Connect with us

FEED

Gunung Merapi Telah Meluncurkan Guguran Lava 49 Kali

Avatar

Published

on

Gunung Merapi Telah Meluncurkan Guguran Lava 49 Kali

[ad_1]



Gunung Merapi Telah Meluncurkan Guguran Lava 49 Kali


© JPNN.COM
Gunung Merapi Telah Meluncurkan Guguran Lava 49 Kali

jpnn.com, YOGYAKARTA – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah telah meluncurkan guguran lava 49 kali ke arah barat daya selama sepekan, mulai 7-13 Mei 2021.

“Guguran lava teramati sebanyak 49 kali dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter ke arah barat daya,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin.

Selain mengarah ke barat daya, kata dia, Merapi juga tercatat dua kali memuntahkan guguran lava ke tenggara dengan jarak luncur 700 meter.

Oleh sebab itu, ia menyimpulkan aktivitas Gunung Merapi masih tinggi namun belum ada perubahan status aktivitas vulkaniknya.

“Intensitas kegempaan pada minggu ini lebih tinggi dibandingkan minggu lalu,” ujar dia.

Berdasarkan catatan BPPTKG, volume kubah lava di Gunung Merapi terus mengalami peningkatan.

Volume kubah lava yang berada di sektor barat daya berdasarkan hasil analisis foto sebesar 1.160.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan 11.500 meter kubik per hari, sedangkan analisis morfologi area puncak Merapi berdasarkan foto dari sektor tenggara pada 16 Mei terhadap 6 Mei 2021 menunjukkan perbedaan tinggi kubah tengah sebesar dua meter.

Deformasi atau perubahan bentuk tubuh Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM dan GPS pada minggu ini menunjukkan adanya laju pemendekan jarak sebesar 0,7 cm per hari.

“Tidak dilaporkan terjadi lahar maupun penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di Merapi,” kata dia. (antara/jpnn)

[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

Gelar Musda X, Peradah DKI Jakarta Siap Kolaborasi

Avatar

Published

on

Gelar Musda X, Peradah DKI Jakarta Siap Kolaborasi
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPP Peradah) DKI Jakarta periode 2018-2021 melaksanakan Lokasabha (Musyawarah Daerah) ke-X di Gedung Aula Pura Aditya Jaya Rawamangun. (23/01/2022). FILE IST PHOTO

BuzzFeed – Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPP Peradah) DKI Jakarta periode 2018-2021 melaksanakan Lokasabha (Musyawarah Daerah) ke-X. Agenda kegiatan yang mengusung tema “Estafet Kepemimpinan Dharmaning Paramarta” tersebut berlangsung di Gedung Aula Pura Aditya Jaya Rawamangun. (23/01/2022)

Sebanyak puluhan kader mengikuti agenda kegiatan yang dilaksanakan selama tiga tahun sekali tersebut bertujuan untuk menilai laporan pertanggungjawaban pengurus DPP Peradah DKI Jakarta 2018-2021 sekaligus memilih Ketua dan kepengurusan DPP Peradah DKI Jakarta untuk masa bakti 2022-2025.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain PHDI DKI Jakarta, SDHD Banjar Jakarta Raya, DPN Peradah Indonesia dan beberapa alumni Peradah DKI Jakarta. Lokasabha ke-X DPP Peradah DKI Jakarta juga secara langsung dibuka oleh Ketua Umum DPN Peradah Indonesia, I Gede Ariawan.

Dalam prosesnya, kegiatan Lokasabha ini mendapat perhatian secara khusus oleh segenap jajaran DPN Peradah Indonesia karena terjadi perpanjangan SK untuk kepengurusan DPP Peradah DKI yang berakhir tahun kemarin.

“Semula, agenda Lokasabha sudah dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2021, namun berhubung situasi dan kondisi yang belum memungkinkan maka kegiatan Lokasabha diagendakan ulang dan baru bisa terlaksana hari ini”, ujar Novri, Ketua DPP Peradah DKI Jakarta dalam sambutannya.

Selain proses pemilihan Ketua dan kepengurusan yang baru, Lokasabha Peradah DKI juga membahas beberapa program kerja serta rekomendasi yang dianggap perlu disampaikan oleh peserta Lokasabha, salah satunya adalah Peradah Festival yang memang menjadi program prioritas DPP Peradah DKI Jakarta dalam mengoptimalkan peran kepemudaan di DKI Jakarta.

Setelah melewati beberapa sidang pleno, terpilih sebagai Ketua DPP Peradah DKI Jakarta untuk masa bakti 2022-2025 adalah Made Bryan Pasek Mahararta yang berdomisili di Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur. Aktivis muda hindu yang akrab disapa Bung Ibenk ini mengusung Tricita Muda Bramarta sebagai konsep melaksanakan dharma agama dan dharma negara generasi muda hindu untuk kemajuan DKI Jakarta.

“Dengan Tricita Muda Bramarta, harapan saya Peradah DKI Jakarta akan terus melakukan inovasi dan siap berkolaborasi sebagai sarana kader melakukan pengabdian, pemberdayaan dan pelestarian terhadap nilai-nilai keagamaan bagi kalangan pemuda ditengah tantangan zaman seperti era disrupsi ini”, ujar Ibenk.

Dijelaskan lebih lanjut, program Peradah DKI Jakarta mendatang akan fokus pada peningkatkan SDM pemuda hindu namun perlu mengikuti tren saat ini seperti Peradah Preneur yang akan membuat bazar ekonomi kreatif untuk mendukung produk UMKM keumatan dan Peradah Pasraman dalam rangka melahirkan para duta remaja hindu diseluruh kota administrasi DKI Jakarta.

“Ke depan, sebagai pemuda kita perlu melakukan kolaborasi dengan beberapa instansi pemerintahan maupun organisasi kemasyarakatan lainnya termasuk banjar suka duka yang ada dibeberapa wilayah DKI Jakarta”, tutup Ibenk selaku Ketua terpilih DPP Peradah DKI Jakarta.

Continue Reading

FEED

Hadiri Asian Afrika Youth Goverment, GMNI DKI Jakarta Angkat Isu Kesetaraan

Avatar

Published

on

Hadiri Asian Afrika Youth Goverment, GMNI DKI Jakarta Angkat Isu Kesetaraan
Dari Kiri ke Kanan, Andi Aditya, Michael Silalahi, Sakhyan, Rahmat Shah, Tantan Taufiq Lubis pada Acara Asian African Youth Government (AAYG) World Congress, di Kota Bandung, 16-19 Desember 2021. FILE ISt PHOTO

BuzzFeed – Dalam rangka menjadi delegasi pada agenda Asian African Youth Government (AAYG) World Congress, di Kota Bandung, 16-19 Desember 2021, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Michael Silalahi mengatakan pentingnya kesetaraan diantara negara Asia-Afrika maupun bangsa lain yang diperjuangkan melalui pendistribusian vaksin.

Kendati demikian, menurutnya, pendistribusian vaksi dilaksanakan secara merata melalui program kerja konkret dan konsisten, khususnya di Benua Afrika masih berjuang dengan terbatasnya persediaan vaksin.

“Pemuda/i Asia dan Afrika turut andil dalam mengatasi persoalan peningkatan kesejahteraan, pemulihan ekonomi, serta pandemi Covid-19 secara global,” ungkapnya.

Acara bertemakan ‘The notion of Asian African Youth for the World’s Collaboration on Covid-19 and Beyond’ merupakan isu kontemporer yang saat ini terjadi di didunia. Salah satunya yakni soal pandemi COVID_19 secara global.

Serta keberlangsungan dan eksistensi dair Kongres Pemuda Asia dan Afrika dibahas oleh delegasi cukup dinamis dengan dialektika dan narasi dari delegasi dan formulasi berupa solusi terhadap isu sosial.

Sementara itu, Sekretaris DPD GMNI DKI Jakarta, Andi Aditya menuturkan bahwa acara tersebut, menjadi ruang sumbangsih pemikiran pemuda dan keterlibatan soal pembangunan dimulti sektor.

“Pemuda di dalam agenda tersebut sekiranya dapat memberikan pemikiran dan keterlibatan terkait berbagai macam pembangunan baik pembangunan nasional maupun mancanegara,” ungkapnya kepada BuzzFeed.

Di sisi lain, Ketua National Youth Council (NYC Indonesia) Tantan Taufiq Lubis mengatakan terpilihnya Saddam merupakan spirit baru bagi keberlanjutan organisasi pemuda asia afrika.

“Semoga keterwakilan pemuda asia afrika dapat masuk dalam struktur kepengurusan yang baru AAYG agar terwujud sinergy dan gotong royong yang lebih kuat antar pimpinan pemuda di kawasan asia afrika,” tuturnya.

“Tentunya jika ini terjadi akan semakin memudahkan koordinasi dalam implementasi program program unggulan AAYG dalam memberdayakan para pemuda asia afrika,” tutupnya.

Continue Reading

FEED

PAC GP Ansor Kecamatan Kemang Gelar Pelatihan Kepempimpinan Dasar Angkatan XII

Tia Mutiara

Published

on

PAC GP Ansor Kecamatan Kemang Gelar Pelatihan Kepempimpinan Dasar Angkatan XII

BuzzFeed – Gerakan Pemuda Ansor adalah salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama yang bergerak di bidang kepemudaan. GP Ansor didirikan saat Muktamar NU ke-9 yaitu tanggal 24 April 1934 M / 10 Muharram 1353 H di Banyuwangi dan juga GP Ansor membawahi Barisan Ansor Serbaguna.

Organisasi tidak terlepas dari kaderisasi, dalam GP Ansor Pelatihan Kader Dasar (PKD) pelatihan awal seorang kader. PKD adalah pelatihan kepemimpinan, bukan rekruitmen anggota yang kapan saja bisa dilakukan oleh Pimpinan Ranting. Selama 2 hari peserta akan digembleng menjadi calon pemimpin Ansor yang kelak akan menentukan kemana arah organisasi Ansor di masa mendatang.

Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kemang kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) Angkat ke XII yang berlangsung hari ini, Sabtu (18/12/2021) di Majlis Ummul Qur’an, Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.
Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari seperti yang di sampaikan oleh ketua pelaksana PKD Ansor angkatan ke XII Ismail Saleh, S.Pd.i dalam sambutannya.
“Kegiatan PKD Ansor ini akan berlangsung selama 2 hari yakni hari Jum’at dan Sabtu” tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kemang, Roberto Septianus Dwitaritas, S.H dalam sambutannya mengapresiasi kinerja panitia pelaksana PKD Angkatan ke XII ini, yang dalam satu bulan ini telah bekerja keras dengan tim yang solid sehingga acara ini bisa terlaksana hari ini.

“Saya haturkan terima kasih atas khidmat seluruh sahabat-sahabat panitia atas kerja keras nya tersebut, dalam mewujudkan program atau agenda kaderisasi di GP Ansor Kemang, tentu semua itu bernilai pahala yang besar disisi Allah SWT, Aamiin,” harapnya.

Dengan mengangkat tema “Revitalisasi menuju kader militan” kegiatan tersebut bertujuan untuk mencetak kader yang militan, membangkitkan semangat para pemuda di kabupaten Bogor khusus nya kecamatan Kemang, seperti yang di sampaikan oleh Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bogor, Dhomiri A. Ghazali.

 

PAC GP Ansor Kecamatan Kemang Gelar Pelatihan Kepempimpinan Dasar Angkatan XII

“Besar harapan saya untuk seluruh kader GP Ansor se-kabupaten Bogor terkhusus kecamatan Kemang agar menjadi kader yang militan, cocok dengan tema yang di angkat pada kegiatan PKD ke XII ini”
Kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) Angkat ke XII di ikuti oleh 32 peserta dan dihadiri oleh jajaran pemerintah dan aparat kepolisian.

Continue Reading

Trending Dari BuzzFeed

Part of Telegraf. Copyright © 2022 BuzzFeed. KBI Media Holding. All Rights Reserved.

close