Feed

Cek fakta, Puan Maharani resmi dukung Kaesang di Pilkada Jateng pada 5 Juli



Jakarta (ANTARA/JACX) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan jadwal pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang secara serentak diselenggarakan di 37 provinsi di Indonesia pada 27 November 2024.

Sebuah unggahan di YouTube menarasikan Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR Puan Maharani resmi mendukung putra Jokowi, Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

PUAN DUKUNG KAESANG ?

SINYAL REMATCH JOKOWI VS PDIP DIJATENG

Politik terkini – JEBAKAN PUAN BIKIN PSI HAL MEMALUKAN INI ?”

Namun, benarkah Puan Maharani resmi dukung Kaesang di Pilkada Jateng pada 5 Juli?

 

Unggahan video yang menarasikan Puan Maharani resmi dukung Kaesang di Pilkada Jateng pada 5 Juli. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)



Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, unggahan tersebut menampilkan video Puan Maharani tersebut serupa dengan unggahan YouTube Kompas TV yang berjudul “Bursa Pilkada 2024 Semakin Panas, Puan Maharani: Kaesang Pangarep Jadi Pertimbangan PDIP”.

Dalam video tersebut Puan menyebut partainya mengkaji sejumlah nama yang mumpuni untuk maju dalam Pilkada 2024. Nama Kaesang Pangarep masuk pertimbangan, karena elektabilitasnya dinilai bagus berdasarkan hasil survei di Jateng.

Selain itu, narator juga membacakan narasi dari laman Kompas yang berjudul “PDI-P Lirik Kaesang untuk Pilkada Jateng, PSI: Puan Tidak Baperan, Kami Siap Kerja Sama”.

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menyambut baik dukungan Puan Maharani untuk Kaesang di kontestasi Pilkada Jawa Tengah 2024.

“Bagus itu, harusnya hari ini Kaesang ketemu Mbak Puan,” kata Gibran di Solo, dilansir dari ANTARA.

Bahkan, menurut dia Kaesang harus segera bertemu dengan Puan untuk membahas kemungkinan dirinya maju mengikuti Pilkada.

Namun dalam unggahan tersebut tidak ada pernyataan resmi mengenai Puan yang mendukung langsung Kaesang di Pilkada Jateng.

Cek fakta: Hoaks! Gibran dan Kaesang dipenjara

Cek fakta: Hoaks! Kaesang pakai baju PKI

Baca juga: PSI: Belum ada pembicaraan terkait pertemuan Kaesang dan Megawati

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed