Info

Ekonomi China Melambat pada Kuartal ke-3 2023

Ekonomi China melambat pada kuartal ketiga tahun ini, antara lain karena krisis di sektor properti yang terlilit utang di negara tersebut.

Angka-angka yang dirilis hari Rabu oleh biro statistik pemerintah menunjukkan ekonomi terbesar kedua dunia ini tumbuh 4,9 persen antara Juli dan September dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan itu masih lebih baik daripada 4,5 persen yang diperkirakan sebagian besar analis, tetapi jauh di bawah pertumbuhan 6,3 persen pada periode tiga bulan sebelumnya.

Data juga menunjukkan bahwa produk domestik bruto China tumbuh 1,3 persen selama kuartal ketiga, dibandingkan dengan 0,8 persen pada periode April hingga Juni tahun ini.

Produk industri China, yang mengukur aktivitas dalam sektor manufaktur, pertambangan serta listrik, air dan gas, naik 4,5 persen pada bulan September dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022, sedangkan penjualan ritel tumbuh 5,5 persen bulan lalu dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pemulihan pascapandemi China belum berlangsung seperti yang diharapkan setelah pihak berwenang mengakhiri kebijakan “nol-COVID’ akhir tahun lalu. Pemulihan yang lambat ini diperburuk oleh kemungkinan gagal membayar bunga dari pinjaman $15 juta oleh perusahaan pengembang real estat Country Garden. [uh/ab]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed