Connect with us

Hi, what are you looking for?

FEED

Dilema Perbankan: NPL Rendah dan Target Penyaluran Kredit

️Play Radio 🎶





Bisnis dalam industri perbankan memberikan dilema bagi bank. Dilema tersebut terjadi saat bank menginginkan portofolio pinjaman yang berkualitas untuk mencapai tujuan yakni angka NPL yang rendah.NPL yang rendah menjadi indikator jika bank menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memberikan kredit kepada calon nasabah.

Akan tetapi jika bank terlalu mementingkan NPL rendah konsekuensi yang tidak diinginkan adalah target penyaluran kredit kurang tercapai.

Bank yang terlalu mementingkan NPL rendah dan bersikap sangat hati-hati dalam menyalurkan pinjaman akan membuat persyaratan dan kriteria calon nasabah menjadi sangat ketat dan tidak bisa dipenuhi oleh kebanyakan calon nasabah.

Jika itu terjadi maka pertumbuhan kredit akan cenderung stagnan bahkan menurun. Pertumbuhan kredit yang tidak sesuai target akan menurunkan profitabilitas bank dalam memanfaatkan dana pihak ketiga maupun modal bank sendiri.

Pandemi Covid-19 membuat bank lebih berhati-hati dalam menyalurkan kredit yang akan mereka kucurkan. Kegagalan pembayaran cicilan baik pokok maupun bunga bank oleh nasabah akan menyusahkan bank dalam pemenuhan kewajiban jangka pendek.Baca Juga: Mengenal Kerawanan dalam Industri Perbankan, Apa Saja Ya?

Penyaluran kredit harus dibarengi dengan data-data yang akurat mengenai calon nasabah. Hal itu bisa mengurangi probabilitas pinjaman tersebut mengalami gagal bayar.

Peningkatan kredit berkualitas harus lebih diutamakan bank daripada jumlah penyaluran kredit yang terus meningkat akan tetapi memiliki kualitas yang buruk.

Bahkan bisa saja mengakibatkan bank mengalami kebangkrutan jika mayoritas nasabah tidak mampu memenuhi kewajiban mereka terhadap bank.
 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bagaimana Menyiasati Dilema Ini?

Bagaimana bank sebaiknya menyiasati dilema tersebut? Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memberikan bank spesialisasi kredit kepada segmen tertentu.

Baca Juga:  Usai Hempaskan Botol Coca Cola, Pengikut Ronaldo Naik Jadi 300 Juta di Instagram

Segmen yang bisa dipilih misalnya memberi pinjaman pada perorangan atau perusahaan, kepada profesi wirausahawan atau pegawai, pada bisnis besar atau umkm maupun bank yang khusus mendanai proyek-proyek infrastruktur.

Dengan spesialisasi pinjaman tersebut maka bank akan memiliki keunggulannya masing-masing. Mendalami pinjaman spesialisasi memberikan bank keahlian khusus dalam menyeleksi calon nasabah.

Dengan spesialisasi pinjaman, bank bisa lebih leluasa dalam menggaet nasabah baru namun sudah mengerti seluk-beluk industri tersebut.

Dampak baik yang ditimbulkan adalah NPL bisa tetap rendah karena bank sudah mendalami informasi debitur pinjaman dan pertumbuhan kredit bisa bertumbuh secara berkesinambungan.

Baca Juga: Ambisi BI Terbitkan Rupiah Digital

Dikarenakan bank mendapatkan julukan spesialisasi pada segmen tertentu maka nasabah dengan segmen tersebut akan lebih memilih untuk mengajukan pinjaman kepada bank tersebut dibandingkan bank lain yang memiliki segmen yang berbeda.

Kesimpulan yang didapatkan dari wawasan ringkas mengenai dilema bank antara menjaga NPL rendah dan pertumbuhan kredit adalah menurut penulis bank perlu meningkatkan kualitas pinjaman dibandingkan peningkatan kuantitas pinjaman.

Strategi spesialisasi segmen bisa diambil oleh bank untuk menjaga NPL tetap rendah dan pertumbuhan kredit yang berkesinambungan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jangan lupa follow IG saya @onietjaan untuk diskusi dan menyambung silaturahmi, sekian terimakasih. 

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.



Source link

Bagikan Artikel
Click to comment

Lainnya Dari BuzzFeed

HEADLINE

️Play Radio 🎶 BuzzFeed – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Dewan Pembina Special Olympics Indonesia (SOina) akan menggalang dukungan para tokoh masyarakat...

FEED

️Play Radio 🎶 Minggu, 22 Januari 2023 – 15:12 WIB Indra Bekti. Foto: Instagram/indrabekti jpnn.com – JAKARTA – Pembawa acara Indra Bekti akhirnya diperbolehkan...

FEED

️Play Radio 🎶 Chevron mengatakan menemukan gas alam baru di lepas pantai Mesir dan menyebutkan dengan gas alam ‘signifikan’. Seperti apa yang dimaksud?Eksplorasi terhadap...

SPORT

️Play Radio 🎶 Jakarta (ANTARA) – Seorang suporter yang menyerang kiper Arsenal Aaron Ramsdale dalam derbi London Utara melawan Tottenham Hotspur telah dikenai dakwaan, kata...

NASIONAL

️Play Radio 🎶 London (ANTARA) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan tindakan “bersama dan segera” untuk melindungi anak-anak dari kontaminasi obat, menyusul kasus kematian...

FEED

️Play Radio 🎶 Suara.com – Serial HBO, The Last of Us tengah menjadi sorotan banyak orang, khususnya penikmat film tanah air. Sebab dalam The...

SPORT

️Play Radio 🎶 Jakarta (ANTARA) – Wolverhamton Wanderers dan West Ham United menyepakati transfer bek Craig Dawson pada harga 3,3 juta pound, tulis laman...

HEADLINE

️Play Radio 🎶 Partai Golongan Karya (Golkar) baru saja mengangkat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai anggotanya. Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan...

Advertisement
close