Film Horor Indonesia Berdasarkan Kisah Nyata

Film horor merupakan salah satu komoditas industri sinema yang memiliki segudang penikmat, tak terkecuali di Indonesia yang selalu memikat banyak penonton ketika dirilis. Ada ragam sumber yang diusung oleh berbagai judulnya, seperti beberapa film horor Indonesia berdasarkan kisah nyata berikut ini.

Ragam film horor Indonesia ini usung bermacam-macam kisah nyata sebagai basis di dalamnya. Baik yang berasal dari urban legend hingga yang diadaptasi menjadi cerita di platform populer lainnya, sebagian besar judul tersebut mampu memberikan ketakutan bagi para penontonnya.

BACA JUGA: Sorot Problema Korea, Ini 6 Judul dalam Seri Film Whispering Corridors yang Sangat Mencekam

5 Film Horor Indonesia Berdasarkan Kisah Nyata

Apa saja film-film horor Indonesia yang berdasarkan kisah nyata itu? Lihat dulu daftarnya berikut ini.

1.

Rumah Kentang (2012)


Rumah Kentang merupakan salah satu film horor Indonesia berdasarkan kisah nyata pertama dalam daftar ini. Dirilis pada 2012 lalu, film tersebut menampilkan kisah mengenai kakak-adik yang pindah ke satu rumah peninggalan keluarga mereka. Tak lama kemudian, keduanya diganggu dengan berbagai kejadian mistis, utamanya yang melibatkan kentang.

Film yang disutradarai oleh Jose Poernomo ini disebut-sebut berasal dari satu kisah nyata dari satu rumah di daerah Dharmawangsa. Menurut warga di sana, rumah tersebut merupakan tempat kejadian meninggalnya seorang anak kecil yang terjatuh di kuali perebus kentang. Hal itulah yang membuat rumahnya kerap tercium aroma kentang dan ditambah dengan tangisan anak kecil.

BACA JUGA: Ramai Squid Game, Ini 6 Film Asia Bertema Survival Games Wajib Tonton

2.

Rumah Gurita (2014)


Selain Rumah Kentang, Jose Poernomo juga menjadi sutradara dari Rumah Gurita yang dirilis pada 2014 lalu di bioskop. Filmnya sendiri berkisah tentang Selina, seorang gadis yang dapat melihat makhluk halus dan harus tinggal di rumah gurita tersebut dan membawanya ke berbagai pengalaman menyeramkan di sana.

Seperti sebelumnya, Rumah Gurita merupakan film horor Indonesia berdasarkan kisah nyata terkait rumah yang berlokasi di Bandung tersebut. Dengan ornamen guritanya yang berada di atap, banyak sekali urban legend terkait rumah yang dibangun pada 1980 silam itu, seperti tempat pemujaan setan hingga sekte seks bebas yang masih dipertanyakan kebenarannya sampai saat ini.

BACA JUGA: Film Horor Korea Terseram yang Pernah Ada, Mencekam Hingga Bikin Jejeritan

3.

Danur (2017)


Bagi pencinta horor lokal, Danur dianggap pula sebagai salah satu film horor Indonesia berdasarkan kisah nyata yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Risa Saraswati. Disutradarai oleh Awi Suryadi, film ini membawa cerita mengenai Risa yang bisa berkomunikasi dengan teman-teman tak kasat matanya dan rintangan yang ia alami ketika harus berhadapan dengan makhluk gaib berniatan jahat.

Layaknya versi novel, film Danur juga diambil dari kisah nyata Risa yang merupakan seorang indigo. Karena kelebihannya inilah, Risa dapat berkomunikasi dengan berbagai makhluk halus yang tidak dapat dilihat oleh sebagian besar orang.

4.

Keluarga Tak Kasat Mata (2017)


Pada tahun yang sama dengan Danur, ada film horor Indonesia berdasarkan kisah nyata yang dirilis di bioskop, yakni Keluarga Tak Kasat Mata. Diarahkan oleh Hedy Suryawan, film ini mengisahkan Genta dan teman-temannya yang mengalami berbagai kejadian mistis semenjak bekerja di salah satu perusahaan iklan di Yogyakarta.

Diadaptasi dari thread Kaskus sensasional di masanya, film ini menampilkan kisah nyata dari Bonaventura Genta yang dihadapkan pada berbagai kejadian mistis kala bekerja di kantor lamanya tersebut. Namun, versi filmnya kurang diterima baik oleh penikmat sinema yang dianggap merusak sumber aslinya.

5.

Jeritan Malam (2019)


Tidak hanya Keluarga Tak Kasat Mata, masih ada Jeritan Malam yang menjadi film horor Indonesia berdasarkan kisah nyata yang lebih dulu hadir dalam format thread Kaskus. Film arahan Rocky Soraya ini berkisah tentang Reza yang merantau ke Jawa Timur untuk bekerja. Namun, ketidakpercayaannya pada hal mistis membuatnya diganggu dan membawanya ke dalam petaka seumur hidup.

Jeritan Malam yang merupakan karya dari meta.morfosis ini mengambil kisah nyata dari salah satu sahabat dari penulis ketika bekerja di Banyuwangi, Jawa Timur. Termasuk mengenai perjanjian dengan setan yang merenggut nyawa orang-orang tersayangnya, membuat film ini bisa jadi tamparan keras bagi penonton untuk lebih berhati-hati dengan ragam hal, terutama terkait dengan hal-hal yang tak ia ketahui.

Artikel Lainnya

Sumber Berita

Pos terkait