Connect with us

GAYA HIDUP

Cara Membuat Telur Asin Sendiri yang Enak dan Lezat

Cara Membuat Telur Asin Sendiri yang Enak dan Lezat


Cara Membuat Telur Asin

Manfaat telur asin | www.njajan.com

Manfaat Telur Asin

Sebelum kamu tahu cara membuat telur asin, ada baiknya kamu mengetahui manfaat telur asin bagi tubuh. Telur asin sendiri memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat telur asin yang harus kamu tahu:

1. Meregenerasi sel

Manfaat telur asin yang paling terkenal adalah untuk meregenerasi sel tubuh yang rusak. Kandungan protein yang tinggi dalam telur asin mampu mengganti sel yang rusak dan menggantinya dengan sel baru yang berguna untuk tubuh.

2. Meningkatkan massa otot

Masih karena kandungan protein yang tinggi, telur asin juga bisa mampu meningkatkan dan membentuk massa otot sehingga jadi lebih padat dan kuat. Maka dari itu, banyak atlet yang mengkonsumsi telur asin untuk meningkatkan massa otot.

3. Menjaga kesehatan tulang

Protein tinggi yang dimiliki telur asin adalah protein hewani. Sedangkan manfaat protein hewani sendiri adalah menjaga kesehatan tulang. Maka dari itu, mengonsumsi telur asin akan membuat massa tulang tetap stabil.

Telur asin juga bisa mencegah osteoporosis. Asupan telur asin yang pas bisa menjaga tulangmu tetap sehat, bahkan saat sudah memasuki masa menopause pada wanita.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Telur asin juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan protein pada telur memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan dan memanfaatkan zat-zat gizi dari makan dan minuman, membuat tubuh semakin sehat.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Untuk kamu yang memiliki gejala hipertensi, mengonsumsi telur asin bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Telur asin bisa menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri.

Hipertensi penting untuk diatasi karena bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan masalah sistem kardiovaskular lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi bagian putih pada telur asin bisa menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan kadar lipid darah

Kadar lipid darah seperti kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi memang nggak baik bagi kesehatan tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi masalah medis lainnya. Kandungan yang ada pada telur asin bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah.

Baca juga: 10 Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan Anda

Cara Membuat Telur Asin

Manfaat telur asin | www.klikdokter.com

7. Mengatasi masalah anemia

Telur asin juga bisa mengobati dan mencegah masalah anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin bisa membantu tubuh untuk mengatasi anemia defisiensi besi. Gejala-gejala anemia seperti pusing, mual, kelelahan, dan lainnya juga bisa diredakan dengan mengonsumsi telur asin.

8. Membantu perkembangan otak

Telur asin juga bisa mendukung perkembangan otak. Otak yang berkembang dengan sehat tentu saja menjadi impian banyak orang. Omega 3 dibutuhkan agar otak bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Telur asin mengandung omega 3 yang membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada otak. Ibu hamil dan anak-anak bahkan disarankan untuk mengonsumsi telur asin.

9. Menjaga kesehatan kulit

Ternyata manfaat telur asin nggak terbatas pada kesehatan organ dalam atau tulang saja. Telur asin juga memiliki manfaat untuk kulit. Asupan telur asin juga bisa menjaga kesehatan kulit. Ini dikarenakan kandungan vitamin E yang ada di dalam telur asin.

Selain itu, vitamin E juga bisa mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit. Kulit akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti iritasi, gatal-gatal, ruam, dan lain-lain.

10. Menjaga kesehatan mata

Selain kesehatan kulit, telur asin juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A membantu tubuh untuk menjaga mata tetap memiliki penglihatan yang baik.

Berbagai masalah mata bisa dicegah dengan asupan vitamin A yang cukup. Telur asin bisa menjadi solusi yang baik karena mengandung vitamin A.

Baca juga: Wisata Kuliner Jalur Pantura yang Bisa Disambangi Sembari Mudik

Cara Membuat Telur Asin

Cara membuat telur asin | doktersehat.com

Cara Membuat Telur asin

Setelah mengetahui manfaat telur asin, waktunya kamu mengetahui resep telur asin! Ada dua cara yang bisa kamu terapkan, yaitu dengan air garam atau dengan bata.

Salah satu telur asin yang terkenal adalah telur asin brebes. Telur asin brebes sendiri memiliki cita rasa yang khas, yaitu asin, gurih dan renyah. Di bawah ini adalah cara membuat telur asin khas Brebes. Simak ya!

Cara Membuat Telur Asin

Cara membuat telur asin dengan air garam | www.suratkabar.id

Cara membuat telur asin dengan air garam

Cara yang pertama adalah dengan air garam. Cara ini memang cukup mudah, namun biasanya ada beberapa kendala seperti rasa asin yang belum tentu pas sesuai keinginan kamu. Berikut resep telur asin dengan air garam

Bahan:

  • Telur bebek 12 butir
  • Garam 500 g
  • Air 1 L
  • Toples

Cara membuat:

  1. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika telur ada yang mengapung, segera buang karena telur tersebut nggak memiliki kualitas yang baik.
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur nggak pecah atau retak. Kemudian keringkan telur.
  3. Amplas kulit telur dengan hati-hati. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka.
  4. Larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat.
  5. Masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan.
  6. Rendam selama 10-12 hari.
  7. Jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu.
  8. Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari.
  9. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tnggak merusak telur. Rebus selama 1 jam.
  10. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  11. Telur asin siap disajikan.
Cara Membuat Telur Asin

Cara membuat telur asin dengan batu bata | www.wajibbaca.com

Cara membuat telur asin dengan batu bata/abu gosok

Jika resep di atas kita belajar cara membuat telur asin dengan air garam, maka cara di bawah ini memang sedikit lebih rumit, yaitu dengan batu bata. Penasaran? Simak bahan yang dibutuhkan di bawah ini.

Bahan :

  • 1 ember
  • 1 liter air
  • 500 g garam
  • 12 butir telur bebek
  • 4 buah batu bata yang sudah dihancurkan dengan sangat lembut

Cara membuat:

  1. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Pastikan nggak ada telur yang mengapung
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur nggak retak.
  3. Amplas telur agar pori-pori lebih terbuka.
  4. Campurkan remukan bata yang sudah benar-benar halus dengan air. Aduk rata. Jangan sampai encer. Bentuk hingga seperti pasta.
  5. Masukkan garam. Aduk lagi. Aduk dengan menggunakan tangan atau spatula.
  6. Lumuri telur dengan tanah sampai menggumpal seperti tanah liat atau batu. Kira-kira hingga ketebalan mencapai 3 cm.
  7. Masukkan dalam ember satu per satu.
  8. Taburi lagi telur yang sudah dilumuri tanah dengan batu bata lagi secukupnya.
  9. Diamkan selama 14 hari.
  10. Setelah proses selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar telur tetap bagus. Rebus selama 1 jam.
  11. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  12. Telur asin siap disajikan.



Source link

Advertisement
Click to comment

HUMOR

Asal-usul Nama ‘Kunci Inggris’

Asal-usul Nama ‘Kunci Inggris’


Asal-usul Nama ‘Kunci Inggris’

Kunci Inggris | unsplash.com

Kenapa nggak dinamakan dengan kunci Indonesia saja?

Kunci Inggris? Iya, itu lho kunci yang biasa dipakai untuk ngepasin sekrup atau baut. Alat ini lebih efisien karena kita bisa mengatur sesuai ukurannya. Oh ya, apa kamu juga tahu kalau kunci ini pun sering dipakai untuk kegiatan sosial?

Yup. Tawuran.

Kunci Inggris

Jenis kunci Inggris | unsplash.com

Perkakas yang jamak kita jumpai ini nama aslinya dalam bahasa Inggris adalah adjustable spanner atau adjustable wrench. Di beberapa negara Eropa seperti Italia, Spanyol, Portugis, Jerman, dan Prancis, alat ini memang disebut English Key. Kok bisa?

Alasannya adalah karena perkakas tersebut ditemukan oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Dan karena Indonesia dulu dijajah Belanda, maka tak heran bila kemudian terjemahan perkakas tersebut ke dalam bahasa Indonesia ya jadi “kunci Inggris”.

Baca Juga: Misteri Mengenai Asal Usul Jenglot dan Penggunaannya dalam Masyarakat. Benarkah Ini Nyata?

Kunci Inggris

Cara pakai kunci Inggris | www.keepo.me

Sebenarnya, kunci Inggris oleh Johan Petter Johansson dari Swedia. Maka tak heran di negara Denmark, Polandia, dan Israel, kunci tersebut dikenal dengan nama “Swedish Key”.

Artikel Lainnya

Sekarang, kamu nggak bingung lagi kan kenapa dinamakan kunci inggris? Yuk, sebarin artikel ini ke temen-temen kamu, supaya pengetahuan mereka bertambah.

Tags :



Source link

Continue Reading

GAYA HIDUP

Guguran Sakura di Taman Hirosaki di Musim Semi yang Memukau

Guguran Sakura di Taman Hirosaki di Musim Semi yang Memukau


Guguran Sakura di Taman Hirosaki di Musim Semi yang Memukau

Hirosaki Park | unsplash.com

Bak tertutupi karpet warna pink

Bagi masyarakat yang tinggal di Jepang, Sakura merupakan bunga yang sangat dinanti kemunculannya. Melihat sebuah taman dipenuhi dengan bunga ikonik ini bermekaran, rasanya luar biasa bahagianya. Tak heran masyarakat lokal maupun turis dari luar negeri berbondong-bondong menanti momen ini tiba saat musim semi.

Masyarakat Jepang biasa melakukan kegiatan melihat bunga sakura di taman bersama keluarga dan orang terdekatnya. Salah satunya adalah di Aomori, tepatnya di Taman Hirosaki. Setidaknya, ada 2.600 pohon Sakura yang ditanam di sana.

Saat sakura berguguran, tamannya seakan seperti karpet merah muda yang terbentang luas. Saking tebalnya, rontokan ini menutupi permukaan air di danau yang terdapat di dalam area taman. Tak salah jika fenomena ini disebut sebagai Karpet Bunga Sakura oleh orang Jepang.

Sakura di Taman Hirosaki

Hirosaki Park di Jepang | www.hirosakipark.jp

Pemandangan Sakura yang bermekaran dan gugur menawarkan perspektif tersendiri. Saking terkesimanya dengan fenomena ini, warga Jepang pun punya istilah tersendiri yang dinamakan hanafubuki. Jika diartikan adalah terpaan kelopak bunga sakura yang terbawa angin.

Sementara itu, batang pohon muda yang tampak setelah sakura gugur disebut dengan hazakura. Sedangkan hanaigata adalah ketika menyebut kelopak sakura yang berjatuhan di atas air. Secara harfiah, kata tersebut memiliki arti rakit dari bunga.

Hirosaki Park cherry blossom spring
Di musim semi | www.hirosakipark.jp

Artikel Lainnya

Fenomena alam yang indah ini dapat disaksikan sekitar Mei tiap tahunnya. Untuk tanggalnya, tidak bisa diprediksi. Bisa lebih awal atau sedikit terlambar dari perkiraan. Luangkan waktu untuk piknik sambil bercengkerama dan menikmati pemandangan yang hanya terjadi setahun sekali dalam kurun waktu 1 mingguan ini.

Tags :



Source link

Continue Reading

HUMOR

Kocak! Kelakuan Absurd Orang ini Bakal Jadi Bahan Tertawaan

Kocak! Kelakuan Absurd Orang ini Bakal Jadi Bahan Tertawaan


Setiap orang memiliki sifat dan kepribadiannya masing-masing. Tuhan menciptakan perbedaan ini agar setiap individu punya keunikan dan ciri khasnya sendiri-sendiri. Khusus untuk orang yang humoris, suka bercanda dan cenderung iseng ini selalu menarik untuk diperbincangkan karena ulahnya yang bisa menghibur. Entah karena ketidaksengajaan yang berujung kocak atau memang kelakuan isengnya yang konyol bikin orang ngakak.

Nggak cuma warga +62 aja yang banyak memiliki orang absurd, tapi di luar sana juga bisa ditemukan orang-orang seperti ini. Berikut potret kelucuan mereka yang bakalan bikin ngakak kalau sampai ditemukan di Indonesia.

2.

Jadi diri sendiri itu penting

kelakuan absurd orang luar negeri

Jadi diri sendiri itu penting | img.izismile.com

Naik transportasi umum pakai kostum kayak gini hanya bisa dilakukan oleh orang dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, bahkan konyol dan masa bodo. Ada-ada aja ya!

3.

Antar paket level dewa

kelakuan absurd orang luar negeri

Antar paket level dewa | brightside.me

Kata orang jangan setengah-setengah kalau kerja, harus maksimal! Iya sih, tapi nggak kayak gini juga ngantar barangnya.

4.

Cabe-cabean rasa pembalap

kelakuan absurd orang luar negeri

Cabe-cabean rasa pembalap | brightside.me

Kalo di Indonesia, cewek-cewek yang suka bonceng bertiga suka dipanggil cabe-cabean, tapi kalau model begini yang jago balap namanya apa dong?

Baca Juga: 11 Pose Kucing Bergaya ala Model Ini Bikin Ngakak Gemas

5.

Biarawan aja suka Pikachu

kelakuan absurd orang luar negeri

Biarawan aja suka Pikachu | imgur.com

Tidak seperti yang kita pikirkan, ternyata ada ya biarawan yang suka Pikachu sampai dijadiin tato begitu. Lucu, deh!

6.

Uji nyali pakai setrikaan

kelakuan absurd orang luar negeri

Uji nyali pakai setrikaan | imgur.com

Nggak punya alat catokan, cewek satu ini malah pakai setrikaan. Jangan coba-coba dirumah ya, gaes!

8.

Kayak odong-odong

kelakuan absurd orang luar negeri

Kayak odong-odong | www.reddit.com

Malah nggak kelihatan motor gede, tapi kayak wahana mainan anak-anak, ya! Pemiliknya kayaknya fans berat Spongebob nih.

9.

Seksi banget, bang!

kelakuan absurd orang luar negeri

Seksi banget, bang! | old.pikabu.ru

Berani nggak beli burger pakai baju begini, gaes? Hahaha.

11.

SPG-nya jualan apa, ya?

kelakuan absurd orang luar negeri

SPG-nya jualan apa ya? | brightside.me

Kira-kira kalau bajunya begitu, SPG ini jualan produk pin bowling kali, ya.

12.

Tips and trik saat banjir

kelakuan absurd orang luar negeri

Tips and trik saat banjir | brightside.me

Kreatif banget deh pak! Boleh dicoba nih bikin DIY perahu dadakan pas banjir.

14.

Gabut di jam kosong

kelakuan absurd orang luar negeri

Gabut di jam kosong | imgur.com

Begini nih gabutnya siswi di negara luar sana kalau lagi jam kosong. Keren juga sih kalo di lihat-lihat. Hehe.

15.

Teman sejati sampai mati

kelakuan absurd orang luar negeri

Teman sejati sampai mati | imgur.com

Kayak karakter kartun Master Roshi di Dragon Ball ya, gaes!

16.

Skuter ajaib

kelakuan absurd orang luar negeri

Skuter ajaib | imgur.com

Kalau sampai ada skuter kayak gini di Indonesia pasti diketawain, ya. Hahaha. Tapi keren juga sih ini.

Artikel Lainnya



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close