Connect with us

OTOMOTIF

Galang Hendra Bertekad Raih Poin di Misano – Berita Otomotif

Galang Hendra Bertekad Raih Poin di Misano – Berita Otomotif


JAKARTA – Galang Hendra Pratama akan kembali tampil di kejuaraan World Supersport (WorldSSP) pada 11 – 13 Juni 2021 di sirkuit Misano, Italia.

Pembalap Indonesia tersebut akan membela tim Ten Kate Racing Yamaha di Misano akhir pekan ini. Ia kembali menunggangi Yamaha R6 yang menjadi andalannya bersama tim.

Sebelumnya Galang menghadapi masalah arm pump pada tangan kanannya. Hal ini sempat mengganggu prestasinya di balapan lalu sehingga tidak bisa tampil maksimal.
Rider kelahiran Yogyakarta ini telah melakukan operasi untuk mengatasi masalah sindrom kompartemen pada lengan kanannya pada 1 Juni 2021. Pasca operasi, Galang bertekad untuk kembali tampil kompetitif bersama timnya.Dikatakan bahwa saat ini Ia tengah melakukan pemulihan fisik dengan dukungan timnya. Galang juga diharapkan bisa beradaptasi dengan cepat di sirkuit Misano yang memiliki panjang lintasan mencapai 4.226 km.

“Sekarang saya sudah merasa lebih baik dari sebelumnya. Saat ini saya tengah menjalani recovery pasca operasi arm pump tangan kanan pekan lalu. Saya lebih termotivasi menghadapi Misano dan bersemangat untuk bisa meraih poin. Semoga saya bisa meraih hasil terbaik di seri ketiga ini,” ucap Galang dalam siaran persnya.

Galang Hendra

Pada 2018 silam, Galang Hendra sudah pernah merasakan manisnya meraih prestasi di sirkuit Misano dengan menggunakan Yamaha R3. Kala itu, Ia berlaga di kelas WorldSSP 300 dan meraih pole position pada sesi superpole.

Tahun berikutnya, Galang sukses meraih posisi keempat di ajang yang sama. Oleh karena itu, pembalap andalan Yamaha Indonesia tersebut bertekad untuk bisa meraih poin pada balapan di akhir pekan.

Di ajang WorldSSP tahun ini, tambahan poin di Misano menjadi motivasi kuat Galang Hendra Pratama sehingga dapat meningkatkan posisinya di klasemen sementara. Saat ini racer berusia 22 tahun itu ada di posisi ke-17 mengumpulkan 7 poin. [Dew/Had]

Berikut jadwal seri ke-3 WorldSSP – Misano, Italia 2021

Jumat, 11 Juni 2021                     : FP1 (16:25-17:10 WIB) & FP2 (21:00-21:45 WIB)

Sabtu, 12 Juni 2021                     : Superpole (15:25-15:45 WIB) & Race 1 (20:15 WIB)

Minggu, 13 Juni 2021                 : Warm Up (14:25 – 14:40 WIB) & Race 2 (17:30 WIB)

 

Advertisement
Click to comment

OTOMOTIF

Pilihan Mercedes-Benz Bekas Seharga LCGC, Murah tapi Keren dan Gaya! – Mobil Bekas

Pilihan Mercedes-Benz Bekas Seharga LCGC, Murah tapi Keren dan Gaya! – Mobil Bekas


Harga Mercedes-Benz bekas bukan hanya terdiri dari yang mahal – mahal saja. Unit sekennya pun ada yang seharga mobil – mobil LCGC (low cost green car) baru.

Banyak orang Indonesia yang memimpikan punya mobil keren dari merek mewah. Di antara beragam merek yang bisa masuk dalam daftar, tentu saja ada Mercedes-Benz.

Merek ini adalah salah satu nama besar di segmen premium. Selain itu, model – model Mercedes-Benz pun punya desain amat elegan yang kerap memunculkan nuansa aristokrat.

Lantas, apa saja unit – unit seken murahnya pilihan Mobil123.com? Sabar dulu karena sebelumnya kita akan membahas kelebihan Mercedes-Benz bekas, Mercedes-Benz bekas tertua dan termuda di Mobil123.com saat ini, serta Mercedes-Benz bekas termurah dan termahal ketika artikel ini dipublikasikan.

Kelebihan Mercedes-Benz Bekas: Lebih Murah tapi Naikkan Gengsi

Pastinya akan sangat menyenangkan jika bisa membeli Mercedes-Benz dalam kondisi baru. Tapi, bagaimana jika daya beli atau anggaran kita terbatas?

Jangan khawatir. Mercedes-Benz bekas sangat bisa menjadi pertimbangan. Selain harganya jadi lebih bervariatif, nuansa mewah dan elegan masih saja terpancar dari model – model Mercedes-Benz bekas.

Tak jarang, pemilik Mercedes-Benz bekas masih memodifikasi kendaraan miliknya menjadi lebih keren. Tak tanggung – tanggung, aksesori asli AMG kadang tampak tersemat di unit – unit seken.

Di Mobil123.com terdapat banyak iklan Mercedes-Benz bekas dari berbagai rentang harga. Totalnya, ketika artikel ini dinaikkan, mencapai lebih dari 2.900 iklan.

Mercedes-Benz Bekas Termuda dan Tertua

Pilihan model seken dari merek berlogo ‘Three-pointed Star’ ini di Mobil123.com sangat bervariasi. Mulai dari model ‘reguler’ seperti A-Class, C-Class, E-Class hingga model flagship nan eksotis semisal S-Class, GLS-Class, hingga G-Class tersedia.

Mercedes-Benz bekas dan klasik produksi 1965

Mercedes-Benz tertua yang ada di situs jual – beli ini mungkin akan membuat Anda kaget. Pasalnya, unit berasal dari tahun produksi 1965 yaitu 220S.

Jangan pikir mobil antik ini menjadi yang termurah yang bisa Anda boyong. Harga tak main – main yakni Rp388 juta!

Mercedes-Benz S-Class bekas 2021

Sementara, Mercedes-Benz termuda berasal dari tahun produksi 2021. Modelnya adalah S500 L AMG dengan banderol Rp2,399 miliar.

Mercedes-Benz Bekas Termurah dan Termahal

Lantas, berapakah nilai jual Mercedes-Benz bekas paling murah yang terpampang di Mobil123.com saat ini? Harganya ternyata hanya beberapa puluh juta rupiah saja.

Mercedes-Benz bekas 1985

Unit seken termurah adalah Mercedes-Benz 200 produksi 1985 (W123). Banderolnya cuma Rp39 juta.

Mercedes-Benz bekas termahal, di sisi lain, punya harga mencengangkan yaitu Rp 8 miliar rupiah! Modelnya adalah S-Class varian S600 L Pullman.

Mercedes-Benz S-Class Pullman Bekas 2002

Unitnya disebut hanya ada satu di seluruh Indonesia.

Enam Pilihan Mercedes-Benz Bekas Seharga LCGC

Setelah melihat cakupan harga Mercedes-Benz bekas yang luar biasa luas, saatnya ke ‘menu’ utama yakni unit – unit seharga LCGC.

Sebagai informasi, LCGC merupakan segmen mobil termurah di Indonesia saat ini yang diinisiasi pemerintah sejak 2013 dan mendapatkan insentif pajak. Rentang harganya, menurut penelusuran, adalah Rp103 – 170 jutaan.

Penulis akan membatasi pilihan Mercedes-Benz bekas seharga LCGC kali ini pada kisaran Rp100 – 150 juta. Karena banyaknya model di kategori harga ini, pilihan dibatasi pula hanya untuk C-Class, E-Class, plus S-Class (masing – masing 2 unit).

C-Class

  1. C240 Elegance 2004 (Harga Rp115 Juta)

Mercedes-Benz C-Class Bekas 2004

C240 Elegance produksi 2004 dengan warna bodi hitam tersebut dijual seharga hanya Rp115 juta (harga cash dan masih bisa dinegosiasikan) oleh dealer Iwan Autocar di Gading Serpong, Tangerang. Meski ada opsi kredit, tidak disebutkan nominal nilai jual untuk pembelian dengan cara ini.

Jarak tempuh mobil bermesin bensin 2.5-liter dengan transmisi AT ini diklaim 82 ribu km. Unit disebut bebas banjir dan siap pakai, dengan pajak tahunan yang masih berlaku hingga Agustus 2021 dan pajak lima tahunan yang akan habis pada Agustus 2025.

Mobil menggunakan pelat berkode B (registrasi Tangerang) dengan nomor genap. “AC dingin, sunroof, interior bersih,” jelas dealer lagi, mengenai kondisi maupun kelengkapannya.

  1. C200 CGI 2010 (Harga Rp145 Juta)

Mercedes-Benz C-Class Bekas 2010

C200 CGI rakitan 2010 dibanderol Rp145 juta saja oleh dealer yang berlokasi di Kalideres, Jakarta Barat. Warna bodi abu – abu, dengan jarak pemakaian diklaim baru ribuan km.

Tidak disebutkan mengenai perbedaan harga kredit dengan tunai. Begitu pula mengenai pilihan tenor, TDP, maupun besaran cicilan per bulannya.

Unit diotaki mesin bensin 1.8-liter dengan transmisi otomatis Triptonic. AC dingin, jok berbungkus material kulit dengan pengaturan elektrik, dan memiliki Audio Steering Switch plus sistem audio dilengkapi pengeras suara dari Harman Kardon.

Peleknya berukuran 18 inci dengan desain racing. Cat bodi masih mulus.

“Interior masih orisinil, mulus, avant-garde,” tulis dealer.

E-Class

  1. E220 1995 (Harga Rp109 Juta)

Mercedes-Benz E-Class Bekas 1995

E220 putih bertransmisi otomatis produksi 1995 ini punya tampilan yang lebih berkesan klasik. Dealer Hebron Auto yang berlokasi di Bursa Mobil Bekas Blok M Square Lantai P5AS memberinya harga Rp109 juta untuk pembelian tunai atau tukar-tambah. Tidak disebutkan berapa harga untuk pembelian kredit.

Unit sudah dipakai sejauh 170 ribu km dan diklaim belum pernah mengalami tabrakan. Mesin 2.200 cc-nya disebut tanpa rembes dan brebet, bodi mulus dengan pelek orisinil AMG, interior dalam keadaan rapi dan bagus, suspensi juga senyap serta halus.

“Silakan membawa mekanik kepercayaan serta alat diagnose scan sendiri,” sebut dealer.

  1. E280 2007 (Harga Rp148 Juta)

Mercedes-Benz E-Class bekas 2007

E280 2007 berwarna bodi perak tersebut, menurut dealer Garnet Auto yang berlokasi di Pejaten, Jakarta Selatan, baru menempuh 86 ribu km. Harga jualnya Rp148 juta.

Tidak disebutkan apakah itu harga kredit atau cash. TDP-nya sendiri terbilang rendah yaitu Rp41 juta dengan angsuran Rp3,7 juta selama 47 bulan (tenor empat tahun).

Kondisi diklaim sangat terawat serta nyaman, dengan interior rapi dan bersih. Unit bermesin bensin 3.0-liter dan bertransmisi otomatis 7-percepatan G-Tronic itu dijamin dealer bukan bekas tabrakan maupun kebanjiran.

“Mesin tidak ada rembesan oli. (Transmisi) matic dan kaki – kaki bagus,” tulis dealer.

S-Class

  1. S320 1998 (Harga Rp114 Juta)

Mercedes-Benz S-Class Bekas 1998

S320 1998 berwarna bodi putih mulus ini dijual Shava Autocar di Kebayoran Baru, Jakarta. Banderolnya hanya Rp114 juta.

Belum jelas apakah itu merupakan harga kredit atau harga cash.

Mobil bermesin lebih dari 3.0-liter dengan transmisi otomatis ini diklaim baru dipakai sejauh 29 ribu km. Dealer menjamin unit bukan bekas tabrakan maupun kebanjiran.

“Double glass. No Malfunction. Leather Seat Original. Engine dan transmisi matic normal. Top dan good condition. Mobil tinggal pakai. Suspensi masih nyaman dana man,” papar dealer.

  1. S280 2004

Mercedes-Benz S-Class Bekas 2004

Pilihan S-Class terakhir dalam daftar ialah S280 2004 dengan harga Rp120 juta. Harga untuk pembelian cash ini masih bisa dinegosiasikan dengan dealer yang berlokasi di Pondok Indah, Jakarta.

Tidak diketahui, berapa harga kredit, TDP, serta cicilan bulanannya.

Mobil bermesin bensin kurang dari 3.0-liter ini diklaim baru berjalan 96 ribu km. Eksterior tak ada lecet penyok dan interior pun rapi serta bersih dengan AC dingin.

“Ban tebal. Kaki – kaki enak senyap. Tidak ada bekas nabrak. Tidak ada bekas banjir. Kilometer asli bukan putaran. Kelengkapan ada semua. Mobil sehat siap pakai, no minus,” papar dealer.

Keenam pilihan di atas tentu hanya secuil dari yang ada di Mobil123.com. Jika Anda masih ingin mencari opsi Mercedes-Benz bekas seharga LCGC lainnya, silakan langsung berburu di situs tersebut. [Xan/Had]

Continue Reading

OTOMOTIF

Spesifikasi dan Harga Yamaha Nmax 2021 – Panduan Pembeli

Spesifikasi dan Harga Yamaha Nmax 2021 – Panduan Pembeli


Yamaha Nmax 2021 – Yamaha Nmax yang pertama kali diperkenalkan pada 2015 di Indonesia terus meraih pamor sebagai skuter favorit. Dominasinya sebagai skutik bongsor di kelas 150 cc tetap dipertahankan meskipun semakin hari kian banyak kompetitornya.

Tidak hanya menawarkan kepraktisan dalam berkendara, motor ini juga dibenamkan teknologi terkini. Seiring dengan perkembangan jaman, Nmax tidak hanya digunakan sebagai motor perkotaan. Skutik bertubuh gambot ini juga digemari konsumen di berbagai daerah di Indonesia.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan sentuhan untuk Nmax yang pertama kalinya pada akhir 2017. Pihak pabrikan menanggapi keluhan konsumen mengenai suspensi belakang yang terasa keras bantingannya.

Ubahan suspensi yang disematkan memberikan rasa nyaman pada kendaraan. Selain itu tampilan motor juga menjadi lebih sporti karena suspensi belakangnya menggunakan model tabung kekinian. Lebih jauh tabung tersebut memberikan kemampuan lebih baik dari sebelumnya.

yamaha nmax facelift

Dua tahun setelah meluncurkan edisi suspensi tabung, YIMM akhirnya mengenalkan all-new Yamaha Nmax Connected pada akhir 2019. Skutik gambot andalan Yamaha tersebut kini mendapat sentuhan pada teknologinya yang bisa tersambung dengan smartphone pemilik motor.

Motor yang baru dipasarkan pada 2020 ini mendapat respon positif dari pasar. Namun sayangnya tidak lama kemudian kondisi ekonomi mendapat dampak serius, akibat pandemi covid-19 yang berkepanjangan.

All-new Yamaha Nmax Connected

Generasi kedua dari skutik gambot ini tidak hanya mengusung teknologi canggih pada sistem elektroniknya. Yamaha Nmax Connected hadir dengan tampilan lebih modern bahkan cenderung futuristik.

Meskipun tidak menanggalkan efek sporti dari kendaraan, Nmax terbaru kini sudah menggunakan lampu-lampu model LED baik pada bagian depan maupun belakang. Dibandingkan dengan All-new Honda PCX yang memang mengincar kesan elegan, Nmax memang tampak kurang modern.

Namun Nmax tetap menjadi skutik andalan para penyukan kendaraan dengan tampilan sporti. Selain itu, perawatannya juga sudah terbukti lebih mudah dan terjangkau.

Ditawarkan dalam dua tipe, varian termahalnya telah dibekali fitur canggih yang belum pernah diterapkan kompetitor sekelasnya. All-new Yamaha Nmax 2021 varian Connected/ABS mampu terkoneksi dengan perangkat smartphone pemiliknya.

Melalui aplikasi Y-Conncet yang berbasis bluetooth, Nmax baru mampu menghubungkan pemiliknya dengan dunia luar saat berkendara. Adapun inovasi fiturnya seperti di bawah ini.

CCU plus Y-Connect

Para pemilik motor bisa mengetahui lebih banyak seputar kendaraan, khususnya mesin dengan CCU plus Y-Connect. Fitur ini akan mengirimkan email atau surat elektronik (surel) tatkala mesin mengalami malfungsi atau adanya ketidakberesan pada kendaraan.

Fuel

Fitur ini merupakan salah satu andalan all-new Yamaha Nmax Connected 2021. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk menganalisa penggunaan bahan bakar setiap perjalanan. Buat sebagian orang, fitur ini cukup penting karena bisa menakar kebutuhan bahan bakar saat melakukan perjalanan jauh atau touring.

Maintenance

All-new Yamaha Nmax 2021 telah dilengkapi fitur yang bisa memberikan informasi seputar kondisi oli mesin dan voltase aki. Fitur yang biasanya disematkan pada mobil-mobil premium ini membuat Nmax semakin terdepan.
Yamaha Nmax Connected 2021

Dengan fitur ini, konsumen dapat pengingat otomatis kapan harus melakukan perawatan rutin pada kendaraannya. Bahkan melalui aplikasi My Yamaha, pengguna bisa mengetahui lokasi bengkel resmi terdekat.

Notification

Smartphone merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia. Fitur ini mampu menyambungkan motor dengan gawai milik pengendara. Notifikasinya akan muncul pada layar MID di panel instrumen kendaraan. Para pengguna dapat melihat adanya notifikasi baik pesan maupun panggilan telepon.

Jika melihat adanya notifikasi pada layar panel meter baik itu telepon maupun pesan, ada baiknya segera menepi dari jalanan. Hal ini untuk menghindar dari terjadinya kecelakaan.

Parking location

Sering kali para pengendara tidak ingat lokasi kendaraan saat parkir di gedung yang ramai. Banyaknya jumlah motor menjadi salah satu kendala menemukan unit yang terparkir, bersama ratusan bahkan ribuan kendaraan lainnya. Fitur ini hadir untuk mempermudah konsumen menemukan unitnya.

Lebih jauh mengenai inovasi yang disematkan pada motor ini mencakup fitur keselamatan aktif dan keamanan. Hal ini memberikan kenyamanan lebih pada pengendara sehari-hari atau biasa disebut komuter. Adapun fitur keselamatannya meliputi Smart Keyless System, Traction Control System (TCS), Dual Channel ABS, Start/Stop System, Smart Motor Generator.

Spesifikasi all-new Yamaha Nmax Connected 2021

Motor jenis skutik ini memiliki ukuran lebih besar untuk ukuran kapasitas 150 cc. Panjangnya mencapai 1.995 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.340 mm dengan jarak terendah ke tanah 124 mm. Bobotnya sendiri hanya 130 kg dan 132 kg (varian ABS).

All-new Yamaha Nmax Connected 2021 dipersenjatai suspensi depan teleskopik dan model ganda dengan sistem tabung pada belakang. Alat peredam kejut tersebut menopang ban lebar berukuran 110/70-13 pada depan dan 130/70-13 belakang.

Pilihan warna untuk tipe ABS atau termahal Matte Black, Prestige Silver dan Matte Blue. Lalu untuk tipe Standar ada Matte Red, Matte Black, Matte Blue dan White. Lalu ada tipe Connected tanpa ABS yang tersedia dalam pilihan warna Prestige Silver, MAXI Signature Black, Matte Blue dan Matte Red.
nmax 2021

Mesin Yamaha Nmax Connected 2021 dikatakan telah mendapat penyempurnaan alias generasi baru. Meskipun kapasitas mesin tetap dipertahankan yakni 155 cc dengan teknologi Blue Core dan VVA.

Mesin ini masih menggunakan formasi diameter piston 58 mm dan langkahnya 58.7 mm. Adapun kompresinya 11.6 : 1 dan dipercaya mampu menghasilkan daya 11.3 Kw pada 8.000 rpm dan torsi puncak sebesar 13.9 Nm pada 6.500 rpm.

Urusan pengereman, Yamaha Nmax mengandalkan rem cakram di kedua rodanya. Remnya sendiri model cakram hidrolik tunggal yang memiliki ukuran 230 mm dengan kaliper piston tunggal. [Dew/Had]

Harga all-new Yamaha Nmax Connected 2021

  • all-new Yamaha Nmax 155 Standar Version 2021 Rp 29.850.000
  • all-new Yamaha Nmax 155 Connected Version 2021 Rp 31.100.000
  • all-new Yamaha Nmax 155 Connected/ABS Version 2021 Rp 33.850.000

Mesin Yamaha All New Nmax

Tipe Mesin

Liquid cooled 4-stroke, SOHC

Jumlah/Posisi Silinder

Single Cylinder

Kapasitas Mesin

155 cc

Diameter x Langkah

58,0 mm x 58.7 mm

Perbandingan Kompresi

11.6 : 1

Daya Maksimum

15,4 PS (11.3 kW) / 8000 rpm

Torsi Maksimum

13.9 Nm / 6500 rpm

Sistem Starter

Electric Starter

Sistem Pelumasan

Basah

Kapasitas Oli Mesin

Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L

Sistem Bahan Bakar

FI (Fuel Injection)

Tipe Kopling

Kering, Centrifugal Automatic

Tipe Transmisi

V-belt Automatic

 

Dimensi Yamaha All New Nmax

P x L x T

(1935 x 740 x 1160) mm

Jarak sumbu roda

1340 mm

Jarak terendah ke tanah

124 mm

Tinggi tempat duduk

765 mm

Berat isi

132 kg

Kapasitas tangki bensin

7.1 L

 

Rangka Yamaha All New Nmax

Tipe Rangka

Underbone

Suspensi Depan

Teleskopik

Suspensi Belakang

Unit Swing

Ukuran Ban Depan

110/70 – 13 M/C 48P

Ukuran Ban Belakang

130/70 – 13 M/C 63P

Rem Depan

Hydraulic Single Disc Brake

Rem Belakang

Hydraulic Single Disc Brake

 

Continue Reading

OTOMOTIF

Cara Membaca Kode Rahasia Ban – Berita Otomotif

Cara Membaca Kode Rahasia Ban – Berita Otomotif


Cara Membaca Kode Rahasia Ban – Ban memiliki peran penting pada sebuah kendaraan karena berinteraksi langsung dengan medan jalan. Hal ini berkaitan dengan keselamatan berkendara sehingga vital peran suatu ban.

Di pasaran banyak jenis ban yang beredar dengan spesifikasi dan keunggulan masing-masing. Calon konsumen mesti jeli dalam memilih ban yang ingin digunakan agar tidak menimbulkan bahaya saat tengah melakukan perjalanan.

Pabrikan ban saat ini menawarkan banyak ragam ban mobil khususnya dengan spesifikasi tertentu. Tidak hanya ukuran, mereka juga menghadirkan alur atau kembangan ban yang menarik dan bisa diandalkan di berbagai medan jalan.

Setiap manufaktur memiliki alasan tersendiri dalam membuat kembangan ban atau kerap disebut pattern. Pada dasarnya, pola suatu ban dibuat dengan kebutuhan kendaraan seperti performa, bobot, hingga daya tahan.

Pada ban mobil misalnya, selain fitur-fitur yang disebutkan di atas juga terdapat beberapa kode yang mesti dipahami oleh calon konsumen. Menjadi penting agar pembelinya tidak menyesal telah menggunakan ban yang salah dan berujung pada keamanan.

kode ban

Kode pada ban tertera di bagian dinding dan cukup mudah dibacanya. Konsumen bisa memilih ban yang sesuai dengan pabrikan jika tidak ingin kesulitan dalam menentukan pilihan.

Namun untuk calon konsumen yang hendak melakukan upgrade dengan ban yang memiliki performa lebih baik. Akan lebih baik untuk mengenali beberapa kode ban terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Kode ban pada dinding atau tepian memiliki arti masing-masing. Umumnya setiap kode yang tercantum menerangkan seperti ukuran, konstruksi hingga kemampuan sebuah ban.

Berikut ini adalah cara membaca ragam kode yang tercantum pada ban. Sebagai contoh sebuah ban mobil dengan kode 215/70R17 94 S.

Kode 215

Angka pertama yang akan kita bahas adalah lebar ban dalam satuan milimeter (mm). Mengacu pada angka tersebut, maka si karet bundar tersebut memiliki tapak lebar 215 mm. Semakin besar angkanya, maka tapak ban akan semakin lebar.

Untuk calon konsumen yang ingin mendapatkan traksi lebih besar, maka membutuhkan ban yang lebih lebar. Namun dengan menggunakan ban lebih lebar jangan heran jika setir atau alat kemudi akan terasa berat lalu penggunaan bahan bakar bertambah.

Konsumen juga perlu memperhatikan bodi kendaraan. Jangan sampai lebar ban melewati bodi karena saat melewati genangan akan menimbulkan cipratan ke bagian bodi mobil sehingga lebih cepat kotor.

Kode 70

Angka kedua pada kode ban ini menunjukkan Aspek Rasio yang biasanya menggunakan persentase (%). Aspek rasio ini merupakan perbandingan antara tinggi dan lebar ban di kali 100 persen. Jika tertera demikian maka Aspek Rasio ban tersebut yakni 70 persen dari lebar ban.

Ketinggian ban berpengaruh pada kenyamanan berkendara sehari-hari. Semakin tinggi ban, maka bantingan pada kendaraan saat menempuh jalan tidak rata akan teredam dengan baik.
kode ban mobil

Namun konsumen juga perlu memperhatikan ruang untuk ban pada kendaraan. Semakin tinggi ban, maka akan berpotensi mengenai bibir fender atau istilahnya mentok. Risikonya bodi rusak dan ban akan tergerus lalu sobek.

Untuk modifikasi, perhatikan tinggi keseluruhan ban. Jika ingin menggunakan velg yang lebih basar, maka sebaiknya ketinggian ban harus dikurangi agar tidak mentok. Biasanya teknisi ban sudah paham dengan hal ini, maka konsultasikan terlebih dahulu.

Kode R

Kode yang satu ini menunjukkan konstruksi sebuah ban. Kode seperti ini menandakan bahwa ban Anda memiliki konstruksi radial. Produsen ban memiliki berbagai konstruksi, namun umumnya mobil baru menggunakan konstruksi radial.

Ban jenis Radial memiliki lapisan kain yang senarnya melintang dari sudut kanan ke sekeliling ban dan ada lapisan tambahan di sekitarnya.

Jika tidak ada kode R, pada umumnya diberikan tanda strip yang berarti ban tersebut berjenis bias. Ban ini sudah jarang digunakan pada pabrikan mobil karena daya tahannya dianggap kurang baik. Ban jenis ini masih digunakan pada motor yang tidak membutuhkan performa tinggi.

Kode 17

Angka ini menunjukkan diameter pelek yang digunakan. Sehingga pelek yang bisa dipasang pada ban tersebut harus memiliki diameter 17 inci. Jika Anda mencoba dengan angka yang berlainan, maka dijamin ban tersebut tidak pas dengan pelek yang ada.

Pada modifikasi umumnya ukuran velg diperbesar sehingga mobil terlihat kekar, belum lagi desain velg yang kian mendukung konsep modifikasi. Jika ukuran velg diperbesar, maka ukuran ban harus menyesuaikan.

Seperti telah disebutkan di atas, perhatikan ruang yang tersedia untuk mencegah ban mentok pada bibir fender dan akhirnya merusak keduanya.

Kode 94

Menunjukkan Indeks Beban (Load Index/Li), menjadi indikator batas maksimum muatan beban yang sanggup ditopang sebuah ban. Li memiliki pakem ukuran yang sudah tertera, dengan angka 94 maka tiap ban ini mampu menahan beban hingga 670 kg.

  • 62 beban maksimal 265 Kg
  • 63 beban maksimal 272 Kg
  • 64 beban maksimal 265 Kg
  • 66 beban maksimal 300 Kg
  • 68 beban maksimal 315 Kg
  • 70 beban maksimal 335 Kg
  • 73 beban maksimal 365 Kg
  • 75 beban maksimal 387 Kg
  • 80 – 89 beban maksimal 450 – 580 Kg
  • 90 – 100 beban maksimal 600 – 800 Kg

Kode S

Menunjukkan simbol batas kecepatan yang dianjurkan untuk ban tersebut. S artinya kecepatan maksimal 180 km/jam. Ada juga ban yang berkode Q yang artinya kecepatan maksimal 160 km/jam, H (210 km/jam), dan jika berkode V (240 km/jam)

  • Q kecepatan maksimal = 160 km/jam
  • S kecepatan maksimal = 180 km/jam
  • T kecepatan maksimal = 190 km/jam
  • U kecepatan maksimal = 200 km/jam
  • H kecepatan maksimal = 210 km/jam
  • V kecepatan maksimal = 240 km/jam
  • W kecepatan maksimal = 270 km/jam
  • Y kecepatan maksimal = 300 km/jam
  • Z kecepatan di atas = 240 km/jam

Kode-kode di atas penting diketahui untuk semua pengendara. Sehingga saat berkendara, Anda tidak melampaui batas yang telah ditentukan setiap pabrikan ban.

Dengan mengetahui berbagai kode ban, Anda juga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya. Jika telah memahami kode ban, diharapkan tidak ada lagi kendaraan yang membawa beban melebihi kemampuan ban.

Selain itu juga tidak ada lagi kendaraan yang melaju dengan kecepatan yang melebih ketentuan dari ban. Dan bagi para modifikator, sebaiknya tidak menggunakan ban yang menyalahi aturan agar tidak menjadi penyebab kecelakaan yang bisa merugikan banyak pihak.
ban mobil

Ban tidak hanya memiliki kode khusus berwujud angka atau huruf, pabrikan juga memberikan tanda untuk mengetahui saatnya melakukan penggantian. Kode ini disebut Treadwear Indicator dan letaknya berada di ujung tepian ban, biasanya berbentuk segitiga.

Jika ketebalan ban sudah menyentuh tanda tersebut, maka sudah masuk waktunya untuk melakukan penggantian ban. Karena jika dibiarkan bisa menyebabkan ban sudah tidak memiliki traksi maksimal pada kendaraan dan bisa berujung kecelakaan. [Dew/Had]

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close