Connect with us

Hi, what are you looking for?

EKSBIS

Cara Menumbuhkan Jiwa Enterpreneursip Bagi Anak Muda


Buzzfeed – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adakan seminar online bertema: “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Muda”. Yang menghadirkan Bachrudin Nasori, yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI. Semuel Abrijani Pangerapan, sebagai Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI serta Sisca Zulistia Ardie, Ketua Tim Penggera PKK Kabupaten Tegal dan juga Wahyu Wary Pintoko, yang merupakan salah satu Dosen Institut Bisnis Nusantara, pada Selasa, (28/06/2022) melalui platform zoom meeting.

Seminar Literasi Digital ini merupakan inisiasi yang di dukung oleh Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan, diantaranya yakni untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Bachrudin menyampaikan bahwa entrepreneurship adalah kemampuan pikiran seseorang untuk mengubah ide menjadi sebuah langkah, yang kemudian diwujudkan dalam kehidupan yang akhirnya memiliki dampak yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

“Artinya, berbeda dengan pedagang yang fokus utamanya adalah keuntungan, entrepreneur memiliki dampak yang lebih besar karena mampu menjadi solusi untuk beberapa permasalahan yang ada,” paparnya.

Menurut Bachrudin, untuk menjadi seorang enterpreneur kita harus bisa menguatkan niat dan juga tekad dalam memulai usaha. Selain itu, seorang entrepreneur harus mampu melihat peluang usaha dengan cepat. Kecepatan melihat peluang ini muncul dari kepekaan kita terhadap masalah-masalah yang ada di sekitar kita.

“Hal terpenting yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang entrepreneur adalah harus berani. Berani memulai usaha, berani mengambil resiko, dan berani menghadapi segala hambatan atau kegagalan yang mungkin ditemui dalam berusaha,” imbuhnya.

Sementara itu Semuel Abrijani menyampaikan bahwa dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja.

“Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegaskan kita sedang menghadapi era disrupsi teknologi. Untuk mengahadapi hal tersebut, kita semua harus mempercepat kerjasama kita dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia. Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi. Kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar, serta menjadi unggul dalam segi sumber daya manusia,” katanya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sedangkan Sisca yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK mengatakan, bahwa meskipan sudah banyak orang yang mengenal istilah enterpreneur, namun tidak banyak yang tau dan paham arti sesungguhnya.

“Berbeda dengan pengusaha, entepreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa untuk memberdayakan orang lain dalam usahanya. Sesorang entrepreneur adalah seseorang yang kreatif dan inovatif untuk memberikan manfaat bagi orang lain dengan cara membuka usaha dan memberikan pekerjaan kepada mereka,” terangnya.

Menurutnya, jika pengusaha atau pedagang tujuan dan fokus utamanya adalah mencari keuntungan, namun entrepreneur juga memiliki kemauan untuk memajukan sumber daya manusia yang ada di sekitarnya, serta fokus pada pemanfaatan bahan-bahan atau sumber daya alam lainnya yan menjadi peluang.

Sedangkan Wahyu menjabarkan, terkait langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menjadi seorang entreprenur. Wahyu menyampaikan bahwa seorang entrepreneur adalah dia yang menciptakan atau menemukan suatu hal yang baru yang belum ada sebelumnya.

“Berbeda dengan pedangang yang hanya menjadi followers yang meniru seorang enterpreneur menjalankan usahanya. Untuk menjadi seorang entreprenur, seseorang harus peka terhadap masalah yang ada di sekitarnya yang mampu memberikan ide untuk apa yang akan ia ciptakan. Seorang entreprenur harus mampu berpikir berbeda (out of the box) untuk menciptakan sesuatu yang berbeda yang belum ada sebelumnya,” bebernya.

 

Click to comment

Lainnya Dari BuzzFeed

LIFESTYLE

BuzzFeed – Komik saat ini dibaca bukan hanya menghibur anak anak saja, melainkan saat ini pun orang dewasa juga menikmatinya. Namun, saat ini belum...

LIFESTYLE

[ad_1] Animersindo | animersindo.net Animers Indo adalah satu dari sekian banyak situs anime sub indo secara langsung, sekaligus tempat untuk download anime dengan subtittle...

SHOWBIZ

1. Green Chair (2005) Film vulgar ini mengisahkan tentang sepulangnya seorang wanita Korea Selatan bernama Kim Munhee dari Negeri Paman Sam. Secara hukum, wanita...

HEADLINE

[ad_1] Ampiang Dadiah © PadangKita Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana #WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia Ketika ditanya makanan apa yang terlintas di kepala Kawan ketika mendengar kata ‘Padang’? Mungkin...

HEADLINE

[ad_1] 25 Oktober 2020 by Reza Pratama www.wmagazine.com Sifat apa sajakah itu? Dalam bahasa Arab jin berasal dari kata yang berarti istitar (tersembunyi). Sosok...

LIFESTYLE

[ad_1] Deretan daftar film LGBT akan selalu menuai kontroversi. Tema yang diangkat dari kejadian nyata ini memang sensitif di beberapa kalangan masyarakat dunia. Meski...

FEED

Kunjungan mendadak Menteri Pertahanan Lloyd Austin ke Kabul selama akhir pekan di mana dia diklaim Amerika Serikat mencari “akhir yang bertanggung jawab” untuk perang...

VIRAL

BuzzFeed -Tentu sebagai manusia ingin mendambakan kehidupan bersama pasangan yang harmonis. Namun, karena dengan keterbatasan ekonomi menjadikan dirinya melepaskan dirinya untuk berprofesi menjadi artis...

Advertisement