Business is booming.

Honda Harap Rencana Peluncuran Mobil Baru pada 2021 Lancar – Berita Otomotif


JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) berharap situasi pandemi virus Corona (Covid-19) dan pasar otomotif Indonesia pada 2021 sudah cukup kondusif untuk melakukan peluncuran mobil baru sesuai rencana. Sayangnya, mereka belum bisa memberikan bocoran sedikit pun mengenai itu.

Honda pada 2020 nyaris vakum merilis produk baru, gara – gara pasar diobrak – abrik pandemi Corona. Pabrikan asal Jepang ini hanya memperkenalkan Civic hatchback turbo minor change pada Februari—satu bulan sebelum pemerintah mengumumkan virus Corona masuk Indonesia.


Pasar mobil secara keseluruhan pada Januari – Oktober 2020, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sampai terjun bebas 50,7 persen year on year secara wholesales (distribusi pabrik ke dealer), menjadi 421.089 unit. Sementara, secara retail (dealer ke konsumen), volume drop 46,7 persen year on year menjadi 453.525 unit.

Gaikindo sampai 2 kali merevisi target penjualan mobil 2020. Revisi terakhir adalah 525 ribu unit, turun separuh dari capaian 2019 sebanyak 1,030 juta unit.

Dengan situasi yang ada, Honda masih benar – benar belum bisa memberi sedikit pun petunjuk mengenai rencana peluncuran produk pada 2021. Mereka mengaku akan melihat dari kondisi pasar.


“Mengenai peluncuran, kami selalu melihat dari kondisi pasar. Kondisi pasar bagaimana dan kebutuhan konsumen itu untuk model apa, sih, dengan pasar yang sekarang lagi seperti ini,” tukas ucap Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. HPM menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual pada awal pekan ini.

Dia berharap tren positif pertumbuhan pasar sejak Juni hingga Oktober 2020 terus berlanjut di 2021. Dengan demikian, rencana bisnis mereka bisa berjalan sesuai jadwal, termasuk untuk peluncuran produk.

“Kami lihat pertumbuhan per bulan cenderung positif dan semoga bisa bertahan terus sehingga rencana bisnis kami bisa berjalan sesuai jadwal,” pungkas dia.

Pasar Mobil 2021

Honda, menurut Billy, mengaku belum bisa merilis proyeksi pasar mobil nasional 2021. Mereka akan melakukan studi bersama para anggota Gaikindo terlebih dahulu.

Ia hanya mengatakan pasar hingga saat ini belum stabil. Honda, lanjut Billy, fokus setiap saat melihat situasi pasar seperti apa.

“(Honda) monitor setiap saat saja. Apa yang dibutuhkan oleh konsumen, kami mengikuti terus. Termasuk untuk program – program penjualan yang dibutuhkan. Kami mengikuti terus,” tandasnya. [Xan/Ari]