Feed

Cerita Pengusaha Batik Ramai Order Saat Ganjar Hadiri Pameran

BuzzFeed.co.id – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menyampaikan optimismenya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia akan bisa mencapai angka 7% dalam kepemimpin paslon nomor urut tiga Ganjar-Mahfud. Dia mengatakan bahwa dirinya sepakat dengan cawapres Mahfud MD soal pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7% jika korupsi bisa diberantas di Indonesia.

“Utamanya ekonomi itu kita punya optimisme, bisa menaikkan 7 persen pertumbuhannya dan kami yakin itu semuanya dan, pastinya itu semua yang diperlukan adalah kepastian hukum,” kata Arsjad kepada wartawan, Jumat (22/12/2023) malam.

Arsjad menekankan pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia akan sulit dicapai apabila tidak diikuti oleh jaminan dan kepastian hukum soal korupsi. Terlebih, pertumbuhan ekonomi 7% merupakan misi pasangan paslon nomor 3 apabila terpilih dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Jadi, balik lagi bahwa masalah ekonomi ini juga menitikberatkan pada kepastian hukum. Tanpa ada kepastian hukum akan sulit ke depannya kita untuk bisa memiliki pertumbuhan yang tinggi,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam debat cawapres Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (22/12/2023), Mahfud MD yang merupakan cawapres nomor urut 3 meyakini pertumbuhan ekonomi 7% bisa diraih apabila korupsi bisa diberantas di Indonesia dengan mengatakan bahwa korupsi menjadi salah satu penghalang bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Hanya karena kebodohan kita tidak bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi 7%. Masalahnya apa? Korupsi,” kata Mahfud.

Menko Polhukam ini mengakui memang pertumbuhan ekonomi 7% sangat jarang diraih dalam sejarah Indonesia. Pertumbuhan 7%, lanjutnya, hanya bisa diraih pada tahun 1989 hingga 1991. Menurut, korupsi yang masih merajalela menjadi penyebab utamanya pada bumi Indonesia sangat kaya. Mahfud mengatakan, di tanah, laut, dan udara Indonesia pasti ada yang di korupsi.

“Kuncinya adalah bagaimana kita memberantas korupsi,” tegasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU sendiri telah menggelar debat perdana pada 12 Desember 2023, dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua akan digelar pada 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan untuk cawapres. Sementara itu, debat ketiga pada 7 Januari 2024 akan membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, masyarakat adat dan desa. Terakhir, debat kelima khusus capres pada 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusivitas.

 



Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed