Business is booming.

Honda Jazz Besutan Rizal Sungkar, Makin Kencang pakai Ohlins – Berita Otomotif


JAKARTA – Honda Jazz GK5 mampu mencatat waktu lebih cepat 1 detik dengan menggunakan suspensi Ohlins.

Rizal Sungkar yang menggunakan suspensi Ohlins DFV (Dual Flow Valve) pada Honda Jazz GK5 miliknya, mampu menyusutkan catatan waktunya di ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport) ISSOM. Hasil ini didapatkan tanpa ubahan di sektor mesin.

“Hasilnya memang lebih rigid dan bisa poll-poll-an di tikungan, serta berkat adjusternya yang sensitif, bikin proses seting di sirkuit Sentul, Bogor bisa lebih cepat dari dugaan saya, makanya mangkas 1 detik terbilang mudah pas pakai coilover ini.” ungkap Rizal Sungkar, Pembalap dari tim Banteng Motorsport.

Suspensi Ohlins jenis coilover yang digunakan oleh Rizal, memiliki berbagai teknologi terkini di dalamnya. Alat peredam kejut buatan Swedia tersebut memiliki banyak pengaturan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembalap akan kendaraan yang digunakannya.

“Suspensi ini memiliki beberapa pengaturan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Suspensi ini memiliki karakteristik yang sama pada rebound dan kompresinya. Sehingga alur oli pada damper secara konsisten mengalir di kedua arah. Ini membuat kinerja oli lebih efisien,” ucap Eddy Saputra, Direktur PT Sena Autoparts selaku distributor resmi sok Ohlins di Indonesia.

Menurutnya tingkat ketahanan oli di dalam tabung shock, mampu bertahan hingga tingkat kepanasan 40 derajat. Hasilnya mobil yang menggunakan suspensi tersebut akan tetap stabil, meskipun digunakan balapan puluhan putaran sekalipun.
Suspensi Ohlins DFV

Teknologi pada coilover Ohlins DFV ini juga dapat menyerap guncangan dan memberikan grip yang maksimal, serta traksi roda yang jauh lebih baik jika dibandingan dengan suspensi lain sekelasnya. Berkat teknologi DFV, mobil harian sekalipun akan langsung siap diajak terjun di lintasan balap atau sirkuit.

Rizal mengakui bahwa suspensi Ohlins tipe DFV ini sebelumnya telah digunakan pada Mitsubishi Lancer Evolution X miliknya. Mobil harian milik adik kandung Rifat Sungkar ini tetap nyaman menggunakan coilover Ohlins DFV.

“Buat harian efek bodi roll hilang saat nikung. Selain itu bantingannya juga empuk banget ketika ketemu gelombang atau jalan berlubang. Ini berkat preload yang bisa diatur lebih lembut,” tuturnya kemudian.

Ohlins DFV untuk Honda Jazz GK5 dipasarkan dengan harga Rp 45 juta, belum termasuk ongkos pasang. Konsumen yang membeli suspensi tersebut, akan mendapatkan garansi produk selama 3 tahun. Lebih menyenangkan lagi karena pihak Ohlins Indonesia bersedia untuk memberikan layanan seting gratis untuk penggunaan harian hingga sirkuit. [Dew/Ari]