Business is booming.

Film Indonesia yang Penuh Tanda Tanya


Akhir yang dibuat dalam sebuah film bertujuan untuk membuat penonton ikut terbawa perasaan. Happy ending kebayakan membuat penonton merasa senang. Tak heran, kebanyakan penonton selalu mengharapkan ending yang membahagiakan.

Sementara sad ending tak banyak disukai penonton karena dapat menimbulkan perasaan sedih setelah menonton.

Namun, masih ada jenis ending yang biasanya lebih tak disukai penonton ketimbang sad ending. Yakni open ending atau akhir film yang menggantung. Penonton seakan diminta untuk menginterpretasi sendiri bagaimana akhir film tersebut. Dari deretan film Indonesia, inilah film Indonesia yang memiliki akhir menggantung.

BACA JUGA: 5 Film Pembunuhan Berantai Terbaik yang Terinspirasi dari Kejadian Nyata

1.

Ave Maryam (2018)

Love For Sale

Ave Maryam (2018) | id.bookmyshow.com

Ave Maryam adalah film yang ditulis, disutradarai dan diproduksi oleh Ertanto Robby Soediskam. Pada awalnya, film ini berjudul Salt is Leaving the Sea. Menceritakan hubungan terlarang antara suster atau biarawati bernama Maryam (Maudy Koesnaedi) dengan Romo Yosef (Chicco Jerikho).

Maryam yang merasa bersalah akhirnya melakukan pengakuan dosa. Tanpa sepengetahuan Maryam, ternyata Romo Yosef yang menerima pengakuan dosanya. Setelah itu, Maryam sudah tidak ada kabar lagi. Penonton menjadi penasaran dengan apa yang terjadi pada Maryam serta hubungannya dengan Romo Yosef.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Film Cinta Beda Agama Terbaik yang Romantis


2.

Love For Sale (2018)

Love For Sale

Love For Sale (2018) | www.google.com

Film ini disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf dan dirilis pada 15 Maret 2018. Dibintangi oleh Gading Marten dan Della Dartyan. Love For Sale menceritakan Richard yang bertemu dengan seorang gadis bernama Arini melalui situs kencan.

Richard terkesan dengan pemahaman Arini terhadap dirinya, dan benih-benih cinta mulai tumbuh. Richard akhirnya melamar Arini, tetap secara tiba-tiba Arini pergi dan tidak pernah kembali. Arini yang pergi tanpa jejak menimbulkan tanda tanya.

Bahkan sampai sekuel Love For Sale telah dirilis, penonton masih belum tahu apa maksud sikap Arini kepada Richard. Hal yang sama pun terjadi pada film Love For Sale 2.


3.

Hoax (2018)

Love For Sale

Hoax (2018) | www.google.com

Hoax merupakan film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah. Dirilis pertama kali pada tahun 2012 dengan judul Rumah dan Musim Hujan dengan durasi 98 menit, kemudian pada tahun 2018 kembali dirilis dengan judul Hoax berdurasi 80 menit.

Film ini bercerita tentang tiga bersaudara yang tinggal di Jogja bernama Raga, Ragil, dan Ade. Hal yang memebuat bingung terjadi pada cerita Ade. Setelah dia diperkosa oleh orang tidak dikenal dalam perjalanan pulang, di rumah dia kembali di teror dengan kehadiran ibunya, padahal sang ibu berkata bahwa dia belum bisa pulang.

Tetap setelah Ade memukul sosok tersebut, sosok tersebut betul seorang manusia. Sampai film berakhir, penonton masih belum menegetahui yang mana yang merupakan sosok asli ibunya.


4.

A Copy of My Mind (2015)

Love For Sale

A Copy of My Mind (2015) | www.cosmopolitan.co.id

Flm ini disutradarai oleh Joko Anwar, dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Tara Basro. Menceritakan kisah cinta Sari dan Alex yang kemudian terjerumus dan menjadi saksi dari kasus korupsi yang dilakukan Mirna.

Demi melindungi Sari, Alex sampai disiksa oleh anak buah Mirna. Mirna sempat mengirimkan ancaman kepada Sari untuk menemuinya jika ingin Alex selamat. Namun pesan itu tak terbaca oleh Sari, sejak saat itu Alex hilang dan tidak pernah terlihat lagi. Penoton dibuat penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi kepada Alex.


5.

Siti (2014)

Love For Sale

Siti (2014) | asianmoviepulse.com

Film Siti disutradarai oleh Eddie Cahyono, menceritakan tentang Siti, seorang perempuan penjual peyek jingking di Parangtritis sekaligus pemandu karaoke di malam hari. Setelah suaminya lumpuh dalam kecelakaan yang menenggelamkan kapal nelayannya, menjebak Siti dalam lilitan utang. Suaminya, Bagus, yang tak meneyukai Siti berkerja sebagai pemandu lagu selalu mendiamkannya dan tak mau bicara.

Di tempat karaoke, Siti bertemu dengan Gatot, seorang polisi yang menyukai dan ingin menikahi Siti. Saat Gatot melamar Siti, Siti sangat bingung dengan jawabannya. Tetapi pada akhirnya, Siti berkata pada suamnya jika dia ingin bercerai dan ada lelaki yang ingin menikahinya.

Suaminya mengizinkan, Siti menangis di pantai dan film selesai. Tidak ada yang tahu kabar dari suami Siti dan pilihan yang akan Siti ambil membuat penoton penasaran.


Artikel Lainnya