Info

China, California akan Perkuat Kerja Sama Iklim

Menteri Lingkungan Hidup China Huang Runqiu, Kamis (26/10) mengatakan negaranya ingin memperkuat kerja sama dengan Amerika Serikat untuk memerangi perubahan iklim, saat ia bertemu dengan Gubernur California Gavin Newsom di Beijing.

“China terus memperdalam upaya adaptasi iklim dan bersikeras memberikan perhatian yang sama terhadap mitigasi dan adaptasi. Seperti yang baru saja disebutkan oleh Gubernur Newsom, dalam beberapa tahun terakhir, perubahan iklim tidak hanya menyebabkan pemanasan global, namun juga meningkatkan frekuensi kejadian ekstrem. Di China, kita telah menyaksikan rekor suhu tertinggi di banyak wilayah. Kita juga melihat dampak perubahan iklim lainnya seperti banjir dan mencairnya kriosfer, sehingga kita perlu membuat rencana yang sistematis,” jelasnya.

Newsom sedang melakukan tur selama seminggu ke China untuk mendorong kerja sama iklim. Kunjungannya sebagai gubernur, yang dulu dianggap rutin, kini menarik perhatian setelah bertahun-tahun ketegangan antara AS dan China meningkat.

Perubahan iklim adalah salah satu dari sedikit isu yang disetujui oleh AS dan China untuk bekerja sama.

Duta Besar AS untuk China Nicholas Burns (kanan) dan Gubernur California Gavin Newsom saat mengunjungi Tembok Besar Mutianyu di pinggiran Beijing, Kamis, 26 Oktober 2023. (AP/Ng Han Guan)

Hubungan antara kedua negara telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir karena praktik perdagangan, hambatan tarif, pelanggaran HAM, dan nasib Taiwan, sebuah pulau dengan pemerintahan sendiri yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

Huang mengatakan pada hari Kamis bahwa kementeriannya akan terus melaksanakan perjanjian berdasarkan nota kesepahaman yang ditandatangani tahun lalu antara China dan California dalam investasi pasar karbon, adaptasi iklim, penerapan undang-undang lingkungan hidup dan pertukaran sumber daya manusia untuk memperkuat kerja sama dan memainkan peran yang positif dalam kerja sama lingkungan hidup dan iklim China-AS.

California telah menjadi pemimpin dalam mengatur polusi udara dan masalah terkait iklim lainnya, kata Newsom dalam pidato pembukaannya pada hari Kamis. Ia menganggap kerjasama dengan China sangatlah penting.

Kedua belah pihak juga berbicara tentang peningkatan cuaca ekstrem di negara mereka.

California dan China mengeluarkan deklarasi pada hari Rabu yang berisi janji kerjasama dalam memerangi perubahan iklim, termasuk energi angin lepas pantai. [ab/uh]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed