Lifestyle

David McCallum, Bintang Serial TV Terkenal ‘NCIS’ Tutup Usia

Aktor David McCallum, yang menjadi bintang pujaan remaja dalam serial populer “The Man From U.N.C.L.E.” pada tahun 1960-an dan merupakan dokter penyelidik eksentrik di “NCIS” yang populer 40 tahun kemudian, telah meninggal dunia dalam usia 90 tahun.

Aktor David McCallum meninggal dunia, Senin (25/9) karena sebab alamiah. Dia dikelilingi oleh keluarga di Rumah Sakit Presbyterian New York, kata jaringan televisi CBS dalam sebuah pernyataan.

“David adalah aktor dan penulis berbakat, dan dicintai banyak orang di seluruh dunia. Dia menjalani kehidupan yang luar biasa, dan warisannya akan selamanya hidup melalui keluarganya dan waktu yang tak terhitung jumlahnya di film dan televisi yang tidak akan pernah hilang,” demikian pernyataan dari CBS.

McCallum, kelahiran Skotlandia, tampil baik dalam film-film seperti ‘A Night to Remember” (tentang Titanic), “The Great Escape” dan “The Greatest Story Ever Told” (sebagai Yudas). Tapi “The Man From U.N.C.L.E.” adalah film yang membuat aktor berambut pirang dengan potongan rambut gaya Beatles itu menjadi terkenal di pertengahan tahun 60-an.

FILE – David McCallum, bintang serial TV NBC “The Invisible Man,” saat wawancara dengan Jay Sharbutt di studio NBC di New York, 28 Agustus 1975. (AP/Richard Drew, File)

Film serial tersebut, yang memulai debutnya pada tahun 1964, dibintangi oleh Robert Vaughn sebagai Napoleon Solo, seorang agen dalam pasukan rahasia berteknologi tinggi yang memerangi kejahatan yang inisialnya adalah singkatan dari United Network Command for Law and Enforcement. Meskipun terjadi Perang Dingin, badan tersebut memiliki staf internasional, dengan McCallum sebagai Illya Kuryakin, sahabat Solo di Rusia.

Serial ini berlangsung hingga tahun 1968. Vaughn dan McCallum bersatu kembali pada tahun 1983 untuk film TV nostalgia, “The Return of the Man From U.N.C.L.E.,” di mana para agen dibujuk keluar dari masa pensiun mereka untuk menyelamatkan dunia sekali lagi.

McCallum kembali ke dunia televisi pada tahun 2003 dalam serial lain dengan agen yang dikenal dengan inisialnya — “NCIS” CBS. Dia berperan sebagai Dr. Donald “Ducky” Mallard, seorang ahli patologi kutu buku untuk Badan Investigasi Kriminal Angkatan Laut, sebuah lembaga yang menangani kejahatan yang melibatkan Angkatan Laut atau Marinir. Mark Harmon berperan sebagai bos NCIS.

Karya McCallum dengan “U.N.C.L.E.” memberinya dua nominasi Emmy, dan dia mendapat nominasi ketiga sebagai seorang pendidik yang berjuang melawan kecanduan alkohol dalam drama Hallmark Hall of Fame tahun 1969 berjudul “Teacher, Teacher.”

Pada tahun 1975, ia mendapat peran utama dalam serial fiksi ilmiah berumur pendek, “The Invisible Man,” dan dari tahun 1979 hingga 1982 ia berperan sebagai Steel dalam serial fiksi ilmiah Inggris, “Sapphire and Steel.” Selama bertahun-tahun, ia juga muncul sebagai bintang tamu di banyak acara TV, termasuk “Murder, She Wrote” dan “Sex and the City.”

Dia muncul di Broadway dalam komedi tahun 1968, “The Flip Side,” dan dalam kebangkitan kembali “Amadeus” tahun 1999 yang dibintangi oleh Michael Sheen dan David Suchet. Dia juga tampil di beberapa produksi di luar Broadway. [lt/uh]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed