Feed

Doa dan Tumpengan Masyararakat Pinggir Hutan dan Relawan Ganjar-Mahfud

BuzzFeed – Relawan Capres- Cawapres no urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD di Jawa Timur menggelar doa bersama dan selamatan di Jember, untuk pasangan calon Presiden dan wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Kegiatan itu dilakukan oleh Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR) Kabupaten Jember, Relawan Gerak Ganjar Mahfud Kabupaten Jember dan DPD Seknas Jokowi Kabupaten Jember di Dusun Kulon Gumuk, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Rabu (03/01/2024).

Doa bersama dan selamatan diakhiri dengan tumpengan itu dilakukan di Posko Kelompok Tani Perjuangan Curahnongko, dengan dihadiri warga sekitar.

“Kegiatan ini untuk mendoakan Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD, agar tetap sehat dan kuat,” kata Juari, Ketua Kelompok Tani Perjuangan Curahnongko yang merupakan tuan rumah acara.

Juari mengungkapkan bahwa para warga di kawasan desa Curahnongko Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember yang selama ini menuntut hak redistribusi tanah seluas 332 hektar yang selama ini berkonflik dengan perusahaan BUMN PTPN XII berharap di masa pemerintahan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kelak apabila ditakdirkan memimpin Indonesia permasalahan tanah Curahnongko ini bisa diselesaikan.

“Kami sudah mengupayakan proses penyelesaian kasus tanah Curahnongko ini dari masa ke masa pemerintahan presiden di Indonesia, termasuk di era pemerintahan presiden Jokowi, tapi sampai saat ini masih belum ada titik terang terkait penyelesaian permasalahan tanah di desa Curahnongko ini,” ungkap Juari.

“Kami semua sudah sepakat untuk menjalankan hak pilih kami dan menyalurkan hak pilih kami kepada capres dan cawapres no urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang paham akan problematika konflik agraria dalam Pemilihan Presiden Tanggal 14 Februari 2024 nanti,” tegasnya.

RBPR, Relawan Gerak Ganjar Mahfud dan Seknas Jokowi adalah organ non-partai politik pendukung Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud. Dukungan RBPR, Relawan Gerak Ganjar Mahfud dan Seknas Jokowi diberikan dengan menyosialisasikan dan program-program kerja pasangan capres-cawapres no urut 3 Ganjar-Mahfud di masyarakat melalui metode canvasing door to door.

Wakil Ketua DPD Seknas Jokowi kabupaten Jember, Suryantari Maviarini, yang juga Koordinator Posko Perhutanan Sosial mengatakan, pihaknya telah banyak melakukan aktivitas pendampingan masyarakat melalui posko perhutanan sosial.

“Setelah kami bergerak di Madiun dan Lumajang, kami juga bergerak untuk melakukan sosialisasi program perhutanan sosial sekaligus membuka posko perhutanan sosial di Kabupaten Jember,” katanya.

“Posko-posko perhutanan sosial difungsikan untuk memberi pengertian tentang pemanfaatan hutan. Termasuk juga pedoman memperoleh Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) selama 35 tahun” ungkapnya.

RBPR, Relawan Gerak Ganjar Mahfud dan Seknas Jokowi mendoakan agar capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bisa memperhatikan masyarakat pinggiran seperti di Desa Curahnongko Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember yang sampai saat ini ada problem sengketa agraria antara masyarakat dengan perusahaan BUMN PTPN XII.

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed