Feed

BMKG prakirakan mayoritas wilayah Indonesia diguyur hujan pada Minggu



Potensi peningkatan hujan dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif berada di wilayah Indonesia,

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia diguyur hujan pada Minggu ini.

Melalui keterangan pada laman web resmi BMKG RI di Jakarta, Minggu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Medan, Padang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Palangkaraya, Banjarmasin, Mataram, Manokwari, dan Jayapura.

Sementara sejumlah wilayah seperti Yogyakarta, Kendari, Manado, dan Ambon diprediksi bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang. Adapun hujan dengan disertai petir diprakirakan terjadi di Gorontalo dan Mamuju pada siang hari ini.

Cuaca berawan juga dilaporkan bakal terjadi di sejumlah wilayah seperti Tanjung Pinang, Palembang, Bengkulu, Jambi, Semarang, Pontianak, Samarinda, Makassar, dan Ternate pada hari ini.

Adapun cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Surabaya, Denpasar, dan Kupang pada hari ini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan potensi dampak bencana akibat hujan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih tinggi bisa saja terjadi, meskipun sebenarnya sudah mulai memasuki musim kemarau.

“Potensi peningkatan hujan dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif berada di wilayah Indonesia, yakni fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik dan La Nina juga semakin memperkuat potensi pembentukan awan penghujan itu,” ujar Guswanto.

Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan tim meteorologi BMKG dapat menimbulkan potensi hujan berintensitas sedang-lebat, disertai kilat/petir angin kencang.

Baca juga: BMKG ingatkan mayoritas daerah Indonesia waspada dampak hujan deras

Baca juga: BPBD Lebak ingatkan waspada banjir akibat hujan lebat sore & malam 

Baca juga: BPBD evakuasi pohon yang tumbang akibat angin kencang di Kebon Jeruk

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed