Connect with us

GAYA HIDUP

Guguran Sakura di Taman Hirosaki di Musim Semi yang Memukau

Guguran Sakura di Taman Hirosaki di Musim Semi yang Memukau


Guguran Sakura di Taman Hirosaki di Musim Semi yang Memukau

Hirosaki Park | unsplash.com

Bak tertutupi karpet warna pink

Bagi masyarakat yang tinggal di Jepang, Sakura merupakan bunga yang sangat dinanti kemunculannya. Melihat sebuah taman dipenuhi dengan bunga ikonik ini bermekaran, rasanya luar biasa bahagianya. Tak heran masyarakat lokal maupun turis dari luar negeri berbondong-bondong menanti momen ini tiba saat musim semi.

Masyarakat Jepang biasa melakukan kegiatan melihat bunga sakura di taman bersama keluarga dan orang terdekatnya. Salah satunya adalah di Aomori, tepatnya di Taman Hirosaki. Setidaknya, ada 2.600 pohon Sakura yang ditanam di sana.

Saat sakura berguguran, tamannya seakan seperti karpet merah muda yang terbentang luas. Saking tebalnya, rontokan ini menutupi permukaan air di danau yang terdapat di dalam area taman. Tak salah jika fenomena ini disebut sebagai Karpet Bunga Sakura oleh orang Jepang.

Sakura di Taman Hirosaki

Hirosaki Park di Jepang | www.hirosakipark.jp

Pemandangan Sakura yang bermekaran dan gugur menawarkan perspektif tersendiri. Saking terkesimanya dengan fenomena ini, warga Jepang pun punya istilah tersendiri yang dinamakan hanafubuki. Jika diartikan adalah terpaan kelopak bunga sakura yang terbawa angin.

Sementara itu, batang pohon muda yang tampak setelah sakura gugur disebut dengan hazakura. Sedangkan hanaigata adalah ketika menyebut kelopak sakura yang berjatuhan di atas air. Secara harfiah, kata tersebut memiliki arti rakit dari bunga.

Hirosaki Park cherry blossom spring
Di musim semi | www.hirosakipark.jp

Artikel Lainnya

Fenomena alam yang indah ini dapat disaksikan sekitar Mei tiap tahunnya. Untuk tanggalnya, tidak bisa diprediksi. Bisa lebih awal atau sedikit terlambar dari perkiraan. Luangkan waktu untuk piknik sambil bercengkerama dan menikmati pemandangan yang hanya terjadi setahun sekali dalam kurun waktu 1 mingguan ini.

Tags :



Source link

Advertisement
Click to comment

GAYA HIDUP

Kisah Mak Erot, Buka Terapi Vitalitas Sejak Zaman Jepang

Kisah Mak Erot, Buka Terapi Vitalitas Sejak Zaman Jepang


Kisah Mak Erot, Buka Terapi Vitalitas Sejak Zaman Jepang

Mak Erot | headtopics.com

Mak Erot dikenal di kalangan masyarakat sebagai legenta terapi vitalitas

Nama Mak Erot mungkin terdengar familiar di kalangan masyarakat. Mak Erot membuka praktek terapi vitalitas sejak zaman penjajahan Jepang pada tahun 1940an. Namanya sangat melegenda, bahkan mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto sempat menyebutkan wisata kebugaran bisa jadi keunikan untuk turis, seperti Mak Erot dengan terapi vitalitasnya. Bagaimanakah kisah tentang Mak Erot yang sangat melegenda ini? Berikut ulasannya.

1.

Berpuasa untuk mendapatkan ilmu pengobatan

Mak Erot

Cucu Mak Erot memegang potret Mak Erot | hot.grid.id

Menurut penuturan cucunya yang bernama Saepuloh, beliau harus berpuasa selama 40 hari untuk mendapatkan ilmu pengobatan tersebut. Ia mengatakan bahwa Mak Erot bermimpi didatangi oleh pria yang mengenakan baju serba putih dan membekali ilmunya kepada Mak Erot.

“Saat itu Mak bermimpi didatangi oleh pria yang mengenakan baju serba putih. Pria itu mengatakan kepada Mak bahwa ilmu yang ia berikan untuk bekal dirinya dan seluruh keturunannya. Ilmu tersebut harus digunakan untuk menolong orang,” ujar Saepuloh.

2.

Buka praktek sejak zaman Jepang

Mak Erot

Mak Erot | headtopics.com

Seorang serdadu Jepang mendatangi rumah Mak Erot. Prajurit tersebut meminta Mak Erot mengobati gangguan disfungsi ereksi yang dialaminya. Rupanya, Mak Erot berhasil mengobati disfungsi ereksi yang diderita prajurit tersebut. Sejak saat itu, nama Mak Erot menjadi terkenal dengan terapi vitalitasnya hingga kini.

3.

Ramuan rahasia Mak Erot

Mak Erot

Mak Erot | medium.com

Ada tiga jenis ramuan yang diberikan kepada pasien, yaitu oles, minum, dan makan. Untuk bahan baku ramuan oles berasal dari binatang. Sedangkan, ramuan untuk diminum dan dimakan berasal dari tanaman.

Jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan bakunya sendiri menjadi rahasia dapur. Namun, dikatakan oleh cucu Mak Erot bahwa semua jenis tanaman yang dipergunakan sebagai ramuan tumbuh liar di sekitar kampung.

4.

Mimpi keluarga sebelum meninggal

Mak Erot

Saepuloh, pewaris ilmu Mak Erot | nusantarapos.co.id

Sang cucu bercerita bahwa sebelum Mak Erot meninggal, almarhumah meminta seluruh keluarga besarnya untuk berkumpul dan berwasiat agar anak cucunya meneruskan praktek pengobatan terapinya. Selain itu, keluarga juga mendapat mimpi Mak Erot dibawa pergi oleh sekelompok orang berbaju serba putih.

Dalam mimpi tersebut, tak ada yang bisa menghalangi Mak Erot pergi bersama kelompok tersebut. Setelah berselang waktu pasca mimpi tersebut, Mak Erot meninggal meski sempat dirawat di RS Palabuhanratu. Mak Erot meninggal dunia pada tahun 2008 di usia 130 tahun

Artikel Lainnya

Kini, usaha terapi vitalitasnya diteruskan oleh anak cucu Mak Erot. Namun, tidak semua kerabatnya mendapatkan keahlian langsung dari sang nenek Hanya enam cucu yang mendapatkan keahlian langsung dari sang nenek. Tujuh orang anak Mak Erot justru banyak yang tidak meneruskan kemampuan tersebut.

Tags :




Source link

Continue Reading

GAYA HIDUP

Para Wali Madjub ini Dihormati di Kalangan Masyarakat

Para Wali Madjub ini Dihormati di Kalangan Masyarakat


Para Wali Madjub ini Dihormati di Kalangan Masyarakat

Ilustrasi : wali majdub | akurat.co

Walaupun dikenal ‘nyeleneh’, mereka sangat dihormati oleh banyak orang

Beberapa dari kita mungkin pernah melihat sesosok figur masyarakat yang mungkin berpenampilan nyentrik atau terbilang anhe, namun sangat dihormati oleh banyak orang. Tak jarang, orang yang bertemu dengan sosok tersebut mengekspresikan rasa hormatnya langsung kepada sosok tersebut.

Ternyata, di kalangan masyarakat sosok seperti itu dianggap sebagai wali Madjub, yaitu orang – orang yang sengaja menyembunyikan kewaliannya dengan bertingkah diluar kebiasaan orang umumnya.

1.

KH. Mustofa (Sampang, Madura)

Ilustrasi : wali majdub

KH. Mustofa | www.urbanasia.com

Sosok Kyai Haji Mustofa pertama kali viral karena penampilannya yang terbilang tidak seperti tokoh agama pada umumnya. Pria asal Desa Buker, Jrengik, Kabupaten Sampang, Jawa Timur ini hanya tampil mengenakan sarung tanpa baju sehelai pun. Meski berpenampilan ‘nyeleneh’, ia merupakan tokoh yang sangat dihormati oleh orang-orang sekitar.

2.

Gus Jakfar (Pasuruan)

Ilustrasi : wali majdub

Gus Jakfar | twitter.com

Gus Jakfar yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timue adalah putra bungsu Kyai Saleh, pengasuh pesantren Sabilul Muttaqin. Ia berpenampilan tak seperti tokoh agama pada umumnya. Ia hanya memakai celana pendek tanpa memakai baju dalam kesehariannya. Rambutnya juga terlihat panjang dan berwarna membuat penampilannya semakin mencolok. Meski begitu, ia sangat dihormati penduduk setempat karena diyakini ucapannya mudah terkabul.

3.

KH. Kholilurrahman (Madura)

Ilustrasi : wali majdub

Ra Lilur | print.timesindonesia.co.id

Sosok yang lebih dikenal dengan Ra Lilur adalah cicit dari Syaikhone Kholil Bangkalan. Ia dikenal akan kewaliannya di kalangan masyarakat Madura. Ia berpenampilan sederhana seperti masyarakat umumnya dengan mengenakan baju singlet dan celana hitam setinggi lutut dengan membawa senter kecil kemana-mana.

Selain itu, Ia juga sering melakukan hal-hal yang sulit dicerna pemikiran manusia biasa. Menurut salah satu keponakannya, ia pernah bertapa di tengah lautan dan dikenal fasih berbahasa Arab.

4.

Wan Sehan

Ilustrasi : wali majdub

Sosok Wan Sehan | www.bengkuluinteraktif.com

Sosok Wan Sehan dapat dikatakan cukup dikenal di Indonesia. Ia dikenal karena memiliki tingkah laku yang unik. Hal yang pernah ia lakukan seperti mencoret-coret mobil dengan cat semprot, menyobek uang kertas, hingga mencampur nasi dengan kopi. Hal ini diyakini oleh orang-orang memiliki isyarat tertentu.

Mobil yang pernah dicoret-coret Wan Sehan
Mobil yang pernah dicoret-coret Wan Sehan | www.youtube.com
Artikel Lainnya

Berikut adalah beberapa sosok yang dikenal sebagai wali Madjub, yaitu orang – orang yang sengaja menyembunyikan kewaliannya dengan bertingkah diluar kebiasaan orang umumnya. Meskipun memiliki penampilan dan tingkah laku yang terbilang nyentrik, mereka sangat dihormati bagi beberapa kalangan masyarakat.

Tags :




Continue Reading

TRAVEL

Pertama dalam Sejarah, Foto Hajar Aswad Dipublikasikan

Pertama dalam Sejarah, Foto Hajar Aswad Dipublikasikan


Pertama dalam Sejarah, Foto Hajar Aswad Dipublikasikan

Ilustrasi Ka’bah | unsplash.com

Sang fotografer butuh waktu 7 jam untuk memotretnya.

Bagi umat muslim, keberadaan Hajar Aswad memiliki keistimewaan tersendiri. Menurut sejarah, Hajar Aswad dipercaya sebagai 9 batu suci yang berasal dari surga. Batu tersebut diberikan oleh malaikat Jibril, lalu ditempatkan oleh Nabi Ibrahim di Ka’bah.

BACA JUGA: PM Jepang Tunjuk ‘Menteri Kesepian’, Apa Tugasnya?

Ilustrasi Ka'bah

Ilustrasi antrean jamaah melihat Hajar Aswad | www.99.co

Saat ini batu suci Hajar Aswad disimpan di sudut timur Ka’bah di Masjidil Haram Makkah. Batu tersebut dilindungi bingkai perak dan menjadi salah satu destinasi ziarah yang tak pernah sepi jamaah.

Biasanya, jamaah haji dan umroh rela berdesak-desakan untuk melihat dan mencium batu suci tersebut. Bahkan, mereka harus mengantre dan hanya bisa melihatnya sebentar, karena bergantian dengan jamaah lain.

BACA JUGA: Punya Keahlian Khusus, 5 Selebriti Tanah Air Ini jadi Pengisi Suara Film Animasi

Ilustrasi Ka'bah

Penampakan Hajar Aswad | www.detik.com

Kini, untuk pertama kalinya dalam sejarah, seluruh orang di dunia bisa menyaksikan penampakan batu suci Hajar Aswad secara jelas. Foto batu suci itu pertama kali dibagikan akun resmi Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi, @realsahalharmain.

Dalam foto tersebut, batu Hajar Aswad nampak terlihat jelas dan jernih. Ternyata, sang fotografer membutuhkan waktu hingga 7 jam untuk menghasilkan foto beresolusi 46.000 megapiksel tersebut.

BACA JUGA: Ikut Bangga! 5 Benda Canggih Ini Ternyata Hasil Temuan Ilmuwan Indonesia

Dalam proses pemotretannya, sang fotografer menggunakan teknik fokus panaroma bertumpuk. Sehingga memungkinkan berbagai jenis kejernihan bergabung dan menghasilkan foto dengan tingkat akurasi tinggi.

Ilustrasi Ka'bah

Respon warganet tentang penampakan Hajar Aswad | www.instagram.com

Penampakan batu suci Hajar Aswad secara jelas untuk pertama kalinya di dunia ini pun menuai banyak pujian warganet, khususnya muslim. Kebanyakan warganet mengaku terharu dan mengucapkan puji-pujian saat melihat penampakan batu suci tersebut. Seperti beberapa komentar di postingan instagram @kumparancom yang memberitakan hal ini.

“Subhanallah… HP sampe we cium2 kepengen bgt kesana,” tulis @desky.kurniawan.

“Semoga kita semua sampai di tanah suci bersama keluarga tercinta, amin,” timpal @edi_sipitt.

“Merindingggg semoga bisa kesana melihat langsung aamiin,” komentar @rulitannisa.

“Aslinya hitam kecoklatan dan dulu tuh warnanya pekat banget.. macem kopi tubruk.. terus wangi banget, tiap sepi dioles oles minyak wangi…,” tulis @hannadeasyanna.

“Tahu kah kalian kalo hajar aswad ituu pernah pecah kemudian disusun pakai lilin? Hajar Aswad yg asli itu batu item kecil2 yg menempel itu. Hanya ada sekitar 8 atau 9 keping gitu. Yg gede itu cuman lilin untuk melekatkan batunya,” tulis @mtqddm_annur.

Artikel Lainnya

Wah, menarik ya mendengar fakta pemotretannya? Tak heran jika hasil fotonya bisa sebagus itu. Apakah kamu termasuk orang yang ingin melihat batu suci Hajar Aswad secara langsung? Kalau iya, semoga keinginanmu bisa segera terwujud ya!

Tags :






Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close