Connect with us

FEED

Dinkes DKI Tidak Bisa Disalahkan dalam Kasus Vaksinasi di Pasar Tanah Abang

Dinkes DKI Tidak Bisa Disalahkan dalam Kasus Vaksinasi di Pasar Tanah Abang




Lina, pemilik toko di Pasar Tanah Abang memprotes petugas vaksinasi karena karyawannya kesulitan mengikuti vaksin, Sabtu (6/3/2021).


© Disediakan oleh Kompas.com
Lina, pemilik toko di Pasar Tanah Abang memprotes petugas vaksinasi karena karyawannya kesulitan mengikuti vaksin, Sabtu (6/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh P Nugroho mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tidak bisa disalahkan tentang adanya penyalahgunaan jatah vaksinasi bagi pedagang di Pasar Tanah Abang.

Dinkes DKI Jakarta, sebut Teguh, hanya bertugas melaksanakan verifikasi dokumen selama pendataan, dan bukan verifikasi secara faktual. Hal tersebut tertuang dalam petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Masalah lain yang menyebabkan adanya kasus ini, karena adanya ketidaksiapan dalam pendataan penerima vaksin.

“Jadi pertanyaannya apakah Dinkes salah? Dalam hal ini, ya maaf saja. Karena dalam juknisnya tidak ada keharusan untuk melakukan verifikasi faktual, maka celahnya sangat besar kalau kemudian ada penumpang liar yang masuk,” kata Teguh kepada Kompas.com, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: Ombudsman Sebut Oknum Penyalahguna Jatah Vaksinasi di Pasar Tanah Abang Manfaatkan Celah Sistem Pendataan

Sebab, Dinkes DKI yang pada awalnya hanya bertugas sebagai pelaksana vaksinasi kemudian diberi wewenang untuk melakukan pendataan. Di sisi lain, jumlah tenaga di Dinkes DKI tidak bertambah.

Kendati demikian, ia tidak menampik jika ada ketidaksiapan pemda dalam melalukan pendataan vaksinasi.

“Dinkes kan awalnya hanya mengasumsikan dirinya ini pelaksana di lapangan, karena semua data diurus pusat. Tiba-tiba mereka diberikan tugas untuk melakukan verifikasi lagi sekarang, bahkan termasuk mengambil data dari bottom-up,” kata Teguh.

Celah atau kelemahan dalam pendaftaran vaksinasi ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang untuk mendaftarkan kerabat mereka agar bisa mendapatkan vaksin Covid-19 di Pasar Tanah Abang. Padahal vaksinasi di pasar tersebut hanya menargetkan pedagang pasar dan karyawannya.

Baca juga: Jatah Disalahgunakan, Sejumlah Pedagang Tanah Abang Justru Sulit Dapat Vaksin

Penanggung jawab vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang Siti Nur Halimah mengaku belum mengetahui adanya kenalan pedagang yang ikut mendapat jatah vaksinasi.

Namun, ia menilai hal tersebut bisa saja terjadi jika pedagang memanfaatkan celah kelemahan pendaftaran vaksin.

Ia mengatakan, untuk pedagang atau pemilik dan penyewa kios, memang disyaratkan untuk melampirkan keterangan pembayaran iuran sebagai bukti verifikasi. Namun, verifikasi serupa sulit dilakukan untuk karyawan pedagang.

Siti mengungkapkan, masalah pendaftaran dan verifikasi ini sepenuhnya dikerjakan oleh PD Pasar Jaya selaku pengelola Pasar Tanah Abang.

“Jadi silakan ditanya ke Pasar Jaya. Kita sudah janjian di luar pintu, ruang verifikasi, itu tanggung jawab Pasar Jaya. Begitu masuk ruang vaksinasi baru tanggung jawab kami (Kementerian Kesehatan),” kata Siti.

Dampaknya, sejumlah pedagang pasar di Tanah Abang mengeluhkan sulitnya mengikuti vaksinasi yang digelar di pasar tersebut.

Di sisi lain, didapati bahwa beberapa warga yang mengikuti vaksinasi bukan merupakan pedagang di Pasar Tanah Abang.



Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

ATM BRI Dibobol Maling di Jambi

ATM BRI Dibobol Maling di Jambi


AKURAT.CO, Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di samping mini market Arizona, Jambi, ditemukan karyawan mini market itu dalam keadaan rusak pintu teralisnya dan unit penyimpan uang di dalamnya sudah dirusak atau dibobol orang.

Kepala Satuan Reskrim Polresta Jambi, Komisaris Polisi Handreas, saat dihubungi, Sabtu (10/4/2021), membenarkan, kali ini ATM BRI di samping MM Sentosa yang berada di Arizona, di Jalan Sunan Kalijaga, Simpang III Sipin, Kecamatan Kota Baru, Jambi, telah dibobol orang dan temuan itu pertama kali diketahui pada saat karyawan mini market hendak membuka toko.

Setelah mendapatkan informasi itu, anggota Reskrim Polresta dan Polsek Kota Baru langsung turun ke lokasi kejadian pembobolan mesin ATM guna mendapatkan informasi dan melakukan olah tempat perkara.

Untuk sementara ini dugaan terjadinya pembobolan mesin ATM itu terjadi pada waktu subuh, namun baru diketahui siang pukul 10.00 WIB. “Untuk jumlah kerugian dari aksi tersebut belum diketahui kerugian dari bank,” kata Handreas.[]

baca juga:





Source link

Continue Reading

FEED

Koleksi 4 Sandal Mewah Ayu Ting Ting, Totalnya Rp40 Jutaan! : Okezone Lifestyle

Koleksi 4 Sandal Mewah Ayu Ting Ting, Totalnya Rp40 Jutaan! : Okezone Lifestyle


Pedangdut Ayu Ting Ting terkenal dengan tampilannya yang modis. Meski tampilannya cukup simpel, jangan salah jika harga outfitnya mencapai puluhan juta.

Sebagai penggemar barang branded, tentu Ayu Ting Ting mempunyai koleksi barang milik brand terkenal. Dilansir dari akun instagram, berikut koleksi sandal mewah Ayu Ting Ting yang harganya enggak main-main.

Sandal H-cut Motif

Ayu Ting Ting

Mengenakan dress polos kuning dan tas biru membuat kesan simpel pada penampilan Ayu Ting Ting. Sebagai pelengkap tampilannya ia memilih sandal H-cut motif animal print berbahan kanvas. Sandal tersebut merupakan keluaran brand Hermes yang dibanderol Rp11 jutaan.

Baca Juga : Intip Gaya Ayu Ting Ting Pakai Outfit Nyaris Rp10 Juta di Pernikahan Aurel

Baca Juga : Pangeran Philip Meninggal, Ratu Elizabeth II Akan Pakai Busana Hitam Selama Masa Berkabung

Sandal Hak H-cut Cokelat

Ayu Ting Ting

Kali ini Ayu Ting-Ting mengenakan sandal H-cut cokelat dengan hak rendah sebagai pelengkap tampilannya. Sandal tersebut diketahui milik brand Hermes seharga Rp10,7 juta.

Sandal H-cut Cokelat

Ayu Ting Ting

Hampir sama dengan model sandal sebelumya, sandal Ayu Ting-Ting kali ini bermodel flat. Menjadi pelengkap tampilannya dengan jeans, sandal h-cut milik brand Hermes ini dibanderol hampir Rp9,6 juta.

Sandal H-cut Putih

Ayu Ting Ting

Terakhir, penampilan Ayu Ting-Ting yang kasual dengan atasan off shoulder abu-abu dan celana putih dipadu dengan sandal model h-cut senada dengan celananya. Sandal milik brand Hermes ini mencapai harga Rp10 jutaan.



Source link

Continue Reading

FEED

Fasilitas Publik Rusak Akibat Gempa Malang, Berikut Ini Rinciannya

Fasilitas Publik Rusak Akibat Gempa Malang, Berikut Ini Rinciannya



loading…

JAKARTAGempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang daerah Malang dan sekitaran Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa tersebut berpusat di selatan laut Jawa dengan kedalaman 80 kilometer (Km).

Akibat dari gempa tersebut, ratusan rumah di berbagai daerah di Jawa Timur mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan, hingga rusak berat. Tak hanya itu, sejumlah fasilitas publik juga turut mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Baca juga: Korban Meninggal Akibat Gempa di Malang Bertambah Jadi 7 Orang

“Adapun, fasilitas publik yang mengalami kerusakan yakni, 11 sarana pendidikan (sekolah); tujuh kantor pemerintahan; enam sarana ibadah; satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD); serta satu pondok pesantren,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/5/201). Baca juga: BNPB Catat Lebih dari 300 Rumah Rusak Akibat Gempa Malang

Sementara itu, dari laporan terakhir yang diterima BNPB, sebanyak tujuh orang dilaporkan meninggal dunia akibat dampak dari gempa bumi tersebut. Namun, jumlah itu kemungkinan masih akan berkembang. “Korban meninggal dunia, BNPB masih menunggu verifikasi data dari BPBD. Data meninggal dunia berjumlah tujuh jiwa, luka berat dua dan luka ringan 10 orang. Korban meninggal dunia di Kabupaten Malang tiga jiwa, Lumajang dua dan di wilayah perjalanan Lumajang – Malang dua,” bebernya.

(cip)



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close