Feed

Ekonomi kemarin, upaya jaga ketahanan pangan hingga soal fungsi APBN



Jakarta (ANTARA) – Lima berita pilihan bidang perekonomian kemarin masih menarik untuk dibaca hari ini Jumat, mulai dari peninjauan pompanisasi di Sulawesi Selatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai strategi menjaga ketahanan pangan, hingga soal peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam membangun infrastruktur nasional.

Berikut beritanya:

Presiden tinjau pompanisasi Sulsel, pastikan lumbung padi terlindungi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proses pemasangan 360 alat pompa di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis, sebagai langkah persiapan menjaga produktivitas petani menghadapi musim kemarau panjang.

“Yang sudah diproses di lapangan ada 360 pompa, yang kita harapkan pada saat di Sulsel kering panjang, panas, gelombang panas, tidak mengganggu produktivitas para petani,” kata Presiden Jokowi di sela peninjauan pompanisasi di Kabupaten Sinjai, Sulsel, Kamis.

Baca berita selengkapnya

Mentan upayakan percepatan penyediaan daging dan susu nasional

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengupayakan percepatan penyediaan daging dan susu nasional, dengan melibatkan pelaku usaha di bidang peternakan, khususnya peternak sapi, kambing, dan domba.

“Rencana besar kita adalah makan bergizi. Saatnya kita bergandengan tangan, bersinergi, berkolaborasi untuk dapat menggunakan momentum emas dengan memenuhi program presiden terpilih,” kata Mentan dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Baca berita selengkapnya

Ekonom nilai ada optimisme pasar terhadap penurunan suku bunga The Fed

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro menilai situasi pasar global saat ini cukup optimistis terhadap kemungkinan penurunan suku bunga Bank Sentral AS atau The Fed.

Hal ini tercermin dari indeks saham Asia yang ditutup lebih tinggi dengan Hang Seng yang naik 0,3 persen menjadi 18.028,3, dan Nikkei 225 naik 0,8 persen menjadi 40.913,7 karena para investor global dengan antusias menunggu kemungkinan penurunan suku bunga dari The Fed.

Baca berita selengkapnya

Pembahasan RUU EBET dengan DPR RI tinggal bahas Green RUPTL

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi mengungkapkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Energi Baru Energi Terbarukan (RUU EBET) bersama DPR RI tinggal membahas Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Green.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Eniya Listiani Dewi mengatakan bahwa pembahasan RUU EBET bersama DPR RI akan dilakukan pada pekan depan, kemungkinan pada Senin atau Selasa.

Baca berita selengkapnya

Sri Mulyani sebut APBN bantu bangun jalan tol 1.938 km dalam 10 tahun

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) telah mampu menciptakan penambahan jalan tol sepanjang 1.938 kilometer (km) dan jalan nasional non-tol sepanjang 4.574 km selama pembangunan 10 tahun terakhir.

“APBN juga mendukung penyediaan air baku dan irigasi untuk mendukung ketahanan pangan dan energi, telah didukung dengan pembangunan 37 bendungan, serta peningkatan pembangkit listrik sebesar 36,3 gigawatt (GW),” ujar Sri Mulyani dalam Penyampaian Keterangan Pemerintah Terhadap RUU tentang Pertanggungjawaban Atas Pelaksanaan APBN TA 2023, di Jakarta, Kamis.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed