion masakan Indonesia dan masakan Eropa. Saya bilang saya akan buat masakan Indonesia dan tidak harus di-fussioned dengan masakan Eropa. Saya ingin memperlihatkan bahwa masalah penyajian, rasa dan tekstur itu hanyalah persoalan teknis. Yang paling penting adalah mereka termotivasi untuk mengembangkan kreativitas. Kita tidak harus meng-combine dengan flavor lain. Kita bisa menyajikan masakan otentik Indonesia, namun menyajikannya secara lebih kompleks dan unik,” kata Mandiff.

Perlu mempertahankan keotentikan masakan Indonesia di panggung internasional. (Foto: Mandif Warokka)

Perlu mempertahankan keotentikan masakan Indonesia di panggung internasional. (Foto: Mandif Warokka)

Blanco par Mandif menyuguhkan menu Indonesia dalam format degustation—istilah seksi yang jika diterjemahkan secara bebas berarti: serangkaian menu berporsi mini dengan presentasi yang menggugah.

Sejak dibuka Juni 2015 silam, restoran yang didirikan koki berdarah Manado namun dibesarkan di Jawa ini langsung menjadi bagian dari lansekap kuliner Bali yang memang kian ramah terhadap terobosan-terobosan segar.

Mandif sebelumnya pernah memimpin dapur Teatro Gastroteque Bali di Seminyak dan Ju-Ma-Na di Ungasan. Koki yang pernah mendapat sejumlah penghargaan nasional dan internasional ini pernah juga bekerja sebagai koki tamu di berbagai restoran paling bergengsi di Eropa seperti Schloss Elmau dan Eisvogel di Jerman.

Konsep restoran Blanco par Mandif lebih mirip dengan secret dining. Untuk menjangkaunya, tamu mesti menembus celah kecil, menuruni tangga dua lantai, lalu memasuki sebuah lorong di mana sejumlah kursi ditata menatap area dapur dan membelakangi lembah hijau yang dibelah oleh Sungai Campuhan.

Natasha Halim atau Caca, salah seorang kreator konten kuliner dari Chubby Traveller juga turut meramaikan Indonesia Memasak dengan ditemani oleh Kevindra Soemantri, penulis kuliner berpengalaman yang memulai karirnya sebagai finalis termuda dalam ajang MasterChef Indonesia musim pertama tahun 2011.

Memotret makanan ada seninya. (Foto: Natasha Halim)

Memotret makanan ada seninya. (Foto: Natasha Halim)

Dalam kesempatan itu, Caca mengajarkan pentingnya seni memotret dalam mempresentasikan masakan Indonesia di media sosial. Ia mencontohkan beberapa kesalahan yang sering dibuat orang-orang yang suka memamerkan masakan hasil karya mereka di media sosial.

“Di tempat gelap. Orang cenderung pakai flash. Itu keliru. Flash itu dekat dengan kamera sehingga bisa mengubah warna hingga 90 persen. Seharusnya gunakan flash dari ponsel teman dari seberang atau samping. Atau memotret dalam jarak yang terlalu dekat sehingga apa yang ingin ditampilkan menjadi tidak jelas,” kata Caca.

Martin Praja, host program “Masak-Masak” yang dikenal dengan beragam kreasi kuliner khas miliknya, berbagai rahasia dalam membuat Martabak Makblarr yang empuk dan mengembang.

Dua pakar kuliner terkenal lainnya, Venithya Calista dan Ibra Isman, mengajak penonton mengeksplorasi kreativitas mereka dalam mengolah Cumi Cabai Garam dan Telur Dadar Keriting.

Winston Utomo selaku CEO IDN Media yang mengoperasikan Yummy mengatakan, kekayaan dan keanekaragaman kuliner Indonesia menjadi inspirasi utama menyelenggarakan Indonesia memasak.

“Kami berharap acara ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. Kami juga berharap acara ini dapat menjadi inspirasi sekaligus platform untuk melestarikan kuliner khas Nusantara yang begitu luar biasa,” katanya.

Getuk. (Photo: Mandif Warokka)

Getuk. (Photo: Mandif Warokka)

Dalam rangka menyambut tahun baru Museum Food and Drink (MOFAD) di New York juga menggelar demo memasak dan bincang-bincang mengenai makanan dan tradisi Indonesia 7 Januari lalu.

Acara yang berlangsung secara virtual itu mengeksplorasi keanekaragamanan masakan khas Indonesia, dan bagaimana perempuan secara turun temurun mempelajarinya. Beberapa diaspora Indonesia yang terkenal dalam dunia kuliner Amerika berpartisipasi dan berbagi pengalaman mereka, termasuk di antaranya Siska Silitonga, Pepy Nasution, Elvi Goliat, Anastasia Tjahjadi dan Felisia Tan.

Siska Silitonga, pemilik bisnis makanan ChiliCali di San Francisco mempertunjukan cara membuat Sambal Tempe dan Terong. Pepy Nasution, penulis dan fotografer makanan di balik indonesiaeats.com, blog makanan dan arsip resep online, mengajak peserta menelusuri sejarah makanan Indonesia.

Udang Goreng Tauco. (Foto: Mandif Warokka)

Udang Goreng Tauco. (Foto: Mandif Warokka)

Felisia Tan, yang aktif mengajar di sekolah memasak The Brooklyn Kitchen dan memiliki program pendidikan memasak di New York Botanical Garden, berbagi pengalaman mengenai bagaimana menjalankan bisnis makanan khas Indonesia di Amerika yang sangat kompetitif dan beragam.

Ia melihat kegiatan yang digelar MOFAD ini sebagai upaya kolektif untuk menjelaskan masakan Indonesia dari kacamata orang Indonesia sendiri.

“Masakan Indonesia ini sangat beragam, kaya dan berbeda. Kita berusaha mengkomunikasikannya untuk bisa menjawab pertanyaan ‘apa itu masakan Indonesia?’ kepada masyarakat asing. Terserah pada kita untuk menjelaskan atau mendefinisikannya. Masakan Indonesia itu tidak terbatas pada nasi goreng, soto ayam, atau satay. Lebih dari itu, dan lebih dari apa yang terlihat secara kasat mata. Dengan memperkenalkan keragaman masakan Indonesia, orang-orang bisa melihat bahwa keragaman adalah nilai jual masakan Indonesia,” kata Felisia.

Pada kesempatan itu, Anastasia Tjahjadi dan Elvi Goliat, dua di antara pendiri toko Indo Java di Queens, New York, bercerita mengenai suka duka mereka menjalankan bisnis makanan dan minuman khas Indonesia selama masa pandemi. Toko mereka ternyata juga menjadi pusat komunitas untuk berbagi informasi mengenai peluang kerja dan sewa apartemen. [ab/uh]



Source link

Advertisement
Click to comment

INDONESIA

BANDAI NAMCO Group menggelar proyek keberlanjutan bertenaga “GUNDAM” “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA)”

BANDAI NAMCO Group menggelar proyek keberlanjutan bertenaga “GUNDAM” “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA)”


AsiaNet 90127
Tokyo, 17 Juni 2021 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) –

– Ide dan Teknologi Baru untuk Menyelesaikan Masalah Kemasyarakatan melalui “GUNDAM Open Innovation” –

Grup BANDAI NAMCO telah menetapkan kebijakan keberlanjutan (*1) yang, bersama dengan para penggemarnya, mempromosikan kegiatan untuk mewujudkan masyarakat jangka panjang dan berkelanjutan dengan memanfaatkan strategi poros IP inti.

Logo: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI1fl_qQ5z1e68.png

Melalui proyek transversal Grup BANDAI NAMCO, “Proyek GUNDAM,” yang dipelopori oleh Chief GUNDAM Officer (*2), Grup telah memulai “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA),” sebuah proyek keberlanjutan menggunakan merek “GUNDAM” . Sebagai bagian dari inisiatif ini, akan diluncurkan “Inovasi Terbuka GUNDAM” di mana ide-ide dan teknologi baru dapat bersatu untuk menghadapi berbagai masalah sosial yang berasal dari populasi manusia dan lingkungan.

– Apa itu “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA)”?

Gambar1: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI2fl_c1TiW5T7.jpg

Lebih dari 40 tahun yang lalu, serial “GUNDAM” telah membawa perhatian global ke keadaan genting Bumi dan lingkungannya, yang dilambangkan dengan era baru fiktif yang dikenal sebagai “Abad Universal” yang menandai dimulainya emigrasi luar angkasa dalam cerita tersebut. . Tema yang mendasari “GUNDAM” adalah bagaimana umat manusia menghadapi batas-batas ruang yang luas, bukan sebagai individu, tetapi sebagai seluruh ras.

BANDAI NAMCO Group percaya bahwa pesan yang diangkat dalam “GUNDAM” yang menyentuh populasi manusia dan lingkungan bergema dengan banyak kekhawatiran saat ini. Oleh karena itu, Grup akan mengambil tindakan untuk anak-anak masa depan saat bekerja dengan penggemar dan mitra eksternal dalam mewujudkan dunia yang lebih baik dengan belajar dari era fiksi di GUNDAM dalam persiapan untuk “Abad Universal” di dunia nyata.

Memimpin inisiatif ini, BANDAI NAMCO Holdings, BANDAI SPIRITS, BANDAI NAMCO Amusement, dan BANDAI LOGIPAL bersama-sama meluncurkan “Proyek Daur Ulang Gunpla” pada April 2021. Proyek ini berupaya mengumpulkan para penggemar pelari kosong yang tersisa setelah membangun model Gunpla, dan mendaur ulang mereka menjadi produk model plastik baru dengan menggunakan teknologi daur ulang kimia terbaru. Dengan bantuan para penggemarnya, perusahaan Grup BANDAI NAMCO berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan.

– Ide dan teknologi baru untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi populasi manusia dan lingkungan melalui proyek baru “Inovasi Terbuka GUNDAM”.

Gambar2: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI3fl_4J86Y5Kp.png

Kembali pada tahun 2018 dan 2019, BANDAI NAMCO Group meluncurkan BANDAI NAMCO Accelerator untuk mengumpulkan ide-ide bisnis yang tidak terikat pada model bisnis konvensional dan akal sehat dalam upaya membawa perubahan yang dapat membawa Grup ke tingkat berikutnya.

BANDAI NAMCO Accelerator telah mengambil bentuk baru, dan akan diluncurkan baru sebagai inisiatif berikutnya untuk GUDA dengan nama proyek, “GUNDAM Open Innovation.” Proyek “GUNDAM Open Innovation” berupaya mengumpulkan ide dan teknologi baru dari penggemar dan mitra eksternal di seluruh dunia dalam upaya mengatasi masalah yang berasal dari populasi manusia dan lingkungan dengan menggunakan merek “GUNDAM”.

Desember lalu, Grup membuka untuk umum patung GUNDAM bergerak skala penuh setinggi 18 meter di GUNDAM FACTORY YOKOHAMA. Hal ini disebabkan oleh berbagai upaya dari mereka yang terlibat, dan dari keinginan untuk melihat gerakan GUNDAM yang nyata dan berskala penuh dalam kehidupan nyata. Dengan cara yang sama, Grup percaya bahwa ia dapat mewujudkan konsep-konsep yang belum pernah terlihat sebelumnya dengan mengumpulkan dan menerapkan ide-ide yang terinspirasi dari dunia fiksi “GUNDAM.”

BANDAI NAMCO Group akan mengumumkan rincian lebih lanjut tentang proyeknya nanti di situs resminya. Ia berharap dapat melihat komentar dan ide semua orang dari seluruh dunia.

Situs web resmi “GUNDAM Open Innovation”: http://www.bandainamco.co.jp/guda/goi/en

Catatan:

(*1) Untuk rincian kebijakan keberlanjutan Grup BANDAI NAMCO, silakan lihat siaran pers tertanggal 16 April.

https://www.bandainamco.co.jp/cgi-bin/releases/index.cgi/en/press/10271?entry_id=7157

(*2) Apa itu Chief GUNDAM Officer?

Peran Chief GUNDAM Officer didirikan pada tahun 2003 untuk mengawasi bisnis GUNDAM dari BANDAI NAMCO Group. Saat ini, peran tersebut dipegang oleh Koji Fujiwara, Corporate Managing Director BANDAI NAMCO Entertainment Inc.

*Informasi di sini mewakili informasi sesuai dengan tanggal siaran pers. Informasi dapat diperbarui tanpa pemberitahuan setelah rilis.

Jalur Hukum: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI4fl_l31s6Tu4.jpg

Sumber: BANDAI NAMCO Entertainment Inc.

Continue Reading

INDONESIA

Gojek lakukan vaksinasi besar-besaran di 29 kota

Gojek lakukan vaksinasi besar-besaran di 29 kota


Kami menemukan bahwa faktor pemicu rasa aman masyarakat, ketika diharuskan bepergian, adalah status vaksinasi pengemudi transportasi.

Jakarta (ANTARA) –
Platform on-demand Indonesia Gojek mengatakan telah meluncurkan program vaksinasi COVID-19 untuk mitra pengemudi di 29 kota dan kabupaten untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mitra serta pelanggan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di sini pada hari Kamis, perusahaan mengatakan bahwa upaya vaksinasinya adalah yang terbesar di antara perusahaan transportasi online dan merupakan bagian dari komitmennya untuk memastikan standar kesehatan, keselamatan, dan kebersihan tertinggi.

Meski kasus virus corona terus meningkat di Indonesia, ada peningkatan aktivitas masyarakat di luar rumah, dan ini meningkatkan risiko penyebaran COVID-19 lebih lanjut, menurut Chief Transport Officer Gojek, Raditya Wibowo.

“Untuk itu, selama kurang lebih empat bulan terakhir, kami terus mengoptimalkan program vaksinasi untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan mitra pengemudi dan pelanggan Gojek kami di jalan,” kata Wibowo.

Perusahaan juga telah meluncurkan fitur dalam aplikasinya yang memungkinkan penumpang untuk memeriksa status vaksinasi mitra pengemudi yang ditunjuk. Fitur ini tersedia di versi terbaru aplikasi, katanya.

Gojek terus bekerja sama dengan beberapa pihak, antara lain Halodoc, pemerintah pusat dan daerah, serta otoritas terkait lainnya untuk mempercepat vaksinasi seluruh mitra di Indonesia, tambahnya.

Sementara itu, Direktur Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani memuji langkah yang dilakukan Gojek dan menjuluki program vaksinasi yang telah menjangkau 29 wilayah dalam kurun waktu kurang dari empat bulan sebagai “prestasi luar biasa”.

“Saya optimis jika semua pelaku lintas sektor berkontribusi untuk mempercepat program vaksinasi pemerintah, seperti yang telah dilakukan Gojek, kita akan segera pulih dari pandemi COVID-19,” ujarnya.

Menurut Direktur Pusat Kebijakan dan Manajemen Publik Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung, Yudo Anggoro, program vaksinasi menjadi fokus banyak pihak karena tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan masyarakat, tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang perlu melakukan aktivitas di luar rumah rasa aman yang lebih besar.

“Khususnya di sektor transportasi, kami menemukan bahwa faktor pemicu rasa aman masyarakat ketika harus bepergian adalah status vaksinasi pengemudi transportasi. Hal ini tentunya merupakan hasil dari upaya bersama antara pemerintah dan pihak swasta (pemain), seperti Gojek, yang terus memperluas program vaksinasi sesuai bidang dan industri masing-masing,” ujarnya. (INF)

Berita Terkait: Pemerintah jamin vaksin COVID-19 gratis untuk semua

Berita Terkait: 31 juta dosis vaksin COVID-19 diberikan di Indonesia: menteri

Continue Reading

INDONESIA

Wapres Minta Menkeu Konsolidasi Dana Pembangunan Papua

Wapres Minta Menkeu Konsolidasi Dana Pembangunan Papua


Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk segera memperkuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna mempercepat pembangunan di Provinsi Papua.Amin telah memanggil Indrawati ke rumah dinasnya di Jakarta untuk membahas anggaran, kata Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi di Jakarta, Kamis.

“Dana pembangunan Papua ada di berbagai kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian. Itu yang harus kita konsolidasikan. Dalam konteks konsolidasi, wakil presiden memanggil menteri keuangan,” tambahnya.

Dia mengatakan, Amin sedang mengupayakan agar proses pembangunan di Papua segera dimulai, oleh karena itu mendesak Presiden Joko Widodo untuk menggelar rapat terbatas guna membahas hal tersebut.

“Dalam waktu dekat, akhir Juni atau awal Juli, Wapres sudah mengusulkan rapat terbatas kepada Presiden untuk memantapkan dan mempercepat pembangunan di Papua dengan menggunakan dana APBN,” kata Baidlowi.

Amin sebelumnya telah memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD, untuk membahas kondisi keamanan di Papua.

Dalam pertemuan tersebut, dia menekankan perlunya memperbaiki situasi keamanan di Papua agar percepatan pembangunan di wilayah tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Wapres juga menyampaikan kepada menteri bahwa program peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua perlu dipercepat tanpa ditunda-tunda. (IN)
Berita Terkait: Pemerintah bersandar pada agenda pembangunan untuk mendorong otonomi Papua
Berita Terkait: Wapres cari cetak biru baru pembangunan Papua, Papua Barat

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close