Lifestyle

Domba Merumput di Taman London untuk Dukung Keanekaragaman Hayati

Ada pemandangan tidak biasa di Taman Hampstead Heath. Di sana, ada lima ekor domba yang dipekerjakan sebagai pemotong rumput untuk mendukung keanekaragaman hayati. Kehadiran domba-domba itu konon ditujukan untuk membantu melestarikan habitat alami semut, yang merupakan makanan favorit burung pelatuk hijau.

Jonathan Meares, manajer konservasi Ruang Terbuka Kota London, yang mengoperasikan taman-taman umum, hewan pemakan rumput ini sangat tepat untuk menjalankan tugas ini. Ia mengatakan, mesin pemotong rumput akan merusak sarang semut, sementara domba melestarikannya.

“Anda tidak bisa melihatnya secara nyata, tapi ada banyak bukit semut padang rumput kuning tua dan besar yang tertanam di semua ini, ditutupi oleh semua tumbuh-tumbuhan. Bukit-bukit semut adalah makanan favorit burung pelatuk hijau. Jadi, ini cerita yang bagus dalam kaitannya dengan rantai makanan. Jadi burung pelatuk hijau jelas tinggal di kawasan tersebut, memakan semut. Jadi dalam hal konservasi, mereka ada di sini untuk melakukan pekerjaan yang sangat spesifik,” jelasnya.

Seekor domba Norfolk Horn tengah merumput di Hampstead Heath, London, 27 Agustus 2019. (Kirsty O’Connor/PA via AP)

Hingga pertengahan abad terakhir, Hampstead Heath sebetulnya dikenal sebagai tempat domba berkeliaran. Dulunya taman tersebut merupakan tempat pemberhentian para penggembala dalam perjalanan mereka ke pasar London. Namun, sejak mesin pemotong rumput diperkenalkan, hewan itu hampir tidak pernah dibiarkan berkeliaran di sana.

Tom Davis, pemilik rumah peternakan Mudchute, dari mana domba-domba itu berasal, mengatakan bahwa domba-dombanya senang berada di Hampstead Heath.

“Dengan banyaknya spesies dan keragaman tanaman dan rerumputan di sekitarnya, rasanya mungkin seperti makan salad campur tanpa saus. Jadi merupakan hal yang menyenangkan bagi mereka untuk memakannya. Dan Anda akan melihat mereka akan mengambil sedikit dari ini dan sedikit dari itu karena semua tanaman mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang berbeda. Jadi itulah sebabnya Anda akan menemukan domba-domba berkeliaran dan mereka akan duduk dan mencernanya lalu bangkit kembali dan mulai lagi,” komentarnya.

Apa yang dilakukan di Hampstead Heath baru eksperimen. Jika berhasil, taman-taman umum lain di London atau kota-kota lain di Inggris kemungkinan juga akan memperkerjakan domba untuk memangkas rumput. [ab/lt]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed