Connect with us

INDONESIA

Dua guru yang terbunuh di Beoga Papua menerima Penghargaan Pendidikan

Dua guru yang terbunuh di Beoga Papua menerima Penghargaan Pendidikan


Jayapura, Papua (ANTARA) – Perwakilan Yonathan Renden dan Oktovianus Rayo, dua guru, baru-baru ini ditembak mati oleh beberapa teroris separatis bersenjata Papua di Kecamatan Beoga, Kabupaten Puncak, menerima Penghargaan Pendidikan 2021 dari Pemprov Papua pada Minggu malam.

Penghargaan yang dianugerahkan oleh Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Papua untuk menghormati dedikasi para guru yang gugur dalam mendidik anak-anak Papua di daerah pegunungan terpencil diterima oleh perwakilan dari keluarga guru yang terbunuh.

Pelecehan dan pembunuhan guru harus dihentikan berulang kali di masa depan, Sekretaris Pemerintah Provinsi Papua Yulian Dance Flassy memberi tahu wartawan setelah menghadiri acara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Flassy berpendapat bahwa setiap tindak kekerasan yang mematikan terhadap guru di Papua telah berdampak parah pada kegiatan belajar mengajar di tengah kekurangan guru di daerah pegunungan di provinsi tersebut.

Sekretaris itu mengecam penembakan maut kedua guru yang terjadi di Kecamatan Beoga, Kabupaten Puncak, pada 8-9 April 2021.

Flassy pun optimistis pemerintah memperhatikan permintaan pasangan dua guru yang terbunuh ini untuk diangkat menjadi guru agar bisa melanjutkan dedikasi suami untuk mendidik anak-anak Papua di daerah pegunungan terpencil itu.

Selama beberapa tahun terakhir, kelompok bersenjata Papua sering melakukan taktik tabrak lari terhadap aparat keamanan Indonesia dan melakukan aksi teror terhadap warga sipil di Kabupaten Intan Jaya, Nduga, dan Puncak untuk menanamkan rasa takut di antara masyarakat.

Sasaran teror yang terjadi belakangan ini antara lain pekerja bangunan, tukang ojek, guru, pelajar, pedagang kaki lima, hingga pesawat sipil.

Rayo ditembak oleh beberapa teroris separatis bersenjata saat penyerangan di Desa Julukoma, Kecamatan Beoga, Kabupaten Puncak, pada 8 April 2021.

Saat itu, pemberontak terkenal itu melepaskan tembakan ke sebuah kios, dan peluru menghantam Rayo. Penembakan tersebut mengakibatkan kematian guru SD negeri Beoga ini.

Setelah membunuh Rayo, penyerang bersenjata membakar tiga ruang kelas di SMA negeri Beoga.

Pada 9 April 2021, separatis bersenjata kembali menembak mati guru lain, Yonathan Renden, di dada.

Dua hari kemudian, sembilan ruang kelas di SMP Negeri Beoga dibakar oleh sekelompok bersenjata.

Hampir empat hari kemudian, Ali Mom, siswa SMA Negeri Ilaga di Kecamatan Beoga, dibunuh secara brutal oleh penyerang bersenjata.

Pada 25 April 2021, separatis Papua yang beroperasi di Beoga menyergap Kepala Badan Intelijen Negara (Papua) I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dan beberapa aparat keamanan saat berkunjung ke Desa Dambet.

Berita Terkait: PT Telkom Desak Selesaikan Masalah Koneksi Internet di Papua: Pemerintah

Berita Terkait: Pusat informasi LIPI Papua berfungsi sebagai tempat penyimpanan data

DIEDIT OLEH INE

Advertisement
Click to comment

INDONESIA

BANDAI NAMCO Group menggelar proyek keberlanjutan bertenaga “GUNDAM” “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA)”

BANDAI NAMCO Group menggelar proyek keberlanjutan bertenaga “GUNDAM” “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA)”


AsiaNet 90127
Tokyo, 17 Juni 2021 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) –

– Ide dan Teknologi Baru untuk Menyelesaikan Masalah Kemasyarakatan melalui “GUNDAM Open Innovation” –

Grup BANDAI NAMCO telah menetapkan kebijakan keberlanjutan (*1) yang, bersama dengan para penggemarnya, mempromosikan kegiatan untuk mewujudkan masyarakat jangka panjang dan berkelanjutan dengan memanfaatkan strategi poros IP inti.

Logo: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI1fl_qQ5z1e68.png

Melalui proyek transversal Grup BANDAI NAMCO, “Proyek GUNDAM,” yang dipelopori oleh Chief GUNDAM Officer (*2), Grup telah memulai “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA),” sebuah proyek keberlanjutan menggunakan merek “GUNDAM” . Sebagai bagian dari inisiatif ini, akan diluncurkan “Inovasi Terbuka GUNDAM” di mana ide-ide dan teknologi baru dapat bersatu untuk menghadapi berbagai masalah sosial yang berasal dari populasi manusia dan lingkungan.

– Apa itu “GUNDAM UNIVERSAL CENTURY DEVELOPMENT ACTION (GUDA)”?

Gambar1: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI2fl_c1TiW5T7.jpg

Lebih dari 40 tahun yang lalu, serial “GUNDAM” telah membawa perhatian global ke keadaan genting Bumi dan lingkungannya, yang dilambangkan dengan era baru fiktif yang dikenal sebagai “Abad Universal” yang menandai dimulainya emigrasi luar angkasa dalam cerita tersebut. . Tema yang mendasari “GUNDAM” adalah bagaimana umat manusia menghadapi batas-batas ruang yang luas, bukan sebagai individu, tetapi sebagai seluruh ras.

BANDAI NAMCO Group percaya bahwa pesan yang diangkat dalam “GUNDAM” yang menyentuh populasi manusia dan lingkungan bergema dengan banyak kekhawatiran saat ini. Oleh karena itu, Grup akan mengambil tindakan untuk anak-anak masa depan saat bekerja dengan penggemar dan mitra eksternal dalam mewujudkan dunia yang lebih baik dengan belajar dari era fiksi di GUNDAM dalam persiapan untuk “Abad Universal” di dunia nyata.

Memimpin inisiatif ini, BANDAI NAMCO Holdings, BANDAI SPIRITS, BANDAI NAMCO Amusement, dan BANDAI LOGIPAL bersama-sama meluncurkan “Proyek Daur Ulang Gunpla” pada April 2021. Proyek ini berupaya mengumpulkan para penggemar pelari kosong yang tersisa setelah membangun model Gunpla, dan mendaur ulang mereka menjadi produk model plastik baru dengan menggunakan teknologi daur ulang kimia terbaru. Dengan bantuan para penggemarnya, perusahaan Grup BANDAI NAMCO berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan.

– Ide dan teknologi baru untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi populasi manusia dan lingkungan melalui proyek baru “Inovasi Terbuka GUNDAM”.

Gambar2: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI3fl_4J86Y5Kp.png

Kembali pada tahun 2018 dan 2019, BANDAI NAMCO Group meluncurkan BANDAI NAMCO Accelerator untuk mengumpulkan ide-ide bisnis yang tidak terikat pada model bisnis konvensional dan akal sehat dalam upaya membawa perubahan yang dapat membawa Grup ke tingkat berikutnya.

BANDAI NAMCO Accelerator telah mengambil bentuk baru, dan akan diluncurkan baru sebagai inisiatif berikutnya untuk GUDA dengan nama proyek, “GUNDAM Open Innovation.” Proyek “GUNDAM Open Innovation” berupaya mengumpulkan ide dan teknologi baru dari penggemar dan mitra eksternal di seluruh dunia dalam upaya mengatasi masalah yang berasal dari populasi manusia dan lingkungan dengan menggunakan merek “GUNDAM”.

Desember lalu, Grup membuka untuk umum patung GUNDAM bergerak skala penuh setinggi 18 meter di GUNDAM FACTORY YOKOHAMA. Hal ini disebabkan oleh berbagai upaya dari mereka yang terlibat, dan dari keinginan untuk melihat gerakan GUNDAM yang nyata dan berskala penuh dalam kehidupan nyata. Dengan cara yang sama, Grup percaya bahwa ia dapat mewujudkan konsep-konsep yang belum pernah terlihat sebelumnya dengan mengumpulkan dan menerapkan ide-ide yang terinspirasi dari dunia fiksi “GUNDAM.”

BANDAI NAMCO Group akan mengumumkan rincian lebih lanjut tentang proyeknya nanti di situs resminya. Ia berharap dapat melihat komentar dan ide semua orang dari seluruh dunia.

Situs web resmi “GUNDAM Open Innovation”: http://www.bandainamco.co.jp/guda/goi/en

Catatan:

(*1) Untuk rincian kebijakan keberlanjutan Grup BANDAI NAMCO, silakan lihat siaran pers tertanggal 16 April.

https://www.bandainamco.co.jp/cgi-bin/releases/index.cgi/en/press/10271?entry_id=7157

(*2) Apa itu Chief GUNDAM Officer?

Peran Chief GUNDAM Officer didirikan pada tahun 2003 untuk mengawasi bisnis GUNDAM dari BANDAI NAMCO Group. Saat ini, peran tersebut dipegang oleh Koji Fujiwara, Corporate Managing Director BANDAI NAMCO Entertainment Inc.

*Informasi di sini mewakili informasi sesuai dengan tanggal siaran pers. Informasi dapat diperbarui tanpa pemberitahuan setelah rilis.

Jalur Hukum: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M106357/202106156264/_prw_PI4fl_l31s6Tu4.jpg

Sumber: BANDAI NAMCO Entertainment Inc.

Continue Reading

INDONESIA

Gojek lakukan vaksinasi besar-besaran di 29 kota

Gojek lakukan vaksinasi besar-besaran di 29 kota


Kami menemukan bahwa faktor pemicu rasa aman masyarakat, ketika diharuskan bepergian, adalah status vaksinasi pengemudi transportasi.

Jakarta (ANTARA) –
Platform on-demand Indonesia Gojek mengatakan telah meluncurkan program vaksinasi COVID-19 untuk mitra pengemudi di 29 kota dan kabupaten untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mitra serta pelanggan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di sini pada hari Kamis, perusahaan mengatakan bahwa upaya vaksinasinya adalah yang terbesar di antara perusahaan transportasi online dan merupakan bagian dari komitmennya untuk memastikan standar kesehatan, keselamatan, dan kebersihan tertinggi.

Meski kasus virus corona terus meningkat di Indonesia, ada peningkatan aktivitas masyarakat di luar rumah, dan ini meningkatkan risiko penyebaran COVID-19 lebih lanjut, menurut Chief Transport Officer Gojek, Raditya Wibowo.

“Untuk itu, selama kurang lebih empat bulan terakhir, kami terus mengoptimalkan program vaksinasi untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan mitra pengemudi dan pelanggan Gojek kami di jalan,” kata Wibowo.

Perusahaan juga telah meluncurkan fitur dalam aplikasinya yang memungkinkan penumpang untuk memeriksa status vaksinasi mitra pengemudi yang ditunjuk. Fitur ini tersedia di versi terbaru aplikasi, katanya.

Gojek terus bekerja sama dengan beberapa pihak, antara lain Halodoc, pemerintah pusat dan daerah, serta otoritas terkait lainnya untuk mempercepat vaksinasi seluruh mitra di Indonesia, tambahnya.

Sementara itu, Direktur Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani memuji langkah yang dilakukan Gojek dan menjuluki program vaksinasi yang telah menjangkau 29 wilayah dalam kurun waktu kurang dari empat bulan sebagai “prestasi luar biasa”.

“Saya optimis jika semua pelaku lintas sektor berkontribusi untuk mempercepat program vaksinasi pemerintah, seperti yang telah dilakukan Gojek, kita akan segera pulih dari pandemi COVID-19,” ujarnya.

Menurut Direktur Pusat Kebijakan dan Manajemen Publik Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung, Yudo Anggoro, program vaksinasi menjadi fokus banyak pihak karena tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan masyarakat, tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang perlu melakukan aktivitas di luar rumah rasa aman yang lebih besar.

“Khususnya di sektor transportasi, kami menemukan bahwa faktor pemicu rasa aman masyarakat ketika harus bepergian adalah status vaksinasi pengemudi transportasi. Hal ini tentunya merupakan hasil dari upaya bersama antara pemerintah dan pihak swasta (pemain), seperti Gojek, yang terus memperluas program vaksinasi sesuai bidang dan industri masing-masing,” ujarnya. (INF)

Berita Terkait: Pemerintah jamin vaksin COVID-19 gratis untuk semua

Berita Terkait: 31 juta dosis vaksin COVID-19 diberikan di Indonesia: menteri

Continue Reading

INDONESIA

Wapres Minta Menkeu Konsolidasi Dana Pembangunan Papua

Wapres Minta Menkeu Konsolidasi Dana Pembangunan Papua


Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk segera memperkuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna mempercepat pembangunan di Provinsi Papua.Amin telah memanggil Indrawati ke rumah dinasnya di Jakarta untuk membahas anggaran, kata Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi di Jakarta, Kamis.

“Dana pembangunan Papua ada di berbagai kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian. Itu yang harus kita konsolidasikan. Dalam konteks konsolidasi, wakil presiden memanggil menteri keuangan,” tambahnya.

Dia mengatakan, Amin sedang mengupayakan agar proses pembangunan di Papua segera dimulai, oleh karena itu mendesak Presiden Joko Widodo untuk menggelar rapat terbatas guna membahas hal tersebut.

“Dalam waktu dekat, akhir Juni atau awal Juli, Wapres sudah mengusulkan rapat terbatas kepada Presiden untuk memantapkan dan mempercepat pembangunan di Papua dengan menggunakan dana APBN,” kata Baidlowi.

Amin sebelumnya telah memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD, untuk membahas kondisi keamanan di Papua.

Dalam pertemuan tersebut, dia menekankan perlunya memperbaiki situasi keamanan di Papua agar percepatan pembangunan di wilayah tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Wapres juga menyampaikan kepada menteri bahwa program peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua perlu dipercepat tanpa ditunda-tunda. (IN)
Berita Terkait: Pemerintah bersandar pada agenda pembangunan untuk mendorong otonomi Papua
Berita Terkait: Wapres cari cetak biru baru pembangunan Papua, Papua Barat

DIEDIT OLEH INE

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close