Connect with us

TRAVEL

Gunung Terindah dengan Kisah Misteri yang Menakutkan

Gunung Terindah dengan Kisah Misteri yang Menakutkan


Berada dalam ring of fire, Indonesia jadi surganya wisata pegunungan. Ada banyak gunung terindah yang bisa ditemukan di tanah air. Banyak pendaki dari luar negeri sengaja datang ke Indonesia untuk menaklukkan dan melihat sendiri keindahan gunung tersebut.

Setiap gunung biasanya punya kisah mistisnya sendiri. Begitu pula dengan gunung-gunung terindah ini. Ada banyak mitos yang membuat pendaki keder untuk menjelajahinya. Tapi, justru inilah yang membuat gunung ini jadi menarik untuk dikunjungi.

7 gunung terindah yang menyimpan kisah misteri

Deretan gunung terindah ini jangan sampai kamu lewatkan. Kisah misterinya juga akan membuat petualanganmu semakin seru. Dengan bekal yang cukup, kamu akan merasakan pengalaman yang luar biasa.

1.

Gunung Rinjani, tempat bersemayamnya Dewi Anjani

gunung-terindah

Berada di daerah Lombok | www.instagram.com

Gunung terindah di Nusa Tenggara Barat ini dinobatkan sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Keindahannya sudah dikenal oleh pendaki di seluruh dunia. Banyak yang mampir ke gunung ini untuk melihat keindahan tersebut secara langsung.

Masyarakat sekitar percaya bahwa gunung ini adalah tempat persemayaman jin penguasa daerah tersebut bernama Dewi Rinjani. Di puncaknya, ada istana jin tak kasat mata yang tampak di saat-saat tertentu saja.

2.

Gunung Semeru yang punya kisah mistis

gunung-terindah

Puncak Mahameru | www.instagram.com

Berkat film 5 Cm, Gunung Semeru terutama Puncak Mahamerunya jadi dikenal oleh banyak orang. Salah satu gunung terindah di Indonesia sekaligus tertinggi di Pulau Jawa ini punya pemandangan alam yang indah khas gunung berapi.

Ada banyak kisah misteri yang sering didengar oleh para pendaki. Salah satu yang cukup populer adalah mitos patung di Arcopodo. Di kawasan ini, ada dua patung prajurit Majapahit yang katanya hanya bisa dilihat oleh orang yang punya mata batin.

3.

Gunung Kelimutu dengan telaga warna di atas puncaknya

gunung-terindah

Ada telaga di puncaknya | www.instagram.com

Gunung terindah lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur. Di puncaknya, kamu akan disuguhkan pemandangan kawah yang katanya bisa berubah-ubah warnanya. Tak heran kalau gunung ini dapat penghargaan sebagau gunung terindah di Indonesia.

Selain indah, gunung ini juga menyimpan kisah misteri yaitu adanya burung penjaga arwah di sekitar kawah. Katanya, menjelang acara tertentu, burung misterius ini muncul dengan suara yang nyaring dari pagi hingga tepat sesaat sebelum upacara tersebut dilakukan.

Baca juga: Aplikasi Pendaki Gunung yang Wajib Diunduh Anak Pecinta Alam

4.

Gunung Bromo dan kisah istana gaib tingkat 18

gunung-terindah

Naik gunung pakai mobil | www.instagram.com

Gunung Bromo jadi salah satu gunung terindah di Jawa yang sering dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara. Berada di ketinggan 2.329 mdpl, gunung ini punya pemandangan indah yang sering dijadikan tempat selfie.

Di balik keindahannya, gunung ini punya kisah mistis tentang tempat persembunyian benda pusaka milik para dewa yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Selain itu, di sekitar gunung ini juga dipercaya ada istana gaib yang tingginya mencapai 18 tingkat.

5.

Gunung Prau, spot terbaik di Asia Tenggara untuk dapat golden sunrise

gunung-terindah

Tempat melihat golden sunrise | www.instagram.com

Tempat berburu sunrise yang paling sering dikunjungi turis dan jadi favorit banyak orang adalah Gunung Prau. Dari puncak salah satu gunung di Pulau Jawa ini, kamu bisa melihat golden sunrise yang indah. Nggak kalah dari pemandangan puncak gunung lainnya seperti Gunung Merbabu, Merapi, Slamet, Sumbing, dan Sindoro.

Bahkan sejak 2014, Gunung Prau jadi spot terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit terbaik di Asia Tenggara. Gunung ini menyimpan kisah yang cukup menyeramkan. Bentuknya menyerupai pocong, membuatnya disebut sebagai gunung mayit. Mitos tempat persemayaman para dewa juga akan kamu dapati.

6.

Gunung Kerinci dengan mitos orang kerdil yang populer

gunung-terindah

Gunung tertinggi di Indonesia | www.instagram.com

Di daerah Sumatera, tepatnya di Jambi, terdapat gunung terindah yang akan membuatmu takjub dengan pemandangan alamnya. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini punya jalur pendakian yang cukup sulit dan juga menantang dengan kemiringan hingga 60 derajat.

Di sini, terdapat mitos tentang penampakan orang pendek (Uhang Pandak) dan orang dengan kaki terbalik yang sudah beredar sejak puluhan tahun lalu. Meski belum ada yang mengkonfirmasi kebenarannya, masyarakat sekitar percaya dengan keberadaan makhluk aneh ini.

Baca juga: Sejarah dan Misteri Gunung Anak Krakatau Ini Bisa Bikin Bulu Kuduk Berdiri

7.

Puncak Jayawijaya yang diselimuti salju abadi

gunung-terindah

Diselimuti salju | www.instagram.com

Gunung tertinggi di kawasan Indonesia, Oceania, dan Benua Australia ini keindahannya sudah terkenal di dunia internasional. Puncaknya yang selalu tertutup salju membuat Gunung Cartenz dinobatkan sabagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1999.

Dengan tinggi yang mencapai 4.884 mdpl, biaya pendakiannya cukup mahal sekitar Rp25 jutaan. Konon, dulunya Puncak Jayawijaya adalah dasar lautan karena banyak ditemukan fosil laut dan rumah kerang di puncak gunung.

Artikel Lainnya





Source link

Advertisement
Click to comment

TRAVEL

Jembatan Kaca di Indonesia yang Bisa Memacu Adrenalin

Jembatan Kaca di Indonesia yang Bisa Memacu Adrenalin


Nggak cuma di Tiongkok, wisata jembatan kaca di Indonesia juga nggak kalah bagus. Belakangan, tempat wisata ini jadi incaran para wisatawan. Mereka penasaran dan ingin mencoba merasakan sensasi berjalan di atas kaca.

Saat berada di atas jembatan ini, kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan di bagian bawahnya. Ada sensasi tersendiri yang bikin adrenalin meningkat. Tak heran kalau banyak anak muda bernyali tinggi datang ke sini saat liburan tiba.

6 wisata jembatan kaca di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan

Penasaran dengan keindahan wisata jembatan kaca di Indonesia ini? Kamu bisa mampir ke salah satu tempat wisata yang memiliki jembatan kaca di Indonesia. Dengan nuansa yang berbeda, kamu akan merasa berjalan di udara dengan pemandangan yang bikin deg degan.

1.

Skywalk Trans Luxury Hotel, Bandung menyuguhkan pemandangan dari ketinggian yang menegangkan

jembatan kaca di indonesia

Di dalam The Trans Luxury Hotel | www.instagram.com

Di Bandung, ada jembatan kaca yang bisa bikin gemetaran saat berada di atasnya. Bentuknya sebenarnya nggak benar-benar jembatan, melainkan sebuah balkon khusus bernama Skywalk. Trans Luxury Hotel menyediakan spot khusus yang lantainya terbuat dari kaca transparan.

Balkon kaca ini berada di lantai 18. Di atas balkonnya, kamu bisa melihat pemandangan gedung atas secara langsung. Karena lantainya transparan, para pengunjung bisa merasakan sensasi berjalan di atas udara. Bayangkan saja bagaimana rasanya saat berada di atas, antara excited sekaligus deg-degan, ‘kan.

Meski terbuat dari kaca, kamu nggak perlu khawatir, kacanya terbuat dari bahan khusus yang kuat dan tidak mudah rapuh. Kamu bisa mengunjungi hotel ini untuk sekadar makan di restoran atau sekaligus menginap di sana sekaligus mampir ke lantai 18 dan melewati skywalk-nya.

2.

Jembatan kaca di Pantai Nguluran, Gunungkidul yang lagi hits

jembatan kaca di indonesia

Di bawahnya langsung lautan | www.instagram.com

Salah satu wisata jembatan kaca di Jogja yang sedang hits belakangan ini berada di daerah Gunungkidul. Jika selama ini turis ke pantai di Gunungkidul hanya untuk melihat pemandangan atau bermain pasir, kini ada tempat wisata baru yang bikin penasaran.

Tepatnya berada di Pantai Nguluran, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, ada jembatan kaca yang berada di atas laut. Saat berjalan di sana, kamu akan merasakan sensasi berada di atas laut.

Jembatan kaca Gunungkidul ini mirip dengan yang ada di daerah Tiongkok. Bedanya ada pada pemandangan di bagian bawahnya. Ombaknya yang cukup ganas bikin adrenalin terpacu saat air bertemu dengan batu karang. Buat yang nggak punya nyali, pasti berdiri di atas kaca terasa sangat menakutkan.

Menurut informasi yang beredar, jembatan ini sebenarnya milik pribadi. Sehingga, ada kemungkinan tidak akan dibuka untuk umum. Kamu yang ingin mengambil foto instagenic di jembatan ini, lebih baik segera ke Pantai Nguluran sebelum ditutup.

3.

Jembatan Kaca Ngalam, Malang yang penuh warna

jembatan kaca di indonesia

Di kampung warna-warni | www.instagram.com

Sebelum ada yang lainnya, jembatan kaca di Malang ini diklaim sebagai yang pertama di indonesia. Diresmikan Oktober 2017 lalu oleh walikota Mock Anton, jembatan ini jadi daya tarik tersendiri saat berada di Malang.

Selain sebagai wahana wisata, wisata jembatan kaca di Indonesia ini juga menjadi penghubung antara Kampung Tridi dan Kampung Warna-warni yang sudah populer terlebih dahulu. Bentuknya nggak terlalu lebar, hanya 1,25 meter dengan panjang mencapai 20 meter.

Jembatan ini terletak 9,5 meter di atas Sungai Brantas. Kalau melihat ke bawah, kamu bisa merasakan sensasi yang bikin adrenalin meningkat, apalagi saat arus sungai sedang deras-derasnya. Meski begitu, jembatan ini cukup aman untuk dilewati karena konstruksinya kokoh. Sebagian strukturnya ditopang oleh besi dan kaca hanya dipasang di bagian tengahnya saja.

Baca juga: Jembatan Kaca Terpanjang di China yang Bikin Merinding

4.

Jembatan Kaca Berendeng, Tangerang jadi primadona wisata baru

jembatan kaca di indonesia

Jembatannya indah | www.instagram.com

Nggak jauh dari Ibukota, ada jembatan kaca Jakarta yang jadi primadona wisata baru di Tangerang. Namanya Jembatan Kaca Berendeng dan sudah diresmikan sejak 4 Februari 2018 lalu. Jembatan ini menghubungan wilayah Tangerang Timur dan Barat.

Permukaannya yang terbuat dari kaca transparan membuat pengunjung bisa melihat aliran sungai Cisadane dengan jelas. Meski jembatan ini membentang sepanjang 120 meter, tapi tidak semuanya dilapisi kaca. Hanya beberapa spot yang permukaannya terbuat dari kaca bening.

Kamu yang ingin mengambil foto di sini, harus bergantian karena jembatan kacanya tidak kuat menopang banyak orang. Lebih baik datang saat suasana sedang sepi agar bisa puas mengambil foto dari berbagai sudut tertentu.

5.

Jembatan kaca di Toraja yang bentuknya mirip dengan di China

jembatan kaca di indonesia

Jadi satu dengan tempat wisata lainnya | www.instagram.com

Wisata jembatan kaca terpanjang di Indonesia ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Dengan panjang mencapai 90 meter, jembatan kaca ini mirip banget dengan jembatan di Tiongkok. Seluruh bagiannya terbuat dari kaca dan bisa dilewati oleh pengunjung.

Lokasinya jadi satu dengan Objek Wisata Religi Patung Yesus Buntu Burake, Tana Toraja. Kamu bisa sekalian menjelajahi tempat wisata reliji yang cukup populer di Sulawesi Selatan ini. Sambil berjalan di atas jembatan, kamu bisa sekalian menyaksikan pemandangan patung yang berada di sana.

Jembatan ini memang cukup panjang, tapi kamu nggak perlu khawatir karena kacanya sudah standar SNI. Bahannya terbuat dari tempered glass yang tahan panas dan memiliki kekuatan lebih tinggi dari kaca biasa. Kekuatan kaca ini bisa menahan beban angin, tekanan air, benturan, dan perubahan suhu tinggi.

Saat berjalan di atasnya kamu nggak perlu khawatir akan pecah dan jatuh. Karena kaca ini sudah dipastikan aman untuk dilewati oleh orang banyak.

6.

Jembatan Kaca Caping Park di Baturaden juga menyuguhkan sensasi luar biasa

jembatan kaca di indonesia

Ada di jawa Tengah | www.instagram.com

Untuk menikmati sensasi berjalan di atas jembatan kaca, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Di Jawa Tengah tepatnya di Baturaden, ada jembatan kaca yang sangat instagenic. Jembatan ini berada di area wisata Caping Park, Banyumas, Jawa Tengah.

Jembatan ini bernama The Edge yang panjangnya mencapai 17 meter. Bahannya terbuat dari kaca laminated decorative glass, jadi sudah terbukti aman jika dipijak oleh orang dewasa. Meski begitu kamu nggak boleh menggunakan sepatu bersol tebal untuk menjaga agar tetap aman.

Dari atas jembatan, kamu bisa melihat pemandangan Kota Purwokerto bagian selatan yang indah. Meski agak merinding karena berasa melayang di udara, tapi sensasi berada di atasnya akan membuat pengalaman tersendiri.

Baca juga: Jembatan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Coba?

Artikel Lainnya





Source link

Continue Reading

TRAVEL

Roller Coaster Paling Ekstrem di Seluruh Dunia

Roller Coaster Paling Ekstrem di Seluruh Dunia


Taman bermain bisa jadi pilihan spot wisata yang menarik. Di dalamnya ada banyak wahana seru yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah roller coaster. Wahana yang satu ini cocok banget untuk kamu yang suka tantangan karena punya lintasan ekstrem yang dibangun di atas ketinggian puluhan meter.

Meski terkesan menyeramkan, roller coaster tetap menjadi favorit banyak orang. Antreannya pun selalu ramai. Wahana roller coaster juga ada di banyak amusement park dan tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Roller coaster terekstrem di dunia yang wajib dicoba

Dari penjuru dunia, berikut ini adalah daftar roller coaster dengan lintasan ekstrem. Memiliki lintasan dan ketinggian yang berbeda, pasti bakal bikin penyuka tantangan jadi happy sekaligus deg-degan.

1.

Mako, roller coaster tertinggi, tercepat, dan terpanjang di Florida

roller coaster ekstrem di dunia

Punya bentuk kereta seperti ikan hiu | www.tripsavvy.com

Sesuai namanya, roller coaster ekstrem ini punya kereta berbentuk seperti ikan hiu Mako. Wahana ini berlokasi di dalam SeaWorld Orlando, Florida. Mako dibangun di atas ketinggian 200 kaki dengan kecepatan 117 kilometer per jam.

Setelah resmi dibuka untuk umum sejak 10 Juni 2016, Mako mendapat banyak respon positif dari para pengunjungnya. Bahkan pernah dilabeli sebagai roller coaster terbaik ketiga versi Amusement Today.

2.

Valkyria yang berkecepatan 105 kilometer per jam!

roller coaster ekstrem di dunia

Dibuka untuk umum pada tahun 2018 | www.liseberg.com

Roller coaster yang satu ini ada di Swedia dan dibangun oleh perusahaan bernama Bolliger & Mabillard. Setelah dibuka pada 10 Agustus 2018, wahana ini menjadi roller coaster terpanjang dan tertinggi di Eropa.

Valkyria melaju di atas lintasan berliku dengan kecepatan 105 kilometer per jam. Kapasitas penumpangnya juga cukup banyak, yaitu 1.100 orang per jamnya.

3.

Takabisha yang punya lintasan turunan super curam

roller coaster ekstrem di dunia

Punya lintasan curam yang bikin merinding | www.tripzilla.com

Takabisha adalah salah satu roller coaster terbaik yang ada di kawasan Asia. Wahana ini dibangun di Taman Fuji-Q Highland, Jepang. Penumpang yang ingin naik Takabisha harus berusia 10-60 tahun dan memiliki tinggi minimal 130 cm.

Keunggulan dari roller coaster ekstrem ini adalah lintasan turunan yang menukik sampai 121 derajat. Apabila menaiki Takabisha, tubuh kamu akan dibuat terombang-ambing selama 112 detik. Hal itu yang membuat Takabisha menjadi roller coaster paling curam di dunia. Setelah dibuka pada 16 Juli 2011, Takabisha juga berhasil masuk dalam Guinness World Record.

Baca juga: Rekomendasi Taman Hiburan di Bandung

4.

Kingda Ka, roller coaster dengan lintasan tertinggi di dunia!

roller coaster ekstrem di dunia

Ekstrem banget! | www.sixflags.com

Kingda Ka berlokasi di Six Flags Great Adventure, New Jersey, dan menjadi roller coaster tercepat kedua di dunia. Menariknya, roller coaster ini punya bentuk lintasan seperti huruf U terbalik.

Selain itu, wahana di sini memiliki tema jungle dengan warna mencolok, yakni hijau, biru tua, oranye dan hijau. Kingda Ka sempat ditutup selama tiga bulan setelah mengalami kerusakan pada 2009. Namun, sekarang sudah bisa beroperasi lagi.

5.

Wicked Twister yang melaju cepat ke depan dan belakang

roller coaster ekstrem di dunia

Maju dan mundur dalam kecepatan tinggi | www.deviantart.com

Wicked Twister terletak di Cedar Point, Ohio. Uniknya, roller coaster yang dinaiki 1.000 orang per jam ini punya bentuk lintasan yang vertikal dan horizontal. Jadi, kereta penumpang akan melaju ke depan dan juga belakang dalam kecepatan tinggi.

Jangan khawatir, wahana ini punya sistem keamanan yang cukup lengkap dan aman. Salah satunya adalah kereta akan berhenti secara otomatis apabila suatu saat terjadi kerusakan saat sedang beroperasi.

6.

Sky Scream, wahana bertema zombie dan vampir

roller coaster ekstrem di dunia

Wahana bertema unik | www.youtube.com

Apabila kamu berencana pergi ke Jerman, jangan lupa untuk mampir ke Holiday Park dan mencoba wahana Sky Scream. Wahana yang dibuka untuk umum pada 4 Desember 2014 ini punya tingkat kecepatan hingga 100 kilometer per jam dan bertema ala zombie dan vampir!

Trek lintasan wahana ini pun tak biasa, yakni dibuat berliku dan terdapat belokan 360 derajat. Seru dan jelas bakal membuat jantungmu berdetak cepat.

Baca juga: Wahana Favorit Orang Indonesia di Hong Kong Disneyland

7.

Gravity Max yang punya lintasan miring hingga 90 derajat

roller coaster ekstrem di dunia

Punya lintasan patah dan miring | www.tripzilla.com

Satu lagi roller coaster ekstrem sekaligus seru yang ada di Asia. Tepatnya di Houli Hsiang, Taichung, Taiwan. Nama Gravity Max sudah mendunia sejak dibuka pada 2002 lalu. Roller coaster yang awalnya berwarna kuning dan biru ini dicat ulang menjadi merah dan hitam.

Hal yang membedakan Gravity Max dengan roller coaster lainnya adalah bentuk lintasan yang patah dengan kemiringan hingga 90 derajat. Sayangnya, Gravity Max sempat dikabarkan memiliki sistem keamanan yang lemah setelah insiden yang menimpa para turis. Di sisi lain, ada kabar yang menyebutkan bahwa hal itu terjadi karena cuaca buruk.

Artikel Lainnya



Source link

Continue Reading

TRAVEL

Tips Traveling Bareng Pasangan yang Hemat dan Seru Banget

Tips Traveling Bareng Pasangan yang Hemat dan Seru Banget


Tips traveling yang sudah ada memang terbukti mampu membantu seseorang lebih siap sebelum liburan. Apalagi jika kamu memutuskan bepergian dengan pasangan. Solo traveling dan liburan bareng pasangan itu nggak bisa disamakan. Koordinasi nggak bisa berjalan dengan baik, semua akan amburadul.

Menyatukan sifat cowok dan cewek juga bukan perkara mudah. Kaum Adam cenderung nggak mau ribet dalam segala hal. Sedangkan cewek, mau pergi ke luar kota sehari aja persiapannya bisa seperti liburan seminggu.

7 tips traveling hemat bareng pasangan biar lebih seru

Biar kamu dan pasangan nggak ribet saat liburan, tips traveling muah ini akan sangat membantu. Selain liburan makin seru, anggaran juga bisa dihemat sehingga pengeluaran nggak bikin kantong jebol.

1.

Tentukan tujuan liburan, jangan sampai kamu dan pasangan beda pandangan tempat wisata

tips-traveling

Biar satu arah saat berjalan | www.instagram.com

Tips traveling hemat paling utama yang harus dibicarakan bersama pasangan adalah tujuan. Jangan sampai kalian punya jawaban dan keinginan yang berbeda. Meski kotanya sama, bisa jadi kalian punya tempat wisata impian yang berbeda. Ini harus didiskusikan sebelumnya.

Misalnya saja kalian ingin ke Bali. Di sana, kalian mau ke tempat wisata yang seperti apa. Apakah lebih banyak ke pantai atau pegunungan. Karena dua destinasi ini cukup jauh, pastikan kalian satu suara dalam memilih tempat wisatanya.

2.

Buat budgeting yang jelas dan buka-bukaan soal uang

tips-traveling

Biar nggak ada salah paham | www.instagram.com

Biar nggak ada perdebatan di perjalanan atau saat sudah selesai liburan, tips traveling dengan pasangan yang harus diperhatikan adalah budgeting. Anggaran harus dibicarakan dengan gamblang karena bisa berpengaruh pada tujuan dan kualitas liburan.

Kalau kamu dan pasangan sama-sama punya uang Rp750 ribu, total sudah terkumpul Rp1,5 juta. Dengan uang sebanyak itu, langsung pisahkan untuk biaya transport, penginapan, makan, dan printilan lainnya. Jika digabungkan dan dihitung, jatuhnya akan jauh lebih hemat.

3.

Buat itinenary biar kalian bisa memanfaatkan waktu dengan baik

tips-traveling

Biar jadwalnya lebih tertata | www.instagram.com

Tips traveling murah lainnya yang nggak kalah penting adalah membuat itinenary sedetail mungkin sebelum berangkat liburan. Setiap hal yang akan dilakukan bersama pasangan, harus ditulis dengan jelas dan lengkap agar liburan lebih terjadwal.

Sayang banget ‘kan kalau pergi ke suatu kota, tapi waktunya habis terbuang sia-sia hanya karena salah membuat jadwal. Sebelumnya, pilih tempat wisata yang mau dikunjungi agar bisa memperkirakan perlengkapan apa saja yang harus dibawa.

Baca juga: Tips Packing Simple buat Plesir ke Luar Negeri 

4.

Cari penginapan low budget tapi tetap nyaman, lumayan biayanya bisa dibagi dua

tips-traveling

Jika liburan ke luar kota, hal terpenting yang harus dipikirkan selain transportasi adalah penginapan. Pilih hotel yang harganya masih terjangkau dengan fasilitas lengkap. Kamu bisa memesan hostel dengan harga yang lebih miring jika ingin lebih hemat.

Jika kalian sudah menikah, tentu biaya penginapan ini akan lebih murah karena bisa dibagi dua. Jika masih pacaran bisa juga pilih penginapan yang menawarkan diskon spesial jika memesan dua sekaligus. Biasanya diskon ini bisa kamu dapatkan jika memesan di agen perjalanan online.

5.

Packing bersama agar barang bawaan bisa lebih efisien

tips-traveling

Biar lebih hemat tempat | www.instagram.com

Nggak mau ‘kan liburan justru ribet membawa koper dan tas besar dalam jumlah banyak? Maka dari itu, kamu dan pasangan sebaiknya packing barang yang bisa dipakai bersama. Pilih tas yang nggak terlalu berat tapi bisa menyimpan banyak barang.

Biar baju dan barang lainnya nggak berantakan, sisihkan barang penting seperti dompet dan handphone di tas kecil. Selama perjalanan, kamu bisa berbagai tugas siapa yang akan membawa tas tersebut agar tidak terasa memberatkan.

6.

Berbagi kuliner lezat biar bisa coba banyak makanan tapi tetap hemat

tips-traveling

Biar kenyang tapi hemat | www.instagram.com

Mau makan banyak tapi nggak mau dompet jadi kering, tips traveling murah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berbagi makanan. Kamu dan pasangan lebih baik memesan menu yang berbeda jadi bisa saling mencicipi makanan satu sama lain.

Selain itu biar semakin hemat, kamu harus memanfaatkan fasilitas sarapan di hotel agar anggaran makan nggak membludak. Kalian hanya perlu membeli makanan untuk makan siang dan malam saja dengan harga yang nggak terlalu mahal.

Baca juga: Tips Packing Simpel, Barangmu Muat di 1 Tas Saja 

7.

Pilih bus atau sewa motor agar lebih hemat

tips-traveling

Naik kendaraan umum | www.instagram.com

Sesampainya di kota tujuan, kamu bisa menyewa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil di rental. Biaya bisa kamu bagi dua sehingga liburan akan lebih bebas dan menyenangkan tanpa berat di ongkos transport.

Jika tidak ada rentalan motor, kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan umum seperti bus atau kereta agar lebih murah. Biasanya ada kartu khusus yang bisa kamu beli untuk menaiki kendaraan umum tersebut. Sebuah tips traveling hemat yang cerdas sekaligus mengurangi kemacetan, bukan?

Artikel Lainnya





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close