Connect with us

HEADLINE

Ditahan Spezia, Parma Perpanjang Puasa Kemenangan

Ditahan Spezia, Parma Perpanjang Puasa Kemenangan


EMMANUEL Gyasi mengemas dua gol untuk membawa Spezia menahan imbang tamunya Parma 2-2 dan sekaligus memperpanjang catatan tanpa kemenangan Parma, pada pertandingan Liga Italia di Stadion Alberto Picco, Spezia, Sabtu (27/2).

Tim tamu sempat terlihat akan mengakhiri puasa kemenangan sejak November tahun lalu berkat dua gol dari Yann Karamoh pada menit ke-17 dan Hernani pada menit ke-25. Namun dua gol Gyasi pada menit ke-52 dan 72 memaksa laga berakhir imbang.

Satu poin untuk kedua tim tidak mengubah posisi kedua klub dalam klasemen Liga Italia. Spezia tetap posisi ke-16 tapi kini dengan 25 poin, sedangkan Parma tetap posisi ke-19 dengan 15 poin.

Spezia mengambil inisiatif serangan namun justru Parma yang memecah kebuntuan. 

Karamoh berlari cepat di sisi kanan untuk bergerak memotong melewati Simone Bastoni, dan kemudian melepaskan tembakan kaki kiri keras dari sudut sulit yang berbuah gol.

Kiper Spezia Ivan Provedel mampu menahan sepakan Valentin Mihaila dari pergerakan serupa, dan Parma menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas Juan Brunetta yang diteruskan Hernani untuk kembali membobol gawang tuan rumah.

Daniele Verde menggantikan Riccardo Saponara yang cedera dan dia segera merepotkan kiper Luigi Sepe saat bermanuver. Kemudian Giulio Maggiore membobol gawang Parma dengan sundulan akuratnya, namun gol itu tidak disahkan karena Bastoni berada dalam posisi offside sebelum mengirimkan umpan silang.

Tuan rumah baru mengemas gol balasan setelah turun minum. Maggiore mengontrol bola di sisi kanan, bergerak ke depan, dan mengirimkan umpan silang yang disambar Gyasi menjadi gol.

Mihaila berusaha merestorasi keunggulan dua gol Parma, melalui tembakan kerasnya yang dapat ditahan Provedel. Namun setelah itu Parma lebih banyak ditekan.

Upaya keras Spezia akhirnya menuai hasil. Sepakan voli M’Bala Nzola berhasil dihalau namun pergerakan serangan Spezia berlanjut dan Verde mengirimkan bola mendatar dari sisi kiri yang dengan mudah disambar oleh Gyasi.

Parma sempat mencatat peluang bagus merestorasi keunggulan. Namun kiper Provedel mampu memblok tendangan bebas Juraj Kucka menjelang laga usai.

Pada pertandingan berikutnya yang akan dimainkan Kamis pekan depan, Parma akan kedatangan pemuncak klasemen Inter Milan. Sedangkan Spezia melawat ke Juventus Selasa pekan depan. (OL-8)


$("div.lazy").lazyload(effect : "fadeIn");// effectTime: 2000 untuk dipasang sebagai background / div );

/*SLIDER GALLERY*/ $(function() $('.bxslider2').bxSlider( mode: 'horizontal', speed: 1500, auto: true, captions: true, slideWidth: 1000, stopAutoOnClick: true ); );

$(function() $('.bxslider3').bxSlider( mode: 'horizontal', speed: 1500, auto: true, captions: true, slideWidth: 1000, stopAutoOnClick: true ); );

/*SLIDER HEADLINE*/ $(function() $('.bxslider').bxSlider( mode: 'horizontal', speed: 1500, captions: true, slideWidth: 1000, touchEnabled: false, stopAutoOnClick: true ); );

/*LAZY LOAD*/ $(function() $ds = $('.fadein div'); $ds.hide().eq(0).show(); setInterval(function() $ds.filter(':visible').fadeOut(function() var $div = $(this).next('div'); if ( $div.length == 0 ) $ds.eq(0).fadeIn(); else $div.fadeIn();

); , 7000); );

$('#x').on('click', function(e) $('#container').remove(); );

$(function() $(window).scroll(function() if($(this).scrollTop()>400) $('#Back-to-top').fadeIn(); else $('#Back-to-top').fadeOut();); $('#Back-to-top').click(function() $('body,html') .animate(scrollTop:0,300) .animate(scrollTop:40,200) .animate(scrollTop:0,130) .animate(scrollTop:15,100) .animate(scrollTop:0,70); ); );

(function(d, s, id) var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "https://connect.facebook.net/en_GB/sdk.js#xfbml=1&version=v2.0"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);

(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

});





Source link

Advertisement
Click to comment

HEADLINE

Melimpah Ruah Energi Panas Bumi Indonesia, Nomor 2 Terbesar di Dunia

Melimpah Ruah Energi Panas Bumi Indonesia, Nomor 2 Terbesar di Dunia


PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) yang oleh pemerintah diberikan mandat sebagai penggarap dalam pengembangan panas bumi, berkomitmen penuh untuk meningkatkan kapasitas terpasang energi panas bumi untuk pembangkitan listrik di Indonesia.

Dalam mendukung pengembangan energi panas bumi, PT Pertamina (Persero) sebagai induk perusahaan PGE menempatkan geothermal dalam salah satu prioritas strategis dalam pengembangan energi masa depan yang berkelanjutan. Secara umum, sekitar 88 persen kapasitas terpasang panas bumi untuk pembangkitan listrik di Indonesia berada di Wilayah Kerja PGE.

Secara definisi, energi panas bumi (energi geothermal) adalah energi yang dihasilkan oleh panas yang tersimpan di dalam bumi. Ketimbang bahan bakar fosil, panas bumi merupakan sumber energi bersih dan hanya melepaskan sedikit emisi gas rumah kaca. Dan, Salah satu pemanfaatan enegi panas bumi adalah untuk menghasilkan energi listrik.

Pemanfaatan energi panas bumi untuk pembangkitan listrik secara garis besar dilakukan dengan ekstraksi panas dan tekanan uap yang ada di perut bumi digunakan untuk memutar turbin, sehingga dapat dikonversikan menjadi energi listrik.

Indonesia dengan bekal total kapasitas terpasang panas bumi sebesar 2,1 Gigawatt (GW), saat ini berada di posisi ke-2 di dunia, tepat di bawah Amerika Serikat yang memiliki total kapasitas terpasang panas bumi 3,7 GW.

Potensi geothermal dunia

info gambar

Potensi besar energi panas bumi di Indonesia

Kontribusi PGE dalam pencapaian ini termasuk yang paling besar secara badan usaha tunggal, dengan kapasitas terpasang sebesar 672 MW, disusul Star Energy Geothermal Salak sebesar 377 MW, Sarulla Operations Ltd 330 MW, Star Energy Geothermal Darajat II Ltd 271 MW, Star Energy Geothermal 227 MW, Geo Dipa Energi 115 MW, dan PLN 13 MW.

Pertamina yang kemudian dilanjutkan oleh PGE, juga merupakan pionir pengembangan panas bumi di Indonesia sejak 1974, yang salah satu operasinya ada di wilayah Kamojang, Jawa Barat, yang telah beroperasi sejak tahun 1983 atau telah berjalan selama 38 tahun dengan kapasitas terpasang saat ini yang mencapai 235 MW, dan terus akan ditingkatkan.

Komitmen PGE dalam mengembangkan energi bersih panas bumi dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di samping mandat untuk memberikan keuntungan yang terbaik bagi Pertamina.

Dari 351 titik potensial energi panas bumi di Indonesia, saat ini PGE mengelola 15 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dengan total kapasitas terpasang sebesar 672 MW yang dioperasikan sendiri (own operation).

Kapasitas 672 MW itu tersebar di beberapa area operasi, yakni:

  • Area Kamojang (Jawa Barat) 235 MW,
  • Area Ulubelu (Lampung) 220 MW,
  • Area Lahendong (Sulawesi Utara) 120 MW,
  • Area Lumut Balai (Sumatera Selatan) 55 MW,
  • Area Karaha (Jawa Barat) 30 MW, dan
  • Area Sibayak (Sumatera Utara) 12 MW,

Selain kapasitas terpasang yang dioperasikan sendiri, PGE juga mempunyai 1.205 MW yang dijalankan secara joint operation contract (JOC). Terdiri dari 3 JOC di Jawa Barat bersama Star Energy di Lapangan Wayang Windu, Darajat dan Gunung Salak, serta 1 JOC yang dilaksanakan oleh Sarulla Operation Ltd. di Lapangan Sarulla Sumatera Utara.

Jika diakumulasikan baik melalui pengelolaan sendiri atau JOC, maka kapasitas instalasi yang dioperasikan PGE hingga saat ini mencapai 1.877 MW.

Tentunya sebagai garda terdepan dalam pengembangan panas bumi di Indonesia, kontribusi PGE bakal ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang melalui beberapa proyek yang sedang dilaksanakan, di antaranya proyek panas bumi di Lumut Balai Unit 2 di Sumatera Selatan, Hululais dan Hululais Extention (Bukit Daun) di Bengkulu, dan Sungai Penuh (Jambi).

Dikembangkan dengan konsep bersih dan transparan

PGE pun meyakini bahwa implementasi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) akan mendorong pelaksanaan bisnis yang beretika dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kejelasan komitmen, aturan main, dan praktik-praktik penyelengaraan perusahaan yang baik dan beretika akan mendorong peningkatan kinerja dan memberikan nilai tambah bagi para pengambil kebijakan.

Secara garis besar, manfaat implementasi SMAP (system manajemen anti penyuapan) pada sistem PGE antara lain adalah:

  • Proses bisnis lebih efisien,
  • Peningkatan Good Corporate Governance (GCG) & Citra Perusahaan,
  • Memberikan kepercayaan investor & pelanggan, dan
  • Produk PGE sesuai kebutuhan pelanggan.

Adapun, rencana komitmen investasi yang akan dikucurkan PGE untuk pengembangan panas bumi hingga tahun 2024 diestimasikan mencapai 1,1 miliar dolar AS.

Ini menandakan potensi Indonesia terkait energi terbarukan menjadi sangat positif, dan sudah barang tentu bakal berdampak bagi hajat hidup orang banyak jika dikelola secara baik dan bertanggung jawab.





Source link

Continue Reading

HEADLINE

Merah Putih Berkibar pada Jet Tempur KF-21 Boremae

Merah Putih Berkibar pada Jet Tempur KF-21 Boremae


Korea Selatan resmi menamai pesawat tempur Korea Aircraft Industries (KAI) KF-X sebagai KF-21 Boramae (Young Hawk). Satu hal yang mengesankan bagi Indonesia adalah, akhirnya bendera Merah Putih terpampang bersama bendera Korea Selatan di badan prototipe jet tempur ini.

Melansir cnbcindonesia.com, Indonesia mulanya memang bekerja sama dengan Korsel di proyek Pesawat KF-21 Boramae ini, tapi belakangan menggantung tak ada kejelasan. Dukungan Indonesia pada proyek ini sempat mandek karena pihak Indonesia belum melunasi biaya pengembangan jet tempur.

Meski begitu, saat peluncurannya, Menhan Prabowo Subianto Djojohadikusumo menyempatkan hadir dan melihat langsung wujud asli pesawat itu Pada Jumat, (09/04/2021) waktu setempat.

Korea Selatan tetap ingin bermitra dengan Indonesia

Prototipe Jet Tempur Korsel, KF-21 Baromae

info gambar

Korea Selatan sendiri nyatanya masih menaruh harapan besar kepada Indonesia, untuk tetap menjalin kerjasama dalam proyek jet tempur bersama Korea Fighter Experimental (KF-X)/Indonesian Fighter Experimental (IF-X) yang diteken Korea Indonesia sejak 2010 tersebut. Pemerintah Korsel sudah mempunyai rencana jangka panjang dalam pengembangan jet tempur ini.

Melansir ainonline.com, secara resmi Korea berharap Indonesia tetap menjadi mitra. “Saya yakin kunjungan Menteri Prabowo untuk upacara peluncuran KF-X berarti komitmen kuat Indonesia untuk keberhasilan kerja sama pertahanan antara kedua negara,” ungkap Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, kepada media.

Proyek KFX-IFX dengan Korsel dilanjutkan

Prabowo dan Suh Wook tingkatkan kerja sama

info gambar

Sehari sebelum peluncuran, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Wook di Seoul, Korea Selatan, Kamis (08/04). Kompas.commerilis beritanya. Disebut, Prabowo bertemu Suh Wook guna meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan.

“Dalam acara yang berlangsung sangat hangat ini, kedua negara sepakat mempererat kerjasama militer yang selama ini sudah berjalan dengan baik,” demikian keterangan tertulis Kementerian Pertahanan RI terkait pertemuan Prabowo dan Suh Wook.

Peluncuran prototipe adalah langkah besar dalam proses pengembangan pesawat tempur. Dengan begitu, fase pengujian pesawat tempur akan berlanjut. KF-21 Boramae memiliki muatan maksimum 7.700 kilogram.

Jet tempur ini juga memiliki “jeroan” yang mumpuni. Rudal udara-ke-udara dan senjata lainnya yang berada dalam 10 pod, mampu terbang pada kecepatan 2.200 kilometer per jam dengan jangkauan terbang 2.900 km. Uji penerbangan perdana dijadwalkan pada 2022, dengan seluruh pengembangan akan selesai pada 2026.

Baca juga:





Source link

Continue Reading

HEADLINE

Merah Putih Berkibar pada Jet Tempur KF-21 Boramae

Merah Putih Berkibar pada Jet Tempur KF-21 Boremae


Korea Selatan resmi menamai pesawat tempur Korea Aircraft Industries (KAI) KF-X sebagai KF-21 Boramae (Young Hawk). Satu hal yang mengesankan bagi Indonesia adalah, akhirnya bendera Merah Putih terpampang bersama bendera Korea Selatan di badan prototipe jet tempur ini.

Melansir CNBC Indonesia, Indonesia mulanya memang bekerja sama dengan Korsel di proyek Pesawat KF-21 Boramae ini, tapi belakangan menggantung tak ada kejelasan. Dukungan Indonesia pada proyek ini sempat mandek karena pihak Indonesia belum melunasi biaya pengembangan jet tempur.

Meski begitu, saat peluncurannya, Menteri Pertahahan (Menhan) Prabowo Subianto, menyempatkan hadir dan melihat langsung wujud asli pesawat itu, Jumat (09/4/2021), waktu setempat.

Korea Selatan tetap ingin bermitra dengan Indonesia

Prototipe Jet Tempur Korsel, KF-21 Baromae

info gambar

Korea Selatan sendiri nyatanya masih menaruh harapan besar kepada Indonesia, untuk tetap menjalin kerjasama dalam proyek jet tempur bersama Korea Fighter Experimental (KF-X)/Indonesian Fighter Experimental (IF-X) yang diteken Korea Indonesia sejak 2010. Pemerintah Korea Selatan juga sudah memiliki rencana jangka panjang dalam pengembangan jet tempur ini.

“Dalam kerja sama industri pertahanan, Korsel tidak hanya mengekspor barang jadi, tetapi terus menjalankan kerja sama timbal balik melalui alih teknologi, produksi bersama, serta memasuki pasar negara ketiga bersama,” tutur Presiden Korsel Moon Jae In, dalam keterangan pers Kedutaan Besar Korsel di Jakarta, Jumat (9/4), menukil Antara.

Sementara seperti dilaporkan Ainonline.com, secara resmi Korea Selatan berharap Indonesia tetap menjadi mitra.

“Saya yakin kunjungan Menteri Prabowo untuk upacara peluncuran KF-X berarti komitmen kuat Indonesia untuk keberhasilan kerja sama pertahanan antara kedua negara,” tambah Presiden Moon.

Presiden Moon juga menekankan bahwa produksi dan pengembangan bersama alutsista terdepan, seperti pesawat tempur dan kapal selam, akan menguntungkan kedua negara secara nyata.

Menanggapi hal itu, Menhan Prabowo juga menyampaikan kekagumannya karena Korsel sukses dalam memodernisasi industri dan teknologi. Menurut Menhan, proyek kerja sama dengan Korsel harus berhasil. Ia siap berupaya mengatasi hambatan dan kesulitan yang mungkin saja menjadi kendala dalam kerja sama kedua negara tersebut.

”Kami berkomitmen akan mewujudkan kemauan yang kuat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan pada masa depan,” tandas Prabowo.

Proyek KFX-IFX dengan Korsel dilanjutkan

Prabowo dan Suh Wook tingkatkan kerja sama

info gambar

Sehari sebelum peluncuran, Kamis (08/4), Menhan Prabowo bertemu dengan Menhan Korea Selatan Suh Wook, di Seoul. Seperti dikabarkan Kompas.com, pertemuan itu guna meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan.

“Dalam acara yang berlangsung sangat hangat ini, kedua negara sepakat mempererat kerja sama militer yang selama ini sudah berjalan dengan baik,” demikian keterangan tertulis Kementerian Pertahanan RI terkait pertemuan tersebut.

Peluncuran purwarupa (prototype) adalah langkah besar dalam proses pengembangan pesawat tempur tersebut. Dengan begitu, fase pengujian pesawat tempur akan berlanjut.

Jet tempur KF-21 Boramae sejatinya memiliki muatan maksimum 7.700 kg, yang disebut memiliki ‘jeroan’ mumpuni. Rudal udara-ke-udara dan senjata lainnya yang berada dalam 10 pod, mampu terbang pada kecepatan 2.200 km/jam dengan jangkauan terbang 2.900 km. Uji penerbangan perdana dijadwalkan pada 2022, dengan seluruh pengembangan akan selesai pada 2026.

Baca juga:





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close