Feed

Cara Atasi Konflik di Papua, Prabowo Dinilai Tak Paham Akar Persoalan

BuzzFeed.co.id – Debat kedua dengan sesi khusus untuk para Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mempertemukan antara Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD akan dilaksanakan pada hari ini, Jumat (22/12/2023) malam.

Debat kali ini menjadi salah satu yang cukup ditunggu karena akan menghadirkan Gibran yang merupakan putra dari presiden Joko Widodo (Jokowi), Cawapres nomor urut 2 yang dikenal irit bicara jika dimintai soal tanggapannya untuk hal-hal yang serius.

Nantinya, Wali Kota Solo tersebut akan beradu gagasan dengan Cak Imin dan Mahfud MD. Lalu muncul pertanyaan diantara mereka yang juga harus dijawab oleh masing-masing dari mereka sendiri, lalu jam berapa debat Cawapres akan dilaksanakan.

Waktu dan jam debat Cawapres

Menurut informasi resmi dari KPU, debat Cawapres akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Desember 2023 pukul 19.00 WIB, sama seperti jadwal debat pertama Capres pada 10 hari yang lalu.

Namun jika debat pertama dilaksanakan di gedung KPU, lokasi debat kali ini akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Tema Debat Cawapres

Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan. Selanjutnya diketahui, debar Cawapres besok akan dilaksanakan dalam 6 segmen.

Rincian dan Sesi Debat

Segmen 1: Penyampaian visi misi dan program kerja: Durasi untuk menyampaikan visi misi dan program kerja adalah 4 menit.

Segmen 2, 3, 4 dan 5: Pendalaman visi misi, dan program kerja.

Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan dan peserta debat diberi waktu menjawab selama 2 menit.

Kemudian, para peserta debat lain akan saling menanggapi.

Durasi untuk menanggapi dan menjawab tanggapan masing-masing 1 menit.

Segmen 6: Penutup, atau closing statement.

Masing-masing peserta debat atau capres akan memberikan pernyataan penutup.

Stasiun TV dan Radio Siaran Debat Capres-Cawapres 2024

Debat Pertama: TVRI dan RRI

Debat Kedua: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

Debat Ketiga: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV

Debat Keempat: SCTV, Indosiar, dan MetroTV

Debat Kelima: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU sendiri telah menggelar debat perdana pada 12 Desember 2023, dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua akan digelar pada 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan untuk cawapres. Sementara itu, debat ketiga pada 7 Januari 2024 akan membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, masyarakat adat dan desa. Terakhir, debat kelima khusus capres pada 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusivitas.



Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed