Connect with us

FEED

Gempa 4,9 M Guncang Kabupaten Bengkulu Utara

Gempa 4,9 M Guncang Kabupaten Bengkulu Utara




Ilustrasi gempa bumi. Foto: Getty Images


© Disediakan oleh Kumparan
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Getty Images

Gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara. Gempa terjadi pada pukul 01.56 WIB.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di laut di 47 Km Barat Laut Bengkulu Utara. Kedalaman gempa yakni 3 Km.

Gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah di sekitarnya. Mulai dari Argamakmur dengan skala MMI IV; Kota Bengkulu skala MMI III hingga Rejang Lebong dengan skala MMI II.





© Disediakan oleh Kumparan


Skala MMI IV artinya gempa dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG atas gempa ini. Belum diketahui dampak dari gempa tersebut.



Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

Intip Momen Cinta Laura ketika Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Sumba

Intip Momen Cinta Laura ketika Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Sumba


Intip Momen Cinta Laura ketika Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Sumba

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Sumba adalah salah satu pulau di Indonesia yang dikenal akan pemandangannya yang spektakuler dan budayanya yang kaya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh mereka yang sudah pernah menghampirinya dan menikmati setiap momen yang ada. 
 
Baru-baru ini, keistimewaan Sumba kembali dihadirkan melalui ragam unggahan Instagram salah satu aktris Indonesia, yaitu Cinta Laura. Kali ini, sang aktris menyaksikannya sendiri, bagaimana suguhan keindahan alam Sumba mampu memanjakan mata, bersamaan dengan budayanya yang sangat memikat. 
 
Dalam rangka merasakan secara langsung kebudayaan yang dimilikinya, Cinta Laura tak ragu mengenakan kain songket khas NTT sebagai outfit-nya. Tentu saja, ia terlihat sangat menawan dalam balutan kain yang didominasi oleh warna biru itu, lengkap dengan aksen jingga, putih, dan merah yang melengkapi dan menyempurnakannya. Kain songket lainnya pun ia gunakan sebagai selendang, menutupi dalaman putih yang ia kenakan. 
 

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
Sebagai pelengkap, Cinta Laura mengenakan kalung dan bandana dengan warna yang serasi serta anting hoop berwarna emas. Tampilan tersebut pun tampak sangat cocok pada badan rampingnya. 
 

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
Dalam rangka mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan berarti, wanita keturunan Indonesia-Jerman itu juga dengan antusias berbaur dengan penduduk lokal, khususnya anak-anak. Melalui sebuah video yang dibagikan, mereka terlihat bahagia sembari menyanyikan dua lagu berbahasa Inggris. Video yang satu itu pun mampu menunjukkan kemampuan anak-anak tersebut dalam melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris. 
 

 
“Puncak perjalanan saya adalah bertemu dengan anak-anak Sumba yang cantik. Dengan mata terbelalak dan keinginan untuk belajar. Kalian membuat saya tersenyum dan mengingatkan saya betapa pentingnya bersyukur atas hal-hal paling sederhana dalam hidup …,” tulisnya dalam caption unggahan tersebut. 
 
Selain budayanya yang berkesan, Cinta Laura tak lupa menikmati alam Sumba yang menawan. Uniknya, hal tersebut ia lakukan sembari melepaskan para bayi penyu ke lautan, sebuah kegiatan yang seru sekaligus berarti. Pada momen tak terlupakan itu, ia tampak mengenakan ruffle off shoulder crop top bernuansa floral. Ia pun melengkapi tampilannya dengan bawahan bermotif serupa, yaitu sebuah celana pendek yang dibalut rok dengan potongan di bagian depannya. 
 

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram)





Source link

Continue Reading

FEED

Nakes Positif COVID-19, Puluhan Warga Mokumoku Jalani Tes Usap

Nakes Positif COVID-19, Puluhan Warga Mokumoku Jalani Tes Usap


AKURAT.CO, Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan 35 orang warga Kecamatan Air Rami terpaksa harus menjalani tes usap (swab test) pada Senin,(12/4) kemarin menyusul sejumlah tenaga kesehatan di puskesmas setempat dinyatakan positif COVID-19.

“Sebanyak 35 orang warga yang menjalani tes ‘swab’ tersebut masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Air Rami,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Izharudin dalam keterangannya di Mukomuko, Senin, (12/4/2021).

Jumlah tenaga kesehatan di daerah ini yang dinyatakan positif COVID-19 sejak beberapa hari terakhir sebanyak 14 orang. Dari sebanyak 14 nakes tersebut, 12 orang di antaranya nakes Puskesmas Ipuh dan dua orang Puskesmas Air Rami.

baca juga:

Puskesmas Air Rami tetap membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat meskipun beberapa orang tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama ini ada yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Puskesmas Air Rami tetap memberikan pelayanan kesehatan karena masih ada tenaga kesehatan di puskesmas ini yang belum kontak erat dengan rekannya yang terjangkit virus corona.

Ia mengatakan apabila ke depan tenaga kesehatan dan staf di Puskesmas Air Rami masih ada yang terjangkit virus corona, maka kemungkinan besar layanan puskesmas akan ditutup sementara.

Saat ini masih ada nakes berstatus pegawai di puskesmas ini yang tidak kontak erat dengan nakes yang positif COVID-19 dan mereka masih bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selanjutnya sampel tes usap milik puluhan warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 di wilayah ini akan dikirim ke laboratorium kesehatan daerah Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya petugas Dinas Kesehatan bersama dengan tenaga kesehatan di puskesmas masih melakukan pendataan warga yang kontak erat dengan pasien COVID-19 di daerah ini.

Sebelumnya, dilaporkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu sejak beberapa hari terakhir bertambah 26 orang, sehingga total menjadi 663 kasus yang tersebar di lima kecamatan. []





Source link

Continue Reading

FEED

Tips Merawat Meja Biliar dari Coach Andre : Okezone Sports

Tips Merawat Meja Biliar dari Coach Andre : Okezone Sports


JAKARTA – Meja biliar dalam olahraga permainan bola sodok merupakan salah satu kebutuhan paling utama. Tanpa meja yang berada dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan tidak mungkin ada permainan biliar yang berkualitas.

Karena bola yang ditembakkan, bola yang disasar dan lubang yang dituju, semuanya berada di meja itu. Ukuran standar dari meja biliar menurut ketentuan international adalah meja 9 feet dengan ukuran lebar 127 cm dan panjang 254 cm. Tetapi dalam perkembangannya ada beberapa variasi ukuran meja biliar, seperti 4ft, 7ft dan 8ft.

Meja biliar terbuat dari bahan kayu dan batu hitam sebagai alasnya. Permukaan berlapis kain atau biasa disebut laken menjadi salah satu bagian yang paling penting karena di permukaan inilah bola disodok dan permainan biliar berlangsung.

Baca Juga: Atlet Abege Club Juarai Turnamen Biliar di Riau

Biliar

Umumnya kain yang digunakan ada beberapa jenis yaitu berbahan campuran antara nillon dan wool. Kualitas bahan menentukan kepuasan pemakainya. Ada beberapa variasi harga meja biliar baru, antara 9 juta-an hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Perawatan meja biliar sangat penting karena tingkat kebersihan dan kondisi keseluruhan meja biliar juga akan mempengaruhi kualitas permainan.

Andreas Nataliano, atau coach Andre yang menjadi Head Coach Pengurus Provinsi POBSI Banten mengatakan permukaan meja berlapis kain adalah bagian yang gampang menyimpan kotoran, mulai dari sisa-sisa kapur, debu dan kotoran lain.

“Menumpuknya berbagai kotoran ini dapat mempengaruhi laju bola dan ketepatan sasarannya,” kata coach Andrea.

Berikut ini adalah tips merawat meja biliar dari pria kelahiran Surabaya 45 Tahun lalu ini, yang menjadi Ketum POBSI Kabupaten Tangerang dan Ketua Binpres POBSI Banten.

1. Membersihkan permukaan meja

Gunakan cairan pembersih kaca dan lap lembut yang menyerap kelembaban (bahan lap yang direferensikan adalah handuk korea). Lap sampai kering sehingga tidak meninggalkan bercak.

Lapisan kain atau laken dibersihkan dengan sikat halus setiap kali meja selesai digunakan (sikat halus dapat dibeli di toko asesoris biliar).

2. Membersihkan lubang pocket

Gunakan cairan pembersih kaca dan lap lembut yang menyerap kelembaban.

3. Membersihkan rel bola

Gunakan laplembut atau handuk korea.

4. Membersihkan kaki-kaki meja

Gunakan lap atau handuk korea. Lakukan minimal seminggu sekali.

5. Gunakan penyerap debu atau vacuum cleaner secara rutin untuk semua bagian meja minimal seminggu sekali.

Biliar (MNC Media)

Selain membersihkan meja, Anda harus juga membiasakan untuk menjaga kebersihan Bola. Bersihkan bola menggunakan cairan khusus untuk bola yang ada di pasaran setiap kali usai bermain karena bola yang bersih membuat bola tetap awet dan ikut menjamin daya tahan kain atau laken meja biliar.

Demikian tips menjaga kebersihan meja biliar dari Coach Andre agar meja tetap awet dan tahan lama.



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close