Connect with us

Hi, what are you looking for?

FEED

Cerita Mayjend (Purn) Sidarto, DR R Soeharto Berani Pasang Badan Untuk Bung Karno

Ir. Dewi Arimbi Soeharto Putri DR R Soeharto bersama Panca Wijaya Akbar, Bupati Ogan Ilir sekaligus menantu Dewi Arimbi di sela-sela acara saat peresmia Gedung DR R Soeharto, Selasa (30/8/2022). (Foto - Istimewa/FB/Panca Wijaya Akbar)

️Play Radio 🎶


Jakarta – Mayjen (Purn) Sidarto Danusubroto, SH., salah satu Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) yang sekaligus mantan Ajudan Bung Karno bercerita tentang kesaksiannya terhadap DR R Soeharto. Menurut mantan Ajudan Presiden Pertama Ir Soekarno ini, DR R Soeharto merupakan orang kepercayaan dari Bung Karno.

“Ketika saya menjadi Ajudan Bung Karno pasca Supersemar, saya mendengar langsung dari beliau (Bung Karno) tentang DR Soeharto yang merupakan orang kepercayaannya, dan dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta sejak 1942,” kata Sidarto saat peresmian nama Gedung Sekretariat Kantor IDI Pusat di Jalan GSSY Ratulangi No.29 Menteng, Jakarta Pusat, menjadi Gedung DR R Soeharto, Selasa (30/8/2022).

Dari cerita Bung Karno maupun sumber lain, kata Dia, DR R Soeharto bisa dikatakan sebagai tokoh pejuang pada berbagai peran yang ia jalankan, melebihi tugas pokok sebagai Dokter pribadi Presiden dan Wakil Presiden. Contohnya, seperti saat mendampingi perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“DR Soeharto memang selalu menemani perjalanan Bung Karno ke berbagai negara di seluruh dunia. DR Soeharto juga menjalankan berbagai peran dan tugas lain tanpa meninggalkan keahliannya sebagai seorang Dokter,” jelasnya.

DR R Soeharto, katanya, menjadi salah satu pendiri Bank pertama di Indonesia, yaitu BNI, sekaligus ikut andil dalam pembangunan kawasan Srinah Thamrin dan Hotel Indonesia. Ia juga menjadi kepala Administrasi Militer pusat, yang mengelola administrasi dan keuangan dana perjuangan yang dibutuhkan untuk operasional tiga matra Angkatan Perang Indonesia. Serta keikutsertaannya dalam menjaga daerah pusaka merah putih.

“Setelah merdeka, beliau juga pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno. Beliau selesai pada tahun 1966, pada saat saya juga selesai bertugas mendampingi Bung Karno pasca supersemar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jalan Indonesia Kuasai Industri Baterai Listrik Dunia

Sidarto juga bercerita, ketika dirinya menjadi salah satu sumber Seminar Nasional dalam rangka pengusulan DR R Soeharto sebagai Pahlawan Nasional, ia mendengar kesaksian dari Guntur Soekarnoputra, bahwa DR R Soeharto adalah seorang yang berani pasang badan atas keselamatan Presiden Soekarno. Salah satunya, saat Bung Karno dikejar Tentara NICA pada Tahun 1947, saat itu Bung Karno harus keluar dari rumah di Pegangsaan Timur dan tidur di rumahnya DR R Soeharto yang berada di keramat 128 Jakarta.

Perlu diketahui, nama DR R Soeharto diresmikan menjadi nama Gedung Kantor Pusat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada Selasa (30/8/2022) kemarin. Pemberian nama tersebut merupakan hasil Muktamar IDI ke 31 yang digelar di Aceh pada bulan Maret 2022.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Serangkaian acara peresmian Gedung IDI menjadi Gedung R Soeharto dilanjutkan dengan penyerahan Foto oleh perwakilan keluarga R Seoharto, Bambang Raditya Nugroho Soeharto SH, kepada Ketua Umum IDI, serta penyerahan Buku Biografi oleh Dewi Surijawati Soeharto SH dan Dewi Kurnia Lestari Seoharto.

Kemudian, Puncak Acara Peresmian Gedung Kantor Pusat IDI menjadi nama DR R Soeharto dengan membuka Tirai Penutup Nama Gedung. Pembukaan Tirai Nama sebagai Tanda Peresmian Gedung, dilakukan oleh Wantimpres Mayjen (Purn) Sidarto Danusubroto, SH., dan Ibu Dewi Arimbi Soeharto Alamsjah sebagai perwakilan dari keluarga.

Acara peresmian nama Gedung R Soeharto ini dihadiri oleh Watimpres, Bapak Mayjen (Purn) Sidarto Danusubroto, SH., dan Ibu Putri Kuswisnu Wardani, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menko PMK, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Klaten Sri Mulyani, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Rektor UGM, Direktur Utama BNI, Dekan Fakultas Kedokteran UI, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Ketua DPR RI Puan Maharani, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar yang juga suami dari Tikha Alamsjah, Putri Dewi Arimbi Soeharto Alamsjah Dirut BPJS Kesehatan.

Baca Juga:  Kronologi Polisi Diamankan Warga Kebon Kacang, Sempat Acungkan Airsoft Gun lalu Direbut Ketua RW

Serta dihadiri pula oleh organisasi-organisasi yang mendukung DR R Soeharto sebagai Pahlawan Nasional, seperti PKBI, Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI), Lions Club, dan yang lain. Selain itu beberapa tokoh penting lainnya seperti Tokoh Profesor, Rumah Sakit juga turut hadir secara langsung maupun daring.

Bagikan Artikel
1 Comment

Lainnya Dari BuzzFeed

HEADLINE

️Play Radio 🎶 BuzzFeed – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Dewan Pembina Special Olympics Indonesia (SOina) akan menggalang dukungan para tokoh masyarakat...

FEED

️Play Radio 🎶 Minggu, 22 Januari 2023 – 15:12 WIB Indra Bekti. Foto: Instagram/indrabekti jpnn.com – JAKARTA – Pembawa acara Indra Bekti akhirnya diperbolehkan...

FEED

️Play Radio 🎶 Chevron mengatakan menemukan gas alam baru di lepas pantai Mesir dan menyebutkan dengan gas alam ‘signifikan’. Seperti apa yang dimaksud?Eksplorasi terhadap...

SPORT

️Play Radio 🎶 Jakarta (ANTARA) – Seorang suporter yang menyerang kiper Arsenal Aaron Ramsdale dalam derbi London Utara melawan Tottenham Hotspur telah dikenai dakwaan, kata...

NASIONAL

️Play Radio 🎶 London (ANTARA) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan tindakan “bersama dan segera” untuk melindungi anak-anak dari kontaminasi obat, menyusul kasus kematian...

FEED

️Play Radio 🎶 Suara.com – Serial HBO, The Last of Us tengah menjadi sorotan banyak orang, khususnya penikmat film tanah air. Sebab dalam The...

HEADLINE

️Play Radio 🎶 Partai Golongan Karya (Golkar) baru saja mengangkat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai anggotanya. Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan...

SPORT

️Play Radio 🎶 Jakarta (ANTARA) – Wolverhamton Wanderers dan West Ham United menyepakati transfer bek Craig Dawson pada harga 3,3 juta pound, tulis laman...

Advertisement
close