Connect with us

HEADLINE

Hanya Ada Satu, Ini dia 4 Jurusan Kuliah yang Langka di Indonesia

Hanya Ada Satu, Ini dia 4 Jurusan Kuliah yang Langka di Indonesia

[ad_1]

Penulis: Ega Krisnawati

Sebagai mahasiswa baru, tentunya Kawan memiliki kekhawatiran untuk memilih jurusan kuliah. Tidak jarang, Kawan ingin masuk ke sebuah universitas negeri bergengsi. Beragam ujian masuk universitas pun Kawan tempuh agar bisa masuk ke kampus impian.

Akan tetapi, kadang kala jurusan yang diinginkan cenderung menjadi target mahasiswa lainnya juga. Sehingga, saingan masuk ke jurusan yang diinginkan menjadi lebih besar. Meski begitu, Kawan tidak perlu khawatir lagi.

Namun, coba sesekali Kawan melihat lebih dalam ke diri Kawan. Apakah jurusan yang Kawan pilih memang sesuai dengan minat Kawan atau hanya sekadar ikut-ikutan saja? Maka dari itu, penting bagi Kawan sebelum memasuki dunia perkuliahan untuk tahu jurusan mana yang akan Kawan pilih.

Jangan sampai, nantinya Kawan malah merasa ‘salah jurusan’ dan merasa ‘terjebak’ dengan jurusan pilihan Kawan. Untuk itu, coba Kawan simak beberapa jurusan berikut yang mungkin sesuai dengan minat Kawan.

Walaupun eksistensi jurusan-jurusan ini termasuk jarang ditemui, tetapi hal itu justru membuat potensi kariernya lebih cemerlang. Lantas, apa saja jurusan-jurusan tersebut? Simak daftarnya berikut.

Menilik Tantangan dan Masa Depan Pendidikan Berbasis Teknologi di Indonesia
College | Foto: Unsplash

info gambar

1. Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Tertarik dengan bidang kuliner? Tak harus menjadi chef, Kawan juga bisa bergelut di bidang kuliner dengan masuk ke jurusan Manajemen Industri Katering yang hanya ada di UPI.

Program studi Manajemen Industri Katering merupakan salah satu bagian dari jurusan Pariwisata, tapi prodi ini berfokus pada bidang kuliner. Pada prodi Manajemen Industri Katering, Kawan akan diajarkan pengetahuan dasar bidang kuliner lokal, nasional, dan internasional, manajemen operasional usaha kuliner, perencanaan, pengelolaan, hingga pemasarannya.

Saat ini, prodi Manajemen Studi Katering adalah yang pertama dan satu-satunya dalam jenjang Strata I (S-1) di Indonesia. Meski baru jenjang S-1, tapi dalam kegiatan perkuliahannya Kawan juga akan melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium kitchen, disertai dengan praktik kerja lapangan yang dilaksanakan di hotel-hotel berbintang. Asik, ya, Kawan!

Tak Ada di Negara Lain, Inilah Jurusan Kuliah Unik dan Langka di Indonesia

2. Rekayasa Nanoteknologi – Universitas Airlangga (UNAIR)

Seperti namanya, Rekayasa Nanoteknologi mempelajari tentang materi berukuran nano atau sangat kecil. Kemudian, materi kecil ini akan dimanipulasi hingga tercipta suatu benda baru dengan karakteristik yang sesuai dengan keinginan.

Sebagaimana yang dilansir dari laman Ruangguru, salah satu contoh produk nanoteknologi adalah pakaian berserat khusus dan membuat pemakainya bisa tetap hangat pada musim dingin. Seorang visiting fellow, Dr. Che Azurahanim dari Universiti Putra Malaysia turut berkontribusi dalam menyusun kurikulum di program studi ini. Apakah Kawan tertarik untuk mempelajari ilmu ini?

3. Sains Atmosfer dan Keplanetan – Institut Teknologi Sumatra (ITERA)

Dilansir dari laman Rencanamu, program studi Sains Atmosfir dan Keplanetan adalah sebuah program studi yang memiliki fokus kajian pada bidang ilmu sains atmosfir dan astrofisika. Prodi Sains Atmosfir mengkaji atmosfir antariksa dekat dan mempelajari perilaku atmosfir terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi.

Selain itu, program studi ini juga mengkaji tentang atmosfir antariksa jauh. Antariksa jauh adalah materi tentang interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan planet-planet lainnya dalam sistem Tata Surya. Wah! Menarik, ya, Kawan?

Masih Langka, 5 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

4. Teknik Transportasi Laut – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Maka dari itu, pengelolaan dan pemanfaatan laut Indonesia sangat penting untuk dipelajari. Adapun Program studi Transportasi Laut adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan dan analisa angkutan laut. Teknik analisis itu terdiri dari multimoda, kegiatan dan infrastruktur pelabuhan, dan desain konseptual kapal yang berorientasi internasional.

Selain itu, Pendidikan Transportasi Laut bersifat multidisipliner dan mencakup bebapa ilmu. Ilmu tersebut adalah teknik perkapalan, kepelabuhanan, ekonomi, logistik, informatika, dan matematika.

Di Teknik Transportasi Laut ITS, Kawan akan mempelajari tiga fokus utama, yaitu Angkutan Laut (Pelayaran), Kepelabuhanan dan Infrastruktur, dan Logistik Maritim. Transportasi laut penting dipelajari, karena masyarakat Indonesia perlu menyiapkan perjalanan yang aman sebagai penghubung antarpulau.

Nah, itulah empat jurusan yang langka di perguruan tinggi Indonesia. Apakah Kawan tertarik untuk mengambil salah satunya sebagai program studi?*

Referensi: Rencanamu |Kumparan | Ruangguru



[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

HEADLINE

BuzzFeed Go Public dan Mengakuisisi Complex Networks

BuzzFeed Go Public dan Mengakuisisi Complex Networks
Seorang peserta mengisi formulir kontak untuk pekerjaan dengan Buzzfeed Inc. selama pameran karir TechFair LA di Los Angeles, California, AS, pada Kamis, 8 Maret 2018. Departemen Tenaga Kerja AS dijadwalkan untuk merilis klaim pengangguran awal pada 15 Maret Fotografer: Patrick T. Fallon/Bloomberg via Getty Images

BuzzFeed, perusahaan media digital berusia 15 tahun yang terkenal dengan daftar, kuis, dan jurnalisme pemenang Hadiah Pulitzernya, Kamis mengumumkan bahwa mereka berencana untuk go public dengan perkiraan valuasi $1,5 miliar. Ini adalah masalah besar di dunia media, tetapi masih agak antiklimaks dibandingkan dengan hype di sekitar BuzzFeed beberapa tahun yang lalu.

Perusahaan ini akan go public melalui merger dengan 890 Fifth Avenue Partners, sebuah perusahaan akuisisi tujuan khusus yang diperdagangkan secara publik, atau SPAC. Sebagai bagian dari langkah tersebut, BuzzFeed juga mengakuisisi Complex Networks, sebuah perusahaan media yang dijalankan sebagai usaha patungan Verizon dan Hearst dan termasuk waralaba populer “Hot Ones,” untuk memperluas portofolio mereknya.

Akuisisi besar terakhir BuzzFeed, di mana ia membeli HuffPost dari Verizon ( VZ ) ditutup pada bulan Februari. Kesepakatan SPAC ini diperkirakan akan selesai pada kuartal keempat tahun 2021.

“BuzzFeed sekarang adalah pemimpin yang tak terbantahkan untuk generasi media berikutnya. Kami telah membangun deretan merek penting, dicintai oleh audiens yang paling beragam, terlibat, dan setia di Internet,” kata CEO BuzzFeed Jonah Peretti dalam sebuah pernyataan.

“Dengan pengumuman hari ini, kami mengambil langkah berikutnya dalam evolusi BuzzFeed, membawa modal dan pengalaman tambahan ke bisnis kami.”

Peretti mendirikan BuzzFeed pada tahun 2006. Merek ini dengan cepat mendapat perhatian karena kemampuannya untuk membuat konten viral dengan daftar dan kuis populer. Kemudian diperluas untuk membuat video dan berinvestasi dalam liputan berita keras. Awal bulan ini, BuzzFeed News menerima Hadiah Pulitzer pertamanya , salah satu penghargaan paling bergengsi dalam jurnalisme Amerika.

Seperti banyak perusahaan media digital lainnya, BuzzFeed tumbuh melalui pendanaan modal ventura. Pada tahun 2016, NBCUniversal menginvestasikan $200 juta di BuzzFeed dengan penilaian $1,7 miliar.

Namun di tahun-tahun berikutnya, BuzzFeed berjuang secara finansial untuk menutup biaya karena industri media menjadi semakin kompetitif dan platform digital seperti Facebook ( FB ) dan Google ( GOOG ) mengambil lebih banyak dolar iklan. Divisi beritanya juga mahal dan tidak menguntungkan.

Selama setahun terakhir, SPAC telah menjadi pilihan yang lebih populer bagi perusahaan untuk go public daripada melalui perusahaan publik awal tradisional. Perusahaan media digital Group Nine membuat SPAC awal tahun ini. Vice Media, Vox Media dan BDG juga telah membahas opsi tersebut, CNBC melaporkan.

Sources Link

Continue Reading

HEADLINE

Komoditas Indonesia yang Paling Banyak di Ekspor Sepanjang 2020 | Good News From Indonesia

Komoditas Indonesia yang Paling Banyak di Ekspor Sepanjang 2020 | Good News From Indonesia

[ad_1]

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat total nilai ekspor Indonesia sepanjang tahun 2020 sebesar 163,31 miliar dolar AS atau setara dengan Rp2.286 triliun (kurs Rp14.000).

Realisasi ini turun 2,61 persen dari tahun 2019 yang tercatat 167,68 miliar dolar AS.

Lemak dan minyak hewan/nabati serta Bahan bakar mineral menjadi komoditas Indonesia dengan nilai terbesar yakni 20,72 miliar dolar AS dan 17,26 miliar dolar AS.

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading

HEADLINE

Merek Coklat Terfavorit Bagi Remaja di Indonesia | Good News From Indonesia

Merek Coklat Terfavorit Bagi Remaja di Indonesia | Good News From Indonesia

[ad_1]

Laporan Top Brand Index 2021 kategori Top Brand Gen Z menunjukkan, SilverQueen menjadi merek cokelat batangan paling favorit bagi remaja di Indonesia. Merek coklat yang bermula dari Garut ini berhasil mencatat Skor Tob Brand Index (TBI) sebesar 56,2 persen.

Di posisi kedua ada Cadbury dengan skor TBI sebesar 17,9 persen. Lalu Delfi di posisi ketigan dengan skor 10,66 persen. Terakhir, Tablorone di posisi empat dengan skor TBI 6 persen.

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close