Feed

ECB Tak Perlu Batasi Permintaan untuk Kendalikan Inflasi


Mark Schroers dan Alexander Weber – Bloomberg News

Bloomberg Technoz, Jakarta – Bank Sentral Eropa (ECB) tidak perlu mengekang permintaan lebih lanjut dalam upayanya untuk mendapatkan kembali kendali atas inflasi, kata anggota Dewan Eksekutif Piero Cipollone–yang mengisyaratkan bahwa suku bunga tidak perlu dinaikkan.

Dalam pidato publik pertamanya mengenai kebijakan moneter sejak menjabat pada November, pejabat Italia ini juga menyarankan agar ekonomi zona euro yang sedang berjuang dapat bangkit kembali tanpa harga-harga ikut naik.

“Dengan permintaan yang masih lemah dan ekspektasi inflasi yang tertahan, tidak ada kebutuhan untuk kebijakan moneter untuk menghasilkan kelonggaran lebih lanjut untuk menjaga inflasi tetap terkendali,” kata Cipollone pada Senin di Brussels. “Melonggarnya guncangan pasokan menciptakan ruang bagi permintaan untuk pulih tanpa memicu inflasi.”

Sebagian besar pembuat kebijakan mengisyaratkan bahwa suku bunga mungkin akan diturunkan pada April atau Juni seiring dengan meredanya inflasi. Jadwal ini bergantung pada kapan target 2% untuk harga tercapai, dengan ECB memperkirakan bahwa hal itu tidak akan terjadi sampai tahun depan.

ECB Rate (Dok: Bloomberg)





Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed